Keliling Palembang Hemat? Ini Referensi Tempat Menarik Dilewati LRT Palembang


Semakin terasa kencang denyut pengerjaan pembangunan di Kota Palembang. Semua bagian ingin partisipasi demi menyambut perhelatan Asian Games 2018 sebagai pesta olahraga terbesar di Asia. Ditunjuk menjadi tuan rumah, Palembang terus berbenah untuk menyambut event akbar ini. Tiap saya datang ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB II), semarak Asian Games 2018 ada di sepanjang bandara.

Maka jangan kaget apabila kamu baru mendarat di Bandara SMB II, mulai dari turun pesawat hingga keluar bandara. Kalian akan disambut oleh alunan musik Gending Sriwijaya. Sejarah akan mencatat, kota Palembang akan menjadi pertama yang memiliki LRT (Light Rail Transit) yang menghubungkan langsung dari Bandara SMB II menuju Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring!

lrt palembang

LRT Palembang

Belum ada kota lain di Indonesia yang terbukti sukses memiliki LRT. Mega proyek ini dibangun untuk mendukung pelaksanaan Asian Games. Hadirnya LRT di Kota Palembang banyak memberi manfaat, bukan hanya untuk memperlancar arus transportasi. Dengan adanya jalur kereta api ringan, kepadatan arus lalu lintas semoga akan berkurang.

Sepanjang jalur kereta api ringan ini, tentunya kita bisa menikmati pemandangan kota Palembang dari Bandara SMB II hingga Stadion Jakabaring. Bahkan kita pun bisa sambil keliling kota Palembang murah sambil menikmati objek wisata yang dilewati oleh LRT. Mau tahu objek wisata apa saja yang akan dilewati oleh LRT?

1. Museum Balaputera Dewa

Salah satu museum kebanggaan orang Palembang yaitu Museum Balaputera Dewa. Museum ini berlokasi di Jalan Srijaya KM 5 berada di pusat kota. Banyak peninggalan kuno Kerajaan Sriwijaya serta artefak-artefak yang bisa dilihat. Museum Balaputera Dewa memiliki 3 ruangan pameran yang masing-masing ruangan bercerita mulai dari sejarah manusia zaman Megalith dan sisa benda peninggalan zaman dulu. Menariknya dari Museum Balaputera Dewa adalah Rumah Limas yang terletak di bagian belakang. Rumah Limas ini terdapat pada uang pecahan Rp 10.000. Jadi, jangan melewatkan untuk berfoto dengan latar Rumah Limas ini ya!

2. Jembatan Ampera

Jembatan kebanggaan Wongkito Galo ini memang legendaris sejak Kerajaan Sriwijaya. Terletak di titik 0 pusat kota Palembang, Jembatan Ampera berdiri kokoh menjadi penghubung dua daerah Palembang yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Di alirin Sungai Musi membuat Jembatan Ampera tampak lebih megah dikunjungi saat pagi maupun malam hari. Apalagi stasiun LRT nanti akan berada di dekat Jembatan Ampera sehingga memudahkan kita untuk seesight sekitar.

3. Pasar 16 ilir

Pasar 16 memiliki nilai sejarah bagi masyarakat kota Palembang. Pasar ini merupakan salah satu pasar terbesar dan pusatnya belanja mulai dari kain songket, perhiasan, hingga peralatan rumah tangga. Aktivitas perdagangan di kawasan ini cukup tinggi namun kalian tetap dapat menikmati gedung-gedung tua yang tampak bersejajar menghadap tepian Sungai Musi. Tips saat berkunjung ke Pasar 16 adalah jangan takut untuk menawar harga dan mengecek kembali kualitas barang yang dibeli. Sebab belanja di pasar tradisional tanpa menawar bagai sayur tanpa garam.

4. Ampera Skate Park

ampera skate park

Ampera Skate Park Palembang

Kawasan skateboard park ini persis berada di samping Jembatan Ampera. Sangat dekat dari MONPERA, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Masjid Agung. Dulunya lapangan kosong yang digunakan untuk parkir mobil apabila orang hendak ke pasar 16. Sekarang lapangan kosong tersebut disulap untuk memenuhi aspirasi anak-anak muda kota Palembang dalam hal bermain skateboard. Kalian bisa berkunjung di sore hari sambil menikmati sunset.

5. Benteng Kuto Besak

tugu iwak belido palembang

Tugu Iwak Belido

Salah satu benteng yang masih berfungsi sebagai markas keamanan berada di pusat kota. Fungsi awal Benteng Kuto Besak sebagai bangunan keratin milik Kesultanan Palembang. Kalian hanya dapat menikmati bangunan benteng dari bagian luar saja memandang Jembatan Ampera atau Tugu Belido yang merupakan sebuah patung ikan belido menghadap ke Jembatan Ampera. Sekarang Tugu Belido menjadi maskot baru kota Palembang.

6. Kampung Arab Almunawwar

Ingin merasakan suasana timur tengah dengan balutan kehangatan warga lokal setempat? Setibanya kalian dari Stasiun Jembatan Ampera maka kalian dapat naik perahu ketek dengan harga Rp 10.000 menuju kampung arab Almunawwar. Di kampung arab ini kalian dapat melihat bangunan rumah tua berumur di atas 200 tahun dan lokasinya cukup instagramable! Datanglah berkunjung di waktu sore hari untuk melihat sunset.

Pilihan Akomodasi Strategis

review santika radial palembang

Hotel Santika Radial Palembang

Cukup banyak objek wisata yang dilalui oleh LRT sehingga memudahkan kalian apabila sedang traveling ke Palembang. Termasuk mencari akomodasi hotel yang lokasi strategis serta dilalui oleh jalur LRT Palembang. Salah satu hotel pilihan rekomendasi saya yaitu Hotel Santika Radial Palembang bisa jadi pilihan bagi kalian. Berikut beberapa alasan mengapa kalian dapat memilih Hotel Santika Radial Palembang sebagai tempat untuk istirahat.

Lokasi di Pusat Kota

review hotel santika radial palembang

Lokasi strategis, dekat pusat keramaian dan mall

Berada di jalan Radial, Hotel Santika Radial Palembang sangat strategis sehingga lokasi mudah dijangkau. Akses menuju ke hotel dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum yang selalu melewati depan hotel atau jika mau lebih praktis dapat menggunakan transportasi online. Kawasan hotel ini juga berada di dekat perkantoran pemerintahan serta kawasan hiburan yang akan membuat malam hari kalian tidak kesulitan mencari hiburan atau tempat makan. Tak jauh dari hotel terdapat penjual nasi goreng merah yang sudah terkenal. Kalian bisa mencobanya.

Serta terdapat tiga mall besar dan pusat perbelanjaan seperti Palembang Icon Mall, Palembang Square Mall, Palembang Indah Mall dan Transmart. Serta pusat perbelanjaan Ramayana yang dapat memenuhi kebutuhan saat sedang berada di dekat hotel.

Pilihan Kamar Beragam

review hotel santika radial palembang

Kamar Deluxe Santika Radial Palembang

Hotel Santika Radial Palembang memiliki 149 kamar yang masing-masing telah dilengkapi fasilitas agar kita nyaman selama menginap. Mulai dari LCD TV, perlengkapan mandi lengkap hingga akses WiFi. Terdapat 4 pilihan kamar mulai dari Superior, Deluxe, Premiere, dan Suite. Bagi saya, ukuran kamar Deluxe sudah lebih cukup apabila saya staycation sendiri sehingga ruang gerak saya lebih leluasa. Sesekali saya juga butuh me time melepas penat dari kesibukan traveling.

Untuk kamar Deluxe, tempat tidur berukuran king size atau dua tempat tidur (twin) yang nyaman. Dengan fasilitas LCD TV dan saluran TV kabel, akses WiFi serta brankas. Kamar cukup nyaman dengan jendela besar. Interior kamar didominasi dengan ornamen kayu panjang yang tersambung dengan meja kerja serta meletakkan barang-barang di atasnya.

Fasilitas di dalam kamar mulai dari toiletries, laundry bag serta slipper juga tersedia di dalam kamar.

review hotel santika radial palembang

Kamar Suite Santika Radial Palembang

Berbeda dengan kamar Suite yang memang lumayan besar. Kamar Suite ini memiliki satu ruangan khusus ruang keluarga sehingga di ruangan tersebut kalian dapat berkumpul bersama keluarga atau melakukan olahraga ringan. Selain itu kamar Suite juga dilengkapi dengan mini bar dan mesin pembuat kopi/teh.

Semua kamar di Hotel Santika Radial Palembang telah dilengkapi dengan shower air panas dan dingin dengan tekanan air yang kencang sehingga membuat pengalaman rileksasi saat sedang mandi. Bagi saya, kamar mandi adalah bagian ternikmat setelah seharian penuh berkeliling kota sehingga saya membutuhkan tekanan air yang kencang saat mandi. Selesai mandi, saya dapat bersantai di kasur empuk sambil menikmati tontonan TV kabel. Sempurna!

Fasilitas Lengkap

review hotel santika radial palembang

View kolam renang Santika Radial Palembang

Hotel Santika Radial Palembang juga memanjakan tamunya dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti fasilitas pada umumnya. Membuat nyaman tamunya dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti fasilitas gym dan kolam renang. Dua fasilitas ini bisa dinikmati bagi kalian yang membutuhkan olahraga fisik sebelum beraktivitas.

review hotel santika radial palembang

Meeting room

Selain itu juga ada fasilitas lainnya seperti lounge maupun meeting room. Sebab tujuan para tamu yang menginap selain untuk berlibur, ada pula untuk keperluan business trip sehingga semua fasilitas sudah disediakan tinggal digunakan semaksimal mungkin.

Aneka Menu Nusantara di Laksa Restaurant

review hotel santika radial palembang

Menikmati sajian makanan di Laksa Restaurant

Bagi kalian yang mendambakan hidangan makanan nusantara, tentunya tidak akan kecewa dengan menu nusantara di Laksa Restaurant. Restoran di Hotel Santika Radial Palembang ini menggabungkan perpaduan suasana nyaman, pelayanan ramah serta hidangan yang mampu mengenyangkan perut.

Restoran Laksa menyajikan hidangan lezat, mulai dari makanan ringan hingga menu a’la carte hingga buffet. Kalian tinggal memilih berbagai masakan lokal, internasional dan oriental tersedia di Laksa Restaurant. Mulai dari mie celor, tekwan, bakso, laksan, rawon, coto makasar, bubur ayam, soto betawi, dan berbagai jenis sambal tradisional tersedia di Laksa Restaurant.

review hotel santika radial palembang

Iga Bakar Nasi Timbel

review hotel santika radial palembang

Pie Fruit

Saya berkesempatan mencicipi Iga Bakar Spesial yang dipadukan dengan Nasi Timbel sebagai hidangan makan siang. Kemudian dilanjutkan dengan hidangan penutup sebuah pancake dengan es krim di atasnya. Memang memanjakan perut berada di Hotel Santika Radial Palembang ini.

Memesan via santika.com Dijamin Lebih Murah

review hotel santika radial palembang

Booking kamar via santika.com

Saat ini memang banyak OTA yang memudahkan kita untuk memesan kamar hotel. Namun, tahukah kalian kalau sering kali apabila kita memesan kamar hotel lewat website justru bisa dapat harga lebih murah? Berikut alasan mengapa lebih enak memesan kamar langsung via santika.com :

  1. Beragam pilihan dan keamanan bertransaksi: santika.com memberikan pilihan metode pembayaran mulai dari kartu kredit, bank transfer, serta pembayaran langsung di hotel.
  2. Jaminan harga terbaik: santika.com selalu memberikan harga terbaik dibanding platform manapun.
  3. Tidak ada biaya tersembunyi: santika.com menampilkan harga yang sudah termasuk pajak,
  4. Lebih banyak manfaat: apabila memesan via santika.com maka kita bisa mendapatkan berbagai manfaat lain seperti gratis WiFi, sarapan pagi dan fasilitas lainnya.
  5. Ulasan pelanggan: kalian bisa membaca ulasan pengalaman menginap dari tamu lain sebagai referensi menginap lewat santika.com.
review hotel santika radial palembang

Melayani dengan senyuman

review hotel santika radial palembang

Lobi Hotel Santika Radial Palembang

Hotel Santika Radial Palembang bukan saja mengedepankan kenyamanan tidur sekaligus sarapan yang enak. Bagi kalian sedang singgah di Palembang baik untuk keperluan liburan atau bisnis tentunya bijak memilih akomodasi yang strategis, suasana nyaman serta mampu menciptakan pengalaman berkesan.

Selain Hotel Santika Radial Palembang, Grup Santika Indonesia sendiri juga memiliki jaringan hotel bintang 2 di Palembang yaitu Amaris Hotel. Hotel ini bisa jadi alternatif bagi kalian dengan pelayanan dan kualitas yang tidak mengecewakan.

Hotel Santika Radial Palembang
Jl. Brigjen HM Dhani Effendi (Jl. Radial ) No. 1688 Palembang – Indonesia
+62-711-5556655

Hotel Amaris Palembang
Jl. Demang Lebar Daun, Palembang, Sumatera Selatan
+62-711-5710999

Iklan

70 pemikiran pada “Keliling Palembang Hemat? Ini Referensi Tempat Menarik Dilewati LRT Palembang

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s