Hendri : Pemuda Tamatan SMA yang Meluluskan Puluhan Ribu Sarjana


Then I was young and unafraid
And dreams were made and used and wasted
There was no ransom to be paid
No song unsung, no wine untasted

Susan Boyle – I Dreamed a Dream

11161_209499653718_604828718_2993387_1214980_n Sosok pria berjiwa gruvi ini menyambut hangat kedatangan saya dikala sore itu. Kita duduk berdua di salah satu sudut kecil cafe. Saya sempat gugup sewaktu bertemu dengan dia, tapi semuanya berjalan dengan lancar karena dia memang tipikal orang open minded. Hendri, CEO Yayasan PalComTech inilah orang yang saya temui di sore itu untuk mengatakan ya saya bersedia bergabung dan menjadi partner dari PalComTech

Berawal dari sebuah rental VCD kemudian meningkat menjadi warung internet (warnet) yang diberi nama DJ Net (1999) di Jalan Jenderal Sudirman, Palembang, Hendri mulai membangun usahanya yang dibantu oleh teman-teman terdekatnya saat itu. Secara tidak langsung pendirian usaha DJ Net dengan memberikan pelatihan internet kepada masyarakat umum telah menjadi embrio pendirian LPK PalComTech pada tahun 2003.

Pria kelahiran Palembang 14 Juli 1978 ini memiliki goals bahwa dia akan menjadi eduprenuer yang berjiwa positif dan inovatif yang mampu bersaing secara global ini terus mengembangkan sisi edupreneur yang dimiliki dengan meningkatkan kualitas diri melalui berbagai inovasi.

“You can have everything in life you want, if you will just help other people get what they want.”

Inovasi apa yang telah ia lakukan sampai detik ini?

Dari sebuah warnet satu ruko kini menjadi sebuah perguruan tinggi swasta ini telah meluluskan 10.000 alumni. Beliau membantu melayani masyarakat Sumatera Selatan yang awalnya gaptek dengan teknologi dan internet. Kini menjelma menjadi salah satu yayasan pendidikan ternama di Sumsel dengan menyediakan jurusan program studi yang baik dan berkualitas seperti S1 Teknik Informatika, Sistem Informatika, Akuntansi, Program Profesional 1 Tahun, serta pelatihan singkat.

DSCF1473

Kontribusi yang terus dia perjuangkan, bercita-cita dan memberikan sesuatu bagi masyarakat ini membuahkan hasil pada 2009 terpilih sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Saat itu pemberian anugerah disaksikan oleh Presiden, Wakil Presiden, Anggota DPR RI dan Anggota MPR. Dengan didampingi Kepala Seksi Kepeloporan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel Indra Mukti dan Staf Pemuda dan Olahraga Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemko Palembang, ia berdiri tegak gagahnya memegang piala kemenangan.

Perjalanan hidup anak sulung dari pasangan Efendi Yani dan Erlina ini tidak seperti jalan tol yang dapat melaju dengan cepat tanpa ada tujuan. Dulunya ia dipandang sebelah mata. Namun, dalam kurun waktu 4 tahun terakhir telah berhasil mengekspansi Lembaga PalComTech ke 4 Kota Kabupaten SUMBAGSEL yaitu Prabumulih, Lahat, Baturaja, dan Jambi. Sosok low profile yang ditampilkan terpancar dari sikapnya yang ramah dan dekat dengan siswa dan partner kerja. Bahkan ada siswa yang pembawaanya pendiam tapi begitu disapa oleh beliau siswa tersebut menunjukkan respon baik.

“Beginilah cara saya berkomunikasi dengan siswa, first impression diawali melalui sebuah senyuman,” ujar bapak dua anak ini. Sikap inilah yang menjadi panutan seorang pemuda pelopor.

Impossible? No! Everything is Possible!

Kini usaha yang telah ia rintis telah menjadi salah satu top brand dan satu-satunya Lembaga Pendidikan berbasiskan elearning di Palembang. Saya selalu mengingat kalimat pemicu bahwa segalanya mungkin ketika saya sedang menghadapi masalah dalam pekerjaan dan berdiskusi dengan beliau. Terobosan pemikirannya saya acungkan jempol, jika ada orang yang bisa memikirkan plan A dan B dalam suatu proyek, beliau mampu memikirkan lima langkah ke depan apa saja yang akan dihadapi dan perlu diselesaikan.

“Don’t worry be happy, Huang.” serunya setelah saya selesai diskusi bersamanya.

Beliau banyak memberi ilmu tentang leadership. Satu ilmu leadership yang ia beritahu adalah how to manage people. A manager not manage a paper buat manage a people. Saat kita ingin seseorang menjadi pemimpin, maka kita harus mengajarkan ilmu manajer yang kita punya seperti yang kita pelajari untuk orang yang akan kita ajarkan. Begitupun saat orang tersebut akan mengajarkan ilmu manajer terhadap orang baru, maka dia juga akan mengajarkan ilmu manajer yang ia pelajari sama seperti ilmu manajer yang dimiliki oleh kita.

Work Together, Play Together, Smile Together

DSCF1368

Kerja keras dan semangat serta keikhlasan ini berbuah manis walaupun dia hanya tamatan SMA Methodist 1 Palembang. Koko Hendri, panggilan akrab kami di lingkungan PalComTech ini sebenarnya pernah melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Namun, tak satupun kuliahnya membuahkan gelar. Alhasil, tanpa gelar sarjana, dia tetap percaya diri untuk mengembangkan bakat dan minatnya terhadap dunia IT.

Sosok tamatan SMA yang pantang menyerah ini berharap agar kita dapat mengikuti jejaknya menjadi motivasi bagi kalangan pemuda lainnya untuk maju dan berkembang walaupun memiliki keterbatasan. Justru dari keterbatasannya yang bukan sarjana inilah mampu membuat orang lain dapat menjadi seorang sarjana yang berkompeten dan profesional di bidangnya.

Inovasi yang dilakukannya melalui penerapan sistem belajar 100 persen praktek dan 100 persen internet pada Yayasan PalComTech mendapat sorotan positif dan telah terbukti banyaknya lulusan PalComTech yang diterima bekerja diberbagai tempat. Selain itu ide briliannya mendapat respon baik dengan mengadakan berbagai kegiatan sosial dengan memberikan pendidikan komputer secara gratis kepada masyarakat kurang mampu sehingga dapat mandiri.

Akhir tulisan ini, saya mau berbagi satu kutipan tentang masa depan.

Dua pondasi utama ekonomi global, yaitu internet dan pendidikan. Internet menciptakan peluang yg tak terbayangkan bagi masyarakat dan pemerintah.
Pendidikan memberikan skill dan pengetahuan yang akan menciptakan para pemenang!
Jhon Chambers, President and CEO Cisco Systems.

Optimisme bahwa hari esok itu ada dan selalu terbentang luas. Kita hanya perlu bekerja dengan disiplin tinggi, profesional, giat, ulet, jujur, dan motivasi dari lubuk hati yang paling dalam.

Salam hangat,

Huang

p.s : Kalau kamu merasa terinspirasi dengan tulisan saya, tak ada salahnya kalian memberi jejak jempol (LIKE/SUKA) atau memberi komentar di Notes FB saya. Silahkan klik link ini untuk memberi dukungan. Thanks

Iklan

42 thoughts on “Hendri : Pemuda Tamatan SMA yang Meluluskan Puluhan Ribu Sarjana

  1. orang seperti hendri inilah yang patut ditiru
    salam kangen 😀

    Huang : Hi mas abu.. udah balik yaa.. hehe salam kangen balik yaa

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s