BerandaIdeaDikalaku Tua Nanti

Dikalaku Tua Nanti

Author

Date

Category

mom_never_dies_korean_2007 “Nona Lee … Perlu tiga tahun surat-suratmu mencapai hatiku. Aku buta ketika aku bisa melihat. Aku tuli ketika aku bisa mendengar. Satu malam, dalam mimpiku seekor burung angsa memimpinku ke lembah musim dingin dimana ranting emas tumbuh. Di sana aku melihat engkau, Nona Lee, bersinaran dalam emas. Menunggu musim semi untuk datang. Kau hidup selamanya dalam hatiku, melihatku di bumi. Nona Lee ..! Young Hee, aku tidak tahu harus memanggilmu apa … aku akan memanggilmu ibu, i love you.”

Kutipan di atas merupakan inti cerita dari drama korea berjudul Mom Never Dies. Cerita tentang figur seorang ibu tentu bisa menitikkan air mata setiap orang yang menonton, termasuk aku. Naik turun emosi terpancing untuk bilang iya.. aku juga pernah berbuat hal demikian sama mamaku tears .

Kisah tentang kasih sayang seorang ibu, Miss Lee. Ia punya tiga orang anak; anaknya yang perempuan sudah meninggalkan rumah untuk yang pertama. Anak yang kedua, cowok juga meninggalkan rumah lantaran menikah. Anak yang terakhir, mendapat pesan dari kedua kakaknya untuk menjaga ibu mereka.

Si bungsu ini namanya Choi-In Ho (sekaligus penulis skenario drama ini), seorang penulis dan sudah banyak mendapat penghargaan. Suatu ketika, Choi-In Ho ini ketemu sama seorang cewek yang ia sukai. Sayangnya si perempuan nggak menyukai Miss Lee dan meminta Choi-In Ho untuk meninggalkan ibunya. Si anak jadi serba salah, tapi akhirnya dia memutuskan untuk meninggalkan rumah dan meninggalkan ibunya sendiri.

Di usia Miss Lee yang makin tua, ia justru berada sendirian di sebuah rumah khas Korea. Musim berganti musim, dari salju yang menutupi rumahnya sampai bunga-bunga berguguran. Miss Lee masih senantiasa menanti anaknya yang bungsu itu. Di dalam kesepiannya, kasih sayangnya yang nggak pudar terus mendorongnya untuk mengirim surat, tapi puluhan surat yang Miss Lee kirimkan selalu kembali ke alamat rumah Miss Lee karena ia tidak tahu dimana keberadaan anaknya, hanya mengandalkan nama besar dari anaknya sebagai penulis.

Banyak kilas balik dalam film berdurasi 2 jam ini. Dari masa kecil Choi-In Ho, sampai ia dewasa. Ada juga masuk ke masa kini, saat Choi-In Ho tua dan kembali ke rumah yang telah lama ia tinggalkan. Rumah itu sudah lama ditinggalkan dan hanya ada perabotan penuh dengan debu yang menjadi saksi bisu atas kenangan-kenangan bersama ibunya. Akhirnya dia menemukan tumpukan surat-surat yang tidak tersampaikan selama puluhan tahun. Choi-In Ho membaca dan ada sesal di sana serta ada harapan besar kalau ibunya akan kembali padanya.

* * *

Tiba-tiba aku teringat sama mamaku yang besarin aku sama kakakku berdua. Huff… aku lebih terenyuk lagi waktu dialog antara kakak keduanya sama Choi-In Ho. Waktu si kakak bilang untuk menjaga ibu mereka karena dia akan menikah. Tapi Choi-In Ho bilang kenapa harus keluar dari rumah? kenapa nggak tinggal satu atap saja? Si kakak jawab kalau suatu saat Choi-In Ho akan menemukan jawabannya kenapa harus pisah dengan orangtua. If you were in my shoes…

Aku bercermin kalau aku pernah di posisi kayak gini, waktu aku bilang aku pengen merantau. Aku tahu itu menyakitkan dan sampai sekarang akupun belum siap untuk pisah dari mamaku, walaupun di bibirnya dia bilang mama nggak apa-apa, bisa menjaga dirinya sendiri. Aku diingatkan kalau tugas mama bukan hanya sekedar bangun pagi, menyiapkan bekal untukku, memberi uang yang nantinya aku pakai untuk ongkos dan makan siang, karena upah dari kerjaanku itu belum mampu menutupi biaya hidupku 🙁

Duh.. aku jadi kangen peluk mamaku… gelitikin dia.. bercanda.. melihat dia tersenyum dan melepas penatnya dengan pijatin mama.

Film ini juga mengajarkan kalau mencari pasangan hidup, hal yang pertama yang dilihat apakah dia juga menerima orangtua kita? Sering aku temui kalau ada pasangan yang nggak mau terima orangtua kita, menghasut pasangannya agar segera pindah dari kediaman orangtua dengan alasan ingin membangun kehidupan rumah tangga sendiri tanpa campur tangan dari orangtua.

IMHo, fleksibel aja kalau soal ini. Biasanya kalau adat, istri ikut suami dan tinggal sama orangtua suami. Tapi kalau misalnya kepengen pisah dari orangtua yaaa boleh saja. Namun yang lebih penting itu adalah bagaimana supaya istri tetap hormat sama orangtua suami.

p.s : Semoga kalian juga bisa menekspresikan perasaan kalian sama mama/ibu/bunda/umi

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

19 KOMENTAR

  1. hmh…jadi inget nyokap, gue udah keluar dari rumah, merantau kurang lebih 13 tahun….hikz…kemaren baru aja salah paham ma nyokap, ampe skrg masih diem2an….hmh……

  2. Namun yang lebih penting itu adalah bagaimana supaya istri tetap hormat sama orangtua suami.
    ini pekerjaan mulia seorang suami, tetapi harus dimulai dulu : suami jg hormat kepada orangtua istri. bagaimana pun, orang tua dia (akhirnya) akan menjadi orang tua kita juga.

  3. woii…itu nonton di dvd yeh??? pinjeeemmmmm >.<

    tapi emang bener loh, kebanyakan cewek kalo ditanya mending tinggal sama ortu atau terpisah? banyak yg milih lebih baik terpisah. the reason is, kayaknya udah ngecap banget kalo mertua cewek sama menantu cewek gak bisa akur dengan baik, katanya. tapi semuanya balik ke pribadi masing2 sih 🙂

    ahh..ak jadi inget mama dirumah

    • idak.. itu nonton layar tancep!! mau pinjem?? nonton gih di lapangan ntar malem 😀

      itu DVD juga boleh minjem dari orang :p

      nah dirimu sebagai perempuan, milih tinggal ama ortu suami atau terpisah? :mrgreen:

  4. Memang, anak wajib merawat ortunya waktu lanjut usia. Di pihak lain, ortu wajib mengerti bahwa anak udah besar dan ingin punya keluarga sendiri. Jalan tengahnya, anak wajib memastikan ortunya sehat dengan selalu berkomunikasi dengan baik. Nggak mesti tinggal serumah, tapi bisa dengan rutin menelepon atau rutin berkunjung.

    Dan mertua dan menantu harus akur. Karena mertua harus memperlakukan menantu seperti anak sendiri, begitu juga menantu harus memperlakukan mertua seperti orang tua sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru