Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah

Hotel Savoy Homann – Hotel penuh sejarah ini sekarang dikenal sebagai Hotel Bidakara Savoy Homann Bandung merupakan salah satu hotel sekaligus bangunan tertua di Bandung. Selain menempati bangunan yang masuk kategori cagar budaya, Hotel Savoy Homann merupakan saksi bisu perjalanan sejarah dunia. Sejak dulu hingga kini tempat ini menjadi persinggahan tokoh-tokoh penting dunia, termasuk saya beberapa waktu lalu di Bandung.

resepsionis hotel savoy homann - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Bagian resepsionis yang selalu sibuk menerima tamu
hotel savoy homann bangunan luar - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Gedung Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung

Memasuki pintu utama Hotel Savoy Homann, saya langsung disambut dengan keharuman bunga-bunga asli yang menyegarkan. Ada anggrek, lily, dan krisan memenuhi pot bunga berukuran besar. Hotel ini memberikan mengesankan elegan pada usianya, bahkan ketika saya pertama kali melihatnya sewaktu masih tinggal di Bandung. Unik dan klasik. Time flies so fast. Impian saat jadi nyata kalau saya bisa menginap di salah satu kamar di Savoy Homann.

Memiliki slogan “tempat persinggahan orang-orang penting” dan berada di dekat titik 0 km kota Bandung, mendorong saya mencari tahu mengenai sejarah bangunan hotel ini. Perlu di ketahui bahwa di Bandung masih bisa dengan mudah ditemukan bangunan-bangunan lama bersejarah dan berfungsi dengan baik.

SEJARAH HOTEL SAVOY HOMANN

restoran garden savoy homann - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Interior hotel bernuansa klasik art deco

Hotel bercat abu dengan gaya arsitektur streamlined moderne atau menekankan bentuk melengkung, garis horizontal panjang, dan terkadang elemen laut pada eksterior dan kolonial klasik pada interiornya, tentunya tetap mempertahankan sentuhan art deco. Bangunan ini merupakan milik keluarga Homann asal Jerman pada 1870-an. Saat itu, bangunan hotel masih berupa penginapan sederhana berbentuk rumah panggung. Keluarga Homann mendapat hak hukum agraria untuk memiliki bisnis di Bandung. Kemudian mengalami renovasi besar tahun 1939. Kini bentuk bangunan menjadi seperti sekarang yang kita lihat. Bentuk bangunan ini membuat saya jadi ingat dengan salah satu guest house di Banda Neira yang mengambil desain badan kapal.

Tulisan “SAVOY” terpampang jelas di menara langsing bagian luar. Tapi, kalau kalian menyadari Hotel Savoy Homann ini memiliki “kembaran” yang corak bentuknya serupa dan letaknya tidak jauh dari Hotel Savoy Homann, yaitu sekarang yang menjadi Gedung Bank Jabar berada di Jalan Braga, Bandung. Kedua bangunan ini merupakan desain Albert Aalbers.

Mengikuti cerita sejarah Hotel Savoy Homann, tentunya akan menjadi sebuah tulisan khusus yang membahas mengenai bangunan dan orang-orang penting yang pernah menginap di kamar-kamar hotel. Sebut saja Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno, Sultan Pakubuwana X, Raja Chulalongkorn, Pangeran Prajadhipok Poramintharamaha (dari Thailand), juga ada Charlie Chaplin. Terakhir adalah Deddy Huang.

Kalau kamu ingin tertarik pada sejarah Hotel Savoy Homann, ada sebuah buku setelah 10cm yang dipajang dalam kotak kaca dan diletakkan di lobi hotel. Buku ini bernama “Golden Book Savoy Homann” yang berisi perjalanan hotel dan orang-orang hebat yang pernah singgah di dalam kamar. Saya yakin buku ini merupakan harta karun bagi pecinta sejarah dan bangunan.

SEMALAM DI HOTEL SAVOY HOMANN BANDUNG

savoy homann bidakara hotel - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Lorong masuk ke kamar hotel savoy homann

Hotel Savoy Homann makin bertambah umur, makin menunjukkan eloknya sebuah bangunan. Interior bernuansa Belanda serta memiliki area restoran yang luas di bagian belakang. Bukan hanya itu saja, tapi karena didukung arsitektur membuat Hotel Savoy Homann memiliki pemandangan yang bagus. Sayang saya hanya semalam saja merasakan fasilitas-fasilitas yang ada dan sempat dicoba. Sedangkan hotel ini masih memiliki fasilitas lain seperti kolam renang dan tempat bermain anak.

kamar deluxe savoy homann hotel - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Kamar Deluxe Twin Hotel Savoy Homann

Total ada 185 kamar di Hotel Savoy Homann yang terbagi ke dalam 4 sayap: Tower Wings, Millenium Wings, Garden Wings dan Asia Africa Wings dengan jenis kamar mulai dari Deluxe, Executive, Junior Suite, Suite dan Homann Suite. Saya mendapatkan kamar tipe Deluxe.

Bagi orang baru pertama kali berkunjung, bangunan hotel ini kompleks, saya sendiri sempat tersesat dengan lorong-lorong yang membingungkan. Bangunan hotel ini memiliki dua kelompok, untuk kamar-kamar di Tower dan Millenium Wing tergolong cukup baru, sementara kamar-kamar di Asia Afrika Wing merupakan kamar asli pada zamannya. Ini saya tahu ketika tersesat dan diajak ngobrol dengan salah satu staff hotel sambil melihat kamar desain lama. Selain itu, kamar-kamar di Asia Afrika Wing punya balkon dengan pemandangan Jalan Asia Afrika.

Hotel Savoy Homann memiliki fasilitas penunjang, yaitu punya tiga dining spots, kolam renang, gym, ruang bermain anak, spa, business center, dan ballroom. Saya baru mencoba di dining spots saja untuk mencoba makan malam dan makan siang, sisanya belum bisa karena keterbatasan waktu.

DESAIN KAMAR HOTEL SAVOY HOMANN

keseruan di kamar savoy homann - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Keseruan berfoto di dalam ruang kamar

Bicara desain kamar, interior kamar Deluxe tidak tampak seperti art deco sepenuhnya. Padahal salah satu ciri khas desain interior art deco adalah penggunaan ornamen-ornamen berbentuk geometris yang mempresentasikan kemewahan. Art deco adalah salah satu gaya desain interior dan arsitektur yang berkembang dan populer sekitar tahun 1920-1930. Lalu berkembang menjadi gaya desain yang digemari pada saat itu, khususnya di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Modern, mewah dan anggun menjadi ciri khas dan sangat identik dengan desain dan arsitektur bergaya art deco tersebut.

kamar tipe deluxe savoy homann - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Desain kamar klasik yang sudah diperbarui
lemari baju savoy homann - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Isi lemari pakaian, ada diberikan bantal tambahan

Saya lebih merasa mendapatkan di beberapa elemen saja yang masih terlihat seperti dinding, lampu meja dan meja. Sisanya hanya dibuat seolah kembali pada tahun 80-90an seperti bathtub kamar mandi, kontrol panel AC, kasur tidur dan selimut. Sayangnya, saya mendapat kasur extra bed karena pada saat menginap kamar sedang penuh sehingga kualitas tidur saya juga kurang.

KAMAR MANDI HOTEL SAVOY HOMANN

kamar mandi savoy homann hotel - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Bathtub dan Shower berada di satu area

Jujur saja saya tidak sempat mandi! Seharian keliling ke beberapa tempat di Bandung untuk nostalgia, lalu malam harinya kami nongkrong di Braga sampai tengah malam dan menutup dengan sekoteng di samping hotel. Alasan saya tidak mandi karena cuaca sedang dingin. Bandung seolah memberikan kesan dingin seperti pertama kali saya tinggal di kota ini. Mungkin ini juga alasan mengapa orang Belanda suka dengan Bandung karena cuacanya sejuk seperti di Belanda.

interior kamar mandi savoy homann bidakara hotel - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Area toilet tidak begitu luas ruang gerak
amenities savoy homann hotel - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Amenities standar terdiri dari sabun, shampoo, conditioner, shower cap, cotton bud, dll

Untuk kamar mandi kamar Deluxe di Hotel Savoy Homann hanya ada bathtub dan shower di satu area. Aliran shower tidak begitu kencang ketika saya buka. Sedangkan untuk amenities seperti sabun dan shampoo tersedia, tapi saya lebih menyarankan untuk menggunakan perlengkapan mandi pribadi. Bagian kloset juga berfungsi normal, hanya saja bentuk kloset duduk ini sepertinya perlu mendapat penggantian unit karena warna sudah memudar. Perlengkapan lainnya adalah hair dryer yang sudah terpasang di dinding dekat wastafel. Saya sendiri penasaran dengan amenities untuk kamar tipe Homann Suite. Secara keseluruhan saya tidak ada masalah signifikan dengan kondisi kamar mandi.

GARDEN RESTAURANT SAVOY HOMAN

orang sedang memanggang - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Live cooking untuk menu makan malam di Hotel Savoy Homann

Restoran di Hotel Savoy Homann terbagi menjadi dua area, area yang ada pohon palem dan bagian dalam. Untuk bagian dalam atau indoor memiliki furnitur yang berbeda menggunakan sofa. Sedangkan untuk bagian luar dengan kursi. Di restoran ini justru lebih dominan elemen art deco misalnya dengan kaca patri motif.

menu nusantara savoy homann - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Menu nusantara ala Hotel Savoy Homann
menu buffet garden restaurant - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Menu western ala Hotel Savoy Homann
siomay bandung juara - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Tidak lengkap kalau ke Bandung nggak coba siomay!

Menu makanan di restoran ini lumayan luas dengan buffet area di bagian belakang restoran. Hidangan yang disajikan mencakup menu nusantara dan western, mulai dari main course dan dessert. Melihat banyak pilihan makanan membuat saya bingung untuk menyantap semua. Menu makan makan dan sarapan pagi di Hotel Savoy Homann tidak jauh berbeda. Khusus kamu yang ingin menikmati barbeque night dengan harga per paket Rp 158.000/orang/nett sudah bisa makan kenyang all you can eat. Serta tidak luput ditemani oleh live music.

Secara keseluruhan, saya juga tidak ada masalah dengan menu makanan di Hotel Savoy Homann karena memang enak dan cocok di lidah saya.

MENCOBA RIJSTTAFEL – FAMILY STYLE

family room savoy homann - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Bareng Mbak Ova dan teman-teman blogger menikmati rijsttafel

Kami mendapat kesempatan untuk mencoba Rijsttafel – Family Style oleh Mbak Ova, PR Hotel Savoy Homann. Di dalam ruangan yang muat sekitar 15 orang ini kami saling berkenalan dalam hangatnya makanan yang dimasak oleh chef. Menu-menu yang disajikan adalah menu makanan yang cocok untuk family style sehingga kita bisa berbagi makanan. Semua menu comfort food ini di Rijsttafel ini cocok juga untuk kalian yang ingin mendapatkan suasana private dengan harga terjangkau.

paket menu makan savoy homann murah - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah
Menu makanan ala rijsttafel di Hotel Savoy Homann

Kami diberikan hidangan makanan yang enak dan semua adalah menu pilihan masakan nusantara sesuai rekomendasi dari chef Hotel Savoy Homann. Semua makanan habis dimakan dengan baik.

LOKASI HOTEL SAVOY HOMANN

Berada di pusat kota Bandung dan kawasan historis yang mudah sekali ditemukan. Memilih penginapan sekitar Jalan Asia Afrika seperti Hotel Savoy Homann adalah pilihan tepat bagi pelancong. Banyak objek wisata yang bisa didatangi hanya dengan berjalan kaki. Misalnya kalau ingin melihat Museum Konferensi Asia Afrika yang lokasinya persis di seberang hotel, kemudian dekat dengan Alun-alun Kota Bandung serta Pasar Baru, pasar yang menjual bahan-bahan kain dengan harga miring.

Satu lagi yang saya salut adalah adanya Starbucks di seberang hotel serta bagi kalian yang ingin minum alkohol bisa ke Sarinah di Jalan Braga. Sehingga menginap di kawasan Jalan Asia Afrika sudah pasti kita bisa mendapatkan objek wisata semuanya. Maka dengan rate per malam sekitar 500 ribuan untuk kamar Deluxe adalah murah. Kalian juga bakal kaget dengan harga kamar Homann Suite yang per malam sekitar Rp 5 jutaan. Bagi saya untuk hotel historis seperti Savoy Homann sendiri memiliki nilai jual yang baik. Jika saya ke Bandung lagi, saya juga tidak menolak untuk menginap kembali di hotel ini.

KESIMPULAN

Walau hanya semalam saja di Hotel Savoy Homann, buat saya pribadi menginap di hotel ini layaknya mengenang zaman dulu. Bangunan hotel membawa kita ke suasana megah. Hotel Savoy Homann saat ini menjadi landmark dan ciri khas kota Bandung. Setiap tamu yang menginap tentunya punya pengalaman unik dan berkesan.

Kalau saya senang bisa rekomendasikan Hotel Savoy Homann ini sebagai pilihan akomodasi pusat kota Bandung yang dekat Jalan Asia Afrika. Hotel ini punya banyak kelebihan misalnya harga kamar yang murah berkisar 500 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah untuk kamar Homann Suite. Hanya saja perlu beberapa perbaikan fasilitas mengingat hotel ini adalah bangunan tua jadi masih bisa dimaklumi. Mungkin kamu bisa menginap di hotel yang lebih murah atau fasilitas lebih baik tapi percayalah ketika menginap di Hotel Savoy Homann ini kalian akan sangat terbantu dari segi lokasi yang strategis. Jika ada kesempatan kembali ke Bandung lagi, saya ingin menginap lagi di sana dengan mencoba tipe kamar lain. Saya masih penasaran dengan kamar yang pernah ditempati oleh Ir. Soekarno dan Charlie Chaplin. Kalau kalian penasaran dengan tipe kamar saya, silahkan meminta kamar nomor 374.

HOTEL SAVOY HOMANN BANDUNG

Jalan Asia Afrika 112, Bandung, Indonesia
ph: (+62) 224232244, (+62) 8112492221
fax: (+62) 224236187
e: reservation@savoyhomannbandung.com / info@savoyhomannbandung.com

IMPRESI

Kebersihan:image.php?img=01 - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah (4.0 / 5)
Kenyamanan:image.php?img=01 - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah (4.0 / 5)
Makanan:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah (4.5 / 5)
Lokasi:image.php?img=01 - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah (5.0 / 5)
Pelayanan:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah (4.5 / 5)
Average:image.php?img=01.png&px=20&max=5&rat=4 - Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah (4.4 / 5)
BACA JUGA :  Mobile Blogging

DISCLAIMER : Saya mendapat compliment satu malam dari pihak hotel.

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Advertisements
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

6 thoughts on “Hotel Savoy Homann Bandung : Semalam Menginap di Hotel Penuh Sejarah

  1. sabtu minggu kemarin aku baru aja balik dr bandung. Pas disuruh bos utk cari hotel, aku sebenernya udah mau pesen savoy ini mas, apalagi lbh murah. tp temen2 banyak ga setuju krn hotel jadul, mereka takut spooky hahahaha. jd ganti ke Mercure. Aku senengnya kalo hotel lawas gini, apalagi banyak sejarahnya, krn kamar nya biasa gede2 :). ciri khasnya banget. apalagi savoy ini ttp terawat meski tua yaa

  2. Sejak dulu hingga kini tempat ini menjadi persinggahan tokoh-tokoh penting dunia, termasuk saya beberapa waktu lalu di Bandung.

    Nice statement koh… hehehehe

  3. Betul juga. Hotelnya sangat luas dan cukup membingungkan di dalamnya. Salah belok, bisa nyasar. Untung pas nyari mushalla kemarin aku bareng kang Didno 😀

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.