Gadget Review

Bermain Game Tanpa Rasa Takut Dengan Smartphone ASUS ROG Phone 3


Kabar ASUS ROG Phone 3 akan masuk ke Indonesia bakal disambut baik kehadirannya oleh para gamer.

Smartphone ini tetap fokus mengusung sebagai smartphone gaming. Makanya setiap seri smartphone ASUS ROG ini akan selalu dinantikan, terlebih kalau sudah merasakan sekuel ROG Phone sebelumnya. Kira-kira hal-hal baru yang menarik apa ditawarkan oleh smartphone ROG Phone 3 ini.

asus rog phone 3

Saya ingat betul ROG Phone generasi pertama hadir pada 2018, saat itu saya melihat secara langsung penampakan fisik. Kemudian, dilanjutkan tongkat estafetnya oleh ROG Phone 2. Kalian bisa baca reviewnya di sini.

Lantas, apa perbedaan ROG Phone 2 dan ROG Phone 3 yang perlu kalian ketahui?

ASUS terlihat serius dalam menggarap smartphone gaming paling tangguh, tak heran jika kehadiran smartphone ROG Phone 3 sangat dinanti-nanti.

Berbeda dengan smartphone masa kini yang berlomba-lomba mengekspos fitur kamera, ROG Phone 3 fokus pada kinerja smartphone gaming yang sempurna.

Jika kinerja smartphone gaming ini baik, maka membuktikan memang layak berada di puncak peringkat kinerja terbaik.

1. Desain Smartphone ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 mirip dengan pendahulunya. Dari mulai bentuk, ukuran, dan dimensi keseluruhannya hampir sama dengan ROG Phone 2.

Hal ini agar pengguna smartphone gaming ini tetap nyaman saat pakai.

Mulai dari layar berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144Hz, touch latency 25ms, dan response time 1ms adalah senjata utama para gamer yang menggunakan ROG Phone 3.

asus rog phone 3

Ditambah tingkat reproduksi warna yang akurat dengan Delta E kurang dari satu poin membuat gamer tidak hanya dapat bereaksi secara cepat dan akurat, tetapi juga merasakan dunia game yang lebih imersif.

Dukungan teknologi 10-bit display dan HDR10+ di ROG Phone 3 membuat smartphone ini terbaik untuk gaming tetapi juga untuk menikmati konten multimedia terkini.

Meski begitu tentu saja ada beberapa perbedaan. Kaca belakangnya mengkilap dan transparan, memberi pandangan yang cukup baik. Smartphone ASUS ini lebih terlihat tenang dan kalem.

Bobot smartphone 240 gram dengan balutan komponen luar yang cukup padat.

Yang membedakan fitur layar, ROG Phone 3 sudah dilengkapi dengan dukungan HDR10+ dan refresh rate 144 Hz. Sementara ROG Phone II hanya menawarkan fitur HDR10 biasa dan refresh rate 120 Hz.

Walau keduanya masih sama-sama tinggi secara angka, tapi sudah jelas ROG Phone 3 jelas lebih baik.

Layar ini tak punya lekukan. Sehingga rasionya hanya datar saja dengan angka 19,5: 9.

Satu hal yang menarik pula adalah adanya sense-touch 270 Hz dengan klaim penundaan respon sentuh 25 ms dimana ini merupakan rekor yang paling cepat.

Bisa dirasakan bagaimana kenyamanan layar smartphone ROG Phone 3 ini bukan? Saya yang pakai ROG Phone 2 buat main game pun nyaman.

Di sebelah kiri ponsel, ada konektor yang bisa dipasangkan untuk semua aksesori ponsel gaming ini seperti docking, konektor ethernet, dan kipas AeroCooler. Yang semuanya disertakan dalam kemasan.

Ada hal unik di ujung kiri dan kanan ketika ponsel ini dipakai bermain game, yakni semacam tombol bantalan. Tombol ini akan mengeluarkan simulasi sentuhan ketika dipergunakan.

Sayangnya ROG Phone 3 tidak memiliki jack headphone 3,5 mm. Tapi jangan khawatir karena diberikan dongle dalam paket pembelian.

2. Prosesor Snapdragon

Smartphone ROG Phone 3 sudah memakai chipset Qualcomm Snapdragon kelas atas. Chipset kelas atas ini merupakan overclock dari versi yang sudah ada yang pada dasarnya juga sudah kencang.

Snapdragon 865 Plus berkecepatan 3,09Ghz pada smartphone ASUS terbarunya ini dijamin bakal bikin perfoma gaming lebih lancar.

Untuk mendukung performa, ASUS sudah menyertakan GPU Adreno 650 yang bisa bermain game lagi mulus.

Kalau dipikir, memang tidak ada kompromi soal performa di smartphone ASUS ROG Phone 3. Spesifikasi saat ini, semua game dipastikan dapat berjalan lancar tanpa kompromi.

Spesifikasi menjadikan Asus ROG Phone 3 sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan prosesor terkencang overclocked dari Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, SoC paling powerful saat ini.

3. RAM Lebih Kencang

Di Indonesia, ASUS ROG Phone 3 hadir dengan varian terkecil, yakni 12 GB / 128 GB. Varian yang sudah lebih dari cukup untuk bermain game berat di smartphone.

Varian lain, ASUS ROG Phone 3 juga punya storage RAM 16 GB dengan penyimpanan internal 512 GB. Memang layak disebut hapenya sultan bukan?

Menariknya, tipe internal yang digunakan ROG Phone 3 adalah UFS 3.1 dan tipe RAM yang digunakan adalah LPDDR5.

Tipe memori ini lebih kencang dibandingkan ASUS ROG Phone II yang hanya memakai UFS 3.0.

4. Baterai Monster

Smartphone ASUS ROG Phone 3 dibekali baterai berkapasitas super besar yaitu 6.000 mAh.

Kapasitas baterai yang sangat awet sekali untuk bermain game atau produktivitas lainnya di media sosial.

Selain memiliki baterai yang sangat besar, smartphone ASUS ROG Phone 3 dilengkapi dengan sistem pengaturan baterai khusus.

Fitur ini memungkinkan gamer untuk mengatur sendiri mode penggunaan baterainya. ASUS juga menyediakan mode pembatasan pengisian baterai di ROG Phone 3.

Tujuannya saat gamer mengisi ulang baterai secara terus-menerus tanpa mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan.

5. Kamera

ASUS ROG Phone 3 hadir dengan konfigurasi tiga kamera. Penambahan kamera ketiga di ROG Phone 3 jadi ciri pembeda dengan ROG Phone II.

Apa yang menjadi pembeda? Kamera ASUS ROG Phone 3 hadir dengan kamera 64 MP, kamera ultra-wide 13 MP, dan kamera makro 5 MP.

WOW!

Hadirnya kamera makro 5 MP sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Tetapi penggunaan sensor kamera 64 MP jelas menarik. Kamera menjadi faktor penentu saat ingin membeli smartphone.

Bisa dibilang kamera ASUS ROG Phone 3 termasuk bagus, termasuk untuk foto low-light.

Sedangkan untuk kamera depan, ROG Phone 3 menggunakan sensor 24 MP. Bedanya, ROG Phone II memakai bukaan f/2.2 sementara ROG Phone 3 sensor 24 MP memakai bukaan yang lebih kecil, yakni f/2.0.

Sensor bukaan lensa lebih kecil tentu berfungsi untuk menyerap cahaya lebih banyak masuk. Sudah pasti ASUS ROG Phone 3 bisa hasilkan gambar lebih terang.

6. Konektivitas

Urusan konektivitas pada smartphone tentu juga harus dicari. Pada ASUS ROG Phone 3 FM Radio dan jack audio 3,5mm. Namun menggantinya dengan kehadiran port USB Type-C tambahan di bagian samping.

Port USB Type-C utama hadir dengan tipe USB 2.0. Sementara yang ada di bagian samping merupakan tipe 3.1 yang jelas kecepatannya lebih baik.

ASUS ROG Phone 3 hadir dengan fitur terbaru bernama ROG HyperFusion Technology. Fitur ini memungkinkan gamer untuk menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan untuk menghasilkan konektivitas terbaik saat bermain game ataupun menikmati konten digital lainnya.

7. Dirancang Khusus Gamer

ASUS ROG Phone 3 merupakan smartphone gaming yang mengoptimalisasi gaming pada mode landscape .

Selain sebagai smartphone gaming juga memiliki desain ergonomis dan dirancang agar gamer tetap nyaman saat bermain game pada mode landscape dalam waktu lama.

Apalagi ASUS ROG Phone 3 juga hadir dengan fitur AirTrigger 3 terbaru yang kini dilengkapi dengan motion sensor untuk kontrol yang lebih intuitif saat bermain game.

Seluruh kontrol yang ada di AirTrigger 3 dapat diprogram dan diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.

AirTrigger 3 kali ini memiliki tambahan gesture baru yang dapat digunakan saat bermain game termasuk swipe dan dual-partition button emulation yang memungkinkan penggunanya memiliki kontrol penuh terhadap semua game yang dimainkan.

ASUS ROG Phone 3 juga memiliki motion sensor yang dapat digunakan sebagai kontrol tambahan. Motion Sensor memungkinkan gamer berinteraksi dengan cara menggerakkan smartphone ke depan dan belakang.

ASUS ROG Phone 3 menggandeng Dirac untuk menghadirkan kualitas audio yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Hasilnya ROG Phone 3 berhasil menerima skor yang sangat tinggi, yaitu 75 poin, oleh DXOMARK Audio Review.

XOMARK menyebut ROG Phone 3 berhasil menaikkan standar kualitas audio pada smartphone berkat kualitas audio yang sangat seimbang dan berkualitas tinggi.

Memiliki ASUS ROG Phone 3 selain mendapatkan performa, gamer juga mendapat kualitas audio terbaik saat bermain game. Sebab Game Mode terbaru dapat meningkatkan efek suara di dalam game dan membuat pengalaman bermain lebih nyata.

ASUS ROG Phone 3 juga telah mendukung teknologi Qualcomm aptX Adaptive yang akan memberikan gamer kualitas suara terbaik dengan minim latency saat menggunakan headphone nirkabel melalui Bluetooth.

Berkenalan Dengan Aksesoris Terbaru ASUS ROG Phone 3

Kurang lengkap bermain smartphone gaming ASUS tanpa aksesoris.

Aksesoris ROG Phone 3 ini sengaja dihadirkan agar dapat meningkatkan pengalaman bermain para gamer profesional.

ASUS mengeluarkan 6 aksesori terbaru yang menemani smartphone ROG Phone 3:

  1. ROG Kunai 3 Gamepad
  2. TwinView Dock 3
  3. ROG Clip
  4. AeroActive Cooler 3
  5. Lighting Armour Case
  6. Glass Screen Protector

ROG Kunai 3 Gamepad

aksesoris rog phone 3

Desain gamepad baru yang lebih kokoh sekaligus fleksibel. ROG Kunai 3 Gamepad juga didukung fitur key mapping melalui Game Genie.

Enaknya juga gamepad ini kompatibel dengan berbagai game. Untuk daftar game yang kompatibel dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate.

TwinView Dock 3

aksesoris rog phone 3

Bermain game di smartphone ASUS jadi lebih memuaskan pakai dua layar sekaligus.

TwinView Dock dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000mAh. Serta layar yang memiliki refresh rate 144Hz atau sama dengan ROG Phone 3.

ROG Clip

Punya controller DualShock 4, XBOX One, atau Google Stadia? Melalui ROG Clip, kini gamer dapat menghubungkan controller tersebut secara mudah dengan ASUS ROG Phone 3.

Caranya cukup pasangkan ROG Clip di salah satu controller tersebut dan tempatkan ASUS ROG Phone 3 di dudukan yang telah disediakan. Bermain di ROG Phone 3 pun kini sama nyamannya dengan bermain di konsol.

AeroActive Cooler 3

aksesoris rog phone 3

AeroActive Cooler 3 menawarkan performa pendinginan yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Bermain game di ASUS ROG Phone 3 pun lebih mulus.

Selain itu, AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone.

Lighting Armour Case

Case ini didesain spesial untuk dapat menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip AniMe Matrix seperti yang ada di laptop ROG Zephyrus G14.

Lighting Armour Case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate.

Glass Screen Protector

Agar smartphone ROG Phone 3 selalu terlindungi, ASUS juga menyediakan aksesori Glass Screen Protector yang dirancang khusus untuk melindungi layar sehingga terhindar dari goresan.

Aksesori Glass Screen Protector juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi gamer yang menggunakannya.

asus rog phone 3

Tambahan untuk pengguna ASUS ROG Phone 3 tampil lebih maksimal, maka hadir juga Waist Pack dan Crossbody Pack.

Waist pack ini akan mempermudah gamer membawa perangkat gaming kesayangannya bepergian, tentunya dengan penuh gaya. Keren bingits bukan!

ASUS ROG Phone 3 kini telah tersedia di Indonesia dalam dua varian. Kalian bisa siapkan budget mulai dari Rp9.999.000 (128/8) dan Rp14.999.000 (256/12).

Apalagi ASUS ROG Phone 3 ini bisa kalian beli baik online/offline seperti di Erafone, Urban Republic atau ROG Store.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

4 comments on “Bermain Game Tanpa Rasa Takut Dengan Smartphone ASUS ROG Phone 3

  1. wah, main among us pasti jadi gak suka error nih 😀

  2. Ku gak sabaar pengen megang hapenyaa deh. Aku penasaran sama Qualcomm Snapdragon 865 plus 5G nya ini.

  3. Jujur ya mas, aku sbnrnya pgn banget hp ini pas baca keunggulan2nya, tapi ga ngarep beli Krn yakin hrgnya mungkin sampe puluhan hahahahah. Pas liat ada yg di bawah 10 JT, OMG, langsuuuunggg mauuuuuu hahahahaha.

    Kameranya sih yg bikin tertarik :D. Kalo features utk gamingnya, suka juga tapi walo suka main game, aku bukan tipe yg mainin games berat :p. Kalo cuma sebatas candy crush ga perlulah hp gaming hahahahaha.

    Aku liat2 lagi SPECS nya ah, kebetulan hp skr udh mendekati pengen diganti :p

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: