Review

EPI, Kerang Laut nan Menawan


Dulu mencari laptop yang sesuai kebutuhan aktivitas sehari-hari agak sulit. Banyak brosur yang aku dapat dan setelah dilihat spesifikasi hasilnya kurang mendukung kebutuhanku. Aku butuh seperangkat alat yang bisa mendukung profesiku sebagai pengajar. Kendala yang sering aku temuin, repotnya membawa laptop dengan ukuran besar dan bobotnya berat ditambah aku juga membawa beberapa buku literatur untuk mengajar. Selain itu aku juga butuh untuk menyalurkan hobiku menulis di blog dan fotografi. Sisanya waktu kosong biasanya aku luangkan waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya melalui blog dan jejaringan sosial lainnya. Tentunya aku butuh ini semua dalam satu perangkat.

Pertanyaannya: Apa ada gadget yang bisa memenuhi aktivitas sehari-hari dan tetap bisa stylish?

Beberapa hari lalu, seorang teman menyarankan aku dengan EEE PC Seashell. Setelah mencari informasi yang cukup, ternyata EPI (panggilan sayangku untuk EEE PC Seashell) menjawab kebutuhan aktivitasku. Bentuk yang ramping  sekitar 1 inch dan ringan 1 kg, tentunya area kerjaku bisa lebih luas dan dapat menjawab pertanyaan siswaku langsung saat itu juga. Kemudian desain netbook yang mirip kerang laut, dimana ujung di depan lebih tipis kemudian semakin menebal ke belakang. Setiap lekukan sisinya mulus tanpa siku-siku tajam seperti netbook lainnya. Terakhir, dengan balutan kasing glossy halus bikin netbook ini semakin stylish design.

Oleh karena kenyamanan yang ditawarkan EEE PC Seashell ini membuat aku betah untuk terus menggunakannya tanpa perlu kuatir daya tahan baterai yang capai 8 jam. Bahkan mampu sampai 10.5 jam tentunya dengan penggunaan WiFi, Bluetooh, Web Cam, dan pemutar musik dalam keadaan off. Cocok saat aku sedang menjelaskan materi ke siswaku karena dari EEE PC Seashell ini aku bisa menghubungkan file materiku ke layar yang lebih besar dengan fasilitas VGA Dongle Eksklusif dan kamera 1.3 MP. Wow! Nantinya aku juga bisa menampilkan desain animasi yang kubuat  di kelas desain multimedia yang kupegang.

Koneksi juga tidak jadi masalah untuk EEE PC Seashell, dengan dukungan Wi-Fi 802.11n dan Bluetooth V2.1 tentu aku menjadi gampang untuk terhubung dengan teman-teman blog dan update blog. Selain itu dipermudah dengan menggunakan tombol pintas untuk memperbesar ukuran gambar yang sedang aku lihat.  Soalnya multi touch pad-nya sangat membantu kemudahaan melakukan pembesaran atau pengecilan dalam tampilan foto atau membaca dokumen. Cukup dengan gerakkan kedua jari kita menjauh atau dekatkan ke touchpad. Untuk scroll jendela dapat dilakukan dengan geserkan kedua jari ke atas atau ke bawah dengan mudah.


Coba kamu perhatiin bentuk keyboardnya. Tuts yang luas jadi mengurangi salah keitk (baca: salah ketik). Apalagi bentuk tutsnya mirip permen karet. So great user comfort banget ASUS bisa ciptain netbook kayak EEE PC Seashell ini secara teknikal dan konstruksi sudah matang.

Ditambah fitur semisal Dr. EEE yang bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan mudah tinggal menggunakan perintah suara. Super Hybrid Engine yang memaksimalkan kinerja sistem dan daya tahan baterai hanya dengan menu yang sederhana. Ada juga Hybrid Storage yang mampu menyimpan lebih banyak file karena adanya Solid State Drive (SSD) tahan goncangan.


Berandai EPI bisa menjadi temanin aktivitasku, aku bakalan bikin si Kerang Laut ini makin berkilau dengan isi di dalamnya.

  1. Akan aku isi dengan Windows 7 yang menawarkan tampilan lebih elegan, lebih gampang digunakan. Si EPI bakal terlihat lebih powerfull.
  2. Tambah SODIMM 2GB DDR2 PC 6400. Lalu instal Adobe Photoshop untuk keperluan profesi dan hobiku tentunya membuat performance EPI ini jadi paling cepat dibanding netbook lainnya.
  3. Aplikasi-aplikasi pilihan dari ASUS, misalnya EEE Docking (untuk akses berbagi konten digital) , EEE @Vibe (untuk streaming dan download berbagai konten digital jadi aku bisa nonton youtube dengan lancar), EEE Sharing (untuk berbagi data tanpa perlu terkoneksi ke jaringan internet), EEE Xperience, EEETools.

Kendala-kendalaku sekarang sudah terjawab semua oleh EEE PC Seashell. Maka sesuai dengan slogan ASUS : Easy to learn, work, and play. Tentunya memenuhi kebutuhan aku dari informasi, interaksi, hiburan dan kenyamanan.

-000-

Tulisan ini dalam rangka aku ikut serta dalam kontes “My EEE PC, My Life – Blog Competition”. Semoga tulisan ini bisa membawa aku ke hadiah utama, seperangkat netbook canggih EEE PC Seashell. Buat kamu yang mau ikutan kontes ini bisa klik gambar di bawah ini.

221 comments on “EPI, Kerang Laut nan Menawan

  1. ini sangat berguna banget
    makasih y
    salam hangat……………

  2. Terima kasih, Mas. Rewardnya sudah diterima….ODDnya malah sudah dipake buat Burn. Terima kasih sekali.

    Huang : Ur welcome.

  3. Terima kasih informasinya. Saya beserta teman sudah mampir ke Jl. KS. Tabun, malah sudah masuk ke kawasan pedagang Es Memet. Tapi nggak ketemu Gg. Duren, sangat banyak sekali Gg-Gg di sana. Kalau boleh diperjelas, pas di jalur dagangan Es Memet kita harus ke mana? Kiri, Kanan atau Lurus saja sehaluan dengan gerobak-gerobak dagangan tersebut. Mohon tambahan informasinya…

    Huang : Dari arah sekolah xaverius 6 itu, kamu lurus saja. Gg. Duren itu sampingnya ada rumah bentuknya kayak gudang. Di atas rumah itu ada sarang walet. Nah tempatnya itu namanya Astrindo Sriwijaya, rumah warna ijo. Deket tempat praktek Dokter Wisman

  4. thanks ya atas infonya,,,salam kenal..;

  5. Wah, asyik tuh bakalan nongkrong gambarnya di situs official ASUS. Tapi, kok Dealer dan agen-agen serta service centernya asus Indonesia pada di jakarta semua. Padahal saya saat ini tinggal di Kota Palembang. Bagaimana prosedurnya itu, Mas. Apakah mesti contact distributornya yang ada di Jakarta lantas meminta mengirimkan rewardnya ke alamat rumah saya di Palembang?

    Mohon solusinya, Mas.

    Terima kasih.

    Huang : Saya juga di Palembang mas. Coba mas kontak dulu melalui email sama pihak Asusnya. Kalau distributor ASUS di Palembang itu ada di Jalan KS. Tubun, daerah pempek es Memet di lapang hatta. Lokasinya depanan sama gang Duren.

  6. Aku juga belum dapat loh Mbak dan Mas….sudah berkali-kali contact penyelenggaranya, namun jawaban pastinya belum juga di dapat. Mungkin yang bisa dilakukan sekarang ini hanyalah do’a…kalau-kalau saja cuma tertunda dan bukan berarti nggak dapet sama sekali, mengingat perjuangan untuk menang lumayan menyita dan menguras keringat bahkan waktu dan tenaga. Belum lagi periode kompetisi yang lumayan lama yakni hampir satu bulan lebih.

    Huang : Mas aku udah dapet hadiahnya, hadiahnya diambil sendiri di distributor terdekat di kota masing-masing.

    • Proses pengajuannya bagaimana? apa yg kita perlukan sebagai bukti rujukan pihak ASUSTek? adakah pajak yg harus dibayar saat pengambilan? dan apakah sekarang ini tidak terlambat untuk pengambilannya, Mas? terima kasih.


      Huang : Hadiahnya tanpa pajak kok mas 🙂 tenang aja, cukup bilang kalau mas salah satu pemenang kontes ASUS. hehehe… aku kemarin sempat difoto sebagai bukti udah ambil barangnya.

  7. mas…hadiahnya dah nyampe lom? OOT: soale kok aku gak dapet kabar apa2 ya kalo menang juga…..hehehehe

    Huang : Belom mbak 🙂 saya sih udah kontek sama penyelenggaranya, tapi katanya masih diproses 🙂 Moga aja hadiahnya segera dikirim ya.

  8. nanya bang?

    barangnya sudah keterima belum?

    Huang : Belum mas 🙂 Kalo mas Mail sendiri gimana? Kalau punya juara pertama udah terkirim.

  9. wew, keren banget blog nya,
    ga kalah ama yg punyanya jiewa (inijie).
    abis dari sana pigi sini, masih terpuaskan aja 😀
    apalagi membaca pembahasannya yang cukup lengkap,
    two thumbs up lah buat bro Huang,
    salam kenal ya.

    Huang : Salam kenal balik mas Hary.

  10. Selamat juga bang Huang, anda juga mendapatkan sebuah penghargaan atas tulisannya.
    Hebat euy, dapat komentarnya hampir 200 orang. Saya mah boro-boro, komentar satu juga itu setelah saya baca pengumumannya.. Dari temen pula (yang dipaksa ngasih komen)

    salam acuh dari ung

    Huang : Hehehe…. iya nih makasih buat teman-teman yang udah kasih jejaknya 🙂

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: