ASUS ROG GX800, Laptop Gaming Seharga Mobil


Dalam kondisi badan yang masih kurang fit setelah balik dari traveling beberapa waktu lalu, akhirnya berhasil membuat saya untuk jadi anak rumahan dalam beberapa hari. Cara ampuh untuk mengisi kekosongan waktu biasanya dengan menelusuri berita-berita terbaru lewat internet. Tiduran di kasur empuk, menutupi tubuh dengan selimut dan wedang jahe hangat layaknya seorang sultan. Saat sedang asyik browsing tentang trend teknologi, entah ada angin apa temanku menelepon menanyakan kabar.

“Woyyy apa kabarnya?” bunyi suara di seberang sana.

“Lagi sakitt haha… tapi ini lagi browsing laptop keren harga 95 juta!” seruku.

“Apa??! Laptop udah kaya harga mobil aja. Yakin harganya segitu?”

“Iyeee… browsing aja buat cek infonya, kalau nggak kamu nanti baca tulisanku di blog deddyhuang.com yang sebentar lagi tayang haha..”

Seketika nada telepon dimatikan dari ujung sana 😆

Terbaru dari ASUS Republic of Gamers

asus rog gx800
ASUS ROG GX800 diperkenalkan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Tampaknya misi ASUS semakin tajam dan jelas untuk memberikan kepuasan bagi para pengguna terutama mereka yang gamer ataupun youtuber.  Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 22 Maret 2017 ASUS memperkenalkan ASUS ROG GX800!

“Mainan” terbaru dari ASUS yang satu ini memang patut diacungin jempol karena seri ini merupakan penyempurnaan dari seri terdahulu ROG GX700 yang telah dilengkapi komponen hardware masa kini seperti prosesor Intel Kaby Lake K Series dan dua graphics card mobile paling terbaru saat ini dari NVIDIA yaitu GTX1080. Seri terbaru ini berbeda kelas dengan ROG GL502VS dan ROG G752VS yang pernah saya ulas di blog.

speksifikasi rog gx800
Speksifikasi ASUS ROG GX800

SERIUS??? Maka wajar sekali ASUS ROG GX800 akhirnya diluncurkan untuk kalian para “Sultan” dengan harga jual Rp. 95.499.000,-. Harganya memang tergolong tinggi tetapi kalau sudah bicara pengalaman dan kenyamanan, masih mau ditawar?

Prosesor Muktahir Intel Core i7 7820HK “Kaby Lake”

intel core i7 boxSaya jadi berpikir apakah performa yang ditawarkan oleh ROG GX800 bisa memuaskan rasa penasaran para gamer saat ini? Terang saja dengan harga selangit spesifikasi ASUS ROG GX800 memang tergolong luar biasa. ASUS tidak mau setengah hati dalam menyematkan teknologi di tiap produknya. Dari otak prosesor, ROG GX800 menggunakan Intel Core i7 7820HK yang dapat ditingkatkan performanya lebih jauh lagi dengan overclock.

Kelebihan lain dari Intel Core i7 ini dapat dengan mudah menjalankan clock speed hingga 4,4 GHz bahkan lebih. Kemampuan ini dinamakan Hydro Overclocking System. Padahal aslinya default base clock Core i7 adalah 3,6 GHz. Clock speed memiliki pengaruh pada kinerja dan proses baca pada komputer secara keseluruhan. Kalau bagi gamer sudah pasti mereka sepakat penting untuk dapat menjalankan game-game favorit mereka dengan lebih halus. Fungsi lainnya dengan clock speed yang tinggi juga dapat mempercepat waktu rendering video atau gambar 3D saat pengeditan. Pengguna sudah diuntungkan lewat efisiensi waktu penyimpanan serta dapat mempercepat waktu jalan berbagai aplikasi yang boros daya seperti game atau aplikasi media sosial yang membutuhkan kecepatan dalam proses pengeditan.

Cara meningkatkan clock speed dapat dilakukan dengan mudah. Caranya hanya dengan memilih profil atau mendongkrak lebih tinggi lagi melalui tools atau aplikasi khusus yang telah disediakan ASUS secara pre-installed pada laptop tersebut yakni ASUS Gaming Center. Proses overclocking pada ASUS ROG GX800 pun dapat dilakukan dengan lebih mudah bahkan untuk pemula dengan menggunakan aplikasi bawaan. Hal yang dilakukan selama overclocking melalui prosesor Intel Core i7-7820HK Kaby Lake seperti menaikan frekuensi tegangan pada CPU (otak prosesor) dan GPU (kartu grafis) secara manual sampai ambang batas tertentu.

intel pao
Skema produksi tahunan prosesor Intel. Foto dari jagatreview.com

Tambahan informasi, Intel melakukan perubahan skema produksi tahunan prosesor mereka dari sebelumnya Tick-Tock menjadi PAO (Process-Architecture-Optimization). Prosesor Core i 7th Generation “Kaby Lake” sendiri merupakan tahap Optimization dari skema PAO. Pada tahap ini, Intel melakukan optimalisasi pada dua aspek yaitu arsitektur CPU dan proses fabrikasi dari prosesor generasi sebelumnya. Bentuk optimalisasi dari prosesor Intel Core i7 yang dapat kita rasakan yaitu mampu menawarkan rasio performance/watt lebih baik dibandingkan pendahulunya. Untuk Core i 7th Generation “Kaby Lake”, performa ditingkatkan tanpa meningkatkan penggunaan daya listrik.

intel kaby lake
Tingkat efisiensi daya Core i7. Foto dari jagatreview.com

Dari sisi arsitektur, ROG GX800 yang ditelah dilengkapi dengan Intel Core i7 hadir dengan versi quad core atau empat CPU x86-64 yang mengapit area L3-Share Cache sebesar 8 MB yang akan menghasilkan performa laptop gaming berkualitas tinggi seperti yang akan ditemukan pada sekelas PC desktop. Masih ragu dengan performa ROG GX800 pakai Intel Core i7 terbaru?

Kartu Grafis Terbaru! NVIDIA GeForce GTX1080

Mengetahui ROG GX800 menggunakan dua kartu grafis GeForce GTX1080 8GB GDDR5 membuat saya menggarukkan kepala. Ini spek “dewa” yang memang hanya orang-orang tertentu bisa menggunakannya. Satu keping NVDIA GTX 1080 saja sudah punya kelayakan untuk sebuah laptop gaming dan menunjang kegiatan grafis. Apalagi ada dua keping?

Kartu grafis yang menjadikan performa dan kinerja dari keduanya digabungkan untuk menghasilkan satu kekuatan yang lebih besar. Di sinilah menjawab tagline ROG GX800 yakni True 4K Gaming Experience. Sebab, kartu grafis tersebut memang menunjukkan performa “monster” namun dengan konsumsi daya yang efisien. Kok bisa sih?

nvidia geforce gtx1080
ASUS ROG GX800 menggunakan 2 way SLI

Tentu saja GeForce GTX 1080 memperkenalkan sejumlah teknologi generasi terbaru dari NVIDIA seperti penggunaan arsitektur GPU Pascal. Apalagi GTX1080 memiliki CUDA Core (titik otak) sebanyak 2560, sementara base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz. Tidak sampai disitu saja, NVIDIA menggunakan proses fabrikasi FinFet 16 nm untuk membangun chip GPU pada GeForce GTX 1080. Chip GPU tersebut dipadukan dengan memori tipe GDDR5X dengan kecepatan 10 GHz. Memang ini merupakan bahasan yang rumit bagi kita yang awam, tapi saya percaya bagi kalian para gamer sudah paham betul dengan angka dan fungsi dari kartu grafis tersebut.

Sederhananya, kartu grafis dapat menunjang aktivitas grafis saat sedang bermain game. Oleh karena kartu grafis inilah dapat menampilkan gambar-gambar hingga animasi berat sehingga tampilan lebih halus, tidak patah-patah dan membuat para gamer betah berlama-lama di depan layar monitor. Nah, ROG GX800 ini memiliki dua kartu grafis dengan kecanggihan seperti digandakan.

Hadir dibekali dengan chip berarsitektur Pascal, kartu grafis kelas teratas dari NVIDIA ini juga turut dibekali dengan fitur-fitur baru unggulan NVIDIA. Kita bisa menemukan fitur seperti VR Ready serta beberapa teknologi lainnya antara lain Nvidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL dan lainnya. Semua fitur tersebut berguna untuk memaksimalkan serta mengoptimalkan efek-efek di dalam game agar bisa berjalan mulus ketika dimainkan.

Dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1080 SLI dijamin akan memberikan pengalaman virtual reality terbaik yang pernah kalian rasakan. Laptop Monster Gaming ini akan memberikan kualitas grafis yang halus tanpa lag sedikitpun dan kecepatan frame yang melebihi 90. Selain itu ROG GX800 juga sudah mendukung VR Headset dari awal, sehingga kita tidak perlu repot melakukan setting terlebih dahulu.

Sudah bisa merasakan bagaimana performa dari ROG GX800 nantinya?

Dipacu Tenaga RAM 64GB

Coba kalian bayangkan punya laptop yang memiliki kecepatan RAM 64GB sehingga bermain game atau membuka aplikasi tanpa jeda lag yang mengganggu? Nah, ROG GX800 memiliki memori RAM 64GB DDR4! Kapasitas 4 slot DDR4 ini menghasilkan suatu perfoma yang cepat dan kelancaran sewaktu membuka banyak aplikasi sekaligus, termasuk menjalankan game Resident Evil yang lumayan membutuhkan grafis dan memori penyimpanan yang banyak.

Sebenarnya penting punya laptop dengan kecepatan RAM 64GB?

coba rog gx800
Salah satu pengunjung sedang menjajal kemampuan ROG GX800 saat launching

Kalau pekerjaan kita banyak melakukan banyak pengolahan citra atau pengeditan gambar, sudah pasti membutuhkan banyak RAM. Sebab setiap gambar mungkin beberapa ratus MB, dan mungkin perlu beberapa versi gambar dalam berbagai langkah pengeditan. Itu semua memakan semua memori RAM yang tersedia. Anggap saja RAM merupakan memori penyimpanan sementara yang digunakan untuk menampilkan gambar.

RAM secara signifikan lebih cepat daripada harddisk, jadi jika kita ingin menjaga pengolahan gambar di memori, hanya membutuhkan waktu seperkian detik untuk memproses. Sebaliknya, jika kalian tidak menggunakan memori RAM yang besar maka proses penyimpanan bisa memakan waktu berjam-jam bukan hanya karena ada begitu banyak data yang dihasilkan.

Pilihan ASUS menyematkan ROG GX800 dengan 64GB DDR4 tentunya dikarenakan DDR4 memiliki bandwith 20% lebih besar dan efisiensi tenaga 30% lebih tinggi dari memori DDR3. Kecepatan RAM DDR4 pada ROG GX800 berjalan di 2800MHz yang jelas lebih dari cukup untuk kalian bekerja di depan laptop seharian dan melahap game apapun. Lagi-lagi ROG GX800 menunjukan diri sebagai “The Real Monster Gaming Laptop”.

Kekuatan Media Penyimpanan SSD 512GB x3 atau SSD 1,5 TB

Mengambil posisi sebagai laptop gaming, ASUS ROG GX800 memberikan ruang bagi para gamer untuk menyimpan game-game favorit dengan ruang penyimpanan yang lebih lega. ROG GX800 mengakomodasi harddisk SDD yakni 1,5 TB terdiri dari 3 buah penyimpanan berjenis SSD berukuran 512GB PCIEx4 NVMe. Non Volatile Memory Express (NVMe) merupakan protokol standar yang dikhususkan untuk media penyimpanan non-volatile (kemampuan menyimpan data setelah atau sebelum dialiri listrik) yang terhubung dengan jalur PCI Express (PCIe) dengan kemampuan teoritis transfer data sebanyak 40 Gb per detik. Saat ini media penyimpanan SSD memiliki kemampuan membaca lebih cepat sehingga mempersingkat waktu loading dalam membuka aplikasi.

Apakah kalian pernah merasakan sewaktu bermain game, kenapa waktu loading masuk ke game terasa lama? Salah satunya bisa jadi faktor dari penggunaan HDD yang memang membutuhkan waktu untuk membaca data. Nah, apabila laptop gaming yang kita miliki memiliki ruang penyimpanan yang lega tentunya sedikitnya akan mempengaruhi waktu loading saat masuk ke windows ataupun membuka aplikasi.

SSD ROG GX800 memanfaatkan slot PCIE4 untuk memaksimalkan kecepatan bandwidth agar sistem dan pembacaan data menjadi lebih cepat. Kecepatan membaca SSD bisa mencapai 20GB per detik atau 4 gigabyte lebih cepat dibandingan dengan Raid 0. Apalagi mengingat ukuran game saat ini semakin besar tentu saja ruang penyimpanan ROG GX800 mampu menyimpan data sekaligus game. Penggunaan PCIE4 juga lebih aman dan tahan lama, kalau salah satu keping SSD rusak maka keping SSD lain tetap aman.

Docking Watercooling Generasi ke-2, Lebih Bertenaga

Keistimewaan ASUS ROG GX800 yang saat ini sulit ditemukan pada produk kompetitor adalah adanya unit water cooling untuk membantu proses pendinginan. Sistem pendingin ekstra dengan media cairan tersebut sangat berguna saat laptop di overclock. Pastinya kalian pernah mengalami kondisi laptop panas akibat kelamaan saat bermain laptop yang mengakibatkan kinerja laptop berjalan tidak lancar.

liquid cooling dock rog gx800
Sistem water cooling ROG GX800

Apalagi untuk laptop gaming sudah pasti akan membuat kinerja grafis akan berjalan patah-patah akibat suhu laptop yang panas. Selain itu tingginya panas akibat overclocking prosesor dan kartu grafis kini dapat diredam dengan lebih baik.

ASUS ROG GX800 diawali dari sebuah ide dasar untuk mewujudkan sebuah komputer mobile yang performanya mendekati PC desktop. Boleh dikatakan ROG RX800 adalah best gaming notebook yang dapat digunakan untuk semua konten 3D gaming paling berat sekalipun apalagi ditambah dengan kemampuan overcloking-nya. Desain radiator water cooling dibuat dengan proses pabrikan yang sama dengan sistem pendingin yang ada pada mobil, supaya dapat memberikan penyegaraan dan pendinginan yang maksimal, dipakai berjam-jam tidak membuat laptop ini panas.

Yang membuat ROG GX800 berbeda adalah aliran water cooling yang terbuat dari radiator tersebut mampu mengaliri dua buah GPU (kartu grafis) sekaligus CPU (prosesor) yang terpasang di dalam notebook untuk mendinginkan sistem. Efeknya mampu membuat prosesor Intel Core i7-nya mampu di overclock hingga frekuensi 4,2GHz dengan aman ketika dalam docking mode. Untuk mendapatkan kemampuan yang luar biasa pada ROG GX800 ini, kita harus menggunakan docking mode, agar dua buah VGA serta kemampuan CPU bisa “dimaksimalkan” sampai batasnya.

Kalian tentu berpikir berapa daya watt yang diperlukan untuk menjalankan ROG GX800?

ROG GX800 memiliki dua buah kartu grafis yaitu NVDIA GTX1080. Setidaknya perlu mempersiapkan juga pasokan daya yang cukup. Oleh karena itu masing-masing adapter memiliki daya sebesar 330W. Sehingga dibutuhkan dua buah adapter ukuran 330W untuk kenyamanan dan kenikmatan bermain yang maksimal. Namun nyatanya setelah daya berjalan mampu ternyata mendapatkan kemampuan laptop hingga 90 persen tanpa mencolokan docking. Asalkan tetap menyuplai daya-nya dengan charger berukuran 330W., daya setelah berjalan, diklaim hanya membutuhkan sekitar 550W saja.

dual adaptor
Dual adaptor ukuran 330w

Makanya, ROG GX800 mengalami penyempurnaan mesin! Rahasia cara kerja water cooling ROG GX800 untuk mendinginkan dua GTX 1080 dan Intel Core i7-6820HK sehingga mereka tidak hanya berjalan pada kapasitas penuh, tapi overclock juga?

Sistem pendinginan ROG GX800 menyediakan liquid-cooling untuk semua komponen, dan rute memaksimalkan efisiensi cairan memasuki laptop langsung ke prosesor dan kartu grafis. Lewat sistem ini ternyata mampu meningkatkan clock prosesor dari 3.2GHz ke 4.2GHz otomatis, kartu grafis dapat overclocked untuk 1,961MHz, sementara memori video dan memori DDR4 (hingga 64GB) dapat mendorong semua jalan sampai ke 5,200MHz dan 2,800MHz masing-masing.

Sekarang, kalian tidak perlu khawatir berlama-lama bermain game atau mengedit video dijamin suhu laptop ROG GX800 akan tetap stabil dan adem.

Desain Khas, ASUS ROG GX800 Lebih Gahar

design rog gx800
ASUS ROG GX800 memiliki desain yang gahar

Jangan heran mengapa laptop ini sangat mahal. Karena dari segi desainnya sendiri sangat elegan. Dilihat sepintas ASUS ROG GX800 memiliki desain bodi perpaduan ROG GX700 dan G752VS. Namun perpaduan dengan pendahulunya ROG GX700 memang tidak bisa dilepaskan. ASUS pawai dalam menghasilkan sebuah desain yang futuristik berbeda dari pesaingnya di pasar laptop. Nama ROG (Republic of Gamers) tentunya sudah melekat di hati gamers sejati.

Warna ikonik khas ROG menjadi perpaduan warna terbaru yaitu kombinasi warna Armor Titanium dan Plasma Copper. Dua warna ini dipilih untuk memperkuat ROG sebagai laptop gaming yang kencang, hemat daya dan powerful ada di dalam ROG GX800. Bodinya aerodinamis pada bagian tengah, terdapat logo ASUS beserta dua garis tegas dengan sudut kemiringan sekitar 70 derajat yang bisa menyala dengan sangat keren.

Adapula panel LID atau covernya terbuat dari alumiunium, pun begitu dengan area keyboard serta palm rest. Sementara bodi bagian bawah, khususnya cover penutup untuk mengakses kompartemen bagian dalam tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM terbuat dari material plastik khusus.

Visual Game Lebih Nyata 4K UHD dan NVIDIA G-Sync

real 4k uhd rog gx800

ASUS ROG GX800 didesain dengan bentang layar 18.4 inch dengan layar 4K Ultra HD (3840X2160) dan NVIDIA G-Sync. Teknologi G-Sync menambah pengalaman bermain game lebih leluasa dan tidak mudah lelah saat berlama di depan layar. Nantinya G-Sync akan memperhalus gerakan gambar sehingga dijamin pada saat kita bermain game maka tidak ada gerakan patah-patah atau screen tearing yang diakibatkan ketidakcocokkan antara layar dan prosesor.

Selain itu, ROG GX800 juga mengalami peningkatan di segala sisi bobot yang lebih berat dan bodi yang sedikit lebih tebal dibandingkan dengan pendahulunya. ASUS ROG GX800 memiliki ukuran ketebalan 45mm dan 5,7 kg hanya untuk bobotnya. Walaupun ukuran laptop gaming ini sangat besar untuk ukuran laptop tapi dipastikan kalian tidak akan menyesal mempunyai ROG GX800.

display rog gx800
Ketajaman layar ROG GX800. Foto oleh Pungky Prayitno

ASUS juga menyematkan teknologi in-plane switching atau yang biasa disebut dengan IPS. Seperti diketahui, teknologi ini mulai banyak digunakan pada banyak perangkat, termasuk smartphone. Karena menawarkan akurasi dan reproduksi gambar yang lebih baik, IPS sangat cocok untuk hal-hal seperti, fotografi, desain grafis, konten game 3D, hingga membuat film. Layar IPS ROG GX800 memiliki sudut layar 178 derajat baik dalam keadaan vertikal maupun horizontal. Keuntungannya, dari sisi gamer, mereka bisa mendapatkan posisi terbaik dan ternyaman dari suduh manapun yang diinginkan. Tentunya dengan hal itu, para gamers akan lebih mudah mempertontonkan kehebatannya pada khalayak ramai.

Bermain game juga tidak kalah seru selain visual game yang bagus ternyata dibutuhkan kualitas suara. ROG GX800 dengan dukungan 4 speaker memberikan frekuensi tinggi dan rendah untuk keseimbangan yang lebih baik. Ini adalah pertama laptop gaming di dunia dengan dua speaker tweeter berukuran 34mm x 11mm 2W di dasar layar untuk suara langsung ke arah kita untuk kita merasakan suara benar-benar mendalam audio dalam game. Serta dua speaker squawker yang terletak di bagian bawah keyboard untuk menambah kesan menggelegar dan kedalaman efek audio. Kombinasi unik dari speaker ROG GX800 ini menghasilkan suara yang lebih bulat dan detil.

Keyboard Mekanik

keyboard mechanical rog gx800

Kenyamanan dalam mengetik atau bermain game menjadi faktor penting. ASUS ROG GX800 memiliki mechanical keyboard lengkap dengan macro keys. Desain keyboard ROG GX800 dirancang dengan touchpad yang lebar sehingga memudahkan gamers yang memiliki tangan lebar lebih mudah dan nyaman menjangkau papan keyboard.

ASUS ROG GX800 memiliki keyboard mekanik yang didesain khusus dan memiliki nama MechTAG. Keyboard MechTAG memiliki tombol backlight yang secara individual dapat menampilkan efek RGB LED. Pengaturan efek ini dapat dilakukan lewat ROG Aura dan memiliki efek preset yang memungkinkan kita menyesuaikan skema pencahayaan sendiri. Fitur pendukung lainnya yaitu anti ghosting 30 roll over keyboard serta mechanical switch yang memberikan kenyamanan memainkan game-game online yang membutuhkan tombol WASD. Tombol WASD dibuat agak lebih hitam dengan pinggiran putih sehingga mata gamers lebih jeli saat bermain game.

keyboard mechanical
Keyboard mekanik ROG GX800 bisa diatur warna-warni. Foto oleh Pungky Prayitno
keyboard logo rog
Logo ROG ikut menyala menambah kesan gagah! Foto oleh Pungky Prayitno

Perubahan tombol keyboard ROG GX800 lainnya adalah tombol untuk memanggil aplikasi ASUS Gaming Center berpindah dari sebelumnya terletak berdekatan dengan Numlock menjadi memojok di bagian atas berdampingan dengan tiga tombol makro key, video record, serta volume min and max.

Selain itu, ROG GX800 memiliki trackpad yang luas dan sangat responsif. Kita bisa terus melihat logo ROG yang ada di sebelah kanan bawah ikut menyala ketika perangkat dihidupkan. Apabila kita konfigurasi RGB lewat ROG Aura maka logo tersebut akan turut memancarkan warna-warni yang bakal  memikat mata.

ASUS Splendid Technology

asus splendid technology rog gx800
ASUS menciptakan teknologi Spendid guna menjaga kesehatan mata.

Di dalam ROG GX800 juga ada teknologi Spendid Display. Biasanya terlalu lama bermain game maka akan membuat mata lelah karena pancaran sinar dari layar laptop. Fitur ASUS Spendid Display ini memiliki empat buah mode yang bisa digunakan untuk menyetel layar agar nyaman digunakan dimata. Empat mode tersebut yakni, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

Normal Mode adalah mode dimana LCD telah di setting secara optimal agar kenyamanan saat digunakan sehari hari.  Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.

Eye Care Mode adalah mode yang satu ini dirancang untuk penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama karena kecerahan yang dipancarkan yaitu menggunakan cahaya lebih kuning (redup) yang berfungsi untuk mengurangi dampak cidera pada retina mata. Mode ini juga merupakan fitur teknologi terbaru yang ada di ASUS karena mempertimbangkan faktor kesehatan pada mata. Cahaya biru pada layar akan dikurangi hingga 33 persen. Dengan fitur Eye Care yang terdapat di dalam Splendid, cahaya pada panel LCD akan dibuat lebih kuning (redup) untuk mengurangi dampak cedera tersebut.

Vivid Mode adalah mode yang sangat cocok digunakan untuk menonton film, mengedit video, mengedit foto karena kontras warna yang dipancarkan lebih tajam dan memberikan pengalaman visual lebih hidup.

Manual Mode adalah mode yang dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan, kontras sesuai dengan yang diinginkan berdasarkan kebutuhannya.

Dengan adanya mode layar yang dapat dipilih, kita akan semakin nyaman dalam menatap layar berlama-lama tanpa mata merasa lelah.

Konektivitas dan Kelengkapan Port Input Output

ROG GX800 dipersenjatai dengan konektivitas dan kelengkapan port guna menunjang gamer untuk lebih leluasa. Laptop “monster” ini memiliki port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz.

Bagi kalian yang ingin melakukan pentransferan data sudah tersedia 2 buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, mic jack, WiFi Antena eksternal serta 2-1 card reader. Tidak lupa juga LAN port dan Kensington lock.

Sementara bicara soal pendinginan, laptop gaming ini punya saluran udara yang terletak di belakang laptop untuk mengeluarkan panas. Ada dua buah ventilasi berbentuk sirip yang terletak di kanan dan kiri perangkat berguna untuk menyaring udara yang masuk. Tujuannya untuk mendinginkan komponen di dalam laptop.

Lalu ada beberapa hal yang baru dari ROG GX800 yaitu bagi gamer yang menyukai game multiplayer ternyata laptop gaming  berdesain mewah ini juga dilengkapi dengan WiFi antena eksternal. Alasan ROG GX800 menggunakan eksternal WiFi sebab kemampuannya dan kecepatan laptop dalam menangkap sinyal menjadi lebih baik dibandingkan WiFi antena standar. ASUS sendiri mengklaim bahwa daya jangkaunya dalam menangkap sinyal dapat di boost hingga 50 persen lebih baik daripada mengunakan antenna standar. Hal ini memudahkan para gamers saat hendak memainkan game online saat tidak menggunakan LAN.

Bicara kelengkapan port, tampaknya ROG GX800 memang tepat untuk mendukung multiplayer gaming seperti LAN Party yang membutuhkan real time video chat yang saat ini sedang tren. Kalian bisa merasakan fitur dual array microphones yang dapat menangkap suara dengan jernih tanpa harus terganggu suara lingkungan yang berisik di suatu tempat atau ketika kamu sedang mengikuti kompetisi gaming outdoor.

Teknologi Noise Supression yang dimiliki ASUS juga dapat melakukan penyaringan polusi suara yang dihasilkan pengguna seperti suara ketika mengetuk papan ketik, suara kipas notebook hingga audio yang dikeluarkan game itu sendiri. Sehingga lawan bicara dapat mendengar suara dengan jelas tanpa terganggu suara lain yang tidak diinginkan.

rog gladius
Mouse gaming profesional 6400DPI yang ergonomis dengan ketahanan klik.

Dalam menunjang bermain game lebih nyaman dan mudah, ASUS bundling paket pembelian ROG GX800 dengan mouse Gladius. Mouse ini memiliki kemampuan lebih baik dan responsif dibandingkan dengan mouse biasa. Kesan aerodinamis dan gagahnya nampak dari bentuk Gladius yang dapat diatur tingkat sensitifitas atau DPI mencapai angka 6400. Hasilnya menjadi sangat ideal dalam game dengan tipe-tipe point and shot.

ASUS GameFirst IV

gamefirst 4 rog gx800
ASUS Gamefirst IV mengoptimalkan bandwitdh

Problem utama bagi gamer online adalah lag karena koneksi internet yang kurang stabil. Bisa saja saat terjadi lag menyebabkan permainan kita jadi terganggu. ASUS memikirkan hal tersebut, bahwa selain performa ROG GX800 tinggi juga harus mampu mendukung gaming experience pengguna. Maka dari itu ada fitur ASUS GameFirst IV yang dapat mengoptimalkan koneksi internet untuk kebutuhan gaming dibandingkan dengan kebutuhan lainnya yang tidak mendukung kebutuhan gaming.

Imbasnya pengguna tidak perlu takut untuk menjalankan aplikasi lain di belakang layar atau dapat juga melakukan mengunduh file di internet saat bermain game. Hal ini dikarenakan bandwidth internet akan diutamakan untuk kebutuhan bermain game.

Didukung Windows 10 Resmi

windows 10 rog gx800
ASUS ROG GX800 sudah pre-instal dengan Windows 10

Saat pembelian ASUS ROG GX800 kita sudah mendapatkan Windows 10 Home yang telah terinstal di dalamnya. Pastinya bagi pengguna Windows sudah mendapatkan kenyamanan dan keamanan sistem operasi yang terbaru di dalamnya. Mulai dari kemampuan menampilkan beberapa aplikasi hanya dalam satu layar saja. Kita pun bisa berpindah dari satu desktop ke desktop lainnya dengan cepat. Salah satu keunggulan menggunakan Windows 10 Home yakni lebih hemat daya sampai 90 jam dalam kondisi standby. Bayangkan saja bagaimana puasnya kalian bermain game tanpa perlu takut laptop cepat kehabisan daya.

Benchmark ASUS ROG GX800

Uji ketangguhan speksifikasi laptop gaming berada diurutan pertama dari kelas laptop yang diincar oleh para pengguna. Agar kita dapat mengetahui perfoma unggulan dari laptop, kita dapat melakukan uji benchmark. Pengujian ini dilakukan dengan membandingkan antara software dan hardware dalam waktu yang bersamaan. Sehingga bisa mendapatkan perolehan hasil benchmark yang memperlihatkan bagus atau tidaknya kinerja sebuah laptop gaming.

Hasilnya bisa diperoleh dari berbagai macam uji aplikasi untuk mengetahui performa dari laptop. Berikut hasil benchmark untuk ASUS ROG GX800. Benchmark ROG GX800 dilakukan ketika modenya ditingkatkan, dari standar menuju optimized dan ekstrim, kemampuannya akan langsung meningkat. Sehingga kita bisa melihat hasil pengujian yang maksimal.

Mode Standar

Pengujian mode standar dilakukan dengan aplikasi Cinebench yang merupakan aplikasi pengujian untuk mengukur kemampuan prosesor atau graphics card saat melakukan render sebuah objek 3D. Hasil pengujian disajikan dalam bentuk skor. Semakin tinggi skor yang dihasilkan, semakin baik. Grafik di bawah merupakan hasil pengujian pada komponen prosesor.

crystal mark rog gx800

Pengujian Crystal Disk Mark ditujukan untuk mengetahui kecepatan prosesor dalam membaca suatu perintah.

Mode Optimized

optimized rog gx800

Mode Extreme

Pengujian ROG GX800 dilakukan sampai tahap extreme guna mengetahui sejauh mana kemampuan maksimal laptop seharga 95 juta rupiah ini.

Hasil dari uji benchmark ROG GX800 pada ketiga mode mulai dari standart, optimized sampai extreme ini menunjukkan kalau laptop gaming ini dibekali prosesor yang terbaru dan memiliki skor terbaik. Mulai dari tingkat suhu sewaktu menjalankan program sampai skor read and write yang menunjukkan angka kecepatan laptop membaca terbilang jauh di atas rata-rata laptop pada umumny. Bicara performa tentunya kita tidak meragukan ROG GX800 saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti bermain game, mengedit video, sambil mengedit dokumen, semuanya berjalan mulus tanpa hambatan. Hal ini disebabkan ASUS ROG GX800 ditunjang prosesor, RAM dan SSD yang mampu menjalankan program-program yang berat.

Selain itu kita juga dapat melihat hasil benchmark yang dilakukan pada pengujian game yang sebelumnya telah dilakukan. Pengujian game ini dapat kita lihat lewat tampilan screenshot mulai dari pengujian standar, optimized dan extreme.

Screenshot Game – Mode Standar

mode standard
Gaming Center ROG GX800 Mode Standard
turbo gear setting
Turbo Gear Setting ROG GX800 Mode Standard

Screenshot Game – Mode Optimized

Screenshot Game Mode Optimized
Gaming Center ROG GX800 Mode Optimized
Turbo Gear Setting Mode Optimized
Turbo Gear Setting ROG GX800 Mode Optimized

Screenshot Game – Mode Extreme

Screenshot Game - Mode Extreme
Gaming Center Mode Extreme
turbo gear setting
Turbo Gear Setting ROG GX800 Mode Extreme

Hasil yang bisa kita lihat dari benchmark game yang bisa kita lakukan lewat Gaming Center ASUS ROG GX800 ternyata signifikan menunjukkan angka yang baik dan layak digunakan untuk bermain game dalam waktu lama. Rahasianya tentu kalian sudah tahu kan karena apa? 😀

Kesimpulan

Jika kalian sedang mempertimbangkan ASUS ROG GX800 sebagai laptop gaming maka silakan pikirkan lagi.

Sejak ASUS Republic of Gamers mengumumkan laptop gaming ROG GX800 di Empirica, Jakarta dengan sistem liquid cooling dan layar 4K UHD. Puluhan ribu pasang mata gamer tentunya sudah mengincar memiliki ASUS ROG GX800. Sepertinya ASUS memang habis-habisan mempercantik ROG GX800. Metafora yang tepat untuk menggambarkan laptop gaming ini adalah “Monster Baru” mulai dari desain, fitur dan ketangguhan. Kinerja ROG GX800 benar-benar mengagumkan dalam satu paket yang menakjubkan.

pungky prayitno
Cewek ini tahu harga laptop 20 jutaan dengan laptop harga 95 jutaan 😀 Foto oleh Mbak Noe Traveller

Kelebihan ROG GX800 yang mahal itu memang membangkitkan prestise sebuah harga mahal dan berkelas. Sehingga tidak berlebihan dengan perfoma yang ditawarkan laptop gaming ini dibandrol dengan harga Rp 95.499.000 sudah pasti layak bagi kalian gamer profesional berkantong “sultan” dan tahu betul kualitas. Walaupun tanpa mencoba dengan overclocking penggunaan ROG GX800, saya rasa performanya sudah lebih dari cukup. Namun balik lagi ini adalah masalah pilihan selera pribadi. Kalau ingin lebih maksimal dapat mencoba mode ekstrim seperti disampaikan lewat foto benchmark kinerja tinggi.

Dengan memboyong prosesor Intel Core i7, NVDIA GeForce GTX 1080 Pascal, RAM 64GB serta fitur-fitur unggul lainnya ke dalam ROG GX800 kita sudah mendapatkan laptop gaming rasa PC desktop. Bahkan game terberat sekalipun dapat berjalan dengan lancar. Apalagi bagi kalian yang bekerja di industri dan kreatif pastinya dapat dengan mudah mengerjakan pengeditan gambar, video processing, sampai rendering jadi lebih mudah.

paket pembelian rog gx800

Bicara mengenai kemudahan dalam membawa laptop ini kemana-mana serta berat ROG GX800 yang mencapai 5,7 kg. Jangan khawatir, meskipun dalam paket pembelian ASUS juga memberikan bonus tas travel, liquid cooling dock, mouse Gladius, koper dan antena eksternal dalam satu paket. Sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk melindungi ROG GX800 saat diajak kemana saja kalian siap dikelilingi oleh penonton yang kagum 😀 . Namun, saran saya ROG GX800 dibawa pada saat momennya saja karena lumayan berat.

Inilah waktunya memiliki laptop gaming terbaik untuk mengkokohkan diri sebagai gamer kelas berat. ASUS ROG GX800 memang dikhusukan bagi kalian yang menyukai performa dan tidak rewel dengan harga.

ASUS ROG GX800 mengagumkan, epik dan benar-benar gila!

Iklan

42 thoughts on “ASUS ROG GX800, Laptop Gaming Seharga Mobil

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s