Penasaran! Inilah Penampakan Skytrain Bandara Soekarno Hatta


Sebulan lalu saat saya mendapat undangan acara ke Jakarta melalui Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (SHIA). Dari arah jauh saya sudah melihat sebuah kereta dari pintu keberangkatan. “Wah ada skytrain, saya harus naik nih,” batin saya saat melihat dari arah jauh. Namun, sayangnya saya belum berkesempatan untuk mencoba pengalaman naik skytrain tersebut.

Kali ini dalam perjalanan saya ke Sabang, Banda Aceh tentunya saya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk naik skytrain tersebut. Apalagi waktu transit saya di Terminal 1 masih lumayan lama. Sehingga saya masih punya banyak waktu buat berkeliling di Bandara Soekarno Hatta ūüėÜ

skytrain bandara soekarno hatta
Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta

Kayak nggak ada kerjaan lain saja main di skytrain. Ya, memang saya tampak sedang tidak ada kerjaan selain menunggu di bandara. Akhirnya saya mencari informasi bagaimana cara naik skytrain di Bandara Soekarno Hatta.

Skytrain Bandara Soekarno Hatta Telah Beroperasi

skytrain bandara soekarno hatta
Shelter Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta

Skytrain Bandara Soekarno Hatta telah beroperasi sejak 17 September 2017. Dengan beroperasinya skytrain berarti menjadi kendaraan alternatif setelah adanya shuttle bus antar terminal. Rute skytrain Bandara Soetta ini mulai dari Terminal 1 РTerminal 2 РTerminal 3. Posisi shelter sendiri berada di luar area terminal apabila kita berada di Terminal 1 dan Terminal 2. Sedangkan kalau kita berada di Terminal 3, lokasinya ada di lantai 2 pada bagian luar namun nanti bisa turun menuju pintu keberangkatan maupun kedatangan.

Proses pembangunan skytrain terbilang lumayan lama. Dulu pas awal saya mendapat informasi kalau skytrain bandara SHIA akan beroperasi untuk mengantar penumpang hanya dari Terminal 2 ke Terminal 3. Namun, ternyata kereta ini juga beroperasi mulai dari Terminal 1, tepatnya Terminal 1B setelah keluar dari pintu kedatangan maka kita bisa melihat langsung haltenya.

skytrain bandara soekarno hatta
Bentuk shelter lebih dekat
skytrain bandara soekarno hatta
Suasana sekitar masih renovasi

Saya bergumam dalam hati kalau desainnya mirip seperti LRT yang sedang dibangun di Palembang. Maka, wajar sekali kalau saya antusias untuk menjajal skytrain sebelum LRT di Palembang selesai dibangun.

Interior Skytrain Masih Standar

Saya naik dari halte depan Terminal 1B yang dari arah luar masih direnovasi penampilan luarnya. Nama pengembang besar seperti WIKA tentu tidak diragukan lagi portofolionya dalam membangun akses jalanan di seluruh Indonesia.

Halte skytrain di Terminal 1B ini lumayan luas menjulang tinggi ke atas. Ada eskalator yang mengantarkan kita menuju ruang tunggu. Saya berasa sedang berada di stasiun luar negeri saat melihat antrian kereta.

skytrain bandara soekarno hatta
Menuju Kalayang dari Terminal 1B
skytrain bandara soekarno hatta
Ruang tunggu di shelter skytrain Terminal 1B

Dengan gerbong yang tidak begitu besar dan panjang, sebab hanya ada dua gerbong dan satu kereta yang dioperasikan. Di dalamnya ada beberapa petugas yang mengoperasikan kereta dan jarak petugas dengan penumpang tidak berbatas ruang, sehingga kita bisa melihat area kontrol skytrain. Interior dalamnya tidak begitu banyak kursi, kursi yang tersedia lebih diperuntukkan bagi orang-orang yang memang orang tua atau berkebutuhan khusus. Sepertinya skytrain ini memang lebih disarankan untuk berdiri sambil memegang pegangan di atas.

skytrain bandara soekarno hatta
Inilah penampakan skytrain Bandara Soekarno Hatta
rute skytrain bandara soetta, rute skytrain bandara soetta, skytrain jakarta, skytrain indonesia, rute skytrain soekarno hatta, bandara soekarno hatta, fasilitas bandara soetta, rute skytrain soetta, jadwal skytrain soetta, jadwal skytrain bandara soetta
Lamanya waktu menunggu kereta sekitar 5 menit.
skytrain bandara soetta
Petugas kalayang yang standby membantu sekaligus tersedia informasi penerbangan

Lagi pula bagi saya yang pertama kali naik skytrain Bandara Soekarno Hatta memang mau melewatkan pemandangan menarik dari tempat duduk saja? Tentunya kepala saya akan sibuk celingak-celinguk melihat seluruh isi dalam kereta.

Jadwal Skytrain Soetta

Bagi kalian yang ingin sekadar coba-coba seperti saya. Agar ada foto selfie sedang berada di dalam skytrain tentu kita juga harus tahu lamanya waktu menunggu skytrain datang menjemput kita. Sampai kita di shelter terminal, kita bisa menunggu sampai kereta datang. Sambil menunggu kereta, shelter terminal ini juga menyediakan colokan listrik. Sehingga bagi traveler yang ingin mengisi baterai gadget tempat ini bisa menjadi alternatif.

skytrain bandara soekarno hatta
Interior dalam skytrain
skytrain bandara soekarno hatta
Banyak pengunjung yang mencoba kalayang

Lama waktu menunggu datangnya skytrain sekitar 5 menit. Sedangkan jarak antar dari satu terminal ke terminal lain juga sama sekitar 5 menit perjalanan. Pesan saya untuk selalu ingat budaya antri dan mengutamakan orang yang keluar kereta dahulu baru kita masuk.

Teknologi yang Terlambat?

Tentu kalian pernah berpikir saat sedang traveling keluar negeri dan melihat moda transportasi di negara maju sudah menggunakan kereta seperti LRT, MRT atau Subway. Dalam hati sebagai traveler Indonesia akan mencetukan suara : Coba di Indonesia punya seperti ini ya. Ah kapan Indonesia punya seperti ini.

Sepertinya jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu mulai mendapat titik terang. Terbukti mulai dari Palembang ada LRT, Jakarta ada MRT dan Angkasa Pura ada skytrain sekaligus bisa terhubung ke stasiun kereta bandara. Maka perlu kita dukung sebab proyeksi ke depan akan memudahkan kita mendapatkan akses transportasi lebih cepat dan tepat waktu. Namun, Indonesia juga dikenal bisa membuat tapi melupakan perawatan. Tantangan ke depan apakah fasilitas yang ada ini juga bisa terawat?

Nantinya dari Bandara Soekarno Hatta ini akan memiliki jalur kereta khusus menuju Stasiun Sudirman Baru. Namun informasi yang saya dapat kalau kereta jalur khusus ke kota ini akan beroperasi pada tanggal 7 Desember (namun jadwal bisa berubah). Harga tiket kereta normal adaah Rp 100.000, hingga a

skytrain bandara soekarno hatta
Petugas kalayang (kerata api layang / skytrain)
skytrain bandara soekarno hatta
Shelter masih dalam renovasi

Saya melihat skytrain sebagai moda transportasi publik modern yang belum pernah ada sepanjang sejarah di Indonesia sekarang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Hal ini menandakan dunia transportasi nasional terus berkembang demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Informasi yang saya dapat skytrain merupakan moda transportasi kereta tanpa awak pertama di Indonesia yang menggunakan sistem automated guideway transit. Nantinya dapat memudahkan para kontingen tamu dalam rangka Asian Games 2018 Jakarta – Palembang.

skytrain bandara soekarno hatta
Archievement unlocked. Selfie di dalam kalayang Bandara Soekarno Hatta ūüėÄ

Memang dalam tahap awal ini operasional skytrain masih melibatkan petugas untuk membantu sekaligus mengedukasi agar lebih familiar.

Kalau kalian termasuk traveler yang kurang kerjaan seperti saya dan ingin coba-coba merasakan sensasi naik skytrain Bandara Soekarno Hatta dari Terminal 1 ke Terminal 2 lalu Terminal 3. Kenapa tidak? Asal ingat sama jam terbang kalian ya! Happy traveling.

Iklan

26 thoughts on “Penasaran! Inilah Penampakan Skytrain Bandara Soekarno Hatta

  1. jadi bener ya kata temenku, stasiun di t1 masih belum selesai sepenuhnya dan banyak tukang. skytrain di jakarta ini udah punya kursi lebih banyak daripada skytrain yang di changi. skytrain di changi cuma ada tempat duduk prioritas di sisi pintu.

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s