Datang Ke Palembang Enaknya Cari Makan Apa?


“Hey… aku dapat dinas ke Palembang nih!” seru seorang teman dalam pesan singkat Whatsapp ke dalam ponselku. “Nanti ajakin aku makan pempek ya!” lanjutnya.

Jembatan Ampera Palembang

Jembatan Ampera Palembang

Selamat datang di Palembang! Kota Palembang yang dijuluki Wongkito Galo ini merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Rasanya semuanya akan sepakat begitu mendengar kata Palembang maka akan merujuk ke pempek sebagai makanan khas kota Palembang. Sayang sekali saat traveling ke Palembang kalian hanya mencoba makan pempek. Padahal masih banyak ragam kuliner Palembang lainnya yang sudah ada sejak lama.

Letak geografis kota Palembang yang dikelilingi oleh Sungai Musi membuat sejarah bagi kota yang pernah menjadi pusat aktivitas Kerajaan Sriwijaya. Konon, kemudahan mendapatkan ikan segar yang ada di Sungai Musi membuat para penduduk lokal akhirnya mengolah ikan menjadi makanan yang nikmat dan bergizi.

Daftar Kuliner Nusantara Palembang Wajib Kalian Icip!

Jalan-jalan ke tempat baru tidak lengkap kalau belum menyentuh makanan khas dari kota tersebut. Termasuk kalau kalian datang ke Palembang, selain ada banyak tempat wisata Palembang Instagramable tentu harus ada ragam kuliner khas Palembang. Sebagian besar kuliner enak yang ada di Palembang berbahan dasar menggunakan ikan. Sudah mulai penasaran mengetahui Kuliner Nusantara Palembang buat acuan kalian nanti datang ke Palembang? Tidak perlu takut timbangan berat badan naik. Dijamin kuliner Palembang ini akan membuat kalian jatuh cinta. Cie… semoga koh Huang juga membuat kalian jatuh hati :mrgreen:

1. Pindang

Kuliner Nusantara : Pindang Palembang

Kuliner Nusantara : Pindang Palembang

Kalau kalian mengenal Tom Yum, boleh dikatakan Pindang termasuk olahan kuah yang segar, pedas dan gurih membuat tiap orang yang menyantap pindang sulit untuk tidak jatuh hati. Bumbu rempah yang diolah menjadikan kuah pindang menjadi kuliner Palembang yang dikenal oleh banyak orang. Di Sumatera Selatan memiliki jenis-jenis pindang mulai dari Pindang Meranjat, Pindang Komering, dan Pindang Palembang.

Ragam kuah Pindang sendiri bisa divariasikan menjadi pindang udang, pindang tulang, pindang ikan patin, pindang ikan gabus, pindang ikan baung, pindang telor ikan, sampai pindang kerupuk. Rasanya mantap sekali menyantap pindang dengan nasi putih hangat. Terasa gurih, pedas dan segar yang sangat menggoyang lidah. Apalagi ditambah dengan irisan buah nanas dan daun kemanggi. Menu andalan ini gampang sekali ditemuin mulai dari kelas warung sampai restoran.

2. Burgo

Kuliner Nusantara : Burgo Palembang

Kuliner Nusantara : Burgo Palembang

Kuliner tradisional asal Palembang ini bisa kita jumpai saat sarapan pagi. Kalau kalian mau mencicip kuliner yang rasanya gurih dan bersantan, maka Burgo bisa jadi pilihan. Makanan ini berkuah santan kuning. Berbahan dasar dari tepung beras dan tepung sagu yang diolah lagi. Dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian diiris dan disiram dengan kuah santan. Umumnya, burgo bisa dijumpai di pedagang kaki lima pas pagi hari untuk sarapan pagi.

3. Laksan

Kuliner Nusantara : Laksan Palembang

Kuliner Nusantara : Laksan Palembang

Serupa dengan Burgo, Laksan memiliki kesamaan dengan cara penyajian dengan kuah santan. Hanya saja laksan dibentuk seperti pempek lenjer yang tebal kemudian dipotong, teksturnya kenyal. Olahan makanan ini tetap menggunakan ikan. Kuah Laksan cenderung beraroma udang karena memang saat dibuat menggunakan udang sebagai bahan kuah. Warna kuahnya berwarna merah.

4. Celimpungan

Kuliner Nusantara : Celimpungan Palembang

Kuliner Nusantara : Celimpungan Palembang

Celimpungan merupakan salah satu kuliiner nusantara Indonesia yang terkenal di daerah Sumatera Selatan tepatnya di Palembang. Makanya jangan sampai salah di Palembang bukan hanya pempek saja yang enak disana karena celimpungan juga termasuk salah satu makanan khas Palembang yang tak kalah enak dari  pempek. Bentuknya sekilas seperti pempek bulat bertekstur kenyal. Celimpungan disajikan dengan kuah berwarna kuning yang kuat akan aroma kunyit.

5. Lakso

Kuliner Nusantara : Lakso Palembang

Kuliner Nusantara : Lakso Palembang

Laksa Palembang memiliki karakteristik yang berbeda dengan Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Orang Palembang lebih menggenalnya sebagai Lakso sebagai makanan khas dari Palembang. Rasanya mirip seperti Burgo hanya saja bentuk dari Lakso seperti pempek keriting kemudian disajikan daengan kuah berwarna kuning. Lakso termasuk kuliner Palembang favorit dan disukai oleh semua orang. Makanan ini juga berbahan dasar tepung beras dan disajikan dengan kuah santan. Sebenarnya bisa saja bahan dasar burgo di bikin lakso, karena bahannya hampir sama. Dilihat dari segi tampilan, yang membedakan lakso dan burgo adalah bentuknya dan juga warna kuah santannya. Kalau lakso, kuah santannya kuning, sedangkan burgo tidak, kuahnya berwarna putih.

6. Es Kacang Merah

Kuliner Nusantara : Es Kacang Merah Palembang

Kuliner Nusantara : Es Kacang Merah Palembang

Tentunya kita pernah mencoba kuliner bernama Es Kacang Merah. Tapi jangan sampai kalian yang sudah datang ke Palembang melewatkan untuk memesan es kacang merah khas Palembang. Beberapa pedagang es kacang merah di Palembang memiliki resep membuat es kacang merah enak dari gula jawa, sirup dan lelehan susu bercampur dengan kacang merah yang lembut tentunya bikin dahaga lebih terasa nikmat. Penjual es kacang merah kini memvariasikan menunya ada yang dicampur dengan cincau, cendol, atau alpokat yang dikenal sebagai es campur.

7. Aneka Kue Basah Palembang

Kuliner Nusantara : Aneka Kue Basah Palembang

Kuliner Nusantara : Aneka Kue Basah Palembang

Ragam kuliner Palembang bukan hanya olahan dari ikan saja melainkan juga mencakup kue-kue basah tradisional Palembang. Misalnya kue 8 jam dan kue maksuba. Kedua jenis kue ini dulunya merupakan hidangan khusus bagi para tamu Kesultanan Palembang. Cara membuatnya juga terbilang unik seperti kue 8 jam karena memang harus dipanggang selama 8 jam dengan tekstur kue yang basah, manis dan legit.

8. Pempek

Kuliner Nusantara : Pempek Palembang

Kuliner Nusantara : Pempek Palembang

Sudah pasti kita semua setuju dengan kuliner nusantara dari Palembang yaitu pempek. Makanan berbahan dasar dari ikan, tapioka, dan telur ini merupakan makanan wajib pertama kali menginjak kaki di Palembang. Beragam jenis pempek yang ada di seluruh wilayah Palembang timbul karena kreatifitas si pembuat mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, dan pempek lenggang. Selain itu untuk menambah cita rasa enak maka teman hirup yang enak sudah pasti cuko pempek yang berwarna kehitaman terbuat dari rebusan gula merah dan cabe.

9. Model

Kuliner Nusantara : Model Palembang

Kuliner Nusantara : Model Palembang

Model termasuk salah satu turunan dari pempe karena memiliki bahan dasar sama dalam hal pembuatannya. Disajikan dalam bentuk seperti pempek kapal selam, hanya saja isi di dalamnya adalah tahu putih. Tekstur dari model lebih lembut dari pempek biasanya. Cara pembuatan model juga sangat gampang termasuk dalam penyajian kuahnya. Rahasianya hanya dari bumbu bawang merah, bawah putih, merica, dan udang digiling menjadi satu kemudian direbus dalam air mendidih. Sehingga sewaktu kita mencium aroma model sudah sangat menggoda lidah.

Selain itu, ada dua jenis Model Palembang yaitu Model Ikan dan Model Gandum yang bahan utamanya hanya gandum saja. Kalian wajib mencobanya ya!

10. Tekwan

Kuliner Nusantara : Tekwan Palembang

Kuliner Nusantara : Tekwan Palembang

Terakhir, kuliner Palembang yang tidak kalah enaknya seperti Model yaitu Tekwan. Hanya saja bentuk tekwan seperti pelintiran kecil tidak beraturan atau dibentuk seperti bakso. Bahan utamanya tetap sama seperti bahan membuat pempek lalu langsung direbus di air yang mendidih. Selanjutnya disajikan dengan kuah hangat beraroma udang ditambah jamur kuping dan bunga sedap malam. Sedap!

Semua makanan ini bisa kalian nikmati apabila datang ke Palembang lalu bingung cari makan apa. Jangan bingung, hubungi Koh Huang saja nanti bakal diajakin buat makan bareng 😆

Smartphone apa yang cocok untuk fotografi makanan?

Memotret Makanan Menggunakan Smartphone

Memotret Makanan Menggunakan Smartphone

Salah satu smartphone yang punya kemampuan memberikan kualitas foto makanan jernih dan tajam yaitu Asus Zenfone 3 Max! Dalam hal memotret, kita tidak meragukan kemampuan kamera SLR atau DSLR. Tapi kalau bicara mengenai kompak dan gampang operasinya sudah tentu kamera smartphone adalah juaranya!

Kamera

Kualitas kamera Asus Zenfone memiliki rahasia yang membuat kualitas gambar lebih tajam. Asus ZenFone 3 Max hadir dengan kamera 16 Megapixel f/2.0 beserta dengan laser, phase detection serta continuous auto-focus yang akan membuat smartphone ini menjadi smartphone impian bagi kita yang menyukai fotografi makanan.

Kamera Zenfone 3 Max menggunakan PixelMaster

Kamera Zenfone 3 Max menggunakan PixelMaster

Rahasianya terletak pada teknologi PixelMaster Camera yang disematkan oleh Asus. Teknologi yang digunakan pada kemampuan kamera dalam mengambil gambar,baik foto maupun video. PixelMaster Camera adalah teknologi ASUS yang menggabungkan software, hardware dan desain optik untuk memberikan kualitas gambar yang luar biasa. Dengan PixelMaster Camera kita bisa menghasilkan foto profesional berkualitas tinggi.

Kapasitas Baterai Awet

Bagi kita yang katanya punya motto can’t live without smartphone kayaknya memang perlu melirik ke Asus ZenFone 3 Max ini. Nama Max ini memang merujuk ke kapasitas baterai yang besar dan yang bikin saya makin senang karena kapasitas baterainya 4100 mAh dan sudah ada power saving mode pula. Bayangkan saja kalau biasanya saya memotret makanan bisa sampai 1 jam untuk mendapatkan beberapa sudut foto yang pas. Sudah pasti kita seharian bisa aman dan nyaman!

Performa Tinggi untuk Aktivitas Keseharian

ZenFone 3 Max diperkuat oleh prosesor octa-core bertenaga yakni Qualcomm Snapdragon 430. Dengan performanya yang tinggi dibarengi dengan efisiensi energinya yang sangat baik, kita juga bisa mengambil foto yang tajam dengan kecepatan tinggi dan juga merekam serta mengedit video full HD 1920×1080 tanpa baterai terkuras banyak. Selain itu, dengan ketersediaan RAM cepat berukuran 3GB, kita dapat menjalankan beberapa macam aplikasi favorit seperti mengedit foto kemudian diupload ke Instagram tanpa mengalami penurunan performa sistem.

Tampilan Luar Biasa

Asus ZenFone 3 Max memiliki layar IPS 5,5 inci resolusi full HD yang mampu menghadirkan detail luar biasa dan intensitas kecerahan baik di dalam maupun di luar ruangan, saat matahari bersinar terik. Dengan Asus ZenFone 3 Max, apapun yang kita lihat di layar akan tampak jelas. Kegiatan untuk mengedit foto bisa lebih jelas dan akurat.

Speksifikasi Asus ZenFone 3 Max

Speksifikasi Asus ZenFone 3 Max

Kecanggihan dari Asus Zenfone 3 Max ini memang mengunggulkan kamera beresolusi besar dan tajam. Yakinlah kalau hasil foto menggunakan kamera Asus ZenFone 3 Max akan memberikan detil foto yang baik dan berkualitas. Apabila kalian belum mahir dalam mengambil foto makanan, jangan khawatir karena fotografi makanan lewat smartphone bisa dipelajari kok.

Tips Dasar Memotret Makanan ala Instagramable!

Sekarang ini memotret makanan terlebih dahulu sudah menjadi satu trend kekinian. Sudah pasti kalian pernah melakukannya sebagai bentuk kesenangan memotret makanan kemudian dibagikan ke media sosial supaya teman-teman kita ikut menikmati hasil foto kita :mrgreen:

Apalagi saat ini teknologi kamera smartphone sudah canggih dan punya kualitas foto yang jernih dan tajam. Tempo lalu saat saya memberikan kelas workshop fotografi makanan menggunakan kamera smartphone banyak peserta yang bertanya cara menghasilkan foto makanan yang menggiurkan. Sebenarnya tipsnya sangat sederhana untuk memotret makanan. Rata-rata mereka menggunakan smartphone dengan kamera yang canggih tapi belum maksimalkan saat memotret makanan. Berikut ini 4 tips yang biasa saya lakukan saat memotret makanan. Semoga saja tips ini bermanfaat bagi kalian.

Tips memotret makanan menggunakan smartphone

Tips memotret makanan menggunakan smartphone

Pertama, usaha selalu perhatikan pencahayaan (lighting). Pencahayaan yang cukup terang membantu kita untuk mendapatkan tekstur makanan agar terlihat berselera dan menonjol. Pencahayaan yang paling mudah kita dapatkan adalah saat siang hari dan berada di dekat jendela. Sehingga pastikan saat kalian sedang makan di restoran selalu mencari tempat duduk dekat jendela atau cahaya yang cukup banyak.

Kedua,  kita juga harus memperhatikan sudut gambar (angle) yang membuat kita menampilkan makanan dari sudut atas (top shot), depan (front shot) atau samping (high angle). Selebihnya kita bisa bebas bekreasi dengan sudut gambar. Sudut gambar ini dibuat sedemikian rupa sehingga membantu kita untuk tetap fokus dengan objek makanan. Sering kali kita melupakan sudut gambar sehingga membuat foto makanan menjadi kurang selera.

Ketiga, komposisi foto juga sangat penting dalam fotografi makanan. Komposisi makanan yang kurang tepat membuat foto makanan kita jadi kurang bagus secara estetika. Sehingga selalu perhatikan detil-detil kecil saat memotret makanan, misalnya peralatan makanan atau noda di piring. Komposisi makanan yang baik tidak melulu penuh dengan properti makanan saja. Bisa kita kreasikan dengan komposisi bahan makanan apa yang ingin ditampilkan.

Terakhir, keempat kita memanfaatkan aplikasi edit foto yang saat ini bisa kita gunakan secara gratis di smartphone. Biasanya saya menggunakan aplikasi Snapseeds untuk mengatur kontras gambar sampai mengedit warna menjadi lebih tampak natural. Aplikasi ini penggunaannya mudah sekali, tiap kalian pasti langsung bisa menggunakannya. Fungsi dari editing foto bukanlah untuk memanipulasi gambar melainkan untuk mengoreksi warna apabila ada warna foto yang dirasa kurang kita bisa maksimalkan gambar tersebut.

Sekarang kalian sudah tahu kan rahasiaku mendapatkan foto makanan yang berkualitas dan menggiurkan? Pastikan cara kita agar dapat memaksimalkan smartphone jadi lebih mengasyikkan. Apalagi kalau kalian senang jalan-jalan dan kuliner tentu tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai dan melewatkan momen. Salah satunya lewat keunggulan Asus Zenfone 3 Max membantu kita dari kualitas PixelMaster Camera yang membuat hasil foto lebih jernih dan tajam.

Selamat berburu wisata kuliner selama di Palembang ya! Percaya deh kalian bakal sulit move on setelah mencoba kuliner asal Palembang. Berhenti memikirkan berat badan kalian. Alasannya ragam kuliner khas Palembang memang selalu bikin kangen dan nambah lagi 😀

Iklan

75 pemikiran pada “Datang Ke Palembang Enaknya Cari Makan Apa?

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s