Ide Saya Dicuri, lapor kemana?


Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi orang lain. Kita sepakat dengan asumsi itu? Kalau sepakat kita kunci dulu.

Menginspirasi belum tentu juga bermanfaat tapi orang yang baca itu merasa dapat melakukan hal serupa sehingga hanya merasa satu perasaan dia terinspirasi. Contohnya kita datang ke sebuah seminar motivasi yang dibawakan oleh pembicara terkenal. Inspirasi gak kamu selesai ikutin seminar itu? Iya menginspirasi bahkan berkata wow. Tapi apa bermanfaat? Obelum tentu, sejam atau seminggu kemudian semangat kamu sudah loyo karena gak ada tindakan.

Lalu bermanfaat bisa jadi terinspirasi. Saat kita selesai baca tulisan orang itu dan berkata ya saya sepertinya mendapat ide untuk dikembangkan lagi. Bermanfaat gak itu? Menurut hemat saya bermanfaat karena dia menyebarluaskan ilmu itu sama orang yang belum membacanya melalui tindakan.

Eh ada muncul kata β€œide”. Kita bikin asumsi baru lagi, katakanlah ide itu berkaitan dan sama dengan tema. Saat kita membuat sesuatu tentu kita butuh tema atau ide. Saya ambil contoh kontes blog, dalam perlombaan blog selalu di kasih tema dan tema itu dikerjakan secara bersama-sama oleh peserta. Coba bayangkan, jika panitia memberi tema tentang wisata kota Palembang. Kira-kira kata apa dulu yang akan muncul untuk pertama kali? Pempek dan jembatan Ampera.

Saya pernah tanya sama beberapa teman saya tentang bagaimana kalau kita punya ide yang sama untuk menulis tentang pempek dan jembatan Ampera. Sedangkan, kalau mau googling tema yang serupa itu jumlahnya sudah banyak dan orang sudah tahu pempek dan jembatan Ampera adalah khas kota Palembang. Lalu teman saya menambahkan kalau kembangkan saja tema atau ide yang sudah ada dan cari sudut pandang baru.

Wah ide teman saya memang bagus, tapi untuk mengembangkan ide dan sudut pandang baru ini gak gampang pak. Ada satu rumus tentang ATM yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Contoh yang sudah jelas disini adalah pangsa pasar ponsel BlackBerry tiruan. Tiap saya lihat etalase counter ponsel selalu ada ponsel yang berbentuk dan jenisnya sama seperti BlackBerry, bahkan tidak tanggung-tanggung untuk mencatut nama BlackBerry dengan jelas di mereknya. Namun, mereka yang meniru seperti itu apa yang mereka modifikasi? Saya melihat keunggulannya adalah dual sim card sedangkan BlackBerry asli belum memfasilitasi untuk dual sim card. Keunggulan kedua adalah harga yang murah dibanding barang aslinya.

Lalu, misalnya saya ingin membuat pempek dan telah mendapatkan resepnya secara umum, apa perlu saya katakan: hoy ini pempek dari resepnya si A dan cukanya dari si Z di labelnya? Pempek is pempek, gak ada yang perlu ditambahin. Sama seperti tulisan tentang tema khas kota Palembang yang kebanyakan orang sudah mengetahuinya.

Inti dari tulisan saya ini adalah tidak ada salahnya untuk menerapkan rumus ATM. Selama koridor menulis itu mempunyai etika dalam penulisan, all is well.

Iklan

10 pemikiran pada “Ide Saya Dicuri, lapor kemana?

  1. Ada beberapa indikator sih sampai dibilang cuma niru doank….

    Ide sama
    Point of view sama
    Eksekusinya sama

    Kalu ketiganya sama itu sih namanya meniru (dalam arti negatif). TApi kalau setidaknya tiga dari faktor di atas ada yang beda, itu masih bilang dibilang ATM.

    Huang : Ooo begitu penjelasannya mas πŸ˜€

  2. pak Huang, yang dicuri kata ‘ide’, apa ide tentang pempek?
    Kalo pempeknya diberinama ATM Pempek bagimana? halahh… *yang ngasal kayak gini ga boleh ditiru, bikin malu soalnya :)*

    Huang : Ada disini rumah makan namanya ATM πŸ˜€

  3. kalau ini soal menulis artikel atau karya tulis, ide/tema bisa saja sama. tapi kalau sudah ditemukan isi tulisan sama persis (sampai letak tanda titik dan koma sama,red), ini bisa jadi plagiat! pelakunya jarang atau mungkin belum pernah dihukum kurungan penjara. tapi hukuman yang lebih berat adalah dikucilkan dari masyarakat!

    Huang : Eww.. serem..

  4. kalau duit dicuri lapor polisi,kalau ide dicuri? jaman sekarang ide murni itu juga udah gak ada sih kalau menurut saya,semuanya pasti juga hasil pengembangan dari ide2 yg udah ada,tapi disempurnakan,ya mirip2 konsep atm tadi πŸ™‚

    Huang : Ho oh nah itu aku setuju.

  5. iya ATM itu gpp.. yang penting jangan copy paste plus gak mencantumkan sumber… itu plagiat namanya ya… πŸ˜€

    Huang : Kalo copas mentah dan mencantumkan sumber, boleh kan πŸ˜€

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s