BerandaBlogrollBlue Bird di Palembang Jadi Ancaman Taksi Argo Kuda

Blue Bird di Palembang Jadi Ancaman Taksi Argo Kuda

Author

Date

Category

Hadirnya taksi Blue Bird di kota Palembang dua bulan lalu sudah cukup banyak warga yang pakai transportasi umum ini.

Blue Bird Hadir Taksi Non Argo Gelisah

Desas desus Blue Bird akan hadir sudah direspon baik sama warga Palembang yang butuh alat transportasi yang aman dan nyaman. Tapi bukan hanya respon yang baik saja yang didapat, sebaliknya dari respon orang-orang yang mengecam adanya Blue Bird di Palembang.

Kecaman ini dirasakan oleh mereka yang bekerja sebagai sopir taksi argo kuda dan taksi borongan. Pasalnya mereka cemas lahan usaha mereka disabotase sama taksi burung biru (Blue Bird).

Perlu diketahui kalau di Palembang yang semua jalur masih bisa ditempuh dengan angkot, bus kota, becak, dan jalan kaki. Pastinya jarang orang mau pakai taksi, apalagi tarif mereka adalah tarif kuda yang langsung main borongan. Biasanya taksi argo kuda ini gampang ditemui di bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2.

Kalau Ada Tarif Argo Kenapa Pilih Tarif Argo Kuda?

Walau baru berjumlah 50 armada, Blue Bird masih beroperasi dan laris sama pelanggan. Soalnya harga yang ditawarkan itu masuk akal.

Untuk di Palembang tarifnya per KM dihitung Rp 2.500. Minimum payment Rp 20.000.

Cuma kalau untuk minimun payment ini tampaknya tidal berlaku, kalau argo cuma Rp 10.000 ya bayar segitu.

Waktu operasi Blue Bird juga tidak 24 jam mengingat tingkat rawan kriminalitas yang ada. Rawan perampokkan dan penusukkan sampai korban tewas. Apalagi pola pikir orang kan kalau kerja 24 jam itu banyak uang yang sudah terkumpul.

Biarlah Warga yang Memilih

Saya sendiri pernah coba naik Blue Bird di Palembang. Harga argonya juga masih masuk akal.

Di dalam mobil, saya ajak bicara si sopir tentang kecaman dari para taksi argo kuda itu karena dianggap merebut lahan cari uang.

Kasusnya bukan hanya di bandara saja mereka ditolak, bahkan waktu mereka ngetem di hotel pun juga sama. Kasus kemarin yang salah satu armada Blue Bird dibalik sama sopir tarif argo kuda di bandara sudah cukup arogan.

Sopir Blue Bird yang saya naikin malahan pernah diancam kaca mobilnya mau dipecahin waktu lagi ngetem di hotel.

Cuma pasti kita cari angkutan umum yang nyaman dan aman kan?

Disadari adanya Blue Bird ini bisa merubah pola transportasi warga Palmbang. Sama kayak hadirnya Trans Musi (busway-nya Palembang), angkot dan bus kota juga pernah demo untuk menolak adanya Trans Musi.

Mereka yang telah lama menguasai jalanan, pastilah rasa terusik sama orang baru yang justru menawarkan aman dan nyaman.

Di kanca Twitter tadi saya ada diskusi sama Mang Ganang dan Goiq.

Apa pelayanan Blue Bird di Jakarta seperti di Palembang?

Kalau dari Goiq justru harga Blue Bird di Jakarta lebih mahal. Saya pikir wajar saja karena dia lebih lama tinggal di Jakarta dan sering berpergian.

Sedangkan saya masih punya persepsi, kayak dapat wasiat, kalau di Jakarta naik taksi ya Blue Bird. Mereka aman dan nggak bawa muter-muter. Saya sendiri baru lima kalu ke Jakarta dan pakai Blue Bird juga dari bandara ke tempat tujuan.

Ya akan beda sama orang yang tinggal lama di Jakarta, mereka lebih kenal jalan dan tahu berapa kisaran harga. Di Jakarta sendiri saya suka pakai busway.

Semoga pola pikir kita lebih dewasa.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

3 KOMENTAR

  1. Ane udah bandingin gan, dari 3 ilir ke bandara kena 54ribu naek blue bird. Di bandara sekarang pake antrian yang sangat tidak adil bwt taksi selain dua taksi “penguasa” lama.. Sistem antrian yg dianut 14-7-1-1.. 14 taksi p*******u, 7 taksi b****o, dan masing-masing satu blue bir dan kotas… Jadi d terminal kedatangan calin penumpang gak bisa milih klo dua mw naek blue bird, dari probabilitas sistem antrian nya pun sudah kecil peluangnya…
    Ane kebagian taksi p*****u, mobil nya seperti bekas tabrakan, ac gak dingin dan sopir nya pun sibuk maen hape 🙁
    Argo nya yang gak nahan, baru sampai simapng polda dah kena 50ribu..? ##*=^}+=
    Akhirnya argo yang gak jelas standart ato tidak itu nunjukin angka 74ribu setiba d rumah.. Kumayan selisihnya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru