3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman

Pungky, Sutopo dan Yahya menaiki tangga karir mereka untuk meraih mimpinya yang sulat lama tergantung. Terkadang kami hanya bertegur sapa lewat pesan singkat, sulit kalau mau mencocokkan waktu untuk bertemu. Tiga orang teman saya ini punya kesibukan yang cukup tinggi, namun selalu stand by di depan laptop untuk urusan pekerjaan mereka.

Pungky yang kini memilih kembali ke jalan untuk menikmati hidup setelah setahun lalu menjadi budak korporat. Lalu, ada Yahya yang merambat skill ke edit video lantaran saat ini konten juga tidak hanya tulisan saja. Saluran videonya cukup menghibur dan informatif. Berbeda dengan Sutopo yang punya profesi sebagai reviewer otomotif dia juga senang gaming di depan laptop.

kado untuk teman - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Tiga rekomendasi laptop untuk teman baik

Tiga karakter orang ini saling melengkapi. Sewaktu mereka bertanya mengenai laptop yang cocok untuk menunjang kebutuhan mereka, saya jadi ingat minggu lalu datang ke peluncuran laptop gaming No. 1 di Indonesia yaitu ASUS ROG. ASUS memperkenalkan jajaran laptop gaming terbaru yang menggunakan prosesor 9th Gen Intel Core di Indonesia. Jajaran laptop gaming ROG yang hadir kali ini merupakan solusi menyeluruh tidak hanya untuk gamer, tetapi juga untuk kalangan profesional yang membutuhkan laptop ultra-powerful untuk menunjang pekerjaannya secara mobile.

laptop gaming asus rog terbaru - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman

varian laptop asus rog - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman

Rasanya tiga karakter teman saya cocok sekali dengan produk laptop gaming terbaru dari ASUS ROG kali ini. Sebagai teman yang baik, saya ingin memberikan alasan untuk tiga produk tersebut yaitu ASUS ROG Strix G531, ROG Zephyrus GX502 dan ROG Mothership GZ700.

ROG Strix G531, Si Gamer eSport

model rog strix - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
ASUS ROG Strix G531

Dalam satu minggu, Sutoro pernah bilang kalau dia bisa memproduksi dua video untuk ditayangkan. Proses perekaman video sendiri dia tidak sendirian tapi juga dibantu oleh saudaranya. Pastinya mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat sebuah konten. Di sela waktu kosong kalau sedang tidak membuat konten, Sutoro sendiri lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game eSport favoritnya, yaitu Counter Strike: Global Offensive dan Rainbow Six: Siege.

Dulu bermain game di laptop sebatas Solitaire, game yang tak lekang waktu itu ternyata masih bertengger di laptop Sutoro. Intensitas dia bermain game cukup lama bisa sampai 4 jam setiap harinya. Cita-citanya mau bisa bertemu kesayangannya, Momo yang merupakan Brand Ambassador ROG. Produktivitas seorang Sutoro yang memang hobi bermain game ini cocok sekali dengan ROG Strix terbaru, yaitu ROG Strix G531.

gambar rog strix - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman

keystone asus rog strix - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Keystone ASUS ROG Strix
keystone rog strix - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Fungsi keystone di ROG Strix

Laptop gaming ROG Strix G531 terbaru hadir dengan fitur unik bernama Keystone, yaitu perangkat khusus seperti USB yang dapat dipasangkan ke laptop gaming ini. Keystone memiliki banyak fungsi seperti menyimpan profil dan pengaturan tampilan RGB Backlit hingga menampilkan “Shadow Drive”, yaitu sebuah drive penyimpanan tersembunyi yang hanya bisa diakses jika keystone terpasang.

ROG Strix G531 terbaru punya keunggulan pada refresh rate serta response time layar saat bermain game. Dua keunggulan dari ROG Strix G531 ini dirancang khusus untuk tidak hanya menghadirkan performa terbaik, tetapi juga tingkat respon dan akurasi input yang tinggi. Ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-9 terbaru serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX dengan versi tertingginya telah dilengkapi dengan GeForce RTX 2070. Chip grafis tersebut tidak hanya memiliki performa yang tinggi dan dapat menjalankan seluruh game eSport tanpa kompromi, bahkan game AAA pun dipastikan dapat dimainkan dengan lancar.

rog strix - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
ROG Strix diperuntukkan untuk para gamer eSport
rog strix gx531 - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Keyboard yang nyaman untuk bermain game

Dari sisi desain, laptop gaming ROG Strix G531 ini memiliki desain bernuansa mobil sport dari BMW DesignWorks Group. Dengan sistem pembuangan udara panas serta beberapa port ditempatkan di bagian belakang. ROG Strix G531 memiliki bezel layar yang tipis. Dengan ukuran lebar 2,33cm tentunya lebih ringkas. Saat bermain game lama tidak perlu khawatir panas, ROG Strix G531 memiliki HyperCool Pro yang merupakan sistem pendinginan terbaik untuk melepaskan semua potensi performa tinggi. Serta ada Anti-Dust Tunnels yang bisa membersihkan sendiri debu dengan sistem pendinginan dual-fan. Cara ini agar performa gamer menjadi lebih betah saat sedang bermain game.

ROG Strix G531 memang menawarkan portabilitas dan performa yang superior. Sehingga gamer tetap dapat bermain game di manapun, setiap saat. Pengalaman menggunakan ROG Strix G531 lebih dari cukup untuk digunakan bermain game terbaru saat ini maupun melakukan multitasking seperti streaming video atau berselancar di dunia maya. Bisa dipastikan kalau nantinya Sutoro punya laptop paling ampuh di medan pertandingan eSport. Waz… wuzz..

harga rog strix hero - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Harga Laptop ROG Strix/HERO
Main Spec. ASUS ROG Strix G G531 / G731
CPU 9th Gen Intel Core i5-9300H Processor Quad Core (8M Cache, up to 4.1GHz)

9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)

Operating System Windows 10
Memory 8GB DDR4 2666MHz SDRAM

16GB DDR4 2666MHz SDRAM

Storage 256GB M.2 NVMe PCIe SSD + 1TB SSHD

512GB M.2 NVMe PCIe SSD

Display 15,6inci (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 60Hz / 120Hz, 100% sRGB

17,3inci (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 60Hz

Graphics NVIDIA GeForce GTX 1050 4GB GDDR5 VRAM

NVIDIA GeForce GTX 1650 4GB GDDR6 VRAM

NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti 6GB GDDR6 VRAM

NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM

NVIDIA GeForce RTX 2070 8GB GDDR6 VRAM

Input/Output 3 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x Combo Audio Jack,

1 x HDMI

Camera Optional
Connectivity Wi-Fi 5(802.11ac) 2*2 + Bluetooth 5.0
Audio 2 x 4W speakers with Smart AMP technology, Array Microphone
Battery 48WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 399(W) x 293 (D) x 26.2(H) mm (17-inch model)

360 (W) x 275 (D) x 24.9 (H) mm (15-inch model)

Weight 2,85Kg (17-inch model)

2,57Kg (15-inch model)

Colors Black
Price Start from Rp14.299.000

ROG Zephyrus GX502, Laptop Gaming Paling Tipis

rog zephyrus - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Varian ROG Zephyrus, laptop gaming yang tipis

Sewaktu bertemu Pungky, dia teriak “Gue bebas! Gue kangen di jalan lagi.” Terkukung menjadi budak korporat bagi orang yang terbiasa dengan jam kerja bebas dan ritme kerja dinamis memang plus minus. Karakter orang yang tidak begitu senang berdiam di satu tempat mengerjakan rutinitas tentu akan merasa lebih lega ketika diberikan pekerjaan yang sesuai minat.

Sebagai seorang pembuat konten, tentunya ruang kerja juga dinamis dan bisa berpindah kemanapun. Jajaran laptop gaming ROG Zephyrus GX502 terbaru menghadirkan solusi untuk para non gamer seperti profesional yang membutuhkan laptop ultra tipis dengan performa yang sangat powerful. Selain itu di sela waktu senggang mereka juga tetap bisa menikmati bermain game hardcore. ROG Zephyrus GX502 tidak hanya ditenagai oleh prosesor 9th Gen Intel Core, jajaran laptop gaming Zephyrus terbaru juga dibekali chip grafis NVIDIA GeForce RTX untuk performa grafis terbaik.

gambar rog zephyrus - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman

prosesor intel terbaru - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Intel dan ASUS telah bekerjasama lebih dari 30 tahun untuk prosesor.

Yang membuat ROG Zephyrus GX502 berbeda dengan laptop gaming lainnya adalah dukungan layar bersertifikasi Pantone Validated. Artinya, layar ROG Zephyrus terbaru mampu menghasilkan warna yang sangat akurat sehingga dapat digunakan oleh kalangan profesional. Tidak sampai di situ, layar ROG Zephyrus juga memiliki refresh rate hingga 120Hz dan response time 3ms. Semua itu dihadirkan dalam sebuah bodi dengan form-factor ultra-ringkas yang ketebalannya di bawah 20mm.

Mengapa ROG Zephyrus GX502 cocok buat Pungky? Oleh sebab laptop 15-inci dengan form-factor super ringkas dan hadir dengan fitur gaming yang sangat lengkap. Dibandingkan dengan laptop 15-inci pada umumnya, ROG Zephyrus S GX502 memiliki bobot dan dimensi yang lebih kecil. Berkat layar yang menggunakan teknologi Super Narrow Bezel. Teknologi tersebut memungkinkan laptop gaming ini memiliki layar dengan bezel yang sangat tipis, sehingga keseluruhan dimensi bodi pada laptop gaming ini bisa dibuat menjadi lebih kecil. Maka ROG Zephyrus bisa dikatakan laptop ultra-book karena memiliki ketebalan kurang dari 2cm!

performa rog zephyrus - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Menggunakan NVIDIA terbaru
spesifikasi rog zephyrus - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Performa ROG Zephyrus tidak diragukan

Laptop gaming ini hadir dengan bodi 25% lebih tipis dan bobot hingga 42% lebih ringan dari kompetitornya. Artinya, Pungky tetap luwes dan ringan untuk bawa laptop saat dia sedang traveling dan bermain game. ROG Zephyrus GX502 menggunakan bodi berbahan magnesium alloy ditambah dengan struktur honeycomb reinforcement, memastikan bahwa laptop ini akan tetap kuat meski memiliki bobot yang ringan. Menariknya lagi, bodi ROG Zephyrus S GX502 dirancang agar tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari (fingerprint) sehingga tidak mudah terlihat kotor.

Soal Performa, ROG Zephyrus GX502 tidak hanya ditenagai oleh prosesor 9thGen Intel Core. Laptop gaming ini juga hadir dengan opsi chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 atau RTX 2070 yang powerful serta mendukung berbagai teknologi grafis terkini. Tidak ketinggalan sistem pendingin Intelligent Cooling yang menggunakan teknologi Active Aerodynamic System (AAS) khas seri ROG Zephyrus membuat laptop gaming ini tetap dapat berjalan stabil.

fan design zephyrus - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Sistem pendingin di ROG Zephyrus
best thermal rog zephyrus - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Memiliki kipas pendingin yang baik
baterai rog zephyrus - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Daya tahan baterai ROG Zephyrus

Soal baterai, buat pengguna seperti Pungky juga akan dimanjakan dengan laptop gaming ini berkat daya tahan baterainya yang panjang. ROG Zephyrus GX502 mengusung baterai berkapasitas 76WHrs dan sanggup bertahan hingga 8 jam penggunaan. Menarik bukan?

Asus menghadirkan ROG Zephyrus dalam dua varian yakni M dan S. Di varian S, Asus memperkenalkan beberapa model yakni GX502, GX701, dan GX531. Sedangkan di varian M ada GU502. Soal harga, ROG Zephyrus dibanderol mulai Rp 25.999.000 hingga Rp 48.999.000.

harga rog zephyrus - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Harga Laptop ROG Zephyrus
Main Spec. ASUS ROG Zephyrus S GX502
CPU 9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)
Operating System Windows 10
Memory 16GB DDR4 2666MHz SDRAM

32GB DDR4 2666MHz SDRAM

Storage 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 144Hz / 240Hz 3ms, 100% sRGB, Pantone Validated Display
Graphics NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM

NVIDIA GeForce RTX 2070 8GB GDDR6 VRAM

Input/Output 2 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
Camera Optional
Connectivity Wi-Fi 5(802.11ac) 1*1 + Bluetooth
Audio 2 x 1W speakers with Smart AMP technology, Array Microphone, DAC, ESS
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 36.0(W) x 25.2(D) x 1.89 ~ 1.89(H) cm
Weight 1,99Kg
Colors Metal Black
Price Start from Rp35.999.000

ROG Mothership GZ700, Desktop Replacement Paling Powerful

rog mothership 2 - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
ROG Mothership – Desktop replacement

Sebagai seorang ayah dengan seorang anak penulis novel. Yahya memang seperti buah jatuh tidak jauh dari pohonnya yang dulunya juga penulis buku. Mobilitas om Yahya sendiri tidak begitu padat yang membutuhkan membawa laptop kemana pun dia pergi. Dia tipe seorang ayah yang lebih betah diam di rumah untuk produktivitas menulis. Makanya saya senang rekomendasikan ROG Mothership GZ700 sebagai desktop replacement yang paling powerful.

Kalau saya bilang, ROG Mothership GZ700 ini laptop rasa desktop karena bentuknya laptop tapi juga bisa diubah menjadi desktop. Menarik kan! Apalagi Berbeda dengan seluruh jajaran laptop gaming yang ada saat ini, ROG Mothership memiliki desain yang unik dengan modul pemrosesan dan layar menyatu, sementara keyboard-nya dapat dilepas dan digunakan secara terpisah menggunakan koneksi nirkabel.

gambar rog mothership - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman

rog mothership - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Desain ROG Mothership

ROG Mothership GZ700 masuk dalam kategori sebagai desktop replacement dan memiliki performa yang setara dengan PC desktop kelas high-end. Tidak hanya ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 9th Gen yang paling kencang, laptop gaming ini juga dibekali dengan chip grafis NVIDIA RTX 2080 versi desktop. Kombinasi keduanya membuat tidak ada game PC yang tidak bisa ditaklukkan oleh laptop gaming super kencang ini.

Bodi rangka ROG Mothership lebih tahan terhadap benturan dan sekaligus menjadi pelindung modul layar agar tidak terkena panas dari komponen pemrosesan yang berada tepat di belakangnya. Layarnya sendiri berukuran 17,3 inci (16:9), IPS disokong resolusi 4K UHD (3840 x 2160 piksel) dengan refresh rate 144Hz. Memiliki respon time 3ms dan dukungan teknologi NVIDIA G-Sync.

ROG Mothership ditenagai oleh prosesor mobile paling kencang Intel Core i9-9980HK generasi ke-9 yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread, serta kecepatan pemrosesan hingga 4,7GHz di mode Turbo. Performanya turut didukung oleh besaran RAM mencapai 64GB DDR4 dan penyimpanan NVMe PCIe SSD (512GB 3x) dengan konfigurasi RAID 0. Serta, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 versi desktop yang telah di-overclock hingga 1880MHz dengan daya 200W.

Kelengkapan konektivitasnya juga lebih baik, dengan modul 2.5G Ethernet dan WiFi generasi terbaru yakni WiFi 6 (802.11ax) yang mampu mendatangkan kecepatan 2,4Gbps. Lengan dengan teknologi ROG RangeBoost untuk penerimaan sinyal lebih baik.

Saya membayangkan nantinya meja kerja Yahya di rumah jauh lebih praktis dan tidak memakan tempat yang banyak untuk dia bisa sambil menulis, memproduksi video termasuk bermain game Solitaire kesukaannya.

harga rog mothership - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Harga Laptop ROG Mothership

 

BACA JUGA :  15 Alasan Memilih ZenFone 3 Max Sebagai Smartphone Andalan

 

 

varian laptop gaming asus rog - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Varian laptop gaming ASUS ROG terbaru punya banyak varian
Operating System Windows 10 Pro – ASUS recommends Windows 10 ProWindows 10 Home
Processor Intel ® Core™ i9-9980HK
Graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 2080 (Boost Clock: 1880MHz, 200W)8GB GDDR6 VRAM
Memory DDR4 2666MHz SDRAM (Dual channel)Up to 64 GB
SSD 3 x M.2 NVMe PCIE 3.0 x4 512GB SSD
Display 17.3-inch 4K UHD (3840 x 2160), IPS-level panel, 60Hz, 25ms, 100% Adobe RGB, G-SYNC®17.3-inch Full HD (1920×1080) IPS-level panel, 144Hz, 3ms, 100% sRGB, G-SYNC®
VR Ready YES
Keyboard Detachable keyboard stays wired or goes wirelessBacklit Chiclet KeyboardN-key rolloverPer key RGBAura Sync2.5mm travel distance0.3mm keycap curve
Audio 4x4W speakers with Smart AMP technologyArray Microphone
Software Armoury CrateGameFirst VGameVisualSonic Studio & Sonic Radar lllAuraXSplit Gamecaster (Free)Android / iOS App
I/O Ports 1 x USB 3.2 Gen2 Type-C / Thunderbolt 31 x USB 3.2 Gen2 Type-C with DisplayPortâ„¢ 1.43 x USB 3.2 Gen2 Type-A1 x USB 3.2 Gen1 Type A / USB charger +1x HDMI 2.01x 3.5mm headphone and microphone combo jack1x 3.5mm microphone jack1 x RJ-45 jack1 x SD card reader1 x Kensington lock
Power 280W Power Adaptor x 2
Wi-Fi / Bluetooth Intel ® Wi-Fi 6 with Gig+ performance (802.11ax)Bluetooth 5.0*Bluetooth version may vary as the OS upgrades
Dimension 410 (W) x 320 (D) x 29.9 (H) mm
Weight 4.8 KG
Harga Rp 130.999.000
BACA JUGA :  Intip Cara Ibadah di Klenteng

Tiga orang teman saya ini akan lebih keren lagi penampilannya bukan hanya laptop gaming yang mereka gunakan. Melainkan juga mereka bisa mendapatkan jaket dari  produsen fashion olahraga Under Armour. Jaket eksklusif ROG x Under Armour akan hadir dengan desain khusus dan hanya tersedia untuk pasar Indonesia. Jaket ini juga tidak dijual bebas dan hanya tersedia dengan jumlah yang sangat terbatas. Dalam acara launching kemarin, saya melihat banyak sekali inovasi yang dilakukan oleh ASUS ROG untuk merebut market share 57% di Indonesia.

jaket under armour rog - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Spesial jaket Under Armour untuk pengguna ASUS ROG!
inovasi asus rog - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Banyak inovasi yang dilakukan oleh laptop gaming ROG
pengalaman pakai asus rog - 3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman
Andai aku punya ROG juga. Sudah cocok?

ASUS ROG Strix G531, ROG Zephyrus GX502 dan ROG Mothership GZ700 yang merupakan tiga produk unggulan terbaru dari ASUS ROG ini memang bisa bikin setiap orang langsung memberi label sultan. Tapi memang benar, laptop gaming ASUS ROG ini hanya untuk orang spesial yang mana dari produktivitas mereka bisa menghasilkan kembali. Secara harga juga tidak main-main.

ROG Strix G G531 – Dimulai dari harga Rp 14.299.000 sampai Rp 30.999.000

ROG Zephyrus GX502 – Dimulai dari harga Rp 35.999.000 sampai Rp 57.999.000

ROG Mothership GZ700 – Rp 130.999.000

Kalian yang juga ingin melihat keunggulan produk laptop gaming ROG terbaru ini lebih lengkap juga bisa kunjungi website ASUS Indonesia. Di dalamnya kalian bisa sekaligus menemukan perbandingan antar laptop.

***

BACA JUGA :  Menjajal Kemampuan ASUS ROG Strix GL502VS, Laptopnya Gamers Sejati!

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Advertisements
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

2 thoughts on “3 Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Untuk Teman

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.