Digital Marketing

Bagaimana Cara Menyewa Jasa Fotografi Makanan Profesional?


Barangkali kamu sedang scroll timeline media sosial, lalu melihat temanmu sedang asyik melakukan foto makanan di rumah. Lalu, dengan secepat kilat tangan kamu mulai mengetik pesan ke dia, “Bisa tolong fotoin makananku nggak?”

Tidak Semua Fotografer Sama

Sekarang saat seseorang membeli kamera, maka mereka menjadi pemilik kamera tersebut. Namun, apakah mereka bisa memotret dengan baik dan benar?

Seorang fotografer yang saya tahu cukup kerja untuk mempelajari dan menguasai keahlian fotografi mereka, menggunakan kamera apa pun.

jasa foto makanan palembang

Perlu digaris bawahi kalau ada orang yang membeli kamera sebatas menyalurkan hobi, namun ada pula untuk menjual jasa sebagai bentuk keahlian yang dia jual. Sehingga ketika kamu berjumpa yang memang menjual jasanya, sepantasnya kamu bukan meminta jasanya secara cuma-cuma.

Sebelum kamu bertanya “Bisa tolong fotoin makananku nggak?” tanyakan dulu sama diri sendiri dengan beberapa pertanyaan.

Mengapa Kamu Butuh Fotografer Makanan?

Tidak sedikit teman-teman saya yang bertanya ke saya, apakah bisa membantu untuk membuat foto produk jualan mereka. Tentu saja dengan senang hati saya terima untuk berdiskusi. Setiap fotografer saya yakin memiliki ciri khas dalam karyanya sehingga membuat orang tertarik.

Pendekatan seperti apa yang kamu cari dari fotografer. Saya pernah bertemu dengan satu klien yang sudah membutuhkan lebih dari satu fotografer. Alasannya karena belum bertemu dengan fotografer yang cocok. Kalau saya bilang, kemampuan fotografer untuk menerjemahkan keinginan kliennya yang belum ketemu.

Ada pula orang yang mencari fotografer, dengan catatan asal ada yang foto saja.

Apa ekspektasi kamu, apakah kamu pernah bekerja dengan fotografer profesional sebelumnya?

Pengalaman ini pernah saya dapatkan dari salah satu klien yang bercerita kalau dia merasa ketidakcocokkan dengan fotografer sebelumnya. Misal dari cara dia komunikasikan visual hingga attitude.

Namun, bagi kamu belum pernah bekerja dengan fotografer profesional sebelumnya, ada satu cara pasti untuk mendapatkan pengalaman baik yaitu memiliki kejelasan tentang ekspektasi kamu sebagai klien.

Hal ini memungkinkan bagi fotografer dan klien adalah mencocokkan apa saja yang dibutuhkan saat melakukan proses foto komersial. Bagi fotografer makanan perlu tahu beberapa hal, misalnya :

  • Kapan dan di mana ingin pengambilan gambar dilakukan.
  • Apa hasil gambar yang diharapkan termasuk lisensi hak pakai gambar?
  • Klien dan fotografer setuju dalam hal pembayaran.

Apa yang Klien Cari Saat Menyewa Fotografer Makanan Profesional?

Sudah pasti bagi klien adalah mencari seorang fotografer makanan yang punya wawasan tentang fotografi makanan. Ciri fotografi makanan bukan hanya cantik secara visual, tapi bagaimana bisa menggugah selera orang yang melihat.

Bagi saya ketika memotret makanan memiliki tantangan tersendiri. Saya belajar bagaimana mengenali setiap jenis karakter makanan, hal yang mungkin terlihat sepele tapi ternyata mengasyikkan.

jasa foto makanan palembang

Dalam beberapa kasus, fotografer baru yang pindah ke genre makanan. Mereka mungkin menghubungi calon klien untuk memotret secara pro-bono sehingga mereka dapat membangun portofolio baru. Tidak masalah, namun jangan sampai ekosistem ini menjadi merusak ekosistem yang sudah lama terbentuk.

Tak ada salahnya juga ia tetap dapat mendapat bayaran atas usaha yang dikerjakan.

Dalam hal fotografi makanan, cukup mudah untuk melihat hasil pekerjaan yang pernah dilakukan untuk menilai seberapa profesional dan ahli dengan objek yang sudah pernah mereka potret. Dari hasil foto yang sudah pernah dihasilkan, klien dapat memutuskan apakah cocok dengan kebutuhan.

Bagaimana mendekati seorang fotografer makanan?

Sudah jelas jangan segan untuk bertanya ke fotografer makanan lalu jelaskan secara detil tentang apa yang kamu inginkan dari hasil foto.

Kunci keberhasilan suatu proyek foto makanan adalah keterbukaan informasi antara kamu dan fotografer. Bersikaplah jelas sehingga semua orang tahu apa yang diharapkan.

jasa foto makanan palembang

Bersikaplah jelas dan jujur ​​tentang batasan proyek apa pun. Kalau kamu merasa butuh waktu yang tetap atau anggaran maksimum, maka buatlah kesepakatan tersebut diawal.

Saya kerap mendapat pertanyaan dari calon klien, beragam pertanyaan mereka. Namun biasanya saya gali mereka untuk tahu cakupan dan ekspektasi calon klien, termasuk juga soal biaya yang akan dikeluarkan. Tidak ada harga yang mahal atau murah, semuanya masuk dalam perhitungan.

Kadang saya pun melihat suatu proyek juga berdasarkan dengan siapa saya bekerja, atau jenis makanan yang akan saya foto. Penilaian ini subjektif dan sah-sah saja.

Berapa Anggaran Fotografi Makanan?

Pesan saya, kalau kamu baru punya anggaran makanan fast food, jangan berharap makanan kelas bintang Michelin. Setiap harga jasa tentu akan ada kualitas yang diberikan.

Waktu awal merintis, saya pernah hampir menyepakati dengan calon klien untuk foto. Namun calon klien menawar dengan harga yang untuk ongkos ke transport dia saja kurang. Akhirnya saya berbicara dengan diri sendiri, lebih baik saya tolak.

jasa foto makanan palembang

Saya melihat kalau dalam menghasilkan foto ada sebuah ide dan konsep serta anggaran buat mencapainya. Fotografer juga merupakan bisnis, dengan peralatan yang sangat mahal dan berjam-jam mempelajari keahlian.

Pepatah kuno, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar, masih berlaku sampai sekarang.

Jadi kalau anggaran buat foto makanan kecil, berarti klien hanya bisa mendapat fotografer yang biasa-biasa saja? Tidak sama sekali. Biasanya fotografer makanan akan mengecek kembali, sama seperti saya akan meninjau kembali apakah ada yang bisa dipangkas atau memang sudah tidak bisa.

Balik lagi ke awal kalau fotografer makanan pun termasuk jasa. Cara fotografer bisa bertahan hidup dengan menjual kemampuannya, sehingga layaklah sebagai klien memberikan apresiasi tinggi sebab jasa foto dilakukan hanya satu kali tapi bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Pahami Bagi Klien Hanya Membeli Penggunaan Gambar

Sama seperti kita membeli film atau musik online, bagi klien ketika menggunakan jasa foto makanan bukan berarti kamu bisa memiliki foto tersebut. Klien membeli hak foto untuk menggunakannya. Aset gambar tidak berbeda dan hak cipta berlaku. Ketika klien menggunakan gambar/aset ini untuk mengembangkan bisnis ini adalah suatu keuntungan.

Sehingga secara adat orang Indonesia memang ada baiknya ada akad agar kedua belah pihak sama-sama saling diuntungkan.

Kesimpulan

Menggunakan jasa fotografer makanan untuk majunya bisnis kuliner kamu sah-sah saja. Sebab secara psikologi, orang akan tertarik ketika melihat gambar sebelum memutuskan membeli.

Tidak peduli seberapa besar perusahaan kamu, namun pesan saya jangan pernah merendahkan nilai jualan produk kamu hanya karena harga jasa foto makanan tidak cocok. Saya suka berjumpa dengan calon klien yang bilang, ah masa segitu harganya padahal harga makanan saya cuma 5 ribu saja. Ya, bagi saya ketika calon klien saja merendahkan nilai produknya sama saja dia belum siap untuk memakai jasa fotografer makanan.

Kalau kamu butuh bantuan saya untuk foto produk makanan, ayo segera hubungi saya 🙂

2 comments on “Bagaimana Cara Menyewa Jasa Fotografi Makanan Profesional?

  1. Ping-balik: 6 Strategi Gaet Calon Pelanggan Kuliner Baru, Layak Dicoba! – Peregrination

  2. Setuju mas, kalo memang menganggab produk kulinernya blm bagus, ngapain juga sok sok an pake jasa fotographer. Mending potret aja sendiri.

    Aku suka gemes Ama orang2 yg suka nawar kesadisan, trus angkuh. Padahal ga punya budget, tapi malu untuk ngaku. Ato yg trus2an minta harga temen. Belum siap untuk bisnis sih orang begitu.

    Aku aja ada bisnis kecil2an, itu walopun yg beli aku ttp aku bayar, Krn semua cashflow harus tercatat. Jd kalo sampe ada temen yg minta harganya kelewatan, aku sih lebih milih nolak :p. Gpp keilangan temen begitu. Toxic soalnya :p.

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: