“Jalan Cepatku” di 2020 dan Resolusi di 2021


Dalam doa malam, saya bertanya pada Tuhan : Bagaimana saya masih bisa bersyukur di tengah kondisi pandemi ini?

Tahun 2020 memang dirasa sulit bagi sebagian orang. Ada banyak rencana dan mimpi yang tertunda.

Ada banyak kisah mulai dari kesedihan karena ditinggalkan oleh orang tersayang, kehilangan pekerjaan, atau bisnis yang memang stagnan. Setiap harinya kita menyaksikan berita-berita yang kurang bisa saja membuat kita jadi jenuh.

Sebaliknya, bagi sebagian orang tahun 2020 ini menjadi berkah bagi usaha mereka. Orderan berlimpah dan justru bisa membuka bisnis baru.

Ada Pelangi Sehabis Hujan

resolusi 2021
Menikmati sunset di atas rooftop

Stres karena kondisi yang semakin tidak menentu itu wajar. Kesehatan mental kita pun seolah dikuras habis.

Pandemi in saya pun merelakan menjual lensa kamera dan aset lainnya untuk menutupi biaya bulanan.

Banyak orang yang mulai banting setir dari apa yang dikerjakan, demi bertahan hidup. Ada orang yang akhirnya berjualan makanan atau apapun. Gerakan untuk saling menyemangati pun bisa kita rasakan belakangan ini.

Mungkin sepanjang tahun ini kamu hanya menjadi kaum rebahan di rumah saja, tidak keluar ke kerumunan. Tapi, ada juga yang memang harus keluar karena pekerjaan.

Kalau melihat dari sudut pandang lain, masih ada hal-hal baik yang patut kita syukuri.

Bagi saya masa sepanjang tahun ini banyak yang patut disyukuri. Saat kehidupan berubah akibat pandemi Covid-19, saya berusaha mengisi energi positif dalam diri.

Memang tidak mudah. Hampir 11 bulan kita mengalami kondisi yang diluar dugaan. Ruang gerak kita pun dibatasi memaksa kita untuk membatalkan rencana-rencana yang telah dibuat untuk tahun ini.

Bukan Batal, Tapi Tertunda

resolusi 2021
Fotografer makanan Palembang

Sejak akhir tahun 2019 saya sudah tidak bekerja lagi. Artinya saya pun harus berjuang kembali agar tetap bisa survive sebagai seorang freelancer. Nggak mungkin kan saya barter exposure saja hahaha..

Cara saya bertahan mulai dari menjalankan bisnis fotografi makanan untuk membantu restoran, UMKM dan cafe hingga mengoptimalkan blog ini. Semua saya kerjakan sendirian, cukup berat sih serta memakan waktu dan tenaga.

Bisnis foto makanan menyenangkan karena kreativitas agar bisa menghasilkan foto makanan yang menggiurkan. Selain itu saya belajar bagaimana karakter tiap jenis makanan agar hasil foto saya terlihat profesional.

Beberapa tawaran projek pun saya ambil kembali. Saya juga ada beberapa rencana untuk traveling dan projek dengan brand. Sayangnya, projek itu pun tertunda dan batal. Artinya saya sempat tidak ada pemasukan selama beberapa bulan.

Pencapaian Selama 2020

Pandemi ini memang membuat saya membagi waktu prioritas penting. Menahan diri untuk tidak ikut kerumunan. Selama di rumah, saya bisa melakukan hobi serta mengasah kembali kemampuan.

Untunglah kerjaan digital saat ini mempermudah untuk tidak tatap temu secara langsung. Digital memang mengambil porsi lebih banyak saat ini. Orang-orang mulai terbiasa dengan meeting secara online.

Hampir setiap hari saya mengikuti webinar secara online. Berbagai topik menarik saya ikuti demi meningkatkan pengetahuan saya selama di rumah.

Saya juga mengerjakan foto produk milik klien dari rumah, atau jika memang saya harus keluar ke lokasi, saya memastikan protokol dengan menggunakan masker, bawa hand sanitizer dan jaga jarak.

Hal yang menyenangkan, ketika saya mendapat kesempatan untuk mengisi beberapa kelas online dan acara mengenai Food Photography dan Digital Marketing. Dua topik ini merupakan topik yang sedang saya tekuni.

Belanja Online adalah “Jalan Cepatku”

Bagi saya, apa yang sudah saya lewati ini merupakan sebuah pencapaian yang manis menutup akhir tahun 2020 dengan baik.

Serta tidak lupa kalau saya dan keluarga masih diberi kesehatan, rezeki bisa menutupi biaya-biaya harian dan makanan yang cukup.

Apalagi saya masih bisa belanja lewat marketplace yang memberikan promo-promo menarik.

Belanja termasuk salah satu cara buat menjaga kesehatan mental. Saat kamu dilanda jenuh dan tidak bisa mengunjungi pusat perbelanjaan. Selain itu kalau di kotamu agak sulit mencari barang yang dicari. Maka, belanja online adalah jawaban.

Kurir JNE pun rutin berteriak “paket!” dari depan rumah. Entahlah kenapa saya jadi makin senang untuk berbelanja. Walau hanya sekedar memasukkan ke dalam keranjang tanpa melanjutkan ke pembayaran.

Kalian juga senang kan berbelanja dan menggunakan JNE sebagai kurir ekspedisi kesayanganmu?

Resolusi 2021 : Menyelesaikan Apa yang Belum Selesai

Memang banyak rencana kita yang ingin segera diwujudkan pada tahun 2020. Cuma, tak ada salahnya bisa kita lanjutkan di tahun 2021 nanti.

Saya sendiri tidak muluk-muluk soal resolusi di tahun 2021. Lebih ke evaluasi dan jujur pada diri sendiri apa saja yang belum terwujud. Agar resolusi saya lebih realistis.

Untuk kita ingin meraih mimpi dan menjadi maksimal, agar hidup kita ini berarti bagi orang terdekat. Ternyata kita harus sembuh dulu dari semua penyesalan di masa lalu. Sembuhkan hati kita dari kekecewaan agar kita dapat maju dan bertumbuh.

Dibanding menambah resolusi, saya lebih memilih mewujudkan apa saja yang masih tertunda.

Hal-hal dari kecil ke besar. Misalnya saya masih belum bisa konsisten dalam mengoptimalkan blog ini. Hingga saya ingin lebih banyak berkarya di dunia fotografi makanan.

Pengennya bisa dapat proyek restoran ternama atau bisa dipanggil ke luar kota untuk projek memotret. Lihat hasil foto yang sudah dicetak itu bikin bahagia loh.

Tentunya ada banyak hal yang perlu saya perbaiki dan pelajari kembali agar waktunya itu tiba. Supaya bisa mendapat cuan yang banyak hahaha..

Last but not least, terima kasih atas kebaikan kalian sama saya. Brand-brand yang pernah bekerjasama dengan saya hingga saat ini. You save my life!

Jika masih memungkinkan tahun 2021 dan situasi sudah aman, saya ingin traveling ke beberapa destinasi seperti Bali dan Ambon. Tentunya didukung sama keuangan yang stabil.

Tinggal menghitung hari, tahun 2020 bakal segera berganti. Semua planning kamu sudah terwujud?

Penulis: Deddy Huang

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

32 komentar

  1. Hi Bang, salam kenal! aku setuju untuk 2021 ini kita bisa lebih mengembangkan dan menggali apa yang sudah dimulai di tahun-tahun sebelumnya, serta menyelesaikan apa yang tertunda. Mungkin juga membuat diri untuk lebih tidak tegang setelah 2020 yang sangat mengejutkan dan stressful.

  2. Beberapa rencana justru muncul dadakan di thn ini karena kepepet situasi dan kondisi 😉 kereeen semuanya yg msh terus berjuan dan bertahan sampe sekarang! Yuukk gass teruss 😉

  3. Koih deddy kece deh, tetap semangat untuk terus berjuang ya. Fotonya kece semua. Tahun 2020 ini memang dirasakan berat banget ya. Akupun sama nih berhenti di salah satu kerjaan dan usaha wedding, jadi berusaha cari peluang usaha juga.

  4. Indeed. Surviving 2020 banget :’) meski rasanya aku belum ada apa apanya dibandingkan perjuangan orang lain tapi sekali lagi tiap orang punya ujian ya tersendiri..

    Ahh 2021… Ada banget yang belum terwujudkan di 2020.. semoga 2021 :’)

  5. Wah sama bgt mas, saya juga utk 2021 ingin fokus utk hal2 yg msh tertunda dan lebih komitmen dlm hal2 yg udah saya ambil di 2020. Semoga lancar maas urusan2nya di 2021!

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.