Agenda Seru Saat Musim Panas di Hong Kong


Masih ingat awal tahun ini, tepatnya beberapa bulan lalu saya berkunjung ke Macao dari Macao Indonesia. Rasanya senang sekali bisa kembali ke Macao setelah lama penantian lima tahun dari kunjungan pertama saya. Saya sendiri sudah membuat rencana untuk perpanjang waktu liburan ke Hong Kong dari Macao. Alasannya sudah pasti karena jarak dari Macao ke Hong Kong lumayan dekat hanya menggunakan kapal feri dan sama seperti Macao, #HongKong masuk dalam kawasan bebas visa 30 hari untuk kita pemegang paspor Indonesia.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung Ke Hong Kong

Lima tahun lalu, saya berkunjung ke Hong Kong waktu musim dingin. Sedangkan outfit saya hanya kaos dan celana pendek selama dua minggu. Bisa dibayangkan saya harus mencari kehangatan masuk dalam toko atau lebih betah di dalam bus. Saya ingat waktu ke Big Buddha saya sudah tidak kuat menahan hawa dingin sampai beli bakso ikan hanya untuk minum kuah hangatnya saja.

Akan tetapi, kali ini saya ingin sekali datang ke Hong Kong saat #summerfun. Menurut info yang saya baca, musim panas Hong Kong adalah waktu yang menyenangkan untuk berlibur. Alasannya Hong Kong memiliki iklim sub tropis dengan perkiraan cuaca yang lebih variatif. Musim panas di Hong Kong umumnya panas dan lembab sehingga masih lumayan nyaman untuk berjalan kaki menikmati lanskap negara ini.

Berandai diajak untuk #DiscoverHongkong kembali, tentunya saya sudah punya beberapa itinerary yang bisa jadi referensi kalian. Saya termasuk traveller yang menyukai tempat-tempat anti-mainstream. Sebenarnya lebih ke alasan agar tidak terlalu ramai dan banyaknya spot foto saja hihihi… kedua, karena kata hati saya berkata kalau masih ada tempat-tempat yang belum banyak diketahui oleh orang, untuk itulah saya datang supaya bisa berbagi cerita kepada kalian. Sesederhana itu saja.

Destinasi Menarik Hong Kong Musim Panas

Menurut saya, Hong Kong adalah kota dengan perpaduan eksotis bagian timur dan barat dari budaya sampai kuliner. Kalian bisa merasakan gaya hidup masyarakat yang modern dan dinamis. Selain itu arsitektur bangunan yang menakjubkan. Kita bisa menikmati mulai dari tempat wisata, belanja hingga kuliner. Mantap jiwa! #soulcool

Kemana aja sih enaknya?

Lingnan Garden

Taman Lingan ini unik karena terdiri dari beberapa lapisan seperti taman kerajaan, taman pribadi dan taman umum. Seperti namanya, taman ini menawarkan fitur bergaya Lingnan klasik, termasuk paviliun Cina, halaman tradisional, fitur air, patung dan pohon bonsai. Taman ini dibagi menjadi sepuluh area yang indah, termasuk Moon Pond yang indah, yang menjadi tempat foto yang luar biasa di antara bangunan-bangunan tinggi di Hong Kong. Bagi kalian yang ingin bersantai bisa duduk di pinggir kolam menikmati tata letak taman yang indah.

Lingnan Garden ini terletak di Taman Lai Chi Kok, sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati suasana tenang.

Jalan Lai Wan, Lai Chi Kok, Kowloon
+852 2307 0429
Stasiun MTR Mei Foo, Pintu Keluar A

Old Town Mural di Graham/Hollywood Road

Saya termasuk pejalan yang menyukai seni mural, dan Old Town Central sendiri adalah salah satu jalan tertua di Hong Kong yang dipenuhi dengan galeri dan toko barang antik yang memanjakan mata. Setelah mencari informasi, ternyata di Hong Kong juga ada mural di bangunan tua karya Alex Croft. Ciri mural lumayan instagramable dengan corak warna-warni yang bisa mengundang para turis untuk datang.

Hollywood Road mencakup segala sesuatu muai dari seni, sightseeing, dan makan. Boleh dikatakan Hollywood Road adalah keunikan tersendiri di jalanan terbuka Hong Kong yang menjadi magnet.

45-53A Graham Street, Central, Pulau Hong Kong
Stasiun MTR Sheung Wan, Pintu Keluar E2

Lei Cheng Uk Han Tomb Museum

Kalau kalian ingin mencari tempat wisata anti-mainstream, maka berkunjung ke Lei Cheng Uk Han Tomb Museum adalah kunjungan wajib bagi penggemar sejarah. Museum ini merupakan makam yang ditemukan pada tahun 1955 ketika sebuah bukit sedang diratakan dalam persiapan untuk pembangunan bangunan pemukiman kembali.

Di dalam museum ini kita bisa melihat sisa penemuan dari dinasti Han Timur (25-220 M). Meskipun makam ditutup untuk umum karena alasan konservasi, namun kita masih dapat melihat sekilas peninggalan yang luar biasa ini dari balik panel kaca, dan juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah makam dengan melihat potongan tembikar dan perunggu yang digali dari situs ini.

41 Tonkin Street, Sham Shui Po, Kowloon
+852 2386 2863
Stasiun MTR Cheung Sha Wan, Pintu Keluar A3

Lan Kwai Fong

Bagi kalian yang menyukai dunia malam untuk bersantai sekaligus berbaur dengan masyarakat lokal, maka bisa berkunjung ke Lan Kwai Fong di distrik Central Hong Kong. Daerah Central memang populer sebagai kawasan kehidupan malam dan kemeriahan. Apalagi di sekitar sana juga banyak perusahaan multinasional sehingga tempat ini cocok bagi kalian yang ingin merasakan kehidupan urban Cantonese untuk duduk di bar atau restoran.

Beberapa bar di Hong Kong memiliki Happy Hour dan Spree Hour yang ditawarkan pada hampir setiap bar. Happy Hour tersebut berlangsung mulai dari pukul 5 sore hingga 9 malam, biasanya ada promo membeli minuman dua, gratis satu dan makanan separuh harga. Sedangkan Spree Hour dimulai pukul 10 malam, biasanya harga minuman akan didiskon lebih besar lagi.

Lan Kwai Fong, Tengah, Pulau Hong Kong
Stasiun Pusat MTR, Keluar D2

Belanja apa sih enaknya?

Apliu Street

Hong Kong termasuk kawasan yang ramai penjual dalam bentuk kios-kios untuk menjual segala macam peralatan elektronik dan aksesoris lainnya. Jadi bagi kalian yang sudah berencana mencari ponsel murah, komputer, kamera atau apapun bisa menjadikan area ini sebagai referensi. Namun, kalian harus berani untuk tawar menawar barang yang diinginkan. Harap diingat kalau selalu memeriksa kembali barang yang akan dibeli sebelum membayar.

Jalan Apliu, Sham Shui Po, Kowloon
Stasiun MTR Sham Shui Po, Exit A2

Pottinger Street

Kawasan jalan Pottinger ini terdiri dari kios-kios sederhana yang banyak menjual pernak-pernik murah mulai dari pakaian, perhiasan dan beberapa kebutuhan wanita. Namun, kalau kalian tidak niat untuk berbelanja juga tidak masalah sebab kawasan ini cukup instagramable karena menanjak naik lereng ke atas sehingga memiliki pemandangan yang menarik.

Pottinger Street, Central, Hong Kong Island
Stasiun Pusat MTR, Keluar D2

Cheung Sha Wan Fashion Road

Cheung Sha Wan Road sering dikaitkan dengan fashion, apalagi untuk penduduk lokal jalanan ini menjadi tempat untuk mencari kebutuhan fashion secara grosir. Ternyata ada banyak sekali kios yang ada di sepanjang jalan. Namun saat berbelanja, kita harus teliti karena di tempat ini memiliki barang mulai dari kualitas bawah hingga tinggi sesuai harga. Sehingga kalau kalian ingin merasakan sensasi belanja sekaligus menemukan barang-barang fashion dengan ukuran besar maka tempat ini adalah jawabannya.

Jalan Cheung Sha Wan, Sham Shui Po, Kowloon
Stasiun MTR Cheung Sha Wan, Keluar C2

Makan apa sih enaknya?

Kung Wo Beancurd Factory

Lelah seharian berjalan kaki menjelajahi kota Hong Kong, tentunya kita juga butuh asupan energi yang enak, misalnya mencicipi puding tahu khas dari Kung Wo. Kedai Kung Wo ini sudah ada di Sham Shui Po sejak tahun 1960. Apa yang dijual oleh toko ini yaitu sajian puding tahu yang biasanya disantap saat musim panas sebab disajikan dingin dengan sirup gula. Isi di dalam puding mulai dari kembang tahu, tahu goreng, susu kedelai dan sirup gula. Tertarik kan buat mencobanya?

118 Jalan Pei Ho, Sham Shui Po, Kowloon
+852 2386 6871
MTR Sham Shui Po Station, Keluar B1

Tim Ho Wan

Berkunjung ke Hong Kong sudah pasti harus mencicipi menu Chinese food, salah satunya adalah dim sum. Salah satu tempat dim sum terbaik di Hong Kong, yaitu Tim Ho Wan yang termasuk ramai dikunjungi oleh orang serta harga yang cukup bersahabat. Namun, tempat makan ini non-halal. Banyak yang merekomendasikan menu andalan di toko ini, yaitu roti panggang daging babi panggang yang lezat. Uhm jadi pengen coba…

9-11 Fuk Wing Street, Sham Shui Po, Kowloon
+852 2788 1226
MTR Sham Shui Po Station, Keluar B1

Lau Sum Kee Noodle

Sebagai penggemar makan mi, tentunya saya harus berkunjung ke Lau Sum Kee Noodle yang memiliki histori panjang. Berdiri sudah lebih dari 60 tahun, restoran ini masih melakukan cara-cara tradisional misalnya cara membuat mi secara manual. Kelezatan dari restoran mi ini dikenal menyajikan dalam porsi besar kemudian penuh dengan udang.

48 Kweilin Street, Sham Shui Po, Kowloon
+852 2386 3533
Stasiun MTR Sham Shui Po, Keluar D1

Hong Kong memang selalu memukau saya untuk traveling. Menggabungkan modern dan klasik, serta lingkungan dan tradisi yang unik. Sehingga memang sulit untuk mendefinisikan Hong Kong. Dulu saya sempat terpukau dengan sistem transportasi dan kebersihan Hong Kong, namun karena belum ada kesempatan lagi untuk pergi kesana, sekarang saya tidak tahu apa perubahan yang sudah terjadi di Hong Kong.

Doakan saja satu hari nanti saya bisa kembali ke Hong Kong bersama #HKTourismBoard atau @WegoIndonesia #WegoXHongkong

Iklan

19 pemikiran pada “Agenda Seru Saat Musim Panas di Hong Kong

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.