Gadget Review

[Review + Kode Diskon] Sudio ETT

review sudio ett

Musik pada hakikatnya memang bagian yang nggak terpisahkan dari kehidupan kita. Dalam beberapa momen, keberadaan musik harus ada untuk menaikkan suasana. Buat kita yang bekerja di depan laptop sambil mengerjakan tugas, tentu asyik sambil memutar musik. Apalagi kalau menggunakan true wireless stereo kesayangan.

Pandemi covid-19 membuat tiap orang lebih banyak di rumah. Mungkin ada yang sibuk mengikuti webinar atau concall. Kalau saya selama di rumah aja kadang ikut kelas webinar, tentunya butuh earbud yang berkualitas agar suara lebih jernih. Salah satu rekomendasi earbud wireless yang saya suka adalah Sudio.

Pengalaman Pakai True Wireless Stereo (TWS) Earbud

TWS termasuk salah satu aksesoris gadget yang dirancang tidak memiliki kabel penghubung. Cara kerja TWS dengan gelombang radio yang dihubungkan ke koneksi Bluetooth, sehingga bisa disambungkan ke perangkat lain seperti smartphone dan laptop. Hasil suara berkualitas stereo, sehingga teknologi ini memang dirancang untuk memberikan pengalaman audio lebih baik.

Hal asyik dari sistem TWS ini adalah perangkat mudah digunakan, praktis dalam penyimpanan ketimbang headphone dengan kabel yang seringkali merepotkan. Pasalnya, ketika lagi buru-buru saat mau pakai ternyata kabelnya kusut. Belum lagi kabel yang digigit oleh hewan kesayangan kita.

Nah, untuk kamu yang memiliki dua permasalahan itu tentu dengan menggunakan TWS akan teratasi karena true wireless stereo is the new hype.

Review Sudio ETT

review sudio ett
Unboxing Sudio ETT

Salah satu true wireless stereo yang saya pakai adalah produk Sudio. Sudah lumayan lama saya menggunakan produk true wireless earbud Sudio. Mulai dari seri awal Sudio Niva, Tolv, dan terakhir FEM. Kalian bisa baca kembali review produk seri sebelumnya.

Dan, kali ini saya kembali dikirimkan true wireless stereo Sudio terbaru, yaitu Sudio ETT.

Paket kiriman Sudio ETT ini saya terima dari Hongkong. Pengiriman menggunakan DHL Express yang biasanya hanya sekitar 5 hari kerja. Namun, karena masa pandemi covid-19 ini pengiriman jauh lebih lama yaitu sekitar 10 hingga 14 hari kerja.

Well, it’s time to unboxing Sudio ETT.

Packaging Sudio berbalut kardus warna hitam. Memang menyenangkan sekali ya buat unboxing produk. Semacam memberi energi baru haha..

Unboxing Sudio ETT

Paket Sudio ETT yang saya terima adalah warna Hijau. Warna hijau mewakili simbol pembaharuan dan keseimbangan dengan alam. Selain warna hijau, Sudio ETT ini juga memiliki tiga warna lain yaitu putih, hitam dan pink. Namun, warna hijau ini adalah warna baru dari produk-produk Sudio sebelumnya.

review sudio ett
Desain bentuk baru

Kemasan kotak Sudio ETT lebih mudah dibuka, soalnya ada tali dari samping kanan jadi tinggal didorong keluar. Isi paket juga tidak terlalu banyak gimmick. Ada kotak earbud yang di dalamnya ada Sudio ETT, buku petunjuk, kabel data type C dan 6 pasang kepala earbud beragam jenis untuk gonta-ganti sesuai bentuk kuping kita.

Dalam paket kali ini, kamu akan mendapatkan special totebag bahan tebal dan card holder leather yang lentur. Rasanya memang kurang lengkap kalau membeli Sudio tanpa diberi tambahan gimmick.

Desain Sudio ETT

review sudio ett
Ukuran compact dan mudah dibawa

Ada inovasi baru dari tiap produk Sudio, dan ini yang saya nantikan dari setiap produk barunya. Kali ini Sudio ETT membawa perubahan bentuk mulai dari earbud case sampai bentuk earbudnya sendiri.

Mulai dari tempat menyimpan earbuds juga berfungsi sebagai daya baterai. Bentuk tempat petak kotak yang tidak kaku. Warna hijau doff lumayan eye catching, mudah sekali disimpan dalam saku. Selain itu ada tali kulit di pinggir. Di bagian pinggir ada usb type c yang digunakan untuk mengisi daya baterai.

review sudio ett
Kotak penyimpanan sekaligus pengisian daya
review sudio ett
Menggunakan usb type c

Lanjut ke earbuds, bentuknya lebih ringkas dan pipih. Ukurannya cukup nyaman di telinga untuk sebuah true wireless stereo. Bentuk ini beda sekali dengan seri sebelumnya yang lebih besar sehingga agak kurang nyaman untuk pemakaian lama. Selain itu, sudah tidak menggunakan touch sensor pada bagian earbuds.

Kualitas Suara Sudio ETT

review sudio ett
Bisa dihubungkan ke perangkat iOS, Android dan laptop

Cara menghubungkan Sudio ETT ke perangkat kita seperti smartphone dan laptop juga gampang. Keluarkan earbud dari casing, nanti mulai mencari perangkat untuk dihubungkan. Kamu tinggal hubungkan Sudio ETT dalam daftar perangkat Bluetooth terdekat. Cukup satu kali saja pengenalan perangkat.

Waktu menghubungkan perangkat juga cepat, sekitar 1 hingga 2 detik. Tidak terlalu buruk karena kamu bisa langsung segera menggunakan earbuds.

Kenyamanan suara stereo bisa langsung kita nikmati dengan berbagai genre musik. Musik yang keluar jernih. Namun, saya berharap treble dan bass bisa sedikit lebih kuat. Saat memainkannya, terdengar sedikit “hampa”. Volumenya cukup lembut. Saat memutar musik, saya harus menyesuaikan volume ponsel saya menjadi penuh.

Kalau kalian bermasalah dengan yang saya rasakan, tidak apa-apa. Sebab produk Sudio ETT tetap mengeluarkan suara yang jernih termasuk suara dari mikrofon mengambil suara saya tanpa terlalu banyak kebisingan. Apalagi ketika ada panggilan masuk, ada fitur yang memungkinkan merendam suara bising sehingga kita tidak berbicara terlalu keras.

Fitue Lain

Menggunakan true wireless stereo tidak perlu khawatir tidak ada speaker suara karena memang diciptakan juga untuk telepon. Sehingga dengan Sudio ETT ini kita bisa tetap menjalankan aktivitas tanpa gangguan kabel kusut.

Ada juga fitur active noise cancelling atau kendali terhadap suara kebisingan di sekitar kita. Caranya tinggal tekan tombol pada earbud kiri, tahan lama sekitar 3 detik. Maka fitur active noise cancelling aktif, volume suara lebih besar.

review sudio ett
Beda TWS Sudio ETT dan FEM
sudio indonesia
Sudio ETT dan Sudio FEM

Untuk transisi mulus dari musik ke panggilan telepon, mode transparansi secara otomatis memungkinkan untuk suara panggilan telepon lebih jernih. Hal unggul lainnya, Sudio ETT ini dilengkapi teknologi IPX 5 (tahan percikan/hujan/keringat), didesain dan cocok untuk segala jenis kondisi dan aktivitas.

Daya Tahan Baterai

review sudio ett
Fitur wireless charging

Sudio ETT ini punya type C sebagai pengisi daya baterai, namun juga ada fitur charging wireless (tanpa kabel) juga memudahkan kamu untuk tetap terhubung dengan musik kemanapun pergi. Hanya saja saya belum memiliki charging wireless sehingga belum bisa mencoba.

Untuk daya baterai Sudio ETT memiliki ketahanan hingga 30 jam atau sekitar 6 jam durasinya saat charge. Dalam prakteknya saya hanya mengisi sekitar 1,5 jam durasi yang didapat sudah cukup untuk mendengarkan musik.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Saya senang sekali Sudio hadir dengan desain baru dan setiap produk barunya banyak inovasi desain. Dari segi harga, cukup beralasan untuk dibeli. Terutama kalau kalian yang suka desain yang compact. Dari sisi penggunaan, kehadiran true wireless stereo ini pasti akan tiba waktunya mencari perangkat tanpa kabel. Kualitas audio yang stereo dan bening.

review sudio ett
kunjungi website Sudio untuk pembelian

Hal yang saya suka :

  • Desain mungil dan segar
  • Warna pilihan baru
  • Tidak menggunakan touch button

Hal yang saya kurang suka :

  • Bass dan treble kurang kencang

Sudio ETT ini cocok buat kalian gunakan sehari-hari atau kado untuk orang terkasih. Harganya Rp 2.599.000. Namun, kalian bisa menggunakan kode saya : DEDDY15 untuk mendapatkan potongan 15% dari harga normal saat checkout di website Sudio.

Pembelian selama bulan Juni 2020, kalian bisa mendapatkan gratis Sudio Tote Bag dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Beri tahu saya kalau kamu memiliki pertanyaan tentang Sudio ETT. Dan, kalau kamu membutuhkan saya untuk menguji beberapa fitur, beri tahu juga. Terima kasih.

12 comments on “[Review + Kode Diskon] Sudio ETT

  1. Joshua Ariel

    tau service centrenya dimana bro? punya ane uda rusak yang sebelah gak mau ngecharge nih bro 😦

  2. duh jadi pengen coba, warnanya unik dan bentuknya pun menarik 😀

  3. Wuaah warnanya bagus banget mas, hijau army 😍 kebetulan saya suka koleksi warna-warna seperti hijau ini karena lain daripada yang lain hihihi ~ nanti kalau earphone saya sudah rusak, mungkin saya akan considering untuk beli Sudio hijau ini. So thank you untuk review-nya mas 😁

  4. wah, menarik.. langsung cek-cek Sudio.. rupanya dari Swedia ya..

    btw, kalo digunakan untuk beraktivitas macam lari di treadmill dan olah raga apakah nyaman dan tidak lepas dari telinga?

    btw, kode promonya berlaku hanya di Indonesia atau global? 🤔

    • berlaku global mas.. jadi kan pas paymentnya tinggal atur aja lokasi. Cuma dia pengiriman dari Hongkong, coba aja cari yang sejenis gitu mas yang jaraknya dekat hehe..

      • kalo dari web kayaknya ada cabang di Eropa sih. la itu kan brand Swedia, kenapa dikirim dari Hong Kong, ya? 🤔

        • Biasanya perusahaan brand Swedia emang pabrikan Hongkong, ada satu brand yang aku review juga sama. Mungkin kayak biaya pabrik sama SDM kali ya?

  5. Menarik juga nih kayaknya earbud-nya, Mas. Terima kasih untuk review-nya. 🙂

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: