Advertisements
Culinary

6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT

tempat ngopi palembang

Sering melintas di daerah Jalan Demang Lebar Daun Palembang, saya melihat banyak tempat ngopi Palembang. Jalur ini juga dilewati oleh LRT Palembang. Persisnya dari Stasiun LRT Demang Lebar Daun setidaknya ada 6 tempat ngopi di Palembang yang jaraknya saling berdekatan.

Situasi ini menjadi persaingan untuk masing-masing merk kedai kopi. Namun menjadi pilihan bagi konsumen untuk memilih tempat ngopi Palembang yang enak. Dari suasana, rasa dan harga.

stasiun lrt demang lebar daun palembang - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Tempat ngopi Palembang dekat Stasiun LRT Demang Lebar Daun

Menurut saya, trend bisnis kedai kopi berada dalam situasi bubble. Ketika orang berpikir membuka kedai kopi itu mudah, tapi kenyataannya tidak semua yang dilihat. Begitu ucap salah satu owner bisnis kopi ketika saya sedang di warung kopi miliknya. Bagi orang awam, bisnis kopi hanya cukup kopi dikasih air, selesai. Bahkan kadang ada penikmat kopi yang kadang masih belum tahu apakah kualitas biji kopinya baik atau tidak. Terpenting sekarang, tempat dan ramah di kantong.

Akhirnya saya memutuskan untuk menelusuri 6 kedai kopi dengan berjalan kaki agar artikel ini bisa menjadi informasi bagi kalian. Sebagai catatan, urutan kedai kopi yang akan saya tulis bukanlah urutan mana yang terenak versi saya, ini hanya urutan sesuai jalur terdekat dari stasiun LRT Demang sehingga kalian mudah untuk menemukan tempatnya.

Abra 19 Coffee

abra 19 coffee palembang - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Interior di dalam Abra 19 Coffee. Ada 2 lantai.

Tempat ngopi ini posisi strategis untuk kalian yang baru keluar dari Stasiun LRT Demang. Berada di ruko tiga lantai dengan konsep industrial lalu ada ruang kosong untuk pertemuan lengkap dengan sound system. Berhubung ruko, maka ruangan tidak begitu lebar, hanya memanjang ke belakang. Sehingga saat masuk ke dalam, kita mungkin akan merasa agak sempit karena perabotan.

abra coffee lantai 1 - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Lantai 1
abra coffee lantai 2 - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Lantai 2
interior abra 19 coffee palembang - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Ruangan untuk live music terletak di sebelah.
kopi palembang - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Piccolo

Sayangnya pilihan menu kopi di Abra 19 Coffee tidak begitu banyak. Dengan range harga mulai dari Rp 18.000 untuk satu espresso sepertinya harga kopi di sini memang untuk segmentasi umur 20 tahun ke atas. Saya akhirnya memesan Piccolo, walau tidak ada di menu mereka tapi si barista bilang bisa membuatkannya.

Biji kopi yang mereka gunakan adalah single origin Semendo dan house blend untuk jenis minuman tertentu. Cita rasa Semendo yang cukup kuat terasa di Piccolo yang saya minum. Rasa susu yang masih samar-samar masih tetap ada. Selain itu tempat ini juga menjual menu Kopi Baileys.

Sejauh ini, tempat ini cukup nyaman buat menjadi co-working space kerja di suasana yang sepi. Kita bisa duduk di lantai 2, memang tidak terlalu lega tapi cukup ada arus listrik untuk perangkat laptop atau gadget kita.

Lokasi : Jl. Demang Lebar Daun, Stasiun LRT Demang
Jam Operasional : 14.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga : Rp 20.000 – Rp 28.000
Instagram : @abra19coffee

KOVILAH

kovilah palembang - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Kovilah Palembang

Tempat ini tergolong kedai kopi kekinian dari bentuk kedai sampai packaging. Segmentasi pasar yang cukup jelas sesuai harga yang ditawarkan. Casual. Lokasinya berada sekitar 50 meter dari Abra 19 Coffee, posisi kedai kopi ini ramai dikunjungi oleh anak-anak berusia 18 tahun. Karena tempat ini terbuka di pinggir jalan, bagi saya memang tidak terlalu nyaman untuk kita sebagai digital nomad yang harus punya tempat nyaman sambil kerja di depan laptop. Di samping segi keamanan juga.

Harga kopi di tempat ini sangat terjangkau. Saya sampai kaget karena untuk es kopi susu kekinian dibanderol harga Rp 8000 yang mana harga ini sangat murah untuk ukuran es kopi kekinian yang biasanya harganya 2 kali lipat, tapi akan lebih hemat kalau dari GoPay atau OVO memberikan cashback. Selain itu, minuman ini sudah tersedia di GoFood.

Lokasi : Jl. Demang Lebar Daun, Stasiun LRT Demang
Jam Operasional : 08.00 – 24.00 WIB
Kisaran Harga : Rp 8.000 – Rp 25.000
Instagram : @kovilah.id

Ruang Kopi

ruang kopi palembang - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Ruang Kopi Palembang

Berjalan kaki sekitar 50m dari Kovilah, maka kita akan berjumpa dengan kedai Ruang Kopi yang lokasinya lebih cozy dengan nuansa industrial. Ruang Kopi menyediakan kopi single origin dan mereka memiliki mesin kopi untuk steam susu dan membuat espresso.

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin sambil kerja dengan suasana agak tenang. Datanglah khususnya ketika siang hari, namun kalau sudah malam tempat ini agak kurang cocok karena penerangan lampu di tempat ini remang-remang sehingga sudah kurang nyaman.

Harga minuman di tempat ini mulai dari Rp 20.000 kalian sudah bisa mendapatkan berbagai macam varian kopi mulai dari Arabika dan Robusta. Selain minuman kopi, Ruang kopi juga menyediakan minuman lain seperti Teh, Coklat dan lainnya. Cocok buat kalian yang pengen dapat suasana di kedai kopi tanpa minum kopi.

Lokasi : Jl. Demang Lebar Daun, Stasiun LRT Demang
Jam Operasional : 10.00 – 23.00 WIB
Kisaran Harga : Rp 20.000 – Rp 28.000
Instagram : @ruang_kopiku

Lacasa Coffee Pizza

lacasa coffee pizza - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Lacasa Coffee Pizza Palembang

Nama Lacasa ini sudah tidak asing di kota Palembang. Brand baru ini awalnya dikenal sebagai pizza rumahan yang kualitas rasanya cukup enak dengan harga ramah di kantong. Lacasa yang berada di Jalan Demang Lebar Daun ini merupakan outlet kedua. Hanya saja di outlet kedua ini brand image yang terbentuk sebagai tempat kopi bukan tempat pizza, walau mereka juga menyediakan pizza.

Kedai kopi Lacasa ini berada di pinggir jalan, tak jauh dari Ruang Kopi. Ruangan di dalam cukup nyaman untuk kita kumpul bersama teman atau sambil kerja. Saya sudah beberapa kali singgah di kedai Lacasa.

Varian minuman di Lacasa cukup banyak selain manual brew, mereka juga menyediakan cold brew dan kopi soda. Namun, harga di tempat ini menurut saya lumayan tinggi, sekitar Rp 25.000 untuk es kopi soda. Di luar dari harga, yang saya suka, penerangan di tempat ini pada saat malam cukup terang sehingga masih nyaman untuk berkumpul sama teman.

Lokasi : Jl. Demang Lebar Daun, Seberang RS Bunda
Jam Operasional : 10.00 – 24.00 WIB
Kisaran Harga : Rp 20.000 – Rp 28.000
Instagram : @lacasa.coffee.pizza

Tujuan Kopi

interior tujuan kopi palembang - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Tujuan Kopi Palembang

Kedai ini tergolong tempat ngopi Palembang baru buka. Lokasinya sedikit masuk ke belakang jalan Enim atau bersebelahan dengan Rumah Limas Demang. Dari luar bangunan tempat ini sudah kekinian sekali, kita bisa nongkrong sambil ngopi di beralas semen yang sudah di aci. Semua konsep kedai kopi ini mengacu pada industrial sehingga asyik sekali buat anak-anak Instagrammer untuk memotret kopi.

Hanya sayangnya interior di dalam kurang begitu nyaman untuk sambil bekerja. Saya ke sini biasanya untuk memesan kopi lalu ngobrol sama teman.

Harga minuman di sini mulai dari Rp 20.000 namun varian minuman masih tidak begitu banyak. Menurut saya, tempat ini bisa lebih ramai karena lokasinya cukup luas dan tidak terlalu di pinggir jalan sehingga jauh dari kebisingan.

Lokasi : Jl. Enim Demang Lebar Daun, Masuk lorong samping Junior
Jam Operasional : Senin – Rabu (15.00 – 23.00 WIB) & Kamis – Minggu (11.00 – 23.00 WIB)
Kisaran Harga : Rp 20.000 – Rp 28.000
Instagram : @tujuankopi

Kopiloka 3.0

 

Baca juga :  5 Makanan Khas Sichuan Yang Perlu Kamu Coba
kopiloka palembang - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Kopiloka 3.0 Palembang

Penambahan 3.0 menunjukkan jumlah outlet yang sekarang mereka miliki. Kopiloka 3.0 termasuk kedai kopi baru yang berada di kawasan Jalan Komering. Persisnya tidak jauh dari Tujuan Kopi hanya cukup berjalan sekitar 500 m ke belakang.

Kopiloka mengusung tema rumahan dengan pekarangan rumah menjadi tempat untuk berkumpul. Tempat ini cocok didatangi ketika malam hari daripada siang hari karena berada di pekarangan sehingga cukup terik kalau kita sambil kerja di depan laptop.

vietnam drip - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Vietnam Drip dari Kopiloka 3.0

Kopiloka 3.0 juga menyuguhkan biji kopi lokal Semendo serta beberapa varian biji kopi lainnya. Selain itu juga menjual cemilan-cemilan seperti pisang goreng maupun roti.

Lokasi : Jl. Demang Lebar Daun, Stasiun LRT Demang
Jam Operasional : 09.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga : Rp 20.000 – Rp 28.000
Instagram : @kopiloka.3.0

Pilihan ada di tangan kalian.

tujuan kopi palembang espresso - 6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT
Ngopi yuk!

Mengusung beragam jenis konsep, setiap kedai kopi yang bermunculan di Kota Palembang rata-rata memiliki segmentasi pasar sendiri. Tujuan lain ingin menyajikan tempat yang nyaman agar pengunjung betah berlama-lama meneguk kopi, selain desain yang instagramable menjadi nilai plus yang diyakini bisa menarik tamu datang.

Bagi para pelaku bisnis kedai kopi pastinya cita rasa dan orisinalitas kopi menjadi kunci untuk menarik penikmat kopi, walau penikmat kopi hanya orang itu-itu saja untuk saat ini.

Sekarang, kalau kalian lagi berhenti di dekat Stasiun LRT Demang tidak perlu bingung mencari kedai kopi. Enam kedai kopi ini bisa jadi pilihan kalian.

Kalau mau ajak saya ke tempat ngopi Palembang, kabarin yaaa!

***

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Disclosure: This is just my personal experience. Not sponsored post. Thanks as always for your support!

Advertisements

7 comments on “6 Tempat Ngopi di Palembang Dekat Stasiun LRT

  1. dansontheroad

    Didn’t realize there are so many cafes in Palembang now! Looks like another visit beckons – pempek and coffee can never go wrong!

  2. Nasirullah Sitam

    Kalau dilihat dari bentuk interiornya, terlihat segmen mereka berbeda. Ada yang menggaet mereka yang suka berbincang, atau malah sekadar untuk take away. Di kedai dekat kos saya biasanya menyediakan kopi dari Semendo, karena baristanya dari sana.

  3. Kedai kopi jaman now interior designnya kebanyakan industrial ya Ded. Furniture juga minimalis. Aku pengen nyoba semua tempat ini kalo ke Palembang. Deket banget sama rumah Tante ku

  4. Wah, terima kasih untuk artikelnya koh. Aku memang suka banget nongkrong sambil mengamati kereta.

    Dari keenam tempat di atas, kayaknya paling oke Ruang Kopi ya. Tempat pertama sebetulnya cukup menarik, aku juga suka desain industrialnya. Sayang tempatnya kayak tertutup banget dan kurang cahaya alami.

    • Iya ini masih 6 tempat ngopi yang bisa dijangkau dengan jalan kaki, kalau lurus lagi masih ada wkwkw…

      secara tempat ya kayaknya Ruang Kopi cocok buat kita sambil kerja, Nugie cuma kalau agak malam udah gak cocok lagi karena lampunya remang-remang.

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: