Hong Kong Trip : Chungking Mansion, Nathan Road, Avenue of Stars


Hari Kelima : Hong Kong

Sampai di pelabuhan Hong Kong Ferry Terminal tepat pukul 1 siang, segera saya mencari peta Hong Kong. Masuk ke negara yang berbeda pastinya atmosfer pun berubah. Begitu menginjakkan kaki ke Hong Kong, kerasa kental bahasa yang mereka gunakan adalah Mandarin dan Cantonese, jarang saya mendengar bahasa Inggris.

Mode pakaian orang Hong Kong lebih fashionista dengan setelan jas dan dasi untuk pria, kalau wanita dengan blazer dan heels tinggi serta tidak lupa barang-barang branded. Sepintas terlihat kota ini padat penduduk dengan tingkat mobilitas yang tinggi.

Begitu keluar dari gedung China Hong Kong City, tujuan selanjutnya adalah mencari tempat penginapan yang berada di Nathan Road. Kawasan yang dipilih adalah Chungking Mansion. Tidak sulit membaca peta kota Hong Kong, kita cukup mencocokkan patokkan bangunan tinggi dari peta dengan posisi kita saat ini.  

Sesampainya di Chungking Mansion yang berada di Nathan Road, tinggal masuk ke dalam untuk mencari-cari guest house yang cocok. Ternyata di pintu masuk sudah banyak broker yang menawarkan kamar untuk guest house. Waktu lagi menunggu lift sambil mencari list guest house yang ditempel di dinding, saya didatangi seorang ibu yang mau menawarkan kamar. Sebelumnya buat kesepakatan dulu kalau kita merasa tidak cocok dengan kamar dia tidak boleh memaksa dan marah. Ternyata kamar guest house yang dia tunjukkan cukup bersih dan nyaman walaupun tidak luas tapi cukuplah untuk bermalam dengan kondisi nyaman.

Jika mau menyewa kamar yang saya sewa bisa temuin ibu ini persis saat masuk ke Chungking Mansion di sebelah kiri ada toko seperti warung.

 

Setelah negosiasi untuk 2 kamar selama 3 malam di dapat per kamar $900 berarti total $1800 atau sekitar 2,4 juta untuk 3 malam. Memang kamarnya tidak begitu luas, tapi cukup bersih dan nyaman untuk bermalam. Kamar ini lebih baik dari hotel Florida yang semalam MOP 450 itu.

Nathan Road

Hong Kong sendiri juga memiliki beberapa kawasan, terkenal dengan Tsim Sha Tsui yang berada di kawasan Hong Kong Island. Kawasan lainnya berada di seberang laut dan untuk cara kesana bisa menggunakan MTR atau ferry. Saya membayangkan, bagaimana rute MTR bisa dibangun dibawah laut?

Sembari menikmati siang, kami pun menikmati berjalan kaki menelusuri jalanan Nathan Road dan sekitarnya. Berbaur dengan penduduk Hong Kong, saya melihat kota Hong Kong dari sisi transportasi sudah sangat baik. Terbukti disini fungsi MTR menjadi moda transportasi utama. Selain itu ada subway yang menjadi jalan bawah tanah untuk menyebrang. Semoga di Indonesia moda transportasi yang terintegrasi ini ada walaupun kita tidak tahu tahun berapa itu akan terwujud.

Dengan membawa peta, kami sangat terbantu juga dengan petunjuk jalan yang jelas sehingga tidak menyulitkan apabila mencari nama jalan dan tempat.

Avenue of Stars

Tujuan ke Avenue of Stars merupakan tempat wajib dikunjungi kalau ke Hong Kong. Avenue of Stars tempat orang bersantai sore menikmati pemandangan laut. Di sana ada banyak cap tangan para artis Hong Kong.

 

 

Avenue of Stars merupakan salah satu bentuk konsen dari pemerintahan Hong Kong yang dibantu oleh Komisi Pariwisata Hong Kong. Tujuannya sebagai bentuk apresiasi bagi industri film di kota Hong Kong, selain itu sebagai media promosi pariwisata Hong Kong. Terletak di Tsim Sha Tsui Promenade, Avenue of Stars terbuka untuk pengunjung umum dari seluruh dunia.

Suasana di sini selalu hidup, kadang tempat ini digunakan untuk pertunjukan musik, drama dan tari. Carilah lokasi tempat duduk yang punya sudut pandang sempurna, karena tepat pukul 8 malam ada pertunjukkan sinar laser dari bangunan tinggi yang ada di Hong Kong. Pertunjukkan sinar laser ini bernama Symphony of Lights dan masuk ke dalam Guiness Book.

Pengeluaran Hari Kelima

  • Guest House : HKD 1800
  • Makanan : HKD 21

Total dalam Hong Kong (dollar) : HKD 381 (Rp 495.300)

7 pemikiran pada “Hong Kong Trip : Chungking Mansion, Nathan Road, Avenue of Stars

  1. Ping balik: Travelling is Possible! | Koh' Huang

      • Tgl 26 Juni 14 aku mau ke macau, klo dr bandara macau mau ke Towns Well Hotel, bisa gak naik bus gratis ? Klo bisa naik bus apa ? Trus besoknya aku lanjut ke macau, nginapnya di Chungking Mansion, aku naik first ferry ya ? Dari pelabuhan ferry hongkong ke Chungking kalo jalan kaki brp lama kira2. Tks

        • Kalo untuk nama hotelnya saya kurang tahu ya. Tapi selama di Macau transportasinya sudah mendukung. Banyak bus shuttle dari hotel yang beri tumpangan gratis. Caranya tinggal masuk ke hotel lalu tanya dimana shuttle bus hotel. Semuanya sudah saling terintegrasi.

          Untuk kalau sudah sampai di pelabuhan Hongkong ke arah Chungkingnya dekat tinggal jalan kaki saja karena lokasinya di daerah Kowloon. Ambil peta kalau sudah sampai.

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s