[REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet

**This post contain code promo, which means you can get special discount if you make a purchase. Do not worry because i do not receive commission every you purchase**

***

Preferensi suasana kerja tiap orang berbeda pun termasuk saya. Ada yang lebih mudah konsentrasi bekerja pada saat suasana tenang dan sunyi, lalu memutar musik favorit. Tingkat konsentrasi bisa lebih meningkat, apalagi bagi yang penulis yang konon lebih mengalir menulis pada saat malam hari. Dulu teman kantor lama saya, dia justru lebih konsentrasi di tengah keramaian. Semakin ramai orang, otak bekerja lebih lancar. Lebih lagi dia lebih senang bekerja di coffee shop yang ada di mall.

Lingkungan juga berpengaruh ya dengan tingkat fokus kita. Ada juga orang yang tidak mau lingkungan bising. Sering banget ya dijumpai, rasanya mungkin kurang nyaman. Untuk mengatasi hal ini satu-satunya cara hanya menempelkan earphone di telinga untuk meredam bising dari luar. Se-simpel itu saja. Sebut saja privasi atau lebih mudah distraksi terhadap sesuatu. Maka saya akan menggunakan earphone kalau ingin menikmati kualitas suara dengan lebih intim atau tidak ingin mengganggu orang lain.

sudio tolv earphone bluetooth 11 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Sudio Tolv
sudio tolv earphone bluetooth 12 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Spesifikasi Sudio Tolv

Ngomong-ngomong, saya baru saja mendapat kiriman dari Sudio yaitu Sudio TOLV. Produk audio asal Swedia ini baru saja mengeluarkan produk terbaru jenis earphone bluetooth. Tahun lalu, mereka sudah mengeluarkan earphone bluetooth, Sudio Niva [baca review]. Dengan bentuk yang eye-catching, Sudio Niva menjadi produk diminati selain earphone wireless.

Tenang, permisa. Pertanyaan kalian akan segera terjawab tentang produk terbaru Sudio. Serta apa perbedaan antara Sudio Niva dan Sudio Tolv. Tetap lanjut baca sampai selesai ya, soalnya di akhir tulisan ada kode diskon untuk kalian.

UNBOXING SUDIO TOLV

sudio tolv earphone bluetooth 10 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Unboxing Sudio Tolv

Packaging Sudio Tolv ringkas dengan box berwarna putih. Di depan box ada gambar Sudio Tolv sesuai warna pilihan. Tersedia dua warna yaitu hitam dan putih. Isi dalam paket : earphone, kabel usb micro, earbud 2 pasang, dan kartu petunjuk pemakaian.

BENTUK

sudio tolv earphone bluetooth 06 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Earphone bluetooth bentuk mungil

Bisa dilihat kalau Sudio Tolv memiliki bentuk lebih compact dan mungil. Ukuran “rumah” Sudio Tolv ini membuat kita lebih gampang dibawa sebab tidak memerlukan banyak tempat. Dilapisi doff membuat tempat penyimpanan sekaligus mengisi daya baterai Tolv lebih elegan.

KENYAMANAN

sudio tolv earphone bluetooth 07 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Earbud yang menyesuaikan bentuk telinga

Pertama kali yang dilihat sudah pasti nyaman saat dipakai. Akan merasa rugi kalau pas dipakai sebentar kurang nyaman dan enak. Bagi yang belum terbiasa dengan earphone bluetooth pada saat awal perlu adaptasi. Apalagi bagi kalian yang lebih terbiasa dengan headphone kabel. Keunggulan earphone bluetooth adalah kita bisa bebas bergerak tanpa kabel menjuntai. Cocok sekali untuk aktivitas olahraga atau lainnya. Kamu tidak perlu sebal untuk membenarkan kabel yang kusut. Di lain sisi, pasti menyebalkan sekali kalau salah satu sisi hilang karena kita lalai menyimpan dan itu membuat kita harus membeli produk baru.

Sudio Tolv ini memiliki desain earphone yang menyesuaikan bentuk telinga kita. Desainnya lebih oval dibanding Sudio Niva. Kemudian ada dua pasang earbud sesuai ukuran dan kenyamanan kita. Sewaktu dipakai tidak terlihat aneh. Saya sengaja memilih warna hitam agar lebih netral.

BATERAI YANG AWET

sudio tolv earphone bluetooth 05 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Daya tahan baterai bisa sampai 7 jam

Rasanya untuk daya tahan baterai bukanlah yang faktor krusial untuk kita menikmati musik dari Sudio Tolv. Daya baterai Tolv lebih awet sebab memiliki playtime up to  7 jam dan dengan 4x charging pada charging case. Berbeda dengan Niva yang memiliki daya baterai hingga 3,5 jam. Kalau dihitung total daya baterai Tolv mencapai kurang lebih 30 jam. Bisa dibayangkan kuping menjadi panas hanya mendengarkan musik hehehe… kalau saya lebih memilih mendengarkan musik seperlunya saja saat sedang di cafe atau menghindari suara bising orang.

Untuk charging case Tolv ada dua lampu indikator. Putih dan merah. Lampu LED kiri menunjukkan tingkat baterai dari kotak pengisi daya. Lampu LED kanan menunjukkan tingkat baterai earphone.

Lampu LED kiri menyala saat charging case sedang diisi:

(1) Jika lampu LED kiri berwarna merah, itu berarti kasing sedang diisi;

(2) Jika lampu LED kiri berubah putih, itu berarti kotak pengisian sudah terisi penuh.

Pengisian daya earphone dalam wadah pengisi daya:

(1) Jika lampu LED kiri berwarna putih dan AKTIF (tetap diam tanpa berkedip) selama 10 detik, ini berarti baterai memiliki 70% hingga 100% baterai, dalam hal ini, baterai pengisi daya dapat mengisi daya penuh earphone untuk 2 hingga 3 kali;

(2) Jika lampu LED kiri menunjukkan warna putih dan berkedip selama 10 detik, itu berarti baterai memiliki baterai 40% hingga 70%, dalam hal ini, baterai pengisi daya dapat mengisi daya earphone sepenuhnya hingga 1 hingga 2 kali;

(3) Jika lampu LED kiri berwarna merah dan AKTIF (tetap diam tanpa berkedip) selama 10 detik, itu berarti baterai memiliki 10% hingga 40% baterai, dalam hal ini, baterai pengisi daya dapat mengisi daya penuh earphone untuk 0 hingga 1 kali;

(4) Jika lampu LED kiri menunjukkan warna merah dan berkedip selama 10 detik, itu berarti baterai memiliki 0% hingga 10% baterai, dalam hal ini baterai tidak kehabisan baterai dan perlu diisi.

SUARA

sudio tolv earphone bluetooth 09 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Menikmati musik di tengah lingkungan bising

Bagi kalian yang berharap kualitas audio Tolv adalah superior. Semoga kalian tidak kecewa. Kualitas suara Tolv memang inferior, tidak bisa diubah-ubah. Memang syarat suara yang superior menjadi keharusan bagi para penggemar kualitas tinggi sebuah audio. Namun, setahu saya kualitas suara earphone bluetooth saat ini belum sebaik earphone kabel. Tapi ingat, nilai lebih dari sebuah earphone bluetooth adalah praktis dan tidak mau repot dengan kabel.

Sudio Tolv lebih bright dan tipis di midrange dan di bass, cenderung menonjolkan treble. Semua frekuensi dari treble sampai bass dipresentasikan dengan rata, tidak ada satu rentang frekuensi yang ditonjolkan.  Suara terasa bebas dan luas tanpa hambatan apapun di sistem. Suara terdengar hangat dan tidak melelahkan di telinga.

Tolv juga bisa digunakan untuk menerima dan menjawab panggilan telepon masuk. Hanya saja ketika saya coba untuk conference call suara tidak terdengar jelas untuk receiver. Saya belum tahu penyebabnya, bisa jadi gangguan sinyal ketika saya sedang conference call. Selebihnya saya tidak menemukan kendala.

KONEKSI YANG MUDAH

sudio tolv earphone bluetooth 04 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Sudio Tolv bisa pairing dengan laptop dan smartphone

Earphone bluetooth menggunakan koneksi bluetooth sebagai sambungan ke perangkat seperti laptop atau smartphone. Menyambungkan Tolv tidak rumit, sama seperti produk Sudio lainnya. Langkah pertama adalah keluarkan earbud dari charging case. Tidak perlu menekan kedua tombol earbud, karena koneksi bluetooth sudah menyala pada saat dikeluarkan dari charging case. Lampu indikator putih akan berkedip beberapa saat lalu berganti ke warna merah.

Selanjutnya, lihat di perangkat kalian untuk hubungkan ke bluetooth Sudio Tolv. ketika perangkat telah terhubung dengan earphone, kalian akan mendengar suara pairing earphone.

Kalau earphone sulit terhubung atau tidak sinkron, kalian bisa reset pabrik. Begini caranya:

  1. Matikan kedua earphone dengan menekan dan menahan kedua tombol selama 6 detik.
  2. Mulai earphone lagi dengan menekan dan menahan kedua sisi selama 13 detik, hingga lampu berhenti berkedip.
  3. Pasang kembali earphone ke dalam case dan tunggu selama 10 detik.

Kemudian coba kembali, keluarkan kedua earphone dari charging case dan keduanya akan berada dalam mode berpasangan. Pilih “Sudio Tolv” di daftar bluetooth pada perangkat.

PERBEDAAN SUDIO NIVA DAN SUDIO TOLV

sudio tolv earphone bluetooth 01 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Sudio Niva vs Sudio Tolv

Seperti yang kalian ketahui kalau Niva merupakan produk earphone bluetooth pertama Sudio dengan bentuk wadah bulat dan lebih besar. Sedangkan, Tolv hadir sebagai pembaruan dari Niva. Produk ini tampil dengan kemasan lebih mungil.

sudio tolv earphone bluetooth 03 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Kiri : Sudio Niva. Kanan : Sudio Tolv. Ukuran earbud yang berbeda

Berikut beberapa perbedaan Tolv dengan Niva:

1) Sudio Tolv memiliki fitur Bluetooth 5.0 sedangkan Niva 4.2.

2) Range/jarak konektivitas durasi Tolv kira-kira mencapai 10-15 meter (bergantung situasi), lebih jauh dibanding Niva.

3) Tolv memiliki playtime up to 7 jam (Niva 3,5 jam) dan dengan 4x charging pada charging case total daya baterai Tolv mencapai kurang lebih 30 jam.

4) Tolv memiliki fitur stereo calling (mic dan call pada 2 sisi earbud, sedangkan hanya sisi kanan earbud Niva yang dapat dipakai untuk call), Tolv juga memiliki fitur auto connect sedangkan Niva harus manual connect via Bluetooth setiap kali ingin di-koneksikan.

KADO SPESIAL UNTUK ORANG TERSAYANG

sudio tolv earphone bluetooth 02 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Pastikan kalian menggunakan kode diskon “DEDDYHUANG” untuk tambahan diskon 15%

Mungil. Gampang dibawa menemani aktivitas. Baterai awet. Tiga kata ini yang bisa saya gambarkan tentang Sudio Tolv.

Kamu tertarik ingin membeli Sudio Tolv ini?

Sudio Tolv dijual seharga Rp 1.845.000 yang mana bisa dibeli lewat situs Sudio. Kabar baiknya, kalian bisa pakai kode promo “DEDDYHUANG” saat check out pembelian untuk mendapatkan tambahan diskon 15%. Lumayan kalian bisa hemat sekitar 300 ribu. Selain itu, Sudio juga memberikan bonus travel case cantik seharga Rp 279.900. Kode promo ini juga bisa kalian gunakan untuk membeli seri Sudio lainnya.

sudio tolv earphone bluetooth 13 - [REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet
Bonus travel case cantik

Sebagai informasi, setiap pembelian Sudio, paket earphone akan dikirim dari Hong Kong menggunakan DHL ke Indonesia. Gratis ongkos kirim sampai ke Indonesia, tanpa perlu repot dengan pajak dan barang sampai kurang dari seminggu.

Kalian bisa membaca review Sudio lain :

***

DISCLAIMER : SUDIO TOLV Black ini diberikan untuk ulasan di blog. Saya tidak mendapatkan komisi dari tiap penggunaan kode diskon.

This blog receives a partnership/sponsorship/product review. Do not hesitate to contact email deddy.huang@yahoo.com

Advertisements
BACA JUGA :  Kreatif Backpacker XLangkah Lebih Maju
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

13 thoughts on “[REVIEW + KODE DISKON] SUDIO TOLV, Earphone Bluetooth Baterai Awet

  1. kak, aku sebelumnya make aipods, tapi airpods ilang sebelah. jadi pgn beli sudio tolv ini. buat kualitas audio sama ga kak dibanding airpods? ato masih bagusan airpods?

  2. bntuknya mungil dan ringkas. aku suka .. sayangnya dr kualitas suara aja. aku pribadi msh lbh memilih earphone dgn kualitas suara mumpuni, biar puas :D. apalagi ini hrgnya trmasuk tinggi juga. tp okelaaah, kalo memang yg dicari kepraktisan krn wireless, sudio bolehlah 😀

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.