Mengembangkan Bisnis UMKM dari Nol Bersama ASUS VivoBook 15 A516

Terlihat kecil tapi penting. Saat melahap suapan terakhir siomay kacang berbahan ikan buatan teman saya. Otak saya kepikiran untuk membantu usaha milik teman yang sedang lesu di masa pandemi ini.

“Aku boleh bantu jualin siomaynya gak? Sekalian bantu branding biar produk siomay ini lebih dikenal luas?” tanyaku.

“Boleh, tapi gimana caranya?” balas temanku yang memang belum melek digital.

Sembari menikmati siomay buatannya, pikiranku sudah mengawang memikirkan apa yang dapat saya bantu agar produk makanan ini bisa lebih dikenal oleh banyak orang.

Kami sedang berusaha mewujudkan mimpi besar ini.

***

Tertantang Membantu UMKM Teman Sendiri

siomay-sombong
Siomay berbahan olahan ikan

Kondisi ekonomi yang lesu ini tak menyurutkan pelaku bisnis kecil atau UMKM untuk tetap berjuang dan bertahan. Bahkan, orang pun lelah mencari pekerjaan akhirnya memutuskan merintis bisnis sendiri. Mulai aja dulu kan?

Usaha rumahan produksi siomay milik temanku ini sudah lebih dari 20 tahun. Berawal dari ibunya kemudian turun ke dirinya. Perjalanan temanku juga tidak mudah, dia harus masuk ke perkantoran untuk menawarkan barang dagangan.

Dia pernah bercerita kalau punya mimpi bisa membuat usahanya lebih produktif dan dikenal oleh orang banyak. Sedangkan saya punya mimpi untuk menjadi pelaku entreprenuer dengan membantu usaha teman saya ini lewat digital marketing.

Memang, secara produksi kurang memadai karena hanya dikerjakan hanya seorang diri. Ditambah teman saya masih gaptek soal digital.

siomay-sombong
Siomay Sombong siap untuk dijual

Walaupun begitu, sudah banyak pembeli tetap dan peminat yang mengakui kalau siomay buatannya memang paling enak.

Sayangnya pandemi ini membuat usahanya tidak seramai dulu. Sudah jarang dia membuat siomay dalam jumlah yang banyak. Karena perkantoran sekarang sudah jarang memesan siomaynya untuk menu sarapan. Otomatis pendapatan dia pun berkurang.

Problem ini yang membuat saya merasa tertantang untuk ikut membantu dengan ilmu dibidang digital marketing, saya ingin produknya lebih di kenal luas.

Langkah Mendigitalkan Bisnis Selama Pandemi

Bisnis online di era seperti ini menjadi peluang yang menjanjikan. Kita tidak perlu repot bertemu orang secara langsung. Semua digerakkan hanya lewat internet. Otomatis di masa pandemi ini pengguna internet semakin berkembang pesat.

Satu per satu planning disusun untuk mendigitalkan produk siomay dengan branding baru. Mulai dari mencari nama baru, membuat logo, merancang saluran distribusi menggunakan omnichannel yang ada hingga memikirkan packaging yang menarik untuk dijual.

siomay-sombong
Mulai mengenalkan produk ke pasar

“Siomay Sombong!” cetusku untuk penamaan baru produk milik temanku. Dan kami tertawa bersama dengan ide gila saya ini.

Semua rancangan ini segera saya susun ke dalam catatan di laptop lama saya yang sudah cukup tua. Ide-ide bisnis ini harus tercatat rapi dalam bentuk produk, marketing, dan operasional.

Dimulai dari merancang desain logo produk saya memanfaatkan program seperti Canva untuk memudahkan saya dalam merancang desain logo yang menarik. Kemudian, untuk menyusun konten-konten menarik pun saya memanfaatkan program Canva ini lewat website. Untunglah sekarang dukungan internet memudahkan pekerjaan.

canva
Memanfaatkan website Canva untuk mendesain konten

Sisanya, saya juga perlu menghitung nilai ekonomi yang diturunkan seperti modal awal, harga jual, dan sampai strategi konten. Semua data ini simpan ke dalam laptop sebagai perangkat kerja yang paling dekat sehari-hari.

Setelah semua rancangan sudah siap. Logo telah jadi hingga metode pemasaran. Saya segera secepat mungkin mengenalkan produk untuk dikenal oleh orang luas.

“Bismillah,” ucapku ke teman saat hendak membuka orderan pertama hanya untuk 15 bungkus siomay. Kuantitas 15 porsi ini termasuk banyak untuk awal. Tapi, saya yakin bisa terjual habis.

Syukurlah di minggu pertama, produk “Siomay Sombong” laku terjual dalam hitungan jam. Kenapa saya optimis dengan produk ini? Karena memang siomay buatan teman saya enak!

Hadapi Tantangan Lebih Berani

Sekarang, telah masuk minggu keempat memasarkan produk Siomay Sombong ini. Saya mendapatkan feedback yang positif dari kualitas rasa hingga konten-konten yang dibuat.

Misalnya, saya terharu saat ada orang merasa menjadi rindu terhadap masakan ibunya. Dan, mendapatkan target market di luar kota Palembang yang bisa saya bidik setelah saya menerapkan digital marketing.

Ada yang bertanya resep
Ada minta “harga teman”

Namanya usaha, tentu saja tidak lengkap tanpa ada orang-orang yang penasaran dan kerikil. Saya juga menemukan komentar yang kurang mengenakan. Seperti, ketika ada orang yang saya kenal meminta resep hingga menawar harga makanan yang dijual seperti tidak ada harganya kembali.

Maka wajar untuk orang baru memulai usaha, tekanannya juga ada.

Lebih Besar Lebih Baik

Oleh karena itu, saya bertekad untuk membangun small business ini agar dapat berkembang lebih pesat. Membangun bisnis seperti sedang berlayar dengan menggunakan perahu. Sebuah “perahu” yang dapat mengakomodasi ide dan arah.

Bertanya ke teman mengenai pengembangan bisnis

Makanya saya bisa lebih dari 8 jam di depan laptop dan internet untuk mencari informasi dan mengembangkan bisnis. Mulailah saya mencari informasi dari mengemas produk agar bisa menarik ketika dipublikasikan menjadi konten di media sosial. Lalu, mencari cara agar penjualan Siomay Sombong ini bisa dikirim ke luar kota Palembang menggunakan pengemasan frozen food. Saya pun bertanya ke teman yang udah pernah melakukannya. Syukurlah teman saya baik ingin mengajarin saya cara mengemas yang baik hingga penghitungan biaya pengeluaran.

Saya berpikir kalau bisnis ini bisa lebih besar lebih baik. Penjualan tidak hanya di kawasan kota Palembang saja. Tentunya akan berefek penghasilan dan produksi bisa lebih baik.

Dan untuk membangun bisnis, diperlukan sebuah alat tempur berupa laptop yang handal.

Hal lain dalam bisnis juga didukung oleh perangkat laptop yang memiliki kemampuan serba bisa. Paling penting adalah ukuran layar laptop besar dan lega.

Tadinya saya mengira bahwa semakin kecil ukuran layar laptop akan semakin baik untuk saya, karena kebetulan pekerjaan saya banyak berkaitan dengan aktivitas mengetik dan memeriksa konten.

Ternyata setelah melakukan banyak aktivitas, saya mendapati bahwa masalah yang lebih kecil ukuran layar laptop bukanlah solusi. Efeknya membuat mata menjadi lebih cepat lelah dan kemampuan untuk multitasking dengan ukuran layar juga terbatas. Kalian pasti juga merasakan bagi pengguna laptop ukuran layar kecil.

Kembali ke pertanyaan, berapa ukuran laptop yang ideal? menurut saya lebih besar lebih baik, karena untuk mengolah gambar dan desain, ukuran layar besar akan sangat membantu. Apalagi ditunjang layar yang digunakan beresolusi tinggi dan memiliki teknologi yang baik.

Kenapa Laptop Layar Besar Lebih Unggul?

Idealnya semakin besar ukuran layar akan semakin nyaman buat mata kita. Layar besar cukup untuk menampung beberapa menu dalam suatu program. Misalnya waktu kita menggunakan program Photoshop yang cukup banyak menu yang ditampilkan.

Sebagai orang yang terbiasa mengetik dan menikmati multimedia lebih dari 10 jam sehari. Pada masa pandemi ini, peranan laptop digunakan untuk keperluan pekerjaan juga digunakan untuk keperluan belajar jarak jauh. Budaya webinar kini menjadi kebiasaan baru dalam berbagai tema. Kita diam berjam-jam untuk belajar dan berinteraksi.

Belakangan ini saya juga kerap diminta untuk mengisi acara kelas-kelas webinar jarak jauh. Jikalau dibandingkan dengan laptop layar 14 inci, tentu saja laptop dengan layar 15 inci lebih unggul. Survey terhadap alasan peminat laptop layar besar mendambakan :

1) Layar Besar Baterai Pasti Besar

Jika menggunakan layar lebar, saat ini produsen sudah pasti bakal memberikan kelebihan lainnya terutama pada sektor daya tahannya. Daya tahan baterai juga diperhitungkan agar lebih awet dan tahan lama.

2) Layar Kecil Susah untuk Mengetik

Layar yang besar itu lebih leluasa. Apalagi saat hendak mengetik tugas dan mengedit gambar yang butuh tingkat detil, layar terlalu sempit bisa membuat kita kesulitan.

3) Nyaman untuk Berbagai Hal

Layar yang besar bisa menampilkan video yang besar juga. Menonton film favorit di laptop kesayangan jauh lebih nyaman.

Ruang Gerak dan Ruang Kerja yang Lebih Luas

Saat ini, laptop ukuran 15,6 inci adalah ukuran yang sedang populer. Ukuran ini dianggap ‘normal’ karena tidak terlalu besar dan juga nggak terlalu kecil.

Selayaknya laptop 13 inci, sudah banyak laptop 15 inci yang juga menawarkan desain tipis dan ringan, sehingga nyaman untuk kamu bawa bepergian ke mana pun. Percaya nggak?

Kabar baiknya nih, kamu nggak perlu mengorbankan performa laptop. Sebagian besar produsen telah merilis laptop 15 inci dengan ruang penyimpanan yang lega, RAM yang besar, dan prosesor yang relatif kuat, sehingga mampu untuk menangani Photoshop, bermain game casual, atau nonton film-film terbaru.

Sejak ASUS memperkenalkan VivoBook 15 A516, sebuah laptop “all-round” yang dirancang untuk semua kalangan dan kini tampil dengan ukuran layar yang lebih besar. Kini menjadi jawaban untuk kita yang menginginkan laptop serba bisa, memiliki layar berukuran besar, namun tetap portabel dan mudah digunakan, maka VivoBook 15 A516 ini merupakan pilihan yang tepat dengan harga yang terjangkau.

Seperti apa laptop ini dapat membantu saya membangun bisnis UMKM ini?

ASUS VivoBook 15 A516, Bigger Dream, Wider Screen

Bagi sebagian orang, memiliki laptop yang layar kecil karena mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Namun, bagi para pekerja grafis seperti saya, laptop berciri seperti itu justru menyusahkan aktivitas.

Meski digambarkan sebagai laptop yang berat dan tidak praktis, tapi banyak yang menyukai layar lebar karena mampu menampilkan grafis yang lebih memuaskan.

Maka dari itu, ASUS VivoBook 15 A516 merupakan laptop ukuran 15 inci yang dirancang sebagai perangkat andalan bagi semua kalangan. Selain memiliki fitur dan teknologi terkini, VivoBook 15 A516 juga punya tampilan menarik. Untuk kebutuhan bekerja atau bermain. Simak terus hingga selesai ya!

Desain Ringkas dan Lebar untuk Semua Kalangan

VivoBook 15 A516 merupakan laptop yang memberikan kinerja dan visual imersif berkat ukuran layar yang lebih besar.

Desain laptop modern cocok untuk pengguna yang punya mobilitas tinggi. Betah berlama-lama dengan layar laptop yang lega dan besar. Bayangkan kalau kamu lagi duduk di sebuah coffee shop untuk mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk. Dan semuanya bisa dengan mudah kamu selesaikan.

Itulah mengapa VivoBook 15 A516 tetap hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan.

Bobot laptop ini hanya 1,8 kilogram dan ketebalannya hanya 19.9mm membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian. Bobotnya yang setara dengan laptop ukuran 14 inci membuat saya tidak perlu takut menganggu untuk dibawa kemana-mana menemani meeting ketemu klien atau bekerja di kedai kopi.

Makin terlihat bagus juga, varian laptop ini hadir dengan dua varian warna yaitu Transparent Silver atau Slate Grey. Bodinya terlihat tidak licin dengan permukaan halus, membuat kita jadi lebih percaya diri saat sedang bekerja dengan laptop VivoBook ini. Membayangkan bodinya seperti mulusnya kulit Siomay Sombong yang bersih dan halus.

Salah satu rahasia mengapa laptop VivoBook 15 A516 dapat memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop 15 inci pada umumnya adalah berkat teknologi NanoEdge Display. Wah seperti apa teknologi ini?

Teknologi NanoEdge Display ini eksklusif dari ASUS yang memungkinkan bezel layar pada VivoBook 15 A516 dapat tampil sangat tipis, sehingga laptop ini dapat memiliki screen-to-body ratio hingga 83%. Tidak hanya itu, ukuran VivoBook 15 A516 bahkan setara dengan laptop 14 inci yang masih menggunakan bezel layar tebal. Menarik!

Saya langsung membayangkan sedang mendesain konten untuk “Siomay Sombong” dengan laptop layar lebar ini namun tetap terlihat tipis dan ringan layaknya laptop ukuran 14 inci.

Cocok untuk Pengguna yang Stylish

Bagi kawula muda yang produktif, tentunya jam kerja produktif tidak tentu. Apalagi dengan kebijakan kita bisa bekerja tanpa batas.

Berbicara soal layar, laptop VivoBook 15 A516 ini selain layar yang lebar, juga memiliki resolusi hingga Full HD. Layar ini cocok digunakan baik untuk bekerja maupun untuk menikmati konten multimedia karena sudah dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare) serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat.

Sebagai penderita mata rabun jauh, tentunya hadirnya layar laptop Full HD sangat membantu.

ASUS pun telah membekali VivoBook 15 A516 dengan satu kamera jernih sehingga laptop ini sudah bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar di rumah. Untuk saya yang rutin mengikuti webinar, pastinya kamera dari laptop bisa saya andalkan.

Performa Kencang dan Gesit

Tentunya untuk kita yang cenderung ingin memiliki laptop untuk serba bisa seperti nonton film dan grafis, maka carilah laptop yang memiliki prosesor cukup kencang untuk encoding video, atau VGA khusus multimedia dan game.

Seberapa penting performa dalam laptop?

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

 

Tahukah nggak kalau laptop VivoBook 15 A516 ini dibekali prosesor Intel Core i5 generasi ke 10 dengan RAM 8GB, dan grafis diskrit NVIDIA® MX330 telah disematkan dalam laptop VivoBook 15 A516. Sudah cukup jika hanya digunakan untuk mengetik, microsoft office hingga menonton film.

Bahkan, ASUS VivoBook 15 A516 memiliki dua ruang penyimpanan atau dual storage, yakni HDD dan SSD dengan ruang penyimpanannya besar hingga 1TB + 256GB. Kedua penyimpanan ini mampu memberikan keunggulan kinerja data supercepat.

Ruang penyimpanan SSD bisa digunakan untuk menyimpan data dari aplikasi-aplikasi yang diinstal. Kinerja supercepatnya akan tampak dari waktu load dan respon dari aplikasi saat dijalankan.

Sementara itu, ruang penyimpanan HDD bisa digunakan sebagai lumbung data-data berupa film, koleksi musik, album foto, dan tentu saja dokumen-dokumen pekerjaan. Semakin dibikin nyaman setelah menggunakan laptop ini karena ruang penyimpanan besar.

Penggunaan SSD juga berimbas kembali ke penampilan laptop, ukuran SSD yang kecil ini memungkinkan sebuah laptop layar besar untuk memiliki bentuk yang lebih slim dan compact namun memiliki kecepatan dan kapasitas penyimpanan data yang tinggi. Ini dia hal yang menjadi ciri khas sebuah laptop kekinian.

Dengan performa gesit dari VivoBook 15 A516 ini tentunya saya bisa membangun mengembangkan bisnis sekaligus mendigitalkan produk Siomay Sombong ini.

Sistem Keamanan Muktahir

Fitur keamanan data merupakan pokok penting dan diperlukan untuk sebuah laptop. Karena bekerja di ranah diginal artinya akan ada banyak data penting yang tersimpan di data perangkat.

Data ini wajib dijaga untuk mencegah terjadinya kebocoran data akibat ulah orang tak bertanggung jawab.

Kenyamanan yang didapat tidak hanya berasal dari ghosting-nya gebetan kita. Tapi kenyamanan dari laptop ini berasal dari sensor sidik jari dan Windows Hello untuk kemudahan login pada perangkat.

Sangat praktis!

Makanya, lewat laptop VivoBook 15 A516 ini pengguna dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password.

Hanya dengan sekali sentuh pada sensor, maka login tidak perlu ribet menggunakan password. Penggunaan sensor sidik jari juga berguna sekali untuk melindungi perangkat dari pengguna lain yang tidak diinginkan. Jadi, data-data pribadi bisa tersimpan tanpa takut. Kecuali, hanya gebetan saja yang pergi tanpa kabar baru kita boleh takut.

Keren sih fitur ini, apalagi untuk laptop dengan banyak pengguna semisal  juga dipakai sama saudara atau keluarga lainnya.

Keyboard yang Empuk

Kenyamanan selebihnya bisa kita peroleh dari penggunaan keyboard. Selain layar besar, fitur keyboard atau papan ketik adalah komponen yang penting. Jika komponen ini memiliki bentuk yang tidak nyaman, maka pengoperasian laptop juga bikin tidak betah.

Beruntunglah bagi mereka yang memiliki laptop ASUS VivoBook 15 A516, sebab perangkat ini dibekali dengan keyboard berdesain ergonomis yang bikin nyaman saat mengetik, terkonstruksi menjadi satu bagian yang kokoh dengan key travel 1.4 mm.

Aktivitas mengetik materi webinar atau membuat konten produk saya akan jauh lebih nyaman. Jangan lupakan fitur backlit, di mana keyboard full size yang tersemat akan menyala dan memandu jari-jari tangan melakukan pengetikan di lingkungan dengan cahaya yang minim.

Cocok sekali untuk kita yang sering mengerjakan proyek menulis, membuat modul, atau menulis kreatif di sosial media sampai larut malam.

Dukungan Microsoft Office

Pengguna VivoBook 15 (A516) juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed.

Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint.

Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini, Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga pengguna dapat terbebas dari berbagai ancaman celah kemanan dan malware. Microsoft Office Home & Student 2019 tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan.

Artinya memiliki laptop VivoBook 15 A516 ini pengguna sudah hemat biaya dan tetap bisa produktif.

Manajemen Bisnis Makin Mudah dengan MyASUS

MyASUS adalah cara mudah untuk mengakses serangkaian aplikasi ASUS yang membantu Anda memaksimalkan laptop atau PC desktop Anda. Multitask menggunakan iOS atau ponsel Android dengan PC Anda, optimalkan kinerja PC Anda atau hubungi layanan dan dukungan purna jual. Ada juga banyak sekali unduhan aplikasi populer dan penawaran eksklusif hanya untuk Anda!

Satu lagi kelebihan VivoBook 15 A516 adalah hadirnya MyASUS, sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 15 A516 dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting.

MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Yang paling menarik dari MyASUS adalah fitur bernama Link to MyASUS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 15 A516 untuk menghubungkan smartphone-nya dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.

Semua pekerjaan saya akan jadi lebih produktif dan efisien bersama laptop ini.

Konektivitas Lengkap

Untuk pengguna yang mobilitas tinggi dan butuh ruang gerak lebih leluasa, laptop VivoBook 15 A516 dirancang sebagai laptop modern dan mengedepankan mobilitas.

Saya tidak perlu khawatir saat butuh untuk melakukan back up data atau kirim dokumen dengan cepat.

Untuk mempermudah mobilitas data, laptop ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi dengan 6 jenis port untuk berbagai jenis kepentingan.

 

Serangkaian fitur konektivitas mulai dari port MicroSD Card Reader untuk memudahkan pengalihan data dari kartu memori pada penyimpanan laptop. Audio Combo Jack mempermudah pengguna untuk menikmati suara musik atau film menggunakan alat bantu dengar semacam headset. Port USB 2.0, USB-C 3.2, serta USB 3.2 Type A memiliki banyak fungsi seperti untuk terhubung pada penyimpanan eksternal semacam hardisk, flashdisk, bahkan ponsel. Sementara itu port HDMI memudahkan pengguna untuk menghubungkan laptop dengan semua periferal, layar, dan proyektor. Sementara untuk fasilitas nirkabel, perangkat ini tampil sempurna dengan teknoligi WiFi 5 yang tersemat serta Bluetooth 4.1.

Selain bisa saya gunakan untuk membuat konten, saya juga bisa menggunakan laptop ini untuk aktivitas mengajar lewat webinar. Keberadaan berbagai jenis port ini penting. Sebab, mobilitas berbagai jenis data yang masuk dan keluar akan tidak tertahankan.

Mengirim dan menerima data kecepatannya bisa stabil. Pada laptop ASUS VivoBook 15 A516, transfer data menjadi lebih cepat dan juga karena didukung dengan dual storage yang lapang.

Baterai Awet

Rasanya kurang afdol kalau punya laptop portable layar besar tapi daya tahan baterainya hanya sebentar. Kebayang kalau misalnya lagi membuat konten, sambil mendengarkan musik lalu tiba-tiba baterai laptop cepat habis.

Apalagi tidak semua tempat di luar yang memiliki arus listrik. Untungnya ASUS VivoBook 15 A516 ini punya daya tahan baterai 37WHrs yang masih handal untuk kebutuhan mobilitas.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

ASUS VivoBook 15 A516 juga tidak hanya dilengkapi dengan berbagai fitur, tetapi juga memiliki konstruksi yang tangguh. Berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. ASUS juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 15 A516 bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

Betul-betul laptop idaman ya.

ASUS Service Package

ASUS juga dilengkapi dengan ASUS Service Package yang memudahkan penggunanya untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Pengguna bisa mendapatkan solusi layanan yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan berkat adanya fasilitas berikut : 

  • Layanan Komprehensif 24×7, yang mana pengguna dapat akses bebas ke ahli perangkat keras maupun perangkat lunak sepanjang hari, selama 24 jam. 
  • MyASUS App, yang memudahkan pengguna dalam menjangkau layanan pelanggan, status perbaikan, panduan produk dan lainnya.
  • Layanan penjemputan dan pengembalian, pengguna dapat menikmati layanan door to door untuk perawatan perangkat laptop
  • Accidental Damage Protection, melindungi pengguna dari biaya perbaikan yang terjadi karena kecelakaan selama operasi normal
  • Defective HDD Retention, yang dapat memberikan layanan untuk mempertahankan hard drive pelanggan yang tidak berfungsi saat drive sedang diganti.

Mewujudkan Mimpi Bersama ASUS VivoBook 15 A516

Hadirnya VivoBook 15 A516 dengan layar rasio 16:9 ternyata membawa banyak keuntungan dengan memilih laptop layar lebar.

Stereotip laptop layar lebar memang membuat banyak orang masih ragu. Kesan berat dan besar menjadikan orang lebih memilih komputer personal karena sama-sama tidak mobil. Padahal tersedia laptop layar lebar berbobot ringan sehingga mudah dibawa dan tidak membuat pegal.

Kendala seperti ini terjawab sudah lewat spesifikasi yang ditawarkan ASUS VivoBook 15 A516. Saya mendapatkan beberapa keuntungan menggunakan laptop layar lebar yang dapat memantapkan hatimu.

a. Tampilan lebih besar membantu dalam editing video, audio, animasi

Para profesional di bidang desain grafis dan visualisasi pasti sudah sangat mengerti kenapa laptop dengan layar lebar menjadi pilihan utama mereka. Layar lebar akan mampu meningkatkan produktivitas editing video, foto, animasi, dan lainnya yang mengedepankan kemampuan visual.

Pengguna juga tak perlu repot-repot zoom out gambar untuk melihat semua. Hal serupa terjadi juga bagi para penyunting video. Layar lebar berarti mereka bisa melihat linimasa video lebih banyak dan semakin mudah melakukan proses penyuntingan.

Bagi saya dalam mengembangkan bisnis “Siomay Sombong” ini juga tidak perlu repot dalam menyusun desk konten karena tampilan layar kecil.

b. Visualisasi yang lebih baik

Selain tampilan saat bermain game atau menonton yang lebih baik, layar lebar juga membantu para orang tua yang sulit fokus ketika melihat layar. Gambar menjadi lebih detil dan tajam, serta kelegaan pandangan menjadi salah satu keuntungan lain. Tidak ada piksel yang pecah karena resolusi kecil menjadi keuntungan lain yang bisa dirasakan.

c. Pengalaman multimedia terbaik saat bermain game

Rata-rata game komputer atau game online sudah bisa dimainkan dengan grafis di atas 720p. Semakin bagus grafisnya, tentu akan memaksimalkan pengalaman dan kenikmatan ketika bermain game tersebut. Jika memakai laptop berlayar kecil,  jelas tidak mampu memaksimalkan grafis game dan menjadi sebuah anomali di era banyak game yang dirilis dengan grafis High Definition.

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh VivoBook 15 A516 bisa melakukan multi-tasking dengan lebih leluasa karena bisa membuka dua jendela kerja atau lebih sekaligus dan menempatkannya bersebelahan di layar tanpa merasa jendela kerja yang ada terlalu sempit. Atau, bisa bekerja sambil menikmati konten multimedia sekaligus tanpa harus mengorbankan ruangan untuk jendela pekerjaan.

Harga ASUS VivoBook 15 A516

Bagi small business atau orang yang membutuhkan perangkat kerja baru dengan harga terjangkau. Maka, VivoBook 15 A516 saat ini sudah tersedia di Indonesia. Harga ASUS VivoBook 15 A516 mulai dari Rp5.299.000 untuk model dengan Intel Celeron 5.299.000. Untuk model dengan Intel Core i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD harganya Rp11.099.000.

Spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516

spesifikasi vivobook 15 a516

Penutup

Hampir semua laptop berlayar lebar memiliki keunggulan bagi mereka yang kerap beraktivitas dengan tuntutan visual yang baik.

Laptop yang lebar dan ramping bisa jadi pilihan untuk mendukung mobilitas sambil bertemu klien. Sementara untuk para gamer, bisa menjatuhkan pilihan ke laptop layar lebar yang memiliki kartuf grafis mumpuni.

Dengan menggunakan VivoBook 15 A516, kita bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan lancar dan puas.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1724

20 tanggapan pada “Mengembangkan Bisnis UMKM dari Nol Bersama ASUS VivoBook 15 A516

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: