Buswaynya Palembang, Trans Musi


Palembang punya busway?

Proyek berharga ratusan juta ini diberi nama Trans Musi. Jenis transportasi umum baru yang ada di Palembang memiliki konsep busway seperti di ibu kota. Entah latah atau karena mengejar gengsi beberapa hari lalu pemkot mengadakan soft launching gratis naik Trans Musi.

Pembangunan halte busnya sendiri tergolong prosesnya cepat. Walaupun konsepnya seperti busway di ibu kota tapi nggak sepenuhnya dibuat sama persis. Jalur jalan Trans Musi ini sama seperti jalur kendaraan umum lainnya, dia nggak punya jalur khusus. Bedanya Trans Musi ini memberikan kenyamanan menggunakan jasa angkutan umum. Sebenarnya proyek ini untuk menghilangkan bus kota yang ada di Palembang. Secara berkala setiap tahun bus yang habis masa trayeknya maka nggak boleh diperpanjang lagi.

Aku sendiri nggak tahu bagaimana rute jalan Trans Musi di Palembang karena nggak ada peta khusus yang organisir halte-halte. Jika sudah bingung begini naik angkot/metromini adalah pilihan alternatif jika dibingungkan sama jalur Trans Musi.

Namun tanpa disadari adanya Trans Musi ini dapat menyebabkan tingkat pengangguran tinggi di Palembang. Belum lagi kerugian besar bagi pengusaha bus kota yang telah banyak habis investasikan uang mereka di bus. Tentunya mereka harus investasi lagi untuk Trans Musi yang harga per unitnya lebih mahal daripada bus kota.

p.s : Nanti mau coba naik Trans Musi ah.

Iklan

14 thoughts on “Buswaynya Palembang, Trans Musi

  1. dapet asumsi dari mana ya dapat menyebabkan tingkat pengangguran.
    hanya orang yang berpikiran sempit saja yang bisa bilang begitu kalo ga ada data authentic.
    meskipun benar seperti yang anda bilang.
    toh masih ada sribu jalan menuju roma, Kpan mau maju nya palembang kalo pemikiran nya mundur terus..
    Pikirkan saja, kapan lagi palembang mau rapi, dan bersih udara nya, kebanyakan fakta nya, bus2 habis trayek tak layak jalan masih tetap saja di gunakan. kalo belom sampe kebakaran itu bus2 ga bakal berhenti jalan..

    coba pikir kedepan, ambil positif nya saja, toh kita belum tau selama ini supir bus2 menjalankan bisnis angkotnya bagaimana?
    justru kesempatan ini bisa di pergunakan sebaik2nya untuk berbisnis antara supir bus dan bus nya pemerintah.
    kalo mo maju kapan lagi..

    no offense

  2. maksutnya trans musi dapat menyebabkan pengangguran tu gmn ya ? setau saya kalo buswaynya jogja, supirnya pun dari orang2 kopata dan juga jumlah armadanya pun dibatasi.

  3. saya orang palembang yang merantau ke bogor, pernah denger sih dulu awal tahun ada transmusi.. kayak busway gitu..
    pas kemaren pulang ke palembang ga sempet naek..
    trayeknya ga tau..

    kayaknya harus disediain deh..

    emang lebih enak naik bus dari kendaraan pribadi..

    pengen juga th di palembang ada hari bebas kendaraan bermotoR..

    trus kalo kemana2 pake sepeda aja..

    sayangnya palembang panas, harus di tanem puun puun dulu kali yah..

    sukses terus deh buat kotaku..
    palembangku..

    Huang : Wah hijrahh hehe

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s