BerandaReviewGadget realme C55 NFC, Android 2 jutaan Fitur Banyak Diupgrade

[REVIEW] realme C55 NFC, Android 2 jutaan Fitur Banyak Diupgrade

Author

Date

Category

Realme C55 NFC merupakan salah satu smartphone terbaru yang dirilis oleh realme dan diperkenalkan awal Maret 2023 di Indonesia.

Smartphone yang mengambil pasar mid-range di harga 2 jutaan ini menjawab keinginan pengguna smartphone Indonesia yaitu harga murah tapi fitur menawan.

Smartphone ini mengusung banyak fitur baru yang belum pernah disematkan di seri C sebelumnya, termasuk ukuran yang lebih compact dan tipis, resolusi kamera utama yang lebih tinggi, spesifikasi lebih baik, dan desain lebih segar yang berbeda dari seri C generasi sebelumnya. 

Setelah menggunakan smartphone ini selama sebulan, berikut adalah ulasan lengkap saya tentang pengalaman menggunakan realme C55 NFC, termasuk desain, kamera, video, baterai, dan performa.

Unboxing realme C55 NFC

Pengalaman unboxing realme C55 NFC tidak jauh berbeda. Kotak warna kuning identik realme terdapat tulisan “C55”. Selain itu ada label “Kualitas Terdepan” seakan realme ingin menonjolkan bahwa mereka memproduksi smartphone berkualitas untuk pengguna Indonesia.

Saya menikmati saat unboxing smartphone ini, semacam perasaan bahagia saat membuka kado.

Di dalam kotak terdapat beberapa item, di antaranya unit realme C55 NFC, buku manual dan garansi, adapter 33 W, dan kabel data tipe USB Type-C. Selain itu, layar smartphone ini sudah terpasang anti gores sehingga pengguna tidak perlu membeli anti gores lagi. Serta ada case plastik secara gratis di dalam kotak.

Desain Segar dengan Pilihan Warna Menarik

Realme C55 NFC memiliki desain yang menarik. Punya dua warna yaitu Sunshower dan Rainy Night. Kebetulan, unit yang saya terima adalah Sunshower. Kalau dari pemaparan saat realme C55 NFC Champion Roadshow, realme melanjutkan mencari inspirasi dari alam, mendapatkan inspirasi dan elemen- elemen alam yang membuat smartphone ini menjadi lebih dinamis dan imajinatif.

Pada bagian belakang terdapat sebanyak 500.000 partikel cahaya membentuk garis mikroskop vertikal, seperti garis- garis hujan, dipadukan dengan warna-warna yang memukau seperti sinar matahari yang memberikan pantulan yang sangat keren bila terkena cahaya.

hasil foto realme c55
realme C55 NFC harga 2,5 juta terbaik di kelasnya.

Dibandingkan warna Rainy Night yang cocok bagi yang suka berwarna gelap. Smartphone ini nyaman digenggam dan tidak terasa licin di tangan.

Pada sisi bawah, terdapat port USB-C dan jack headphone. Hal yang saya sukai untuk smartphone Android yang masih memberikan jack headphone.

realme c55
Bagian tombol power dan volume realme C55 NFC
realme c55
Sisi sebelah kiri bagian simtray

Masih di bagian belakang, dua buah bump kamera berukuran besar berada di dalam frame dengan sebuah lampu flash. Hal ini juga menunjukan kalau realme C55 NFC unggul dalam fotografi.

Penempatan tombol volume dan power di sisi bagian kanan bersamaan dengan tombol power yang sekaligus menjadi sensor fingerprint. Hal ini membuat membuat jangkauannya pas untuk ditekan menggunakan jempol. Sedangkan di bagian kiri, ada slot sim card yang telah mendukung dua slot kartu nano sim dan sebuah media penyimpanan MicroSD.

Kualitas Layar Ultra Smooth

Dengan layar besar 6,7 inci  dengan resolusi FHD+ 1080 x 2400 piksel dan memiliki rasio screen-to-body sebesar 91,4% yang memberikan tampilan lumayan jernih.

realme c55
Layar yang jernih dan refresh reate hingga 90 Hz

Tidak lupa layar realme C55 NFC juga telah mendukung refresh rate hingga 90Hz dan touch sampling rate hingga 180 Hz membuat layar realme C55 NFC lebih responsif dan lancar. Apalagi kalau berada di luar ruangan, layar tetap terang karena memiliki tingkat kecerahan sebesar 680 nits. 

Hal menarik lain adalah layar pada realme C55 NFC ini telah mendukung sertifikat Wideine L1 yang akan memanjakan penikmat Netflix untuk memutar video dengan resolusi terbaik.

Kamera 64MP

Smartphone ini memang diunggulkan dari sisi kamera. Pengguna yang gemar fotografi

Realme C55 NFC dilengkapi dengan tiga kamera belakang, yaitu kamera utama 50MP, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera makro 2MP. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera utama cukup memuaskan.

realme-c55-nfc
Kamera resolusi 64 MP

Beberapa simulasi foto yang saya dapatkan dengan pencahayaan bisa memberikan hasil yang tidak buruk.

Sedangkan kamera ultra-wide juga memberikan hasil yang bagus, namun ketika diambil dalam kondisi cahaya yang kurang, kualitasnya cenderung menurun. Untuk kamera makro, kualitasnya cukup memuaskan dengan fokus yang cepat dan hasil yang tajam.

hasil foto realme c55
Seberapa mantep hasil foto dari kamera realme C55 NFC ini?

Yang menarik adalah realme C55 NFC merupakan smartphone pertama dari C Series yang memiliki mode Street Photography dan memiliki fitur DIS (Dynamic Image Snapshot) untuk menjaga kestabilan pada saat memotret.

Berikut beberapa hasil foto menggunakan kamera realme C55 NFC :

Kualitas Video realme C55 NFC

Perekamanan realme C55 NFC nampaknya pengguna harus cukup puas sampai 1080p 60 fps.

Kualitas video yang dihasilkan memang tidak bisa dikatakan wow, tapi kalau untuk pengambilan dokumentasi atau ringan masih mumpuni. Kualitasnya bisa menurun dan agak gelap apabila minim cahaya. Hal ini dikarenakan tidak memiliki fitur pencerah seperti di smartphone high end.

Performa Champion

Prosesor menjadi otaknya smartphone. Smartphone ini menggunakan prosesor Helio G88 yang termasuk baru, tapi huruf G di depan menandakan performa yang cukup baik untuk kebutuhan bermain game.

bezel realme c55
Bezel yang tipis bikin mata lebih nyaman untuk menikmati tontonan.

Apalagi realme C55 NFC yang saya pegang ini dipadukan dengan RAM 8 GB serta ROM 256 GB. Sehingga sewaktu diajak bermain game mobile populer saat ini bagi saya sudah cukup lancar.

Hal terpenting lainnya adalah selama digunakan untuk bermain game ternyata tidak menimbulan efek panas berlebihan.

Baterai 5000 mAh

Mengenai daya tahan baterai, saya mengaku kalau realme C55 NFC memang smartphone badak yang tahan sepanjang hari. Dilengkapi dengan baterai 5000mAh untuk penggunaan cukup intensif masih bandel.

Selain itu, realme C55 NFC juga mendukung pengisian daya cepat 18W, sehingga pengisian daya menjadi lebih cepat!

mini capsule
Fitur Mini Capsule

Hadirnya fitur Mini Capsule yang mirip seperti fitur Dynamic Island pada iPhone 14 Pro membuat saya takjub karena untuk kelas mid-range disematkan fitur ini.

Fitur Mini Capsule ini sendiri masih terbatas kegunaannya, seperti pada Dynamic Island.

Namun, pengguna realme C55 NFC akan bisa melihat sewaktu pengisian daya baterai akan muncul semacam notifikasi. Ya, menurutku hape ini menarik.

Apa lagi jadi yang kamu risaukan?

Kesimpulan

Secara garis besar, selama satu bulan pemakaian realme C55 NFC ini saya merasakan fitur-fitur yang disematkan memang “Champion”.

realme c55
realme C55 NFC

Realme C55 NFC adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari smartphone dengan desain yang menarik, kualitas kamera yang baik, baterai besar, dan kinerja yang cukup baik. Namun, jika Anda memerlukan ponsel dengan kinerja yang lebih cepat dan baik barangkali bisa melirik ke realme 10 Pro atau realme 10 Pro+

Saranku, bagi kalian yang tertarik membeli realme C55 NFC ini lebih baik membeli varian 8/256 untuk penggunaan jangka panjang sekitar 2-3 tahun. Hal ini untuk menjaga ruang lega dan kenyamanan pemakaian.

Kalian bisa membelinya dari link berikut ini.

Kelebihan:

  • Desain yang menarik dan modern
  • Kualitas kamera yang memuaskan
  • Baterai besar dan dukungan pengisian daya cepat
  • Kinerja yang baik dalam menjalankan aplikasi dan game

Kekurangan:

  • Kualitas kamera ultra-wide kurang bagus dalam kondisi cahaya yang kurang
  • Perekaman video maksimal 1080 60 fps.
Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru