Review Start Up

Mudah Cari Kost di RedDoorz, Cuma Lewat Aplikasi Aja!


Saya kembali mengingat masa pernah menjadi anak kost di Bandung. Mulai dari sulitnya mencari kamar kost yang nyaman hingga adaptasi dengan lingkungan baru. Dari tanah Sumatera berjuang di tanah Jawa yang katanya lebih maju tanpa sanak saudara. Saya harus mampu melakukan segala pekerjaan secara mandiri. Merantau jauh ke kota orang tentu bukan perkara yang mudah.

Berbicara mengenai kendala saat akan merantau, pasti setiap orang akan menginginkan kamar kost yang asyik dan nyaman untuk dihuni. Tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman mencari kamar kost sebagai panduan.

***

Kost lekat sekali dengan budaya orang Indonesia, apalagi kalau di kota-kota besar karena tujuan bekerja atau melanjutkan pendidikan.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Tahun 2015, sebanyak 9,3 juta penduduk Indonesia bermigrasi didorong oleh alasan pendidikan dan lokasi pekerjaan. Potensi pasar kost menjadi alasan utama tempat tinggal bagi para perantau.

Pengalaman saya dulu saat mencari kost di Bandung memang agak sulit apalagi kalau kita tidak memiliki kerabat atau teman untuk membantu bertanya referensi kost. Pastinya akan mengalami kesulitan saat awal. Saya harus berkeliling dan bertanya satu per satu. Untunglah saya mendapatkan kost dekat dengan kantor sehingga hemat ongkos transportasi, setelah mempertimbangkan kost lain walau harga lebih hemat.

Banyak keraguan ketika akan mencari kost yang nyaman

Pilihan kost dipengaruhi banyak ragam rentang harga dan bentuk kamar kost yang bisa dijadikan acuan bagi para perantau. Umumnya pertimbangan pertama yang disesuaikan biasanya mencari harga sewa kost relatif murah. Selain itu, sedapat mungkin lokasi kost dekat dengan tempat aktivitas. Supaya tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk ongkos transportasi.

Sisanya adalah fasilitas yang menyesuaikan kebutuhan kita, seperti kamar mandi atau dapur untuk kita memasak biar hemat. Lingkungan penghuni juga menjadi pertimbangan, agar kita pun bisa tinggal dengan tenang dan akrab antar sesama.

Hidup di luar kota, tempat tinggal jadi satu hal dasar yang wajib kita temukan. Kost-kostan jadi solusi yang paling praktis. Namun menemukan kost-kostan yang ideal juga bukan perkara mudah. Banyak yang harus pindah kost berkali-kali hingga menemukan rumah kost yang dirasa nyaman dan tepat.

Agar tak salah pilih kostan, ada pertimbangan sebelum memilih kostan yang ideal berikut ini, yuk!

1. Sesuai Budget Kost

Semakin hari harga sewa kamar kost naik mengikuti permintaan yang banyak. Umumnya harga sewa kost berbanding lurus dengan fasilitas yang ditawarkan. Biaya sewa kost biasanya dibayar per bulan ataupun per tahun. Kalau sewa per tahun biasanya lebih murah tapi konsekuensinya harus betah tinggal di kamar kos itu dua belas bulan penuh.

Beberapa waktu lalu, saya pernah melihat sebuah thread di Twitter ada kamar kost yang per bulan mencapai 8 juta rupiah. Tentu saja langsung berpikir harus punya income berapa untuk tinggal di dalam kamar kost eksklusif.

2. Fasilitas adalah Hal Penting

Fasilitas kamar kost memang paling penting. Sebab kita akan tinggal dan beraktivitas di dalam kamar pastinya ingin kenyamanan untuk istirahat.

Beragam fasilitas kamar kost tersedia sesuai dengan harga. Mulai dari kamar mandi di luar atau di dalam, sampai yang menyediakan fitur tambahan seperti koneksi internet. Tak lupa ada juga fasilitas kost yang sudah menyediakan jasa cuci pakaian penghuni.

Kadang ada kamar kost yang hanya menyewakan kamar kosong tanpa perabotan, sehingga kita harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli perabotan.

Makanya perlu dipikir kembali buat mengeluarkan biaya untuk fasilitas yang bisa mempermudah hidup kita saat jadi anak kost. Mahal sedikit tidak apa-apa, karena nantinya kalau kita pisah juga akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Kalau kita belum memiliki kendaraan, pastikan juga kost dekat dengan moda transportasi dan tempat kerja. Percuma kalau kamu sudah menekan biaya sewa kost tapi budget transportasi tetap boros. Selain itu lokasi kost pastikan dekat dengan tempat makan. Setidaknya kalau pada saat tengah malam bisa jalan kaki ke warung makan, walau sekarang sudah tersedia layanan via ojek online.

3. Ketahui Suasana Tempat Kost

Perlu diketahui saat kita menjadi anak kost, berarti kita tidak tinggal sendirian. Ada penghuni lain yang tinggal satu bangunan dengan kita. Makanya kadang ada beberapa aturan di kost misalnya penghuni khusus perempuan atau pria, bisa juga campuran.

Rasanya juga tidak salah melakukan sedikit pengamatan kecil dengan meninjau langsung ke kost yang akan ditinggali. 

Tiap kost pastinya memiliki aturan yang berbeda-beda. Saat mencari kos, tanyakan juga aturan di tempat kost agar kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Ada tempat kost yang mempunyai jam malam dan mengharuskan untuk kembali di waktu tertentu.

Rasa aman seharusnya menjadi faktor utama kita agar kita bisa istirahat nyaman sambil mengerjakan tugas, atau menenangkan diri.

4. Bertanya ke Penghuni Lain Sebagai Langkah Antisipasi

Selain yang sudah disebutkan, tips nyaman mencari kost lainnya adalah kita bisa bertanya secara pribadi dengan penghuni kost lain. Misalnya tentang fasilitas, watak para penghuni kost atau apapun yang perlu diketahui oleh kita.

Sebab siapa tahu suatu hari nanti kita memerlukan bantuan dari sesama penghuni kost. Seandainya dirasa lingkungannya kurang pas, maka kita harus meluangkan waktu untuk mencari yang terbaik. Memang akan cukup menguras waktu dan tenaga.

Tapi, jika untuk kenyamanan, kenapa nggak?

5. Pilihan Tipe Kost Apartemen, Rumah atau Bangunan

Seperti yang saya bilang kalau setiap kita yang akan menghuni tentu berbeda-beda kebutuhan. Ada bentuk kost berupa rumah tinggal sehingga menyewakan kamar-kamar kosong untuk ditempati. Namun jika ingin lebih privasi biasanya mencari kost berupa bangunan utuh atau apartemen.

Lokasi kost menyesuaikan bisa dekat perkantoran, kampus atau pusat perbelanjaan. Tipe kost ini juga hadir dengan fasilitas tanpa perabotan atau dengan perabotan. Jangan lupa tanyakan apakah tempat kost memperbolehkan penghuni untuk memelihara hewan.

Kost saya di Bandung, bentuk rumah dengan fasilitas yang lengkap seperti laundry, wifi dan listrik

Biasanya untuk tempat kost pekerja kantoran suasananya berbeda dengan khusus anak-anak kuliah. Dulu saya mencari tempat kost dekat dengan area kantor agar saya hemat ongkos transportasi. Sama juga kalau rumah kost dekat kampus biasanya untuk anak-anak mahasiswa.

Maka dari itu memang perlu mencari tempat kost yang asyik dan nyaman.

Dulunya waktu saya mencari kost di Bandung, saya memang harus keluar masuk lorong dan tanya warga sekitar untuk bertanya. Ada harga yang masuk sesuai budget tapi setelah saya hitung, saya harus mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos transport dan biaya mencuci pakaian. Akhirnya memutuskan menambah budget namun mendapatkan kedua fasilitas tersebut.

Namun sekarang mencari kamar kost sudah sangat mudah. Kalau dulu mencari kamar kost masih terbatas seperti yang saya lakukan. Kita harus survei langsung ke kost untuk mengetahui spesifikasi kost yang diinginkan. Sekarang memanfaatkan keberadaan aplikasi pencari kost akan membantu kamu yang akan menjadi anak rantau.

Kita tinggal duduk manis depan gadget. Beberapa aplikasi pencari kost ini bisa dicoba.

1. InfoKost

Situs InfoKos

InfoKost ini memberikan kemudahan dalam pencarian kamar kost sesuai dengan kriteria. Tercatat ada lebih dari 20 ribu listing properti. Sebagai calon penghuni, kita bisa mendapatkan informasi detail dan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas di dalam kamar kost, apartemen, villa atau rumah, fasilitas umum di lokasi, lokasi ATM, minimarket dan peta lokasi yang akurat. Setiap kost, apartemen dan villa dilengkapi dengan foto-foto dan semua data yang ada sudah diverifikasi oleh tim InfoKost.

Apabila dirasa kurang maka bisa memanfaatkan fitur pencarian berdasarkan tipe hunian (kost, apartemen atau villa), lokasi dekat kampus atau area populer hingga pencarian berdasarkan kota-kota besar. Pembayaran kost juga bisa dilakukan melalui pembayaran online. Jadi kalian lebih tenang karena tidak perlu langsung di tempat.

Terlebih, kamu juga bisa langsung menanyakan semua detail tersebut dengan menghubungi pemilik tempat kost secara langsung melalui aplikasi ini.

2. YukStay

Situs YukStay

Yukstay.com adalah platform sewa apartemen dan sewa kost bulanan. Platform ini bisa membantu mencari tempat tinggal di apartemen dengan cara yang lebih mudah dan ekonomis.

Untuk pemilihan tempat tinggal di apartemen, Yukstay menyediakan dua klasifikasi, yaitu : co living dan whole unit.

Bedanya kalau whole unit maka penghuni kost menyewa satu unit apartemen. Layanan ini sangat bermanfaat untuk profesional muda atau teman-teman yang sudah berkeluarga dan ingin tempat tinggal di tengah kota namun tetap mengutamakan privasi.

Sedangkan kalau co living maka ada dua atau tiga orang penghuni lainnya dalam satu unit sehingga biaya sewa kost lebih hemat. Ruang-ruang lain seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi digunakan secara bersama-sama dengan teman satu rumah.

Pilihan kost di apartemen cukup menyenangkan, kalau pulang kerja tidak perlu terjebak macet lama, karena bisa mencari apartemen dekat tempat kerja.

Keuntungan lain dari menyewa apartemen adalah banyaknya fasilitas yang mumpuni yang akan kita dapatkan. Seperti fasilitas full furnished (perabotan sudah tersedia), wifi, AC, gym, parkir serta kolam renang. Teman-teman juga dibantu dengan fasilitas maintenance, house cleaning, laundry serta 24 jam security.

Jadi bisa tinggal di lingkungan yang asik, nyaman, serta aman, siapa yang tak mau?

3. Cari Kos

Situs Cari Kost

Situs Cari Kos ini sangat sederhana sesuai namanya situs ini memberikan kemudahan mencari informasi kost dari beberapa kota besar. Sebagai pengguna, kita bisa mendaftar menjadi member secara gratis.

Informasi yang tertera cukup up to date mengenai tipe kamar, fasilitas dan lokasi. Setiap iklan kost tidak dipunggut biaya sehingga harga yang disebutkan sudah harga langsung dari pemilik kost tanpa biaya perantara lain.

Keunggulan dari situs Cari Kos ini ada informasi langsung mengenai ketersediaan kamar kosong. Maka ini bisa memudahkan calon penghuni langsung tahu termasuk untuk bisa menghubungi pemilik kost secara langsung.

Caranya pun sangat mudah. Teman-teman tinggal duduk manis di depan layar komputer sambil memilih kamar kost seperti apa yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan teman-teman, lalu bisa dieksekusi kapanpun teman-teman inginkan.

4. BabeKost

Situs Babe Kost

Saat ini semakin banyak orang mencari info kost, sewa rumah, sewa apartemen, sewa villa dan lain-lain melalui Internet. Babe Kost dengan maskot seorang bapak-bapak lengkap dengan kumis menegaskan kalau situs pencarian kost ini dapat diandalkan.

Informasi yang tercantum di situs Babe Kost memang lumayan detail serta menggunakan foto gambar yang jelas. Artinya nantinya calon penghuni kost tinggal berhubungan langsung dengan pemilik kost.

5. Folkq

Situs Flokq

Situs pencarian kost seperti Folkq ini cukup unik karena membidik pasar milenial dan workaholic. Permasalahan yang dihadapi ketika tinggal di kota besar ingin mencari lokasi kost yang strategis, terhindar dari macet serta privasi terjaga.

Untuk menjawab permasalahan dalam menemukan kost bertipe apartemen namun tetap dengan harga yang terjangkau inilah, Flokq hadir dengan sejumlah keunggulannya. Flokq adalah penyedia layanan co living space, di mana calon penyewa dapat memilih apartemen sesuai dengan kebutuhannya.

Flokq menawarkan sewa bulanan yang fleksibel, sehingga penyewa dapat memilih sesuai kebutuhan dan budget. Tarif kamar yang disediakan adalah harga all-in, mulai biaya sewa, listrik, internet, hingga laundry. Penyewa juga dapat menggunakan fasilitas apartemen seperti gym dan kolam renang. Selain itu, lewat aplikasi ini penghuni hunian coliving juga bisa mendapatkan layanan pembersihan rutin, penggantian linen, dan kebutuhan penting seperti air minum, dan perlengkapan sejenisnya.

Ada keunggulan lain yaitu aplikasi ini memiliki fitur yang akan membantu calon penghuni untuk menemukan flatemate (teman satu hunian atau kamar) yang cocok. Hal ini cukup penting karena setiap orang butuh kenyamanan ketika harus berbagi ruang dan berinteraksi di dalam hunian.

6. Sewa Kost

Situs Sewa Kost

Referensi situs pencarian kost lainnya bisa menggunakan Sewa Kost. Situs ini cukup minimalis namun tetap informatif karena banyak pilihan kost yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai calon penghuni kost, kelebihan dari situs Sewa Kost adalah kita bisa melakukan filter pencarian sesuai kriteria yang diinginkan. Meliputi lokasi, harga, jenis kost, menggunakan AC atau tanpa AC, kamar mandi dalam atau luar.

Direktori kost juga lumayan variatif sehingga tidak sulit kalau ingin mendapatkan kamar kost idaman. Selain itu, beberapa foto yang terdapat di aplikasi juga bisa membantu mengecek apakah kost itu sesuai untuk kamu.

Mencari tempat kost yang asyik dan nyaman seringkali membuat stress karena harus blusukan mencari lokasi yang tepat dan menemukan fasilitas yang cocok.

Berita baiknya untuk kamu yang lagi cari kostan, sekarang ini kamu bisa cari kostan lebih mudah dengan Aplikasi RedDoorz. Cari kostan dimana aja kapan aja tanpa harus keliling kota untuk survey door to door.

Aplikasi RedDoorz merupakan salah satu aplikasi booking hotel, penginapan, dan kostan yang ramai digunakan di Asia Tenggara. Secara user experience pastinya terjamin dan nyaman digunakan.

Caranya?

Layanan penyedia kost di RedDoorz ini tentunya akan memudahkan calon penghuni kost menentukan pilihan.

Langkah-langkah mencari kost idaman lewat RedDoorz mudah dilakukan. Dimulai dari membuka aplikasi RedDoorz di smartphone mu. Kemudian mencari lokasi daerah kost yang diinginkan. Nantinya aplikasi RedDoorz akan memberikan sejumlah referensi pilihan.

Contohnya kalau kamu sedang mencari kost di kawasan Jakarta Selatan, berarti tinggal membuka aplikasi dan cari kost dengan lokasi Jakarta selatan. Nanti kamu akan mendapatkan rekomendasi berdasarkan kriteria.

Setelah dapat list kamu bisa cek fasilitas dan lokasi kostan tersebut apakah sesuai dengan yang kamu harapkan dari fasilitas, kebersihan, dan harga pastinya.

Langkah selanjutnya kamu bisa membuat janji untuk survey lokasi. Nah, inilah enaknya mencari kost di RedDoorz karena ada fasilitas untuk membuat janji temu dengan penyedia kost sebelum akhirnya deal.

Tentunya kamu tidak mau membeli kucing di dalam karung. Ada baiknya kamu juga menyambangi sendiri kost yang sekiranya bagus setelah membuat janji. Terkadang gambar yang ada pada aplikasi bisa jadi tidak seperti yang ada pada kondisi sebenarnya.

Informasi seperti foto interior kamar, fasilitas dan alamat serta harga yang tercantum bisa menjadi acuan. Hanya saja pastikan untuk teliti membaca setiap deskripsi yang tercantum sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Tim RedDoorz menjamin kenyamanan dan keamanan pengguna kost dengan persyaratan booking minimal 1 bulan dan survei langsung bersama tim RedDoorz. Dengan begitu kamu akan merasa lebih nyaman.

Selain kemudahan dalam mencari kost sesuai keinginan. Ternyata ada banyak fitur menarik yang bisa membantu kamu supaya bisa dapat kostan lebih akurat dan nyaman.

Fitur Pencarian Lokasi

Dengan aplikasi kost di RedDoorz kamu bisa mulai mencari kostan di lokasi yang sesuai kamu mau, misal kamu sedang mencari kost di Jakarta selatan, tinggal buka aplikasinya dan cari dengan lokasi Jakarta selatan. Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan GPS kamu agar kamu bisa mencari kostan dekat dengan lokasi kamu berada.

Check in & Check Out

Dengan fitur ini kamu bisa menentukan tanggal berapa kamu akan masuk dan kapan kamu akan keluar, ini seru banget untuk kamu yang cari kost harian. Atau bisa juga yang ingin cari kost bulanan. Dengan banyaknya pilihan tersebut pastinya akan fleksibel untuk kamu memilih kostan mana yang cocok untuk kamu.

Fitur Rekomendasi 

Nah, kalau fitur ini kamu akan mendapatkan list kostan yang direkomendasikan, biasanya memang karena kostan ini paling banyak dicari atau punya rating yang bagus untuk direkomendasikan.

Pencarian Dengan Range Harga Sewa

Fitur ini kamu bisa sortir harga sewa kostan sesuai dengan budget yang kamu punya, jadi nggak perlu khawatir sama harga kostan yang lebih mahal dari budget kamu.

Kamu hanya perlu fokus mencari kostan sesuai budget dan hanya membandingkan dari segi fasilitasnya saja.

Schedule Your Visit

Kalau fitur ini untuk kamu yang mau survey langsung ke kosan, tinggal buat schedule untuk visit jadi pemilik kostan akan tahu akan kedatangan kamu pada tanggal yang sudah ditentukan tersebut.

Review Pelanggan

Salah satu kriteria yang kamu wajib ketahui adalah dengan membaca review dari pelanggan yang sudah mencobanya. Dan di aplikasi RedDoorz ini kamu bisa mendapatkan informasi review dari kostan yang sedang kamu cari sebagai bahan pertimbangan.

Rating

Selain review dari pelanggan kamu juga bisa mendapatkan informasi rating dari kostan tersebut.

Setelah mengulik aplikasi RedDoorz untuk merasakan UI/UX, ternyata saya menemukan dua alasan yang membuat kita yakin untuk mencari kost yang asyik dan nyaman melalui aplikasi RedDoorz.

Alasan ini menguatkan setelah saya dihubungi oleh pihak RedDoorz untuk membuat janji ketemu dengan pemilik kost.

Jadi, setelah kamu mendapatkan beberapa kost pilihan, maka segera buat janji ketemu lewat aplikasi untuk mengecek langsung ke lokasi. Pihak RedDoorz bakal membantu kamu untuk menghubungi ke pihak pemilik kost untuk mengabarkan kalau kamu akan datang ke lokasi di waktu yang ditentukan.

Saat ke lokasi inilah kamu bisa melihat langsung sendiri, merasakan kecocokan dengan kamar kost yang akan disewa. Selanjutnya, apabila kamu merasa sudah cocok dengan kamar kost pilihan tersebut maka tahap selanjutnya kamu bisa membayar uang DP awal sebesar 10% dari harga kost yang tertera. Sisanya nanti bisa dibayar langsung atau istilahnya pay at hotel dengan pemilik kost.

Mau dapat harga sewa kost lebih murah?

Ada syaratnya, kalau kamu memang berniat sewa kost di tempat tersebut. Ungkapkan saja dengan tim RedDoorz maka akan membantu kamu untuk bernegosiasi kembali mengenai harga. Wow ini sangat membantu sekali.

Kalian sempat mengalami kesulitan mencari kamar kost nggak?

Lebih Efektif dan Aman

Lewat aplikasi Kost di RedDoorz ini kamu bisa mencari kost lebih efektif, mudah dan nyaman. Kalau dulu kita harus survey keliling dan bertanya satu persatu, sekarang kamu bisa langsung cek dari smartphone kamu. Malahan bisa lebih nyaman karena ada tim RedDoorz yang menjadi penghubung.

Fitur Lengkap

Pengalaman menggunakan aplikasi RedDoorz juga mudah digunakan, karena memang dirancang untuk memesan kostan, jadi fitur yang diberikan sangatlah relevan dan memudahkan kamu untuk bisa mendapatkan kostan sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Penutup

Menjadi anak kos itu ada enak dan tidak enaknya. Enaknya kalau kamu punya keluarga di kota tersebut. Tidak enaknya tentu saja ketika harus belajar mandiri. Kamu juga harus bisa jaga diri sendiri, jaga kesehatan, dan mengatur keuangan dengan baik.

Saat mencari kost, ada beberapa pertimbangan seperti harga, fasilitas, lokasi, dan ulasan dari penghuni sebelumnya. Bayangkan saja kalau semua dilakukan secara manual pastinya akan banyak menguras waktu dan tenaga. Belum lagi tambahan biaya transportasi menuju tempat kost.

Makanya langkah tepat kalau mencari kost lewat aplikasi RedDoorz. Kamu bisa cari kost kapan saja dimana saja, sehingga lebih efisiensi waktu.

8 comments on “Mudah Cari Kost di RedDoorz, Cuma Lewat Aplikasi Aja!

  1. ainunisnaeni

    sekarang mencari kos no ribet ribet ya koh, udah paling praktis lewat website atau aplikasi
    nggak perlu susah payah panas panasan keluar masuk kosan kayak jaman aku dulu

  2. wah lebih praktis dan aman ya 😀 boleh dicoba nih

  3. Aaahh enaknya sekarang ada aplikasi ini. Dulu cari kost harus keliling sendiri. Gak gampang. Dulu yang penting dekat kantor (ke kantor bisa jalan kaki) dan sesuai budget

  4. Aku dulu kos pas di Semarang sebulan 100ribu, dibagi dua orang jadi 50rb. Ga luas tapi pemiliknya family man banget dah sepuh. Jadi nyaman deh. Betah banget. Dapetnya ga sengaja, dikasih tahu teman. Coba kalau cari-cari, wah, bisa kemeng kaki. Keliling dan nego harga dengan pemilik kos, kalau ga deal kadang sungkan. Syukur sekarang ada aplikasi kek gini, Koh. Praktis banget, pas wabah kita gausah keluar. Aman dan nyaman. Sambil rebahan bisa yak 🙂 Kangen nginep di jaringan redddoorz jadinya haha

  5. setuju sekali , ini aplikasi yg sangat membantu pada saat dibutuhkan,lumayan buat cari kost2an lebih mudah

  6. joecandra18

    Wkwkw bener bgt koh, zaman dulu mah susah ye nyari kost. Apalagi perantau jauh….

  7. tiawidiastuti

    Jadi ingat masa-masa saya ngekost di Jakarta.. kebayang, gimana susahnya nyari kosan.
    enaknya jaman sekarang ya, bisa cari kost lewat aplikasi. simpel dan gak ribet..

    • Sekarang udah tinggal dimana mbak Tia?

      Iya waktu dulu cari kostan lumayan rumit ya, sekarang era udah pakai aplikasi aja semua udah tinggal dapat.

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: