Yang Muda Yang Bicara


Dalam acara sosialisasi dari depkominfo tentang sosialisasi penggunaan open source saya hadir sebagai peserta dengan membawa nama instansi kantor saya. Banyak dari kalangan pendidikan yang hadir di sosialisasi itu. Saya belum sempat untuk merangkum sosialisasi pagi tadi karena saya takut kena UU ITE kalau saya salah menyimpulkan :mrgreen:.

Tapi ada scene yang menarik perhatian saya, yaitu ada peserta dari anak SMP yang mencoba bertanya dari sekian banyak orang dewasa berebut untuk bertanya. Apa yang ditanya sama anak SMP itu?

β€œKenapa dibuat virus?”

Seluruh orang dewasa langsung tertawa dengar pertanyaan dari anak SMP tersebut. Saya berpikir anak ini tampak polos dengan pertanyaannya, bukan tampak bodoh/tidak berbobot dengan pertanyaannya. Sering kali orang yang katanya pintar suka menghina seseorang dari cara pemikiran yang dianggap tidak/kurang berbobot. Padahal tidak ada orang yang bodoh atau pintar, yang ada hanyalah orang yang belum mengetahui hal itu dan ada orang yang sudah mengetahui lebih dulu.

Lantas, jawaban anak ini dijawab sangat singkat : Dibuat untuk merusak komputer.

Saya tidak tahu apa anak SMP itu puas dengan jawaban dari penyaji. Tapi saya acungin jempol anak itu berani untuk tampil.

p.s : Plok-plok-plok

Iklan