BerandaReviewGadgetSinyal Internet Lemot, Bikin Gagal Dapat Project

Sinyal Internet Lemot, Bikin Gagal Dapat Project

Author

Date

Category

Kalau lagi jalan-jalan ke mall, sudah pasti tempat makan paling dicari. Ada banyak tenant tempat makan yang menarik buat kita kunjungi. Sama hal kalau saya lagi main ke mall, saya pun meluangkan waktu untuk menyantap makanan.

Biasanya tempat makan yang dicari adalah tempat makan yang memberikan promo cashback pakai pembayaran digital untuk lebih hemat.

Namun, ada yang bikin saya kesal sewaktu ingin melakukan pembayaran dengan scan barcode yaitu gangguan internet pas lagi di lantai atas mall ataupun basement.

smartfren unlimited
Basement parkir di mall

Gangguan sinyal kerap terjadi pas kita berada di ketinggian bangunan, dalam mall, ataupun basement parkir. Padahal pembayaran non tunai sekarang lebih sering digunakan. Selain itu kalau sedang ikut webinar yang ada kuis interaktif seperti kahoot sering juga alami gangguan koneksi internet.

Akibatnya, kita gagal mendapatkan promo cashback dari yang ditawarkan. Atau sewaktu ingin membayar parkir harus menunggu agak lama biar mendapatkan koneksi yang stabil kembali.

Masalah Internet Lambat, Masalah Sejuta Umat di Indonesia

Sebagai konsumen cerdas, kita sendiri punya hak untuk memilih provider internet. Apalagi pandemi sekarang konsumsi kuota data sedang sangat boros karena kita melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dan WFH (Work From Home).

Penggunaan data saya pribadi dalam satu bulan mencapai sekitar 80 – 100 GB untuk kebutuhan streaming film, webinar, atau mengupload kerjaan ke cloud. Tentu saja saya harus tetap terhubung sama internet. Pernah rasain saat kuota habis, ternyata saya tidak cepat dalam membalas pesan masuk. Akhirnya, project yang tadinya bisa saya kerjakan ternyata dialihkan untuk orang lain.

Secara sederhana, saya berpikir kondisi seperti ini memang menyebabkan jaringan internet penuh karena banyak pengguna smartphone mengakses layanan bersamaan. Penurunan kualitas atau menghilangnya sinyal di smartphone kita pun berdampak sama BTS (Base Transceiver Station).

Apalagi kalau kita berada di dalam ruangan tertutup, terutama ruangan yang dibuat dari beton bertulang, biasanya sinyal ponsel juga sulit masuk. Contohnya di dalam basement dan rooftop kampus tempat teman saya. Sering kali gangguan sinyal itu terjadi.

Salah satu satu cara yang bisa kita lakukan adalah bersabar karena secara otomatis provider membatasi bandwidth per user agar bisa dilayani bersamaan. Atau, kita bisa berpindah ke tempat yang lebih sepi atau keluar dari kerumunan.

Mencoba smartfren Unlimited

Sampai akhirnya saya lagi berjalan ke smartfren outlet dan menemukan ada smartfren UNLIMITED.

Selama ini smartfren dikenal sebagai pelopor internet unlimited. Karena setahu saya memang yang pertama berani memproklamirkan layanan ini.

Paket UNLIMITED ini merupakan paket internet yang tidak menggunakan sistem kuota tapi ada jangka waktu.

Lantaran paket ini tanpa kuota, tapi menggunakan FUP. Apabila internet yang digunakan melebihi FUP harian maka akan mengurangi kecepatan akses internet.

Akan tetapi dari segi harga, boleh dibilang paket UNLIMITED ini sudah paling murah dan irit jika dibandingkan dengan provider lain yang menggunakan kuota.

Kelebihan smartfren Unlimited

smartfren UNLIMITED
aplikasi smartfren UNLIMITED

Sebagai informasi, saat ini smartfren sudah tidak menggunakan jaringan CDMA. Tetapi sudah berganti dengan teknologi 4G. Artinya kalau smartphone kamu sudah mendukung jaringan 4G, maka bisa menggunakan kartu SIM smartfren UNLIMITED.

Dengan harga 80 ribu, smartfren UNLIMITED menawarkan paket data internet yang bisa digunakan kapan saja selama 24 jam. Sangat membantu bagi saya yang mencari paket data untuk kebutuhan pemesanan ojek online atau membayar makanan saat sedang di mall.

smartfren UNLIMITED memberikan jatah FUP 1GB  selama 1 hari, jadi saat FUP habis di hari keesokan harinya baru bisa dapat FUP baru.Kecepatan smartfren Unlimited ini akan menyesuaikan kecepatan menjadi 512Kbps.

Selain itu paket UNLIMITED smartfren ini khusus untuk pengguna smartphone.

Pastikan smartphone yang digunakan yang sudah support jaringan 4G dan VOLTE. Apabila menggunakan dual sim, maka posisikan smartfren UNLIMITED di SIM 1 agar sinyal lebih kencang.

Bagaimana dengan koneksi internet smartfren UNLIMITED?

Kekesalan kita yang sering kehilangan koneksi saat berada di atas bangunan, basement atau dalam ruangan menjadi momok yang pasti dialami setiap orang.

Sewaktu melakukan uji coba koneksi internet smartfren UNLIMITED menggunakan speed test. Hasilnya tidak mengecewakan saya sebagai pengguna.

https://twitter.com/chockysihombing/status/1367370115679850496

Di wilayah rumah saya, sinyal 4G smartfren stabil dengan bar sinyal full. Dengan kecepatan download dan upload yang stabil. Saya bisa tenang bekerja untuk browsing dan streaming.

Sedangkan saat digunakan di gedung tinggi, sinyal smartfren masih terbilang baik dari sisi kecepatan data. Walau masih butuh waktu untuk loading karena saya berada di bangunan tembok tinggi. Masih lancar digunakan untuk bermain Clubhouse atau browsing ringan.

Saya juga mencoba saat kecepatan koneksi internet smartfren UNLIMITED di basement parkir mall. Hasilnya memuaskan karena berdasarkan speed test mencapai di atas 30 Mbps. Bagi saya dengan kecepatan di atas 30 Mbps sudah lancar untuk berselancar dan browsing.

speedtest-smartfren
Speedtest smartfren UNLIMITED saat di rumah.
smartfren unlimited
Test kecepatan smartfren Unlimited di basement parkir mall

Apalagi kalau saya coba di waktu pagi hari, hasilnya tidak perlu diragukan lagi karena bisa mencapai di atas 70 Mbps. WOW!

Secara keseluruhan, dari segi kecepatan paket smartfren UNLIMITED ini cukup cepat terutama di jam-jam subuh atau tengah malam. Di sore atau siang hari juga cepat. Lumayan cocok untuk keperluan kita mendownload data atau streaming.

Kecepatan data yang signifikan bisa kita rasakan saat jam 1 sampai 5 pagi karena ada benefit extra unlimited malam full speed. Bagi kita yang masih terjaga di waktu malam tentu saja #MalamJadiExtra karena kegiatan internet menjadi sarana untuk mencari informasi. Kita pun bisa menyelesaikan daftar download yang masih tertunda.

speedtest smartfren unlimited
Kecepatan extra unlimited malam full speed

Ini salah satu alasan kenapa kartu perdana smartfren UNLIMITED menarik. Bisa tetap internet puas mulai dari 20 ribu.

Jelas saja di jam tengah malam (0100 – 05.00 WIB), saat sebagian orang memiliki jam produktif. Paket makin unlimited ini bisa internet sepuasnya sampai pagi. Selain itu karena berlaku nasional jadi bisa digunakan dimana saja.

Apalagi selama menggunakan paket Extra Unlimited Malam Fullspeed ini tidak mengganggu FUP utama yang terpakai. Artinya benefit extra unlimited malam ini digunakan tanpa menyedot FUP utama ini full speed sehingga kita tidak perlu ragu lagi.

Internet #UnlimitedBisaSemua

Benefit yang bisa kita rasakan dengan menggunakan smartfren UNLIMITED ini adalah #UnlimitedBisaSemua bebas akses ke beberapa layanan media sosial. Seperti unlimited Facebook, unlimited YouTube, unlimited chat WhatsApp dan unlimited untuk layanan streaming.

Mengingat semua aplikasi ini sedang laris digunakan selama pandemi Covid-19 untuk menjalani PJJ maupun WFH.

Paket smartfren UNLIMITED ini cocok bagi kita yang ingin berinternet dengan budget tetap sekali bayar, aplikasi apapun tanpa batas, tanpa terbentur sama zona jangkauan dan risau kalau kuota habis. Sehingga sangat pas untuk bekerja, atau sekadar mengakses media sosial, dan belajar.

Meskipun ada batas pemakaian wajar yang bisa diperbaharui setiap hari, namun kita bisa melakukan pembelian Booster Unlimited tambahan untuk memperbesar batas pemakaian wajar harian tersebut.

Solusi ini cukup membantu kita saat sedang butuh internet yang unlimited.

Kalau saya senang sama paket smartfren unlimited ini, tentu kalian pasti juga suka. Yaitu kita masih bisa menonton streaming Youtube dengan stabil meski batas FUP harian habis.

Menghabiskan satu hari tanpa internet rasanya mustahil untuk sekarang. Kondisi internet yang stabil menjadi faktor penting, walau nyatanya kondisi sinyal internet sering lambat sering kita rasakan.

Kesimpulan

Tidak ada salah mencari benefit internet yang pas dan sesuai kebutuhan.

Aktivitas saya masih sama seperti setahun yang lalu. Lebih banyak bekerja dari rumah mengerjakan proyek klien, atau keluar rumah jika memang keperluan untuk membuat konten.

Untuk paket internet smartfren unlimited seharga 80 ribu dari segi kecepatan cukup bisa diandalkan untuk penggunaan internet sehari-hari.

Sehingga data internet harus ada dengan budget yang tetap untuk menghemat biar tidak bikin kantong jebol.

Penasaran? Coba sendiri smartfren Unlimited.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru