BerandaReviewGadgetReview Xiaomi Redmi Note 12 : Harga 2Jutaan Layar AMOLED 120Hz

Review Xiaomi Redmi Note 12 : Harga 2Jutaan Layar AMOLED 120Hz

Author

Date

Category

Xiaomi termasuk top of mind smartphone bagi konsumen di Indonesia. Lini Redmi merupakan incaran bagi para pengguna karena spesifikasinya bisa dikatakan cukup kompetitif untuk kelasnya dari segi harga.

Sebagai catatan, ponsel yang saya pegang ini merupakan unit yang dipinjamkan oleh Xiaomi Indonesia selama 2 minggu. Sehingga tulisan ini sepenuhnya berisi mengenai pandangan saya terhadap ponsel range harga 2 jutaan selama 2 minggu pemakaian.

Semoga saja bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang membaca dan mencari Redmi Note 12 4G.

Ponsel Android 2 Jutaan Desain Menarik

Ponsel Redmi Note 12 ini berada di segmen entry-level. Dengan daya tarik mengusung chipset Snapdragon 685 yang sudah bisa kita tebak performanya.

Kesan pertama sewaktu melakukan unboxing Redmi Note 12 ini, ponsel ini ternyata memiliki desain yang menarik. Bodi ringan nyaman digenggam serta warna yang eye-catching.

redmi note 12
Isi paket penjualan Redmi Note 12 4G

Bodi belakangnya memiliki finishing sedikit matte yang membuat tampilannya terlihat premium dan tidak licin. Build quality nya terbilang bagus dan kesannya bukan murahan walau bezel sekitar layarnya cukup tipis, tetapi bagian bawahnya agak tebal.

Kebetulan warna yang saya dapat adalah Green Mint yang menurutku warna ini lebih menonjol kalau dibandingkan dua warna yang lain, Onyx Gray dan Ice Blue. 

Beberapa teman mengatakan warna ini lumayan segar di mata sewaktu saya memberikan mereka kesempatan untuk mencobanya.

Redmi Note 12 4G – Green Mint

Pada tampilan bodi Redmi Note 12 ini punya layar bergaya punch hole seperti ponsel lain yang sejenis. Layar ponsel ini jernih di dalam setiap kondisi, terutama saat berada langsung dibawah paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan Redmi Note 12 sudah menggunakan layar AMOLED 120 Hz yang memberikan kerapatan piksel lebih baik.

Sebagai tambahan, Redmi Note 12 ini memiliki kerapatan piksel 2400 x 1080 FHD+ sehingga bagi pengguna yang ingin menonton streaming film atau bermain game masih sanggup mempertahankan kejernihan visual.

Bahkan ponsel ini pun sudah dijamin dapat menonton Netflix HD. Kita bisa menikmati tontonan hiburan atau bermain media sosial menjadi lebih nyaman di mata.

redmi note 12
Redmi Note 12 sudah menggunakan layar AMOLED 120 Hz

Hal lain yang saya suka adalah ponsel ini masih memiliki lubang jack audio 3.5mm berada di bagian atas. Hadirnya jack audio dalam ponsel merupakan bentuk perhatian produsen masih memikirkan pengguna bahwa tidak semua orang memiliki TWS bluetooth.

Salah satu kelebihan Redmi Note 12 ini yang menarik untuk disingkap yaitu sudah mengantongi sertifikat IP53 sehingga ponsel ini cukup aman terlindungi oleh percikan air. Biasanya daily user akan sangat terbantu dengan hadirnya sertifikasi ini, walau bukan tahan terhadap kedalaman air, tapi kalau tidak sengaja ketumpahan air, maka ponsel ini masih bisa nyala.

redmi note 12

redmi note 12

redmi note 12

Redmi Note 12 memiliki dimensi layar besar yaitu berukuran 165,7 x 76,2mm. Ketebalan bodi 7,9mm dan bobot seberat 183 gram. Ukuran ponsel ini terasa ringan saat digenggam sehingga tidak mudah bikin cepat lelah. Apalagi layar Redmi Note 12 cuku tangguh karena dilapisi kaca antigores Corning Gorilla Glass 3. Enaknya lagi sudah terpasang screenguard yang sudah terpasang dari pabrik sehingga bisa meminimalkan risiko layar ponsel akan tergores.

Performa Andal Bermain Media Sosial

Redmi Note 12 sebenarnya ponsel yang ideal bagi pengguna yang aktif di media sosial.

Ponsel ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 685 yang menghadirkan performa dan efisiensi. Chipset ini juga membawa CPU delapan inti (Octa Core) dengan kecepatan hingga 2,8 GHz, serta digandeng GPU Adreno 610 untuk olah grafis/visual.

Redmi Note 12 hadir dengan tiga varian memori RAM dan ROM yaitu 4GB + 128GB, 6GB + 128GB, dan 8GB + 128GB.

Tiga varian memori ini tentunya akan mempengaruhi performa. Untuk varian paling rendah 4GB + 128GB memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan varian 8GB + 128GB di harga Rp 2.699.000.

redmi note 12

Bagaimana dengan performa ponsel ini?

Konfigurasi dari ROM dan RAM yang ditawarkan dirasa sudah pas untuk menjalankan segala aplikasi favorit dengan mulus.

Bagi pengguna yang ingin tetap update dan berkomunikasi, tapi bukan pekerjaan berat. Ponsel ini sudah lebih dari cukup. Hal ini melihat hasil benchmark yang dicoba, Redmi Note 12 4G ini cukup bersaing di ponsel sejenisnya.

Saya coba bermain game Ragnarok Origin masih dapat dijalankan pada pengaturan grafis Ultra dengan refresh High dan HD mode aktif. Namun, hal ini nggak bisa berlangsung lama karena akan ada lag.

main ragnarok origin

Akhirnya saya harus cukup puas dengan pengaturan paling rendah agar bermain game masih tetap lancar.

Tentunya dalam penggunaan sehari-hari, Redmi Note 12 4G ini menawarkan kinerja yang saya rasa sudah lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna. Membuka beberapa aplikasi atau multitasking masih lancar tanpa hambatan masalah memori.

Redmi Note 12 4G memiliki opsi refresh rate 60Hz dan 120Hz yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Hanya saja kita belum bisa mengatur refresh rate secara otomatis sesuai yang diinginkan. Pengguna akan terhibur dengan tingkat kecerahan puncak mencapai 1.200 nit yang akan memberikan tampilan konten pada layar lebih jelas bahkan di bawah terik matahari.

Buat saya, dengan performa yang ditawarkan Redmi Note 12 tidak mengecewakan untuk digunakan sebagai ponsel sehari-hari. 

redmi note 12

Apalagi Redmi Note 12 dibekali baterai sebesar 5.000mAh yang bakal kuat digunakan untuk sepanjang hari. Kapasitas baterai seperti ini bisa saya gunakan untuk bermain Ragnarok Origin sekitar 3-4 jam masih awet.

Satu hal tambahan, Redmi Note 12 ini juga telah dilengkapi pengisian cepat 33W dengan charger yang tersedia dalam paket penjualan. Kepala charger yang telah mendukung pengisian daya cepat tentunya akan menguntungkan bagi pengguna.

Kamera

Saat ini penggunaan kamera ponsel sedang naik, seiring munculnya content creator membuat konten.

Kamera ponsel memang praktis untuk kita dokumentasi.

hasil kamera redmi note 12

Redmi Note 12 4G ini dibekali dengan kamera belakang yang terbagi menjadi lensa utama 50MP, lensa ultra-wide 8MP, dan lensa makro 2MP.

Sedangkan, kamera depan terdapat lensa selfie 13MP.

Kamera utama Redmi Note 12 maksimal hanya mampu merekam video hingga kualitas 1080p 30fps tanpa ada tambahan fitur Stabilizer.

Dari segi kamera video sebenarnya tidak terlalu menonjol, namun untuk segi foto, Redmi Note 12 ini memiliki kualitas foto yang menarik.

Redmi Note 12 4G ini pun dibekali dengan kualitas kamera antara lain antara lain Slow Motion (hingga 720p @120fps), Short Video, Video, Photo, 50MP, Portrait, Night, Panorama, Document, Time-lapse, dan Pro.

Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Redmi Note 12 dan memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO (hingga 6400), dan shutter speed hingga maksimal 30 detik.

Jujur, di awal saya sempat meragukan kualitas foto Redmi Note 12 karena biasanya ponsel harga 2 jutaan performa kameranya biasa-biasa saja. Untuk mengambil gambar, tangan kita harus steady agar hasil foto tidak blur. Kemampuan kamera dalam mengatasi sumber cahaya saya merasa kurang oke, karena hasil foto bisa terlihat over saturated. Tapi, masih cukup layak untuk diupload ke media sosial.

Bagaimana dengan kamera mode malam di Redmi Note 12?

Saya merasa performanya cukup baik, memang tidak terlalu maksimal. Hasil foto sebatas terang namun tidak terlalu detail. Dan, sekali lagi tangan juga butuh stabil agar hasil foto tidak blur. Saran saya, fotolah di kondisi sedang banyak cahaya lampu di malam hari untuk hasil lebih terang.

Setelah saya mencoba dalam berbagai situasi baik siang, sore dan malam hari. Ternyata hasil fotonya lumayan untuk digunakan ke media sosial.

Bahkan kemarin sewaktu saya sedang ada pekerjaan memotret menu makanan, saya tes foto menggunakan Redmi Note 12 ini hasilnya bagus. Tentunya didukung dengan pencahayaan.

Sedangkan untuk kamera ultra wide angle, Redmi Note 12 mampu menangkap gambar dengan sudut lebar walau hasilnya kurang memuaskan harapan.

Detail yang dihasilkan kamera ultra-wide angle ini membuat karakter foto secara umum jadi soft. Saat malam hari, kamera ultra wide angle ini juga tidak bisa diandalkan karena detail yang dihasilkan sangat kurang dan tidak menyediakan night mode.

Untuk keperluan foto selfie, saya merasa kualitas kamera depan Redmi Note 12 punya kemampuan untuk menaikkan kontras warna sehingga terlihat lebih cerah. Selain itu bisa membuat tampilan kulit lebih terlihat natural, walau akhirnya membuat pori-pori di wajah saya lebih terlihat halus.

Tips bagi kalian yang ingin merekam video dengan baik menggunakan Redmi Note 12 adalah dengan menggunakan tambahan tripod agar hasil video tidak terlalu goyang.

Fitur Lain

Beberapa orang cerita mengenai alasan mereka membeli smartphone Xiaomi karena punya fitur untuk menjadi remote.

Kabar baiknya, Redmi Note 12 ini sudah menjalankan MIUI 14 berbasiskan Android 13 dan punya fitur IR Blaster yang mana memungkinkannya berfungsi untuk mengendalikan perangkat lewat sensor infra merah. Serta, Redmi Note 12 juga dibekali NFC yang akan memudahkan para pengguna di ibukota.

Hal yang saya sadari bahwa MIUI 14 ini memiliki tampilan antarmuka lebih sederhana. Mulai dari home screen dan widget dengan tampilan lebih rapi dan menarik.

Dari segi keamanan, Redmi Note 12 juga sudah dibekali sensor sidik jari di samping dan AI Face Unlock. Dengan keamanan seperti ini bisa membuat pengguna jadi nyaman.

Pengalaman Menggunakan Redmi Note 12 Selama 2 Minggu

Kebetulan ponsel yang saya pegang merupakan varian paling tinggi sehingga pengalaman menggunakan ponsel ini seakan sudah menjadi standar minimal bagi para pengguna yang mencari ponsel baru.

Terus terang, Redmi Note 12 ini merupakan ponsel Xiaomi pertama yang saya ulas di blog. Sebagai pengguna dua minggu, Redmi Note 12 ini worth the value untuk pengguna yang memang kebutuhannya untuk bermain media sosial dan sesekali bermain game.

Apabila kamu ingin mendapatkan spesifikasi tinggi di atas Redmi Note 12, dengan fitur yang lebih lengkap maka saran saya kamu bisa melirik ke Redmi Note 12 Pro.

Dapur pacu Snapdragon 685 di Redmi Note 12 sudah cukup untuk melibas sekelumit kebutuhan media sosial seperti TikTok, Instagram atau menonton Netflix. Kalau penggunaan standar seperti bermain media sosial, saya bisa gunakan Redmi Note 12 4G sampai satu hari penuh. Sedangkan, kalau saya gunakan untuk bermain Ragnarok Online sekitar 3-4 jam masa pakai.

Walau masih ada kekurangan seperti kualitas speaker masih mono, minus fitur stabilizer, tapi Redmi Note 12 ini sudah sudah memiliki layar OLED yang memuaskan mata.

Layak Dibeli Dengan Keunggulan Layar Jernih

Layar yang jernih merupakan keunggulan utama dari Redmi Note 12 4G. Di rentang harga 2 jutaan, menurutku Xiaomi lumayan berani memberikan layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan resolusi Full HD+.

Layar ponsel Redmi Note 12 mampu menghasilkan gambar yang jernih, dan warna hidup. Apalagi respon touchscreen relatif cepat dan tidak ada masalah saat kita gunakan untuk bermain game.

Inilah impresi saya setelah mencoba Redmi Note 12 4G selama 2 minggu. Seri hape Redmi Note 12 lumayan terjangkau bagi pengguna yang mencari smartphone Android Rp2 jutaan saat ini. Saran saya, belilah varian yang paling tinggi untuk mendapatkan pengalaman yang lebih puas.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari smartphone Android baru.

Cek harga dan promo terbaru smartphone Android Xiaomi Redmi Note 12 di sini

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru