Gadget Review

Wujudkan Setiap Proses Kreatif Bersama VivoBook S14 S433


Dua atau tiga tahun mendatang, jangan heran akan mulai terbiasa dengan anak-anak kita yang memilih jenjang karir lebih bervariatif. 

Profesi baru kedepannya sudah terlihat seperti menjadi youtuber, content creator, pekerja media sosial, selebgram, SEO specialist, desain grafis hingga menjadi CEO sebuah startup.

Dunia yang akan dihadapi oleh Generasi Z di masa mendatang lebih kompleks.

Sumber: katadata.com

Menurut survey we are social, rata-rata saat ini orang menghabiskan 8 dalam penggunaan internet sehari-hari. Dan itu adalah kelompok usia 16-24 tahun atau generasi Z.

Bahkan saat ini anak-anak generasi Z juga dituntut bukan hanya memiliki hard skill tapi juga soft skill. Mulai dari belajar keahlian baru seperti cara mengedit video, berani untuk public speaking di depan kamera, atau membuat konten kreatif yang menarik.

Kepribadian kelompok generasi Z memang unik, wajib punya media sosial dan eksis sebagai bentuk aktualisasi diri. Mereka berpikir out of the box, pandai bersosialisasi, kreatif, aktif dan dinamis.

Hidup tanpa gadget yang dibawa sehari-hari, berasa ada yang kurang. Termasuk proses mewujudkan ide kreatif.

***

Penuh Warna dan Bebas Berekspresi

Coba sebutkan siapa saja anak-yang memiliki channel media sosial dengan banyak jumlah pengikutnya?

Apalagi sekarang setiap saat kita bisa melihat mereka berekspresi di depan layar monitor.

Salah satu channel sukses anak kecil di Youtube

Kebebasan berekspresi adalah kunci berhasil untuk anak-anak muda saat ini. Generasi Z dikenal memiliki karakter mudah bosan, haus akan pengakuan, dan ingin semuanya disegerakan.

Ada studi yang mengungkapkan warna berhubungan erat dengan karakter seseorang. Misalnya warna biru untuk karakter yang kepribadian santai dan tenang. Warna merah untuk karakter percaya diri.

Sedangkan warna hijau menunjukkan rasa aman dalam hal keuangan hingga percintaan. Warna yang melambangkan kesuksesan. Namun kebalikan dengan warna oranye yang merupakan kepribadian ramah dan senang menjadi pusat perhatian.

Makanya kawula muda ini biasanya menyukai warna-warna yang ceria. Saya sendiri menyukai warna biru sebagai warna yang membawa ketenangan dan keseimbangan.

Role model untuk Generasi Z juga Berpengaruh Dalam Karir

Role model anak generasi Z saat ini

Semakin mudahnya akses internet untuk belajar membuat setiap orang stimulus untuk mencari role model iodalnya. Faktanya role model memberi pengaruh untuk tiap orang untuk memiliki karir di dunia konten kreatif.

Melihat trend mahasiswa sebelum mereka lulus, saya melihat mereka memiliki kecenderungan untuk memutuskan karier berdasarkan stabilitasnya. Pada saat yang sama, gagasan bahwa “anyone can be anything” memotivasi mereka untuk menjelajahi jalur karir yang tidak biasa, khususnya menjadi entrepreneur atau bisnis startup.

Bagi generasi Z, karakter senang berbagi menjadi pedoman untuk mereka menampilkan karya-karya yang dihasilkan. Alhasil mereka sangat dekat dengan teknologi masa kini.

Sebut saja nama-nama anak muda kreatif dari generasi Z seperti Rich Brian, Eka Gustiwana, atau Rizky Febian yang memiliki penghasilan besar di industri konten kreatif. Mereka-mereka ini adalah contoh model yang berhasil membuat anak-anak muda mulai menekuni suatu hobi yang dijadikan profesi. Maka pilihan pekerjaan yang unlimited kedepannya akan semakin diminati.

Cara Generasi Z Tetap Terhubung dengan Dunia

Kawula muda dari generasi Z memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi stereotip atau generalisasi. Mereka ingin membuat perbedaan di dunia, 60% ingin pekerjaan mereka berdampak pada sekitar; 26% memilih bidang sosial.

Bagaimana cara kawula muda ini tetap terhubung dengan dunia digital?

Sederhana sekali, karakter kawula muda ini memiliki pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan serta mengutamakan kolaborasi. Beri mereka alat dan tunjukkan bagaimana dapat membantu hasil kerja mereka agar berdampak pada sekitar.

Misalnya mereka menyukai konten-konten kreatif, tandanya kita memberikan akses dan fasilitas. Biarkan mereka menjadi pencipta untuk pengalaman diri sendiri, atau dare to be you atau menjadi diri sendiri.

Paling sederhana adalah kawula muda ini tentunya suka mengekspresikan diri dengan ide kreativitas. Menyalurkan ide kreativitas dalam bentuk tulisan, foto, dan video.

Konten-konten kreatif ini dibuat untuk berbagi informasi kepada orang lain. Anak-anak muda ini tentunya tidak terlepas dari gadget yang digunakan. Termasuk pemilihan laptop yang sesuai dengan ala anak muda kekinian.

Berani Tampil Beda Bersama Laptop VivoBook S14 S433

Melihat hubungan warna dan karakter kawula muda saat ini, ternyata berkaitan dengan produk terbaru dari ASUS yaitu VivoBook S14 S433.

ASUS telah menghadirkan tipe VivoBook yang paling trendy dengan performa terbaik dan hadir dengan prosesor Intel Core 10th generation.

Laptop terbaru ASUS ini menawarkan desain yang bisa mengekspresikan diri kita melalui warna laptop yang atraktif dan ruang untuk menempelkan stiker pada bodi laptop.

Daya tarik dari laptop VivoBook S14 S433 ini adalah kebebasan ekspresi yang diwujudkan di desain dan teknologi yang dipakai. Para pekerja konten kreatif bisa tampil beda dengan kustomisasi laptopnya sesuai selera.

Hasil riset ASUS menemukan kalau kawula muda generasi Z ingin tampil berbeda. Mereka tidak hanya sekedar memiliki laptop canggih dan menunjang produktivitas, tetapi juga penuh gaya.

Varian Segar Warna Laptop VivoBook S14 S433

Siapa yang tidak bangga kalau punya laptop punya pilihan warna yang beda?

VivoBook S14 S433 dibuat dalam empat varian warna dan masing-masing karakter bawa personalisasi sendiri.

Gaia Green

Gaia Green ini terinspirasi dari alam. ASUS mengeluarkan warna Gaia Green ini mengingat penggunanya mudah beradaptasi dan terbuka terhadap apapun. Oleh karena itulah bagi pengguna laptop VivoBook S14 S433 dapat lebih bersemangat ketika sedang bekerja.

Resolute Red

Warna merah melambangkan berani, dan keinginan yang kuat. Sehingga sangat cocok bagi pengguna VivoBook S14 S433 yang ingin tampil beda. Akan lebih leluasa dalam menuangkan ide-ide ke dalam bentuk hasil karya. Semakin percaya diri ketika sedang presentasi di depan umum atau ide pun mengalir dengan lancar. Sangat memukau!

Dreamy Silver

VivoBook S14 433 memadukan warna putih yang erat kaitannya dengan kesan keterbukaan dan kebebasan. Pengguna laptop VivoBook S14 menunjukkan berani bermimpi. Teguh dengan cita-cita sehingga baik sedang di dalam rumah atau di luar, laptop selalu menemani dengan setia.

Indie Black

Hitam menambah kontras dan membuat warna lain lebih menonjol. Sosok pengguna yang independensi tanpa kompromi. Pengguna laptop VivoBook tentunya bertanggung jawab atas setiap situasi dan tidak takut bersuara untuk orang lain.

Laptop VivoBook S14 S433 Trendy yang Ringan

Laptop VivoBook S14 S433 memiliki bodi yang tipis dan juga ringan. Bobot yang tidak berat untuk ditenteng kemana saja serta mudah diselipkan dalam tas ukuran kecil.

Dengan tebal laptop hanya 15,9mm dan berat 1,4kg, maka laptop VivoBook S14 ini kategori ringan. Beban yang ringan ini pasti membuat betah untuk para kawula muda yang aktif dan memiliki mobilitas tinggi. Apalagi kalau menyukai kerja di banyak tempat seperti konten kreator, fotografer dan videografer. VivoBook S14 S433 merupakan pilihan laptop yang cocok untuk melakukan kegiatan komputasi sehari-hari, baik di dalam maupun di luar rumah.

Rasio layar atau screen to body menjangkau rasio 85 % yang berarti perbandingan diameter monitor dengan panjang bodi laptop adalah 0.85 : 1. Sangat tipis sekali bukan bila dibandingkan dengan laptop sejenis berlayar 14 inch maka VivoBook S14 S433 lebih terlihat mungil.

Hal ini dikarenakan bodi laptop VivoBook S14 S433 telah menggunakan teknologi NanoEdge Display yang bisa menghadirkan layar eksklusif dengan bezel sangat tipis. NanoEdge display ini menjadikan layar lebih lega dan konten yang disajikan lebih imersif atau lebih nyata.

Serta pada kemampuan layar VivoBook S14 S433 mampu reproduksi warna pada color space sRGB hingga 100 persen. Layar VivoBook S14 S433 memiliki sudut lebar hingga 178 derajat.

Jangan lupa pula hal lain yang penting untuk dituliskan adalah logo pada bagian depan sudah bertuliskan “VivoBook” serta potongan diamond cut pada sisi bodi laptop yang terlihat sebagai potongan metal, dengan begitu laptop terlihat kokoh, solid, dan premium.

VivoBook S14 S433, Laptop Berkinerja Handal

Fungsi laptop yang dicari tentu saja handal dan mumpuni untuk dipakai kerja. Apalagi untuk konten kreator yang dalam satu hari bekerja lama di depan laptop. Ada banyak sekali alasan kenapa VivoBook S14 S433 adalah laptop terbaik kinerjanya.

ASUS VivoBook S14 S433 dibekali oleh prosesor Intel Core 10th Gen terbaru. Dengan performa maksimal maka kinerja komputasi akan lebih cepat dibandingkan prosesor sebelumnya.

Keunggulan prosesor 10th Gen Intel Core yang hemat daya adalah ASUS VivoBook S14 S433 mampu hidup lebih dari 9 jam untuk browsing dan 11 jam untuk multimedia.

Pengguna laptop ini bisa memilih dua pilihan prosesor yang tersedia yaitu, Intel Core i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz) dan Intel Core i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz). Selain dikenal sebagai prosesor yang cepat, prosesor Intel juga hemat daya.

Prosesor intel generasi ke-10 ini menjadikan laptop VivoBook S14 S433 bekerja lebih cerdas dan efisien. Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang diklaim Intel dapat menjadikannya bekerja 8 kali lebih kencang dibandingkan kompetitornya. Tugas-tugas seperti pengindeksan foto, efek fotorealistik dan peningkatan gambar secara otomatis akan direspon lebih cepat.

Berikut benchmark mengenai performa laptop VivoBook S14 S433 dengan menggunakan aplikasi CineBench R20 dan PCMark 10.

Hasil dari pengujian performa laptop ini menghasilkan skor yang cukup tinggi di kelasnya. Pastinya VivoBook S14 S433 telah teruji memiliki performa hebat untuk segala aktivitas yang dilakukan oleh para kawula muda.

Ditunjang Memori Besar Agar Optimal

Agar membantu para konten kreator bekerja lebih baik, maka memori laptop VivoBook S14 S433 dibekali sebesar 8GB dengan jenis DDR4 RAM. Serta dilengkapi media penyimpanan 512+32GB M.2 PCIe NVME Intel Optane SSD.

Optane Memory yaitu teknologi khusus yang dikembangkan oleh Intel dengan memanfaatkan memori tambahan sebagai cache. Kecepatan SSD dalam membuka data yang sering diakses pun menjadi lebih cepat. Jenis media penyimpanan yang dipakai ini termasuk lebih tinggi di kelasnya.

Tidak hanya itu, laptop ini juga masih menyediakan satu slot M.2. Artinya, laptop VivoBook S14 S433 bisa menambah satu lagi media penyimpanan berjenis SSD M.2 jika SSD yang tersedia masih kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan kawula muda.

Meskipun bukan laptop khusus gaming, pemakaian kartu grafis NVIDIA GeForce MX250 pada VivoBook S14 S433 masih sanggup memainkan game popular kesukaan anak muda saat ini dengan pengaturan medium. Ini benar-benar laptop idaman kawula muda karena bentuknya ringkas dan tipis tapi sektor grafis mumpuni untuk bikin konten.

Jadi meski konten kreator menyimpan banyak data di dalam laptop VivoBook S14 S433 tidak perlu khawatir karena dijamin tidak akan lambat.

Didukung Kartu Grafis NVIDIA GeForce MX250

Para pekerja konten kreatif yang hidupnya dinamis akan lebih mudah dalam membuat konten. Bisa mengerjakan berbagai dokumen, mengedit foto dan gambar, bahkan video. Termasuk juga bisa menikmati konten hiburan dan bermain game kasual.

Khusus untuk pengolah gambar grafis, VivoBook S14 S433 didukung oleh penggunaan chip grafis NVIDIA GeForce MX 250 yang memiliki performa cukup kencang untuk bermain game kelas esport seperti DOTA 2 atau CSGO. Selain itu juga sanggup untuk menjalankan program-program grafis editing seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop atau Adobe Premiere Pro.

Laptop VivoBook S14 S433 memiliki optimalisasi memori yang mampu mengakses data secara lebih cepat. Tentunya akan mempengaruhi pengalaman pengguna menjadi lebih lancar. 

Konektivitas Terbaru

VivoBook S14 S433 melengkapi kawula muda dengan port konektivitas yang lengkap. Mulai dari teknologi bluetooth terbaru versi 5.0 memiliki keunggulan 4x lebih cepat, jangkauan luas (double range), dan kemampuan transfer data dengan ukuran lebih besar.

Serta teknologi Wi-Fi generasi ke-6 GIG+ memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dengan latency yang lebih rendah. Dan beragam port tersedia dalam VivoBook S14 S433. Terdapat 2x USB 2.0, 1x HDMI, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x port USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x Audio Combo Jack 3,5mm, hingga 1x slot mikro microSD.

Keamanan Menggunakan Fingerprint

Keamanan adalah krusial, akan ada banyak data rahasia dan penting di dalam laptop. Untuk keamanan, VivoBook S14 S433 dilengkapi dengan fitur seperti fingerprint sensor atau pembaca sidik jari.

Pengguna laptop VivoBook tidak perlu repot saat mengetik kata sandi untuk masuk ke sistem Windows 10. Apalagi laptop ini pun sudah terintegrasi dengan Windows Hello di Windows 10. Keamanan dari Windows Hello ini terjamin cepat dan praktis masuk ke sistem laptop. Sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses laptop kesayangan kita.

Fitur Premium Fast Charging

Daya tahan baterai laptop VivoBook S14 S433 sanggup menunjang aktivitas konten kreatif sepanjang hari. Fitur premium yang ada pada baterai laptop VivoBook S14 S433 adalah fast charging hingga 60% untuk waktu 49 menit dalam kondisi kosong.

VivoBook S14 S433 mengadopsi baterai berkekuatan 50 Whrs. Kapasitas baterai laptop ini lebih besar jika dibandingkan dengan laptop sekelasnya. Daya tahan baterai VivoBook S14 S433 bisa bertahan hingga 12 jam saat diuji menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office.

Keyboard Sangat Nyaman

Selain laptop tipis dengan dimensi ramping, salah satu fitur premium dari laptop VivoBook S14 S433 adalah memiliki keyboard yang dilengkapi dengan backlit sehingga nyaman digunakan di berbagai kondisi pencahayaan.

VivoBook S14 S433 memiliki standard full size keyboard dengan jarak antar tombol atau key travel 1.4 mm yang nyaman ketika digunakan untuk mengetik.

Kenyaman keyboard laptop telah teruji

Yang cukup menarik dari keyboard laptop ini ada aksen warna hijau bold pada tombol Enter. Akses ini membuat tampilan keyboard laptop lebih trendy.

Sedangkan pada bagian touchpad, VivoBook S14 S433 menggunakan touchpad berteknologi Intelligent Palm-Rejection Precision touchpad (PTP) technology dan telah mendukung four-finger smart gestures.

Teknologi palm rejection bisa mendeteksi telapak tangan yang secara tidak sengaja menyentuh touchpad ketika sedang mengetik. Ditambah dukungan Smart Gestures sangat memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai jenis scrolling dan perpindahan antar jendela aplikasi.

Kualitas Audio Kualitas Harman/Kardon

Pastinya laptop apapun tidak mungkin tanpa performa yang luar biasa. VivoBook S14 433 juga memanjakan telinga ketika kita sedang bekerja karena dilengkapi audio dari Harman Kardon yang berkualitas. Kita dapat menikmati detail audio berkualitas tinggi kalau diputar di VivoBook S14 433. Suara yang menggelegar langsung terdengar saat kita sedang mengerjakan tugas sambil memutar musik.

Ruang Khusus untuk Ekspresikan Diri

ASUS tak hanya membuat VivoBook S14 S433 lebih segar dan trendy. Tetapi dalam kesempatan ini ASUS memberikan ruang untuk para generasi Z untuk ekspresikan diri.

Selain memberikan empat pilihan warna yang atraktif, laptop VivoBook S14 S433 memberikan bonus stiker eksklusif hasil rancangan seniman visual dari Jakarta, Muchlis Fachri atau yang lebih dikenal dengan Muklay.

ASUS VivoBook S14 S433 juga menggandeng distro fashion asal Jakarta, Billionaire’s Project untuk t-shirt eksklusif yang dijual secara online.

Dengan membeli t-shirt eksklusif ASUS, pembeli telah ikut berpartisipasi melakukan donasi untuk tenaga kesehatan dan pasien covid-19.

Selain mendapatkan pilihan warna VivoBook S14 S433 sesuai dengan kepribadian, pengguna dari kalangan konten kreator, fotografer dan videografer bisa menampilkan jati diri sesungguhnya.

Pengguna VivoBook S14 S433 Aman dengan Garansi ASUS Perfect Warranty

Apa jadinya kalau laptop kesayangan kita rusak tiba-tiba? Di saat sedang banyak kerjaan menumpuk ternyata laptop tidak bisa berfungsi.

Kabar baiknya untuk pengguna laptop VivoBook S14 S433 dilindungi oleh garansi istimewa bernama ASUS Perfect Warranty. Layanan garansi ini bentuk peduli ASUS dalam memberikan jaminan keamanan untuk perangkat laptop kesayangan di Indonesia.

Apa saja yang akan dilindungi oleh ASUS Perfect Warranty?

Tentunya pengguna laptop tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada laptop apabila disebabkan oleh kelalaian pribadi. Contohnya seperti laptop terjatuh, layar yang pecah, hingga tersiram oleh air. Keren banget! Pastinya layanan ini akan sangat membantu bagi kawula muda yang aktif dan dinamis.

Spesifikasi dan Harga ASUS VivoBook S14 S433

Ingin tampil beda saat sedang bekerja bersama VivoBook S14 S433? Laptop ini pasti bisa menambah mood lebih bersemangat saat membuat konten kreatif di depan laptop. Atau agar menjadi pusat perhatian saat sedang bekerja. Sekarang saatnya!

Main Spec. ASUS VivoBook S14 S433
CPU Intel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz) Intel® Core™ i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)
Operating System Windows 10
Memory 8GB DDR4 RAM
Storage 512+32GB M.2 PCIe NVME Intel Intel® Optane Memory H10 with Solid State Storage
Display 14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 250 nits. Frameless NanoEdge display with 85% screen-to-body ratio, 178° wide-view technology
Graphics NVIDIA GeForce MX250 NVIDIA® GeForce® MX250 Video memory size: 2GB GDDR5 VRAM
Input/Output 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-C 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A 2 x USB 2.0 1 x HDMI 1 x Audio combo jack 1 x MicroSD card reader 1 x DC-in
Camera HD Web Camera
Connectivity Wi-Fi Intel Wi-Fi 6 with Gig+ performance (802.11ax) Bluetooth® Bluetooth V5.0
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound; smart amplifier for maximum audio performance Array microphone with Cortana voice-recognition support 3.5mm headphone jack Certified by Harman Kardon
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion Fast charging: 60% in 49 minutes 65W power adapter Plug Type: ø4 (mm) (Output: 19V DC, 3.42A, 65W) (Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
Dimension 32.4(W) x 21.3(D) x 1.59 ~ 1.59 (H) cm
Weight 1,45Kg
Colors Gaia Green, Resolute Red, Dreamy Silver, Indie Black
Price Rp 13.999.000 (Intel Core i5 variant) Rp 15.999.000 (Intel Core i7 variant)
Warranty 2 tahun garansi global
Included Software ASUS Splendid ASUS Tru2life Video ASUS AudioWizard

Siap Dare to be you Bersama Laptop VivoBook S14 S433

Si ringkas yang enak dibawa dalam tas untuk kerja

Kelompok generasi Z termasuk orang yang mahir dan terbiasa melakukan berbagai aktivitas dalam satu waktu yang bersamaan. Laptop handal menjadi perangkat yang selalu dibawa setiap saat. Semua fitur dan manfaat itu ada dalam laptop VivoBook S14 S433.

Banyak keunggulan dari laptop berukuran 14 inch ini sebab menggunakan prosesor 10th Gen Intel Core yang hemat daya dengan dukungan fitur premium seperti fingerprint sensor, teknologi fast charging, serta backlit keyboard.

Laptop VivoBook S14 S433 idaman tiap orang saat ini.

Spesifikasi VivoBook S14 S433 sangat powerful juga hemat daya untuk konten kreator bekerja maupun menikmati hiburan. Kegiatan mengolah foto maupun video, hingga bermain game eSports, semuanya dapat dilakukan dari VivoBook S14 S433 yang trendy.

Laptop ini juga akan nyaman dipakai bagi orang yang bermobilitas tinggi, aktifitas di luar rumah dan dipakai di tas yang tidak berukuran besar. Sesuai dengan gaya anak muda yang dinamis #DaretobeYou

15 comments on “Wujudkan Setiap Proses Kreatif Bersama VivoBook S14 S433

  1. Laptop dengan spesifikasi terrrrrmantap!! Terus aku baru tau dong kalo laptop sekarang udah nggak pakai hardisk lagi tapi ganti sama SSD hahahaha. Keren lah.

  2. aku kalau soal laptop mah, selalu yang pertama kali dilihat adalah spesifikasinya dahulu. Kedua baru ke bodynya, urusan body ini biasanya memilih yang ramping dan mudah dibawa. Dan ini memang ada dalam Asus vivobook seri ini banget.

  3. artikelnya bagus,
    kunjungan balik

  4. Jalan-Jalan KeNai

    Saya yang bukan kawula muda, tertaruk juga punya laptop ini. Apalagi yang warna merah. Ini warna favorit saya. Rasanya pengen punya deh satu unit

  5. Aku suka desainnyaa..
    Apakah aku termasuk gen-z? #EhGimana

  6. Aku naksir laptop ini koooo, pasti cucok banget sama aku yg masih Gen Z ini #dijitak

  7. Laptopnya keren ko, naksir akutuuuuu, kayaknya cucok sama aku yg muda ini…

  8. Nih laptop emang paling keren deh,.. siap-siap angkut koh

  9. Keren juga ya laptop ini.
    Saya baca juga reviewnya di beberapa media…

  10. selamat tinggal milenial, kalian sudah ketuaan! wkwk
    parah emang nih lepi kerennya.

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: