Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta

ASUS ZenFone 6 kini menjadi smartphone yang sedang hangat diperbincangkan oleh sejagat fanboy ASUS. Sebab, sudah cukup lama Asus Indonesia tidak mengeluarkan smartphone baru sejak terakhir adalah ZenFone 5 dan 5Z untuk pengguna yang mencari performa serta fotografi. Kenapa ASUS ZenFone 6 lama masuk ke Indonesia, tentunya ada banyak pertimbangan dari ASUS Indonesia, bisa jadi urusan proses TKDN atau hal lainnya yang tidak saya ketahui. Walaupun ZenFone 6 ZS630KL ini sudah diluncurkan di Valencia, Spanyol pada bulan Mei 2019 lalu.

Bersyukur saya punya kesempatan untuk mencoba ZenFone 6 ZS630KL sebagai daily driver menggantikan Huawei P20 Pro tempo lalu. Nilai jual yang akan menarik perhatian kita ketika melihat desain ZenFone 6 terbaru ini adalah bentuk kamera berjenis flip. Ya, kamera belakang yang berubah menjadi kamera selfie. Ini adalah salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk membuat layar yang benar-benar edge-to-edge, sehingga meminimalkan penggunaan home button atau notch.

asus zenfone 6 depan - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
ASUS ZenFone 6 ZS630KL resmi diluncurkan

Sudah satu bulan lebih saya menggunakan ZenFone 6 ZS630KL. Selama penggunaan saya tidak memiliki keluhan atau untuk mencacatkan produk smartphone terbaik Android dari ASUS Indonesia. Produk-produk ASUS sebelumnya bukan tidak baik, namun sesuai segmen misalnya ada yang mencari baterai awet atau harga murah tapi kuat untuk diajak bermain game seperti ASUS ROG Phone.

Ulasan saya kali ini akan lebih sederhana, karena saya akan berbagi dari kacamata saya menggunakan ZenFone 6. Saya percaya kalian tentu sudah menonton terlebih dahulu dari Youtuber sebelum singgah ke blog saya.

Desain Baru ZenFone 6

Sejujurnya, ZenFone 6 berhasil menghadirkan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan ZenFone sebelumnya. Ada 2 keunggulan utama ZenFone 6 yang patut diapresiasi yaitu baterai 5.000 mAh yang bisa dibilang terbesar untuk ponsel flagship di Indonesia pada tahun 2019 ini dan kamera rotasinya yang dapat berfungsi sebagai kamera standar dan juga selfie.

tombol kamera zenfone 6 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Punya tombol khusus untuk terhubung ke kamera dan Google Assistant

Berhubung menjadi daily driver, tentu saja salah satu syarat adalah bentuk desain yang nyaman dipegang termasuk kompak ukurannya. Bagi saya ukuran smartphone yang enak untuk digenggam tidak lebih dari layar 6 inci, tapi juga tidak lebih dari 6,5 inci. Sedangkan, ukuran layar ZenFone 6 ZS630KL adalah 6,4 inch dengan resolusi layar 2340 x 1080. Ukuran layar yang pas ini masih nyaman untuk saya melakukan kegiatan seperti kirim pesan, edit foto dan video, memantau CCTV, atau kegiatan lain.

Memang layar ZenFone 6 ZS630KL masih jenis LCD bukan OLED namun setidaknya masih nyaman digunakan baik di dalam dan luar ruangan. Pilihan layar ini juga dirasa bisa menekan biaya produksi ZenFone serta alasan kedua lebih awet baterai.

Desain bodi ZenFone 6 ZS630KL lebih segar dengan tidak adanya notch atau poni serta tombol home button di bagian depan. Bagi sebagian orang adanya notch mungkin akan mengganggu dari hal estetika. Padahal desain notch juga akan berpengaruh pada peletakan kamera depan. Serba salah bukan?

desain bawah zenfone 6 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Tombol jack audio dan pengisian daya baterai pakai Type C

ASUS tidak menghilangkan jack headphone di bagian bawah bodi. Jack headphone sendiri sudah jarang ada untuk smartphone kelas menengah atas. Lebih banyak untuk jenis smartphone kelas menengah dan bawah. Saya senang Asus memutuskan untuk tidak membuang fungsi jack headphone. Adanya jack headphone itu sudah pasti akan meminimalkan kita membeli earphone bluetooth atau alat tambahan yang biasanya akan disamakan dengan tempat pengisian baterai.

Hal yang menarik adalah adanya satu tombol khusus di bagian kanan atas setelah pengaturan volume. Tombol ini dapat digunakan sebagai pengontrol kamera serta Google Assistant. Namun karena posisinya di atas untuk penggunaan satu tangan agak sulit.

Hasil Kamera ZenFone 6

zenfone 6 flip camera - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
ZenFone 6 Flip Camera

Kalau hasil foto kamera ZenFone 6 benar-benar racun! Racun buat kalian yang senang fotografi dengan kamera ponsel. Secara spesifikasi kamera ZenFone 6 ZS630KL sudah lebih cukup untuk sebuah kamera smartphone. Saya sendiri belakangan lebih sering mengambil konten dengan kamera ZenFone 6 karena hasilnya sudah cukup untuk tampil di media sosial.

Kamera ZenFone 6 ZS630KL unik dengan menjadikan kamera utama menjadi kamera selfie dengan cara flip. Walau rasanya ini bukan teknologi baru karena kompetitor sudah pernah punya teknologi yang serupa. Kamera utama ZenFone 6 menggunakan sensor dari Sony IMX586 beresolusi 48MP, mode wide camera resolusi 13MP dengan sudut 125 derajat.

hasil foto zenfone 6 01 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Jembatan Ampera – Normal Mode
hasil foto zenfone 6 02 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Wide Mode
hasil foto zenfone 6 03 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
2x Zoom
hasil foto zenfone 6 04 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
8x Zoom

Kekuatiran awal adalah merasa apakah flip camera ini akan membuat penggunaan cepat rusak? Bisa jadi, kalau cara penggunaan kalian sembrono pas lagi selfie ternyata ada yang iseng lalu patah kameranya.

Apa saja yang dapat saya lakukan dengan kamera ZenFone 6 ini? Jelas banyak banget!

Ketika ada teman yang tanya mengenai hasil foto kamera ZenFone 6, saya bilang kalau saya tidak ada kendala justru bagi saya ini smartphone terbaik sepanjang sejarah ASUS membuat smartphone. Hasil fotonya jauh lebih baik dari ZenFone 3 maupun ZenFone 5.

desain kamera utama zenfone 6 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Kamera utama yang punya resolusi 48MP dengan lensa wide 13MP

Interface kamera sangat simpel dan mudah aplikatif. Ditambah dengan disematkan beberapa fitur seperti mode potrait dengan kemampuan membuat efek bokeh natural bahkan bisa kita edit kembali titik fokus setelah selesai difoto. Menarik kan!

Banyak fitur unik yang ditanamkan pada kamera Zenfone 6, di antaranya mode time lapse, slow motion, motion tracking, panorama, mode night dan mode professional. Hanya saja sayangnya kamera ZenFone 6 tidak dilengkapi dengan lensa tele. Apabila ada lensa tele, sudah pasti akan lebih joss!

hasil foto zenfone 6 07 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Hasil foto kamera ZenFone 6 – Night Mode
hasil foto zenfone 6 08 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Kalau pencahayaan pas, hasil foto malam hari juga bagus
hasil foto zenfone 6 06 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Bokeh yang halus lumayan membantu pas nggak bawa kamera mirrorless
hasil foto zenfone 6 11 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Burgernya menggiurkan ya

Hasil selfienya tajam dan bisa menyesuaikan dengan cahaya. Pun untuk kualitas gambar kamera belakang yang detail dan kaya warna. Untuk night modenya, kamera ini menangkap objek dengan cukup jelas meski tidak sempurna.

Sedangkan buat kalian yang senang membuat konten video tentunya ZenFone 6 ini akan menjadi racun buat kalian langsung suka. Oleh sebab, adanya fitur Motion Tracking ini mirip seperti di DJI Osmo yang memiliki motion tracking untuk mengikuti gerak objek setelah kita kunci fokusnya. Kemudian, jangan lupa kalau di ZenFone 6 memiliki stabilizer sangat baik. Beberapa kali saya mencoba mengambil rekaman video secara handheld, hasilnya pergerakan video halus dan stabil. Selain itu, mode slow motion-nya juga bekerja dengan baik dan pengguna bisa mengatur kapan start dan end mode-nya.

hasil foto zenfone 6 09 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Selfie bareng Inijie pas ke Palembang
hasil foto zenfone 6 10 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta
Mode lensa lebar sangat membantu buat mengambil foto ramai

Dari di antara fitur kamera yang paling menarik, saya senang sekali ZenFone 6 punya mode wide angle. Bagi saya fitur ini simpel tapi mengena untuk saya karena ketika butuh bidang foto lebih luas, saya tidak perlu bergeser jauh agar objek yang difoto bisa didapat. Apalagi kualitas resolusi mode wide angle adalah 13MP sudah cukup baik, walau kompetitor ada yang 20MP. Selain saya bisa menangkap objek besar lebih mudah, saya juga bisa gunakan untuk group selfie dengan mode tersebut.

Baterai Awet

Baterai tahan lama adalah DNA Asus dari seri smartphone sebelumnya. Daya tahan baterai menjadi salah satu nilai jual untuk smartphone Android karena saat ini orang ingin praktis, tidak terlalu sering mengisi daya baterai dalam satu hari. Sehingga ukuran baterai 5000mAh untuk ZenFone 6 sudah cukup. Saya jarang sekali untuk mengisi baterai dalam satu hari, paling hanya 1 kali jika dirasa sudah mau habis, sisanya saya bisa tahan untuk 8 jam pemakaian normal seperti tidak bermain game.

ASUS cepat panas? Hahaha… kalian so last year, bro kalau masih punya persepsi seperti itu.

Performa Santuy Buat Daily Driver

Performa ZenFone 6 sudah sangat cukup untuk saya pakai sehari-hari. Biasanya saya menemukan celah yang membuat saya kurang nyaman menggunakan smartphone ASUS, tapi untuk ZenFone 6 saya tidak menemukan celah untuk saya sampaikan ke brand karena dari fitur sudah bisa memenuhi kebutuhan saya.

Smartphone ini dibekali prosesor tertinggi Qualcomm, Snapdragon 855 octa-core 2,84 GHz dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Dengan spesifikasi gahar ini, seharusnya ZenFone 6 mampu menjalankan aplikasi dan game berat dengan halus. Sistem operasinya sendiri Android Pie dengan antarmuka ZenUI 6. Ada juga fitur unik di sini, yaitu Outdoor Mode untuk meningkatkan kualitas suara saat di luar ruangan.

Untuk sekarang, bagi saya RAM dan penyimpanan internal ZenFone 6 sudah sangat cukup untuk digunakan hingga 1 atau 2 tahun lagi. Sebab, pasti tidak lama lagi teknologi akan diperbarui dengan hadirnya RAM lebih tinggi. Cuma dengan yang saat ini, saya tidak ada kendala dalam hal multitasking aplikasi yang dibuka, misalnya membuka Spotify, edit foto di Snapseed, Whatsapp dan kirim foto.

Pertimbangan Membeli ZenFone 6

Dengan harga Rp 6.999.000 untuk kelas flagship, ASUS Zenfone 6 ZS630KL ini layak sekali untuk kamu pertimbangkan beli. Kamu boleh membeli kalau kamu senang untuk membuat konten video dokumentasi yang tidak mau repot dengan aksesoris lain seperti tripod, lensa lebar dan gimbal. Sebab, ZenFone 6 adalah paket yang di dalamnya sudah ada lensa lebar dengan kualitas yang bagus serta stabilizer agar pengambilan video tetap stabil.

Selain itu, untuk saya yang jarang bawa kamera mirrorless kalau bukan untuk keperluan dokumentasi atau komersil. Maka saya menggunakan kamera ZenFone 6 untuk mengambil foto-foto perjalanan atau makanan. Kalian juga bisa memamerkan flip kamera ketika sedang selfie. Beberapa kali saya pamerkan ke teman-teman, mereka kaget karena desain kameranya mirip karakter wall-e.

Smartphone ini tidak layak kamu beli apabila kamu mencari yang bisa diajak untuk berenang, karena ZenFone 6 tidak punya sertifikasi IP68 tapi dia punya NFC yang bisa membantu kamu mengecek saldo e-money. Cukup menarik.

Terakhir, mungkin sulit bagi kamu untuk menemukan smartphone diantara begitu banyak pilihan smartphone yang keluar dari brand. Cara paling gampang adalah pertama kalian menentukan budget belanja smartphone. Harga ZenFone 6 ini masuk dalam kelompok flagship sama seperti ROG Phone. Sepengetahuan saya, belum begitu banyak pilihan brand kompetitor yang mengeluarkan dengan range harga sekitar 5juta hingga 7juta dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Flagshipnya Asus gak ada yg mahal kok!

Dengan ASUS ZenFone 6 ini buat saya tidak perlu mengorbankan uang terlalu banyak untuk saya yang mencari fitur ukuran layar, kamera, baterai dan performa. Selamat membeli!

Pros

  • Hasil kamera lebih baik dari seri sebelumnya.
  • Ada lensa wide sangat membantu untuk mendapatkan foto dengan dimensi lebih luas
  • Ada NFC
  • Smartphone flagship ASUS murah
  • Performa lancar tidak ada kendala

Cons

  • Tidak ada lensa tele
  • Didesain bukan untuk IP68

Penilaian

Desain:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta (4.5 / 5)
Fitur:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta (4.5 / 5)
Performa:image.php?img=01 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta (5.0 / 5)
Kamera Depan:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta (4.5 / 5)
Kamera Belakang:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta (4.5 / 5)
Baterai:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta (4.5 / 5)
Average:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta (4.6 / 5)
BACA JUGA :  Pakai 4G LTE Smartfren Bikin Komunikasiku Lancar

***

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Advertisements
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

3 thoughts on “Asus ZenFone 6 ZS630KL : Flagship Harga Rp 7 Juta

  1. Saya belum butuh lensa tele untuk bikin foto :)) Tapi feature Zoom 4x pada kamera Asus ini sudah cukup menarik bagi saya. Kalau memang benar dia tetap stabil jika diajak shooting video, maka akan jadi menarik sekali karena kita bisa melupakan gimbal, sebab gimbal itu makan tempat. Cocok lah kalau buat digelari sebagai smartphone flagship lah ya.

    Asus Zenfone 6 ZS630KL ini jelas jauh lebih menarik daripada Zenfone 5 yang sedang saya pegang sekarang. Mungkin saya harus menabung dulu supaya bisa dapat Rp 7 juta.

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.