Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA

We want to do something crazy, we want to do something great, something that has not been done before.

nigerian children - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Anak-anak Kaduna, Nigeria membuat film sci-fi menggunakan alat terbatas

Di sebuah kompleks di negara bagian Kaduna, Nigeria barat laut, Godwin Josiah dan sepupunya menggantung kain hijau di gerbang ketika mereka bersiap-siap untuk syuting adegan film. Merekam menggunakan smartphone dan tripod yang terbuat dari dudukan mikrofon yang rusak, kemudian kinerja laptop yang lambat sebagai langkah awal mereka mulai. Blower menghasilkan udara dan menghabisi aktor yang dalam film seolah akan terbang di udara. Seperti yang kita ketahui, saat ini film sci-fi dibuat menggunakan perangkat lunak yang canggih. Tapi film-film yang dibuat oleh bocah-bocah ini menggunakan barang-barang terbatas yang mereka miliki.

Semacam membuat dagelan dalam dunia perfilman, video pendek mereka mengejutkan dunia dan viral ditonton oleh jutaan pasang mata. Anak-anak asal Kaduna ini menabung selama sebulan untuk membeli kain hijau untuk green screen dan belajar sendiri bagaimana melakukan efek visual dengan menonton tutorial di Youtube. Membaca berita proses membuat film sangat inspiratif, dengan keterbatasan biaya, alat dan akses membuat mereka tetap dapat menyalurkan kreatifitas mereka.

Hasilnya? Mereka bukan hanya menjadi viral tetapi orang melihat bahwa ada anak-anak di Kaduna melakukan sesuatu yang berbeda, jadi itu hanya tujuan utama. Semacam kepuasan dan pembuktian menghancurkan pikiran bahwa kita tidak bisa. Saat ini, kalau kamu merasa nggak jago menulis tapi punya segudang ide yang ingin dibagikan kepada semua orang di seluruh dunia, kenapa nggak berani beraksi di depan kamera dan hobi edit-edit video? kamu sudah memenuhi beberapa kriteria untuk menjadi seorang Vlogger!

BELAJAR VIDEO UNTUK PEMULA

persiapan - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA

Di Indonesia, tren Vlog muncul sejak tahun 2014 lalu, bahkan menurut Google Indonesia jumlah video yang diupload ke Youtube naik hingga 600%. Wow, heboh banget ya! Iming-iming penghasilan yang bisa didapatkan dari YouTube juga menjadi salah satu alasan mengapa orang mulai menekuni dunia video. Tapi tak semua orang dengan mudah mau melakukannya. Ada yang malu tampil di depan kamera, ada pula yang beralasan tidak punya perangkatnya.

Banyak yang beranggapan kalau membuat konten video itu harus butuh modal yang besar, untuk beli perangkat kamera maupun perangkat lunak untuk editing. Padahal tidak selamanya membuat konten video itu harus butuh perlengkapan yang mahal. Saya sendiri masih belajar membuat konten video, sebagai pemula saya ingin berbagi cara saya membuat konten video untuk YouTube. Mulai aja dulu.

Persiapan Perangkat

Sebagai modal awal, kamu tidak perlu membeli kamera DSLR yang jutaan rupiah. Kalau memang belum ada dana, bisa gunakan alat yang dipunya yaitu kamera dari ponsel. Saya rasa sekarang setiap orang termasuk kamu punya ponsel. Manfaatkan saja kamera smartphone untuk membuat video yang kamu kehendaki. Tentukan konsep videonya lalu rekam pakai kamera ponsel. Jangan lupa untuk mengatur kualitas video resolusi Full HD agar hasil lebih jernih. Untuk konten video di YouTube sudah sangat cukup, bahkan beberapa konten kreator Youtube juga menggunakan kamera ponsel untuk membuat konten videonya. Buktinya bisa kalian lihat dari anak-anak Nigeria yang berhasil memanfaatkan kamera ponsel. Hasilnya sungguh luar biasa dan tidak kalah dengan video yang dibuat dari kamera DSLR. Masih mengeluh nggak punya perangkat?

Aplikasi Editing Video

Masalah satu sudah selesai. Sekarang tinggal memikirkan bagaimana menjahit potongan-potongan video lewat aplikasi editing-nya. Langkah awal, sebagai pemula dalam mengedit video dimulai dengan membuat storyboard cerita yang ingin disampaikan dari awal, tengah dan akhir. Tidak perlu banyak menggunakan efek cukup pesanmu tersampaikan saja.

Ada beberapa aplikasi edit video gratis dan berbayar yang bisa kita manfaatkan. Jika punya dana lebih tentu lebih enak dengan membeli aplikasi edit video seperti FilmoraGo. Namun, ada juga pengembang yang memberikan aplikasi edit video dengan cuma-cuma seperti DaVinci Resolve, HitFilm Express, dan Lightworks. Aplikasi ini sudah cukup baik dan ringan untuk digunakan edit video kamu.

Koleksi File Pendukung

Video akan lebih bagus kalau diperkaya dengan menggunakan audio. Di dunia Youtube, musik tidak bisa digunakan sembarangan sebab ada lisensi yang harus dipatuhi. Namun tenang saja, kita bisa mencari koleksi musik gratis bebas digunakan sebab sudah tersedia dari Youtube, yakni di http://youtube.com/audiolibrary/music, Channel NCS http://youtube.com/NoCopyrightSounds, atau di SoundCloud.com. Semua koleksi musik bisa kamu gunakan dengan gratis dan aman tidak melanggar hak cipta.

CIPTAKAN KREATIVITASMU

Masih ada kendala dalam membuat video? Kendala utama dari pembuat konten adalah kemauan. Tinggal mau atau tidak untuk belajar menggunakan perangkat yang sudah ada. Waktu saya ingin menghasilkan foto yang bagus, saya belajar dari yang fotografer yang punya karya bagus. Sama halnya juga kalau ingin menghasilkan video yang menarik dengan perangkat seadanya, bisa belajar dibagian cara pengambilan gambar dan editing. Internet memberikan semua sumber untuk menemukan tempat belajar bagaimana mengambil video yang menarik. Semua itu bisa kamu pelajari secara otodidak.

Buatlah sesuatu yang tak terduga bagi orang lain. Lewat video anak-anak Nigerian itu memberikan warna baru dan buat orang terhibur dengan pesan yang ingin disampaikan. Laptop salah satu peralatan yang menjadi kebutuhan utama bagi orang yang menggantungkan pekerjaannya di dunia digital seperti konten kreator. Tanpa laptop, kamu nggak bisa mengedit Vlog kamu dan menguploadnya ke YouTube. Laptop juga lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana daripada komputer. Selain itu, kamu bisa memindahkan memori dari kamera ke laptop, maka dari itu pilihlah laptop sesuai budget dan kebutuhan editing vlog kamu seperti ASUS VivoBook Ultra A412DA.

KRITERIA SEBUAH LAPTOP ULTRABOOK

ASUS Vivobook Ultra A412DA spesifikasi - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
ASUS Vivobook Ultra A412DA

Untuk keperluan seorang Vlogger dan konten kreator, ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah lebih cukup. Laptop terbaru dari keluarga ASUS ini merupakan ultrabook mungil dengan desain stylish serta powerful. Mengapa disebut ultrabook?

Ultrabook merupakan generasi terbaru dari laptop, yang mengkombinasikan antara tampilannya yang elegan dengan kemampuan komputasi dan spesifikasi yang cukup tinggi. Apabila kamu banyak beraktivitas secara mobile namun membutuhkan laptop dengan performa dan spesifikasi yang tinggi maka ultrabook sangat tepat untuk anda.

Lalu apa yang dimaksud dengan ultrabook? Intinya kamu memenuhi kriteria cocok punya laptop ultrabook apabila memang mencari sebuah laptop yang memiliki spesifikasi dan performa tinggi yang ringan dan mudah untuk dibawa, terutama apabila aktivitas mobile anda cukup tinggi. Sebab, ultrabook dirancang agar memiliki desain yang tipis dan ringan tentunya dengan tampilan yang umumnya elegan. Layaknya ultrabook yang canggih, tentu saja kita butuh fitur-fitur yang menunjang seperti :

Ringan dan Tipis

Ringan, umumnya ketebalannya tidak lebih dari 2 cm dengan berat kurang dari 1,5 kilo. Untuk ukuran layar hadir di antara range 11 inch sampai dengan 14 inch.

Portable Good Looks

Laptop juga perlu memiliki desain yang berkarakteristik portable, sederhana namun premium. Yang merupakan ciri utama dari ultrabook.

Powerful and Reliable

Pastinya memiliki kemampuan tinggi untuk memaksimalkan performanya. Biasanya ultrabook juga hadir dengan Solid State Drive (SSD) yang akan membuat aktivitas komputasi menjadi super cepat. Juga memiliki grafis yang terintegrasi dengan istimewa.

Lasting Endurance

Memiliki non removable battery (baterai tidak dapat dilepaskan) yang menunjang ketahanan dari ultrabook itu sendiri.

Lightning Fast Response

Memiliki respon yang super cepat, proses resume yang lembut namun memiliki kecepatan yang luar biasa saat anda menyalakan laptop bertipe ultrabook.

REKOMENDASI LAPTOP RINGKAS ASUS Vivobook Ultra A412DA

kerja dengan laptop 02 - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
ASUS Vivobook Ultra A412DA cocok buat kamu yang mobilitas sering keluar

Mobilitas kegiatan adalah jawaban. Laptop ultrabook memang didesain dengan keunggulan menggabungkan respon kinerja, keamanan, ringan, dan faktor bentuk yang elegan dikelasnya. ASUS VivoBook Ultra A412DA sendiri menyandang gelar sebagai “World’s Smallest Colorful 14 inch Ultrabook” atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan paling kecil dibandingkan kompetitor sejenis.

Predikat ini bukan sembarang karena memang VivoBook Ultra A412DA memiliki dimensi bodi dengan panjang 32cm dan lebar 21cm. VivoBook Ultra A412DA terlihat seperti laptop mengusung layar 13 inci. Bayangkan saja ukurannya begitu ringkas membuat lebih mudah dibawa kemana saja. Ditambah lagi, ada empat varian warna unik membuat laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA tampil berbeda dari yang lain. Tak hanya itu, performa ASUS VivoBook Ultra A412DA cukup powerful di kelasnya berkat prosesor AMD Ryzen 3000 series.

DESAIN ELEGAN

tampak samping ASUS Vivobook Ultra A412DA - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Desain NanoEdge Display pada ASUS Vivobook Ultra A412DA

VivoBook Ultra A412DA bukan sembarang ultrabook. Telah dilengkapi dengan berbagai fitur premium seperti NanoEdge Display, yaitu teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412DA cukup tipis hanya 5,7mm sehingga dimensi body-nya dapat diperkecil. Laptop ukuran 14 inch menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen.

Ukuran panjangnya 32cm dengan lebar 21cm. Sementara, ketebalannya berada di 1,9cm dan bobotnya 1,5kg. Memang bukan yang tertipis dan teringan, tapi dimensinya sudah tergolong ringkas. Mudah dibawa bepergian dan ideal dijadikan sebagai partner untuk bekerja secara mobile atau bahkan traveling. Kesan pertama memegang ASUS VivoBook Ultra A412DA ini sudah bikin gemas karena desain laptop minimalis.

ketebalan ASUS Vivobook Ultra A412DA - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Ketebalan kurang dari 2cm membuat ASUS Vivobook Ultra A412DA menjadi laptop ringkas dan praktis
kerja dengan laptop 03 - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Bobot ASUS Vivobook Ultra A412DA ringan dan ringkas. Cocok buat diajak berpetualang
ergolift design ASUS Vivobook Ultra A412DA - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
ErgoLift Design ASUS Vivobook Ultra A412DA

Fitur premium VivoBook Ultra A412DA lainnya adalah ErgoLift Design, yaitu membuat bagian bodi utama VivoBook Ultra A412DA terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Posisi keyboard saat VivoBook Ultra A412DA menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan. Pastinya buat mengetik lama di depan laptop dan tidak membuat tangan jadi pegal. ErgoLift Design ini juga berpengaruh terhadap sistem pendingin di VivoBook Ultra A412DA dapat bekerja lebih optimal. Saat ultrabook ini digunakan, bodinya akan sedikit terangkat sehingga membentuk rongga yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, hardware di dalam ultrabook ini dapat bekerja lebih optimal.

warna asus vivobook a412da - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Pilihan warna ASUS VivoBook A412DA

ASUS VivoBook Ultra A412DA hadir dalam empat pilihan warna memikat: Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Crush. Pilihan balutan warna ini tentunya menambah level gaya kamu. Kamu tinggal pilih warna yang disukai.

PERFORMA CEPAT DENGAN AMD RYZEN 3000 SERIES

3 768x432 - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
AMD Ryzen

Godwin Josiah dan sepupunya sekarang bisa lebih tenang dan produktif kalau membuat konten video pakai ASUS Vivobook Ultra A412DA. Laptop ringkas ini ditenagai prosesor AMD Ryzen 3000 series yang merupakan generasi baru istimewa. Prosesor ini menggunakan mikroarsitektur yang disebut dengan Zen+ yang tak lain adalah penerus dari Zen yang digunakan oleh Ryzen generasi sebelumnya. Kedua prosesor yang menggunakan nama sandi Picasso ini sudah menggunakan teknologi proses 12nm yang membuatnya 10% lebih kencang dari pendahulunya dengan konsumsi daya yang sama.

4 1 768x427 - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Performa AMD
5 768x540 - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Games eSport yang bisa dimainkan di ASUS VivoBook A412DA

Nilai tambah yang ditawarkan oleh prosesor AMD Ryzen 3000 series ini dilengkapi dengan grafis terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega iGPU. Didukung grafis terintegrasi dengan prosesornya, performa grafis yang ditawarkan tak bisa dipandang sebelah mata. Kalau dulu kita mengenal laptop kecil dan tipis hanya sanggup untuk aktivitas pekerjaan kantoran saja, tapi sekarang stigma itu pasti menghilang karena prosesor AMD Ryzen 3000 series pada ASUS Vivobook Ultra A412DA dapat menangani komputasi grafis, seperti desain grafis 2D maupun 3D. Bahkan, Asus Vivobook Ultra A412DA mampu memainkan game eSports dengan lancar dan editing video.

Performa ASUS VivoBook Ultra A412DA hadir dengan pilihan memori 4GB DDR4 2400Mhz, namun masih bisa di upgrade hingga 8GB. Dimana seri ini hadir dengan pilihan HDD standar 1TB, namun bisa disajikan dengan SSD sebagai pilihan tambahan.

DILENGKAPI WINDOWS 10 ASLI PRE INSTALLED

kerja dengan laptop 04 - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
ASUS VivoBook A412DA sudah menggunakan Windows 10

Selain spesifikasi yang mumpuni, keunggulan lain ASUS Vivobook Ultra A412DA ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalamnya. Artinya, kamu tidak perlu lagi membeli lisensi resmi sistem operasi lagi yang jelas membutuhkan tambahan biaya, hanya cukup melakukan setup dan aktivasi untuk dapat menggunakan laptop ini dengan sistem operasi legal berlisensi.

Dengan menggunakan Windows 10 Original, maka kita sudah pasti mendapat pembaruan langsung dari Microsoft. Bukannya menggunakan lisensi resmi lebih bangga ya? Selain tidak melanggar hukum juga lebih berkah hasilnya. Makanya, karena Asus Vivobook Ultra A412DA sudah siap pakai dengan sistem operasi Windows 10 asli dan berlisensi pastinya lebih yahud.

AMAN DENGAN SENSOR SIDIK JARI DAN WINDOWS HELLO

window hello ASUS Vivobook Ultra A412DA - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
ASUS Vivobook Ultra A412DA : Akses finger print memuat data kita lebih aman dan tidak repot mengetik password

Selain aman dengan sistem operasi berlisensi, ASUS Vivobook Ultra A412DA menjadi laptop ringkas ukuran 14 inci yang sudah dibekali dengan sensor sidik jari berada pada sudut kanan atas touchpad. Performa sensor sidik jarinya akurat dalam mengenali sidik jari. Tak hanya itu, fingerprint sensornya juga sudah mendukung perangkat lunak Windows Hello.

window hello - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Windows Hello

Dengan adanya fitur Windows Hello menggunakan fingerprint, maka proses login menuju tampilan desktop laptop lebih cepat karena cukup sentuhan jari. Kamu nggak perlu mengetik password lagi sudah bisa langsung memulai bekerja. Dengan ASUS Vivobook Ultra A412DA telah dilengkapi dengan fitur keamanan berupa sensor fingerprint dan pemindah wajah via Windows Hello. Hal ini berfungsi agar lebih aman saat bepergian tanpa perlu khawatir laptop diakses orang tak dikenal.

FITUR PENDUKUNG LAIN

port samping ASUS Vivobook Ultra A412DA - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
ASUS Vivobook Ultra A412DA banyak port yang membantu konektivitas
port konektivitas ASUS Vivobook Ultra A412DA - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Port usb yang sangat membantu memindahkan file

Layaknya perangkat laptop, konektivitas itu hal penting buat konten kreator untuk memindahkan file seperti foto dan video. ASUS Vivobook Ultra A412DA terdapat banyak port mulai dari Kenshington Lock, port USB 2.0, dua buah indikator LED, dan microSD card reader. Selain itu juga menempatkan port power, port USB 3.1 Gen 1, port HDMI, port USB 3.1 Gen1 Type-C, dan port combo audio 3,5mm.

Fitur menarik lain yang ada di ASUS VivoBook A412DA adalah fitur Fast Charging dan Dual Band Wi-Fi 5 (802.11ac). Mobilitas lebih sering bekerja di luar tentunya akan sangat membantu kita ketika kehabisan daya baterai. Dengan teknologi fast charging VivoBook A412DA mampu mengisi baterai hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit. Sedangkan fitur Dual Band Wi-Fi 5 (802.11ac) akan memberikan pengalaman browsing internet atau streaming YouTube dengan cepat. Betapa menyenangkan bukan?

key travel ASUS Vivobook Ultra A412DA - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Keyboard ASUS Vivobook Ultra A412DA cukup empuk untuk penggunaan lama
window hello ASUS Vivobook Ultra A412DA 1 - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Asus SonicMaster

Hal yang saya suka adalah desain keyboard ASUS Vivobook Ultra A412DA berdesain chiclet yang menawarkan key travel yang cukup nyaman. Keyboard Vivobook Ultra A412DA ini juga dilengkapi dengan backlight berwarna putih yang dapat membantu mengetik dalam kondisi kurang cahaya.

Rasanya kurang kalau semua keunggulan ASUS VivoBook Ultra A412DA di atas tidak dilengkapi dengan speaker atau keluaran audio yang bagus. Buat kamu yang sedang mengedit video tentu butuh hasil suara yang bagus dan jernih, sedangkan buat profesional yang sedang mendengarkan musik sambil kerja juga perlu hasil suara yang sama. ASUS membawa fitur ASUS SonicMaster yang memberikan pengalaman mendengarkan suara yang lebih baik dari pada speaker laptop pada umumnya karena perpaduan antara hardware, software dan penyetelan audio yang dilakukan oleh ASUS Golden Ear Team.

YUK MULAI AJA DULU

kerja dengan laptop 01 - Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA
Jangan tutup kreativitas kamu karena peralatan, pakai ASUS Vivobook Ultra A412DA sudah bikin kamu keren

Sesuai dengan namanya, VivoBook Ultra A412DA hadir dengan bodi yang lebih ringkas namun tetap mengedepankan performa. Didukung dengan prosesor AMD Ryzen 3000 series dan AMD Radeon RX Vega tentunya ultrabook ini sangat membantu kita dalam bekerja. Secara desain tentu saja VivoBook Ultra A412DA yang colorful karena punya empat varian warna.

Peralatan buat pemula yang ingin membuat konten nggak perlu mahal. Justru yang terpenting adalah kamu harus konsisten dan fokus dalam membuat vlog atau konten. Lakukan dengan semangat, sabar dan ceria biar semua proses bisa berjalan dengan mudah, bahkan punya nilai positif buat banyak orang. Dengan ASUS VivoBook Ultra A412DA bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi seperti anak-anak dari Nigeria yang membanggakan itu.

Mengandalkan desain yang ringkas saja sepertinya tidak cukup untuk menarik minat para pengguna. Untungnya spesifikasi VivoBook Ultra A412 dapat menunjang aktivitas sehari-sehari entah untuk melakukan berbagai pekerjaan, tugas mengedit video ataupun sekedar bermain game eSports. Untuk itu, melalui ASUS VivoBook Ultra A412 sepertinya telah menjawab semuanya.

ASUS VivoBook Ultra A412DA dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Rekomendasi bagi kamu pebisnis muda yang membutuhkan laptop ultrathin serta multitasking, mahasiswa yang dapat digunakan untuk mengerjakan tugas sekaligus gaming, para traveler seperti kamu yang butuh laptop tipis dan ringan serta memiliki daya tahan baterai yang lama serta orang tua yang sedang berencana membelikan laptop untuk anaknya.

SPESIFIKASI ASUS VIVOBOOK A412DA

Prosesor AMD Ryzen 5 3500U Processor
AMD Ryzen 3 3200U Processor
Sistem Operasi Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro.
Memori 4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM
8 GB Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM
Display 14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
Storage Hard drive: 1TB 5400 rpm SATA HDD
Keyboard Chiclet keyboard. Illuminated chiclet keyboard
Networking Wi-Fi
Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2))
Bluetooth
Bluetooth® 4.2
Interface 1 x COMBO audio jack
1 x Type-A USB2.0
1 x USB 3.1 Type C port(s)
1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1)
1 x HDMI
Baterai 2 -Cell 37 Wh Battery
Adaptor Daya Plug type :4 (mm)
Output :
19 V DC, 2.37 A, 45 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi NB: 322 x 212 x 19.5 mm (WxDxH)
Berat NB: 1.5 kg with battery
Certificates UL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, CB, Energy Star.
Jaminan 1 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara.
Harga Rp 6.599.000 (AMD Ryzen 3 3200U Processor)
Rp 8.599.000 (AMD Ryzen 5 3500U Processor)

Harga ASUS VivoBook Ultra A412DA

VivoBook Ultra A412DA Ryzen 3 | Rp 6.599.000

VivoBook Ultra A412DA Ryzen 5 | Rp 8.599.000

***

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Advertisements
BACA JUGA :  Arisan! 2, Ada yang Belum Terungkap
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

4 thoughts on “Jadi Keren Kayak Anak-Anak Kaduna Lewat ASUS VivoBook Ultra A412DA

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.