BerandaFotografer Merapat! Ini Ajang Menyulap Indomie Jadi ‘Model’ Kekinian!

Fotografer Merapat! Ini Ajang Menyulap Indomie Jadi ‘Model’ Kekinian!

Author

Date

Category

Hobi memotret tak lagi milik sebagian kalangan. Dengan hadirnya teknologi kamera di setiap smartphone, siapapun bisa menyalurkan minat, bakat, maupun sekedar hobi mengambil gambar. Apalagi, kamera smartphone sekarang hampir selalu memiliki ukuran megapixel yang cukup besar. Alhasil, gambar yang dihasilkan menjadi jernih dan warna pada gambar menjadi lebih detil.

Memotret dan menghasilkan gambar yang epic dengan kamera smartphone sekarang bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang brilian. Ibaratnya dengan perangkat ‘terbatas’ bisa menghasilkan gambar yang setara dengan hasil tangkapan lensa kamera adalah sebuah skill. Peralatan yang digunakan bukan satu-satunya kunci jepretan yang apik. Dengan semakin sering berlatih, kita bisa mendapatkan foto yang bagus, presisi, dan juga bisa ‘bercerita’.

Nah, supaya semakin termotivasi dalam berlatih, kamu mungkin bisa memberikan pemacu semangat agar latihan memotretmu semakin lebih disiplin tanpa rasa terbebani. Caranya gimana? Kamu bisa mengikuti kompetisi fotografi seperti yang sedang diadakan oleh kerja sama KaryaKarsa x Indomie. Saat ini, Indomie sedang menggelar kompetisi yang bertujuan untuk merayakan 50 Tahun Indomie. Sebagaimana kita tahu, produk Indomie hampir selalu menemani aktivitas sehari-hari kita sebagai masyarakat Indonesia. Kompetisi ini mengajak para kreator, salah satunya fotografer, untuk berbagi kenangan dalam konten yang memuat memori bersama Indomie.

Eits, sebenarnya kompetisi ini tidak hanya untuk kelompok fotografer loh. Ada beberapa kategori dalam lomba KaryaKarsa dengan Indomie ini. Selain kategori untuk kelompok karya foto dan ilustrasi, kreator penulis dan pencipta komik maupun webtoon bisa turut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Pada intinya, Indomie mengundang kreator dengan karya dua dimensi karena nantinya akan dibuatkan atau dicetakkan buku yang memuat karya dengan tema usia setengah abad Indomie.

Untuk kelompok fotografer, hasil foto yang boleh diikutsertakan dalam kompetisi ini bukan hanya foto produk Indomie, ya. Ini bukan sekedar kompetisi food photography. Kamu diharapkan bisa membuat foto yang bercerita bagaimana Indomie dan keseharian kita begitu lekat. Mungkin kamu bisa berbagi foto tentang kenangan saat dikejar deadline, atau saat menikmati waktu senggang selagi hujan di luar rumah, atau mungkin bagaimana Indomie hadir dan menyemarakkan kebersamaan kalian ketika mendaki gunung. Semakin bercerita fotomu, semakin baik.

Tentu saja, yang namanya kompetisi pasti ada hadiah yang diperebutkan. Tidak perlu khawatir. Hadiah yang dipersiapkan dari KaryaKarsa x Indomie ini sendiri ada banyak. Dari sekian banyak peserta lomba, akan dipilih 50 orang kreator dengan karya terfavorit. Karya terfavorit ini tidak hanya akan diambil sebagai materi dari buku yang akan dicetak, tetapi masing-masing kreator akan mendapatkan uang tunai Rp1 juta. Ini pun belum seberapa karena masih ada hadiah yang disiapkan untuk tiga orang kreator dengan karya terbaik. Tiga orang kreator ini akan memperebutkan tiga hadiah utama yang tentu saja sangat memotivasi: smartphone iPhone 13, laptop MacBook Pro M1, dan iPad Air. Hmm…

Tertarik untuk mengikuti kompetisi ini? Sebaiknya kamu mulai bersiap-siap karena kompetisi ini sudah dimulai sejak 30 Mei 2022 silam. Yap, saat ini sedang berjalan periode pengumpulan karya. Tanggal terakhir bagi kreator peserta lomba untuk mengumpulkan karya mereka adalah tanggal 31 Juli 2022. Setelah itu, portal akan ditutup dan dilakukan penilaian karya hingga tanggal 4 Agustus 2022 dan pengumuman pemenang di tanggal 8 Agustus 2022.

“Terus sekarang kami musti gimana dong?” Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun kreator di platform KaryaKarsa – sebagaimana kompetisi ini adalah kerja sama antara platform tersebut dengan brand Indomie. Oh iya, ketika membuat akun pastikan kamu sedang membuat akun kreator ya, bukan akun fans atau pendukung. KaryaKarsa sendiri adalah sebuah patreon atau platform yang memungkinkan para fans untuk mendukung kreator favorit mereka dengan memberikan sumbangan maupun membeli karya mereka. Kalau kamu sudah membuat akun kreator, pastikan kamu melakukan verifikasi dan melengkapi profil.

Jika urusan akun sudah selesai dibuat, kamu bisa mengunggah karyamu dalam akun tersebut. Setiap kategori karya yang bisa diikutsertakan memiliki syarat dan ketentuannya. Kamu bisa mampir dan memahami detilnya melalui tautan https://karyakarsa.com/indomie ya. Karya yang kamu unggah harus memuat tagar #CeritadanRasaIndomie pada judulnya. Ini akan memudahkan panitia untuk mengetahui karya mana yang akan kamu ajukan kompetisi. Setelah itu, kamu bisa mempromosikan karyamu melalui media sosial untuk mendapatkan like sebanyak mungkin. Jangan lupa tag dan mention ke akun @.karyakarsa_id dan @.indomie ya untuk dibantu repost dan mendapatkan exposure lebih tinggi. Semakin banyak like yang kamu dapatkan, semakin tinggi kesempatanmu untuk masuk ke dalam jajaran 50 karya terfavorit bahkan menjadi tiga karya terbaik. Sudah tahu kan hadiahnya apa?

Ada banyak kompetisi fotografi di luar sana yang mungkin saat ini juga sedang dalam masa penyelenggaraan. Namun, mengingat yang satu ini diselenggarakan oleh perusahaan nasional dengan hadiah yang tidak main-main, ada baiknya kamu tidak melewatkan kesempatan untuk berpartisipasi di sini. Bahkan ketika kamu tidak menang, kamu bisa mendapatkan pelajaran dari karya fotografi lain yang memenangkan kompetisi ini. Ingat kembali tujuan awal bahwa kamu sedang dalam masa belajar. Kamu mungkin terpacu dengan hadiah tetapi jangan sampai kamu melewatkan esensi pembelajaran dari latihanmu sendiri, ya!

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru