BerandaReviewNew Wave E-Learning

New Wave E-Learning

Author

Date

Category

Dewasa ini para pemerhati dan pelaku pendidikan berpikir bagaimana agar sistem belajar mengajar jauh lebih baik dari yang sudah ada. Sebelumnya sistem belajar kita di Indonesia mengharuskan adanya tatap temu antara dosen dan mahasiswa. Berbentuk seperti kelas mimbar, mahasiswa duduk dengan manis di ruangan kelas lalu menyimak setiap ucapan dari dosen secara langsung. Cara belajar konvensional seperti ini bagi sebagian orang sudah mulai ditinggalkan lalu beralih ke sistem pembelajaran elektronik atau e-learning.

Apa itu E-learning?

Menurut Wikipedia, e-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar yang merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Maka solusi dari sistem pembelajaran konvensional hampir terjawab sudah karena kemudahan melihat rencana studi, nilai akademis, kegiatan ekstra, materi belajar, tugas-tugas, ujian, absensi, dan sampai interaksi sosial mahasiswa dapat dengan mudah diakses melalui komputer dan internet.

Peran Sistem Tidak Sama Dengan Manusia

Peran mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab karena mereka akan lebih gampang menemukan bahan untuk tugas mereka melalui internet. Siswa tidak perlu lagi menghadirin kelas mimbar seperti biasa, mereka dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja. Sisi lainnya dari biaya tentu lebih ekonomis daripada kelas mimbar. Dosen juga berinteraksi dan berbagi informasi dengan siswa didiknya dapat melalui conference, webcam, atau e-mail. Inilah yang menjadi buah pemikiran dari pelaku pendidikan.

Adanya e-learning membuat faktor kehadiran dosen menjadi bukanlah prioritas utama. Hal ini dikarenakan peran dosen telah digantikan oleh komputer dan bahan ajar telah dirancang oleh pemograman komputer. Mahasiswa hanya perlu mengakses masuk situs pembelajaran elektronik menggunakan username dan password milik mereka. Selanjutnya semuanya telah tersedia dalam bentuk situs.

Oleh karena  komputer telah mengambil posisi dalam e-learning, maka peran serta dosen telah menghilang dalam pembentukkan karakter mahasiswa. Inilah yang menjadi kelemahan dari e-learning yang kurang baik. Padahal banyak yang bisa dipelajarin, bukan hanya menjadi pintar tapi juga melatih si anak berinteraksi di lingkungan, mengembangkan potensi-potensi tersembunyi, serta mengoptimalkan pertumbuhan potensi tersebut.

E-learning Berbasis Web

Masuk tahun ke-4 sebagai pengajar di salah satu lembaga pendidikan komputer di kota Palembang. Setidaknya saya ingin berbagi pengalaman tentang sistem pembelajaran e-learning yang telah diterapkan oleh lembaga pendidikan tersebut. Walaupun sistem belajar bersifat e-learning, namun peran pengajar yang mendampingin siswanya masih tetap berjalan. Siswa juga dapat melakukan praktek sendiri di dalam laboratorium – laboratorium yang telah disediakan oleh lembaga.

Worksheet Interaktif

Setiap siswa dan pengajar mendapatkan 1 akun worksheet atau lembar kerja. Worksheet untuk siswa tentunya memiliki akses untuk membuka materi-materi belajar secara online, melihat nilai dan absensi, melakukan ujian secara online, jadwal belajar, perpustakaan digital, dan mengerjakan tugas-tugas. Sementara worksheet untuk pengajar hampir sama, hanya yang membedakan adalah pengajar dapat menginput nilai dan absensi, membuka dan menutup ujian secara online.

Aksesoris pendukung lain dalam worksheet, berupa RSS yang dirasa bermanfaat untuk siswa seperti info lowongan pekerjaan, forum, informasi dari perguruan tinggi, informasi upcoming birthday dan events.

Materi Belajar



Materi belajar yang tersaji secara multimedia ini dirancang agar memudahkan siswa didik mengakses serta mempelajarinya. Kemudahan untuk menyimpan materi dalam format yang telah disediakan berupa pdf, power point, dan video tutorial yang diharapkan siswa dapat berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Sehingga pemanfaatan multimedia itu sendiri digunakan sebagai media pendukung dalam pengajaran, baik dalam kelas maupun secara individual.

Ujian Online

Selama proses belajar berlangsung tentunya untuk mengukur kemampuan siswa perlu dilakukan ujian. Ujian yang dilaksanakan juga berbasis online. Bentuk ujian seperti ini tentunya memerlukan sistem fundamental yang kuat. Sisi lainnya membantu pengajar mengoreksi tumpukan kertas ujian siswanya, karena semuanya secara langsung telah dikoreksi oleh sistem.

Tugas Online

Tugas-tugas yang diberikan kepada siswa dapat langsung diberikan saat itu juga. Sementara untuk masalah pengumpulan tugas, para pengajar memanfaatkan fasilitas e-mail. Siswa dapat mengumpulkan tugas mereka melalui e-mail atau sharing. Selanjutnya pengajar akan melaksanakan tugasnya untuk memeriksa hasil.

Memantau Aktivitas Belajar


Segala aktivitas siswa dapat dengan mudah dipantau oleh pengajar. Mulai dari situs apa yang sedang diakses, aplikasi-aplikasi, sampai menjaga agar siswa tidak melakukan tindak kriminal secara online.

New Wave E-Learning


Facebook™ atau FB merupakan situs web jejaringan sosial yang popular. Suatu jejaringan sosial yang dapat menghubungkan kerabat lama dan tidak pernah bertemu, akhirnya dapat bertemu kembali hanya melalui situs jejaringan sosial yang bernama Facebook™. Ide Mark Zuckerberg ini membawa dampak positif dalam menggembangkan e-learning. Sisi interaktif dan inovasi yang diangkat adalah trend up-date status, friend list, dan chat.

Dari ketiga fasilitas yang baru ini tentunya membuat pembelajaran akan semakin menarik, memudahkan siswa, dan mengasyikkan karena secara tidak langsung akan membentuk potensi siswa ke arah positif. Dari sisi pengajar dapat memantau status siswanya. Sedangkan untuk fasilitas chat, ada yang berbeda dari Facebook™. Fasilitas chat dalam worksheet ini memungkinkan kita untuk membuat room conference dan dapat saling mengakses file ke sesama teman. Menarik bukan?

Tantangan dan Peluang New Wave E-Learning di Indonesia

Disadari atau tidak masyarakat saat ini sangat bergantung dengan informasi, bahkan saat ini informasi elektronik akan mendominasi dalam perkembangan teknologi informasi. Maka dari itu bukanlah hal tidak mungkin penerapan new wave e-learning dapat dilaksanakan di Indonesia bersamaan dengan sistem pembelajaran yang telah ada (semi e-learning). Penerapan  new wave e-learning dapat menjadi faktor pendukung agar terciptanya kemudahaan dalam akses.

Akan tetapi kemudahan akses ini perlu didukung infrastruktur perinternetan Indonesia yang masih belum benar. Akses internet yang lambat tentunya akan menyusahkan siswa untuk men-streaming informasi. Selain itu perlunya perangkat hukum yang mengatur infrastuktur yang melandasi operasional pendidikan di Indonesia sehingga menampung perkembangan penerapan baru untuk pendidikan.

Dampak lainnya new wave e-learning dapat menjangkau peran orangtua mengontrol perkembangan anaknya, misalnya mereka dapat melihat gradebook selama proses belajar. Orangtua juga dapat berkomunikasi langsung dengan dosen yang bersangkutan.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

144 KOMENTAR

  1. konsep e-learning ini cocok untuk perguruan tinggi atopun lembaga2 yang punya dukungan ‘fasilitas komputer dan sofware’ kuat…tentu saja plus para pengajar yang kompeten…

  2. Sebuah konsep yang tentunya memiliki prospek nya tersendiri. Tapi yang perlu ita sadari dan pahami adalah sudah siap kah bangsa kita untuk menerapkan sistem belajar seperti itu. Kalau menurut pendapat ane pribadi, cara belajar ini dapat diterapkan di daerah perkotaan saja yang akses internet nya sudah agak lumayan tapi bagaimana dengan rekan-rekan kita yang kebetulan tinggal di daerah terpencil. Ane sangat setuju dengan ide ini. Tetapi dalam mensukses kan sistem ini tentunya pemerintah harus ikut andil dalam percepatan dan pemerataan kemudahan akses internet di seluruh indonesia.

    Salam kenal.

  3. udah banyak universitas yg menerapkan e-learning dan cukup berguna buat para pekerja yg pengen S2 tapi jauh dari tempat kuliah. masalah utamanya : Mahaaaaal >_<

    Huang : Berarti masih kendala di biaya ya.. hehe.. tapi tetep setuju dengan e-learning kan.

  4. dengan e-learning mahasiswa dituntut aktif. Sayangnya sistem ini memperempit interaksi langung antar manuia….tapi memang sangat bermanfaat apalagi kalau long distance

    Huang : Kalo di tempat saya mbak, tetep ada kelas tatap temu kok mbak 🙂

  5. belajar dengan cara apa saja, dimana saja dan sampai kapanpun.

    blog yang menginspirasi. salam kenal. tks kunjungannya.

    Huang : Betul, semoga bisa bermanfaat ya.

  6. hoho rajin ikut kompetisi juga ya… e-learning? bisa memangkas biaya kuliah ga? kalo lebih murah kan lumayan buat memajukan pendidikan kita yang udah empot2an ini^^

    Huang : Gak juga sih mbak, tapi selama tema kompetisinya masih bisa saya ikutin dan sanggup saya akan coba. Lagipula kalau kompetisi itu positif kan baik. Kalau soal memangkas biaya kuliah saat ini, di luar logika semakin ke tahun biaya pendidikan pasti akan meningkat demi meningkatkan fasilitas dan lain sebagainya, tapi selalu ada solusi dalam masalah biaya kan mbak.

  7. mantaff sekali…!!! maju teruss…!!

    Huang : Yup, sistem ini sedang dikembangkan untuk lebih bermanfaat dan maju 🙂

  8. bila sistem ini mudah untuk digunakan maka akan lebih baik lagi

    Huang : Sistem ini sudah diterapkan dan dijalankan selama 7 tahun di tempat kami mas 😀 dan mudah kok penggunaannya.

  9. keren ded, ngapolah dak jaman aku dulu palcomtech la bagsu cak ini ye!
    wkekekekekekeke!

    Huang : Waktu itu kan masih dalam pengembangan 😀 Tanyoin samo kakak ipar kau trend, dio kan yang pengembang sistem e-learning ini 😀

  10. E-Learning bisa sangat mutlak dilakukan targantung dari kebutuhannya!!!
    E-Learning emang solusi yang baik untuk merombak dunia pendidikan tapi proses belajar mengajar secara langsung juga dibutuhkan so penggunaannya 50% ja!!!

    BTW Lam kenal ya….!!!

    Huang : Sampai saat ini proses e-learning ini masih tetap berjalan kok.

  11. I really like this posting
    berharap diterapkan, apa lagi diterapkan secara gratis
    pasti bener2 merombak dunia pendidikan negara kita

    Huang : Semoga ya pak 🙂

  12. siiippp …

    E-learning bisa jadi salah satu solusi terbaik dalam proses belajar mengajar saat ini.

    Huang : Kan Anton udah praktek sendiri gimana enaknya pake e-learning 😀

  13. wahh… kira-kira kalau anak muridnya ada yang buka situs-situs *********** berarti bisa di banned dund sama guru nya yang berbuntut di de’o… hhhhmm.. lebaynya saiia ini ;(

    Huang : Bisa kok mas 🙂

  14. Jika ini bisa diterapkan, maka pendidikan di Indonesia akan selangkah lebih maju

    Huang : Ini sudah diterapkan kok mas, hanya masih banyak orang belum tahu karena gak di publish saja.

  15. keren.. anakku nanti sekolahnya kayak gitu dari kecilkah? waa…. jangan lama2 depan komputer ya anakku…

    Huang : Ibunya juga jangan lama-lama di depan kamera dan komputer ya 😀

  16. E-learning memang penting di jaman sekarang ini, seiring berjalanannya jaman juga nantinya kebutuhan akan dunia elektronik akan meningkat.

    Salam kenal 😀

    Huang : Yup betul itu. Salam kenal balik mas.

  17. Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

    Huang : Semoga mendapat sesuatu di sini 🙂

  18. Ahai.. Mas Dosen ini sangat murah hati ya.. Mau berbagi pengalamannya dalam mengajar…
    Good Luck Di! (semoga menang kontesnya.. 😀 )

    *Keren juga tuh banner profilnya, patut ditiru nih..

    Huang : Monggoooooooooo kasih dahh 😀

  19. hmmm. ruangan kelas nya benar-benar menarik. jadi flashback ke jaman-jaman kuliah, ruangannya rada-rada mirip soalnya 😀

    Huang : Ruang kelasnya memang menarik mas. Mau mampir kemari?

  20. pertama semoga berhasil lombanya.

    tulisannya keren abisssssssss….

    dizaman IT seperti sekarnag memang menjadi tantangan sekaligus peluang dalam pengembangan bisang pendidikan, namun tantangan yang paling besar adalah bagaimana menyediakan layanan internet cepat dan murah

  21. Kek-nya harus belajar banyak saya, salah satu mata pelajaran yang belum dipahami menggunakan photoshop dengan maksimal.

    Huang : Wah bagus itu.. semoga lancar belajarnya ya.

  22. Betul Huang,di sekolah saya juga,dosennya banyak yang pangku tangan.Semua yang kerja komputer heheh.Semoga sukses lombanya ya.

    Huang : Semoga kehadiran teknologi gak bikin para dosen pangku tangan ya :p

  23. sukses selalu ya mas….
    btw, mas sendiri dengan profesi sebagai instruktur, apakah memanfaatkan metode ini?
    kl boleh saya minta infonya dong, lembaga pendidikan mana yang menerapkan metode ini? terima kasih ^_^
    o iya salam kenal ^_^

    Huang : Yup, di lembaga PalComTech mbak 🙂

  24. Hmm, keren blog and artikelnya, dari gambar-gambarnya ini juga kampus yang bagus kayaknya

    Huang : Wah mas kalau langsung aslinya tambah lebih bagus lagi deh. Hehehe..

  25. wah, dari visualisasi yang dihadirkan dalam tulisan ini memang sangat menjadi idaman, :mrgreen: jadi kepengen, rasa sayange kampus saya belum seperti itu, masalah berkutat pada substansi : biaya murah kualitas terjangkau , terkesan utopis memang, tapi tak ada salahnya menjadi idealis . Plaaakkk *nggak nyambung ya*

    semoga sukses ya pak . saya juga udah ikutan, judulnya : “Lahirnya Manusia Beradab, Sebuah Manifesto Perguruan Tinggi Idaman” 😆

    Huang : Temennya Fickry ya kamu Sup? Iya saya udah ke blog kamu 🙂

    • iya, teman yang belum pernah berjumpa . 😀
      saya kenal mas Fickry waktu blogwalking, eh nyungseb ke lamannya mas fickry, saya kagum dengan sederet prestasinya. iya, terima kasih .

      Huang : Iya prestasinya memang banyak Mas :), mas sendiri domisil dimana?

  26. apa kabar bos
    blognya mantabbbb abisssssss

    Huang : Makasih mas 😀 semoga kedepannya makin mantap. Luar biasa mas.. mas sendiri gimana?

  27. wah ini yang saya tunggu…
    kapan ya sekolah saya lebih aktif lagi..
    hem..soalnya baru sebatas wacana yang sudah direalisasikan..
    belum digunakan sebagaimana mestinya 🙂

    Huang : Bersabar, semoga nanti di tempat sekolah mas Rizal juga direalisasikan.

  28. Hhmm…sebelumnya agak kaget, kok “kadingaren” setelah lama tidak berkunjung ke sini, bahasanya Mas Huang menjadi Scientist sekali, ternyata,,, he he he,,,
    But, itu sangat luar biasa Mas, New wave E – Learning ini kudu didukung dengan sepenuh tenaga, kita jangan lagi mengekor dari negara lain, namun berusaha memajukan sumber daya potensi di dalam negeri sendiri…

    Salam semangat selalu dari Bandung 🙂

    Huang : AH kamu bisa aja Jo :mrgreen:

  29. huangg… apa kabarr… kangen. hehe.. udah lama gak mampir ke blog ini. :mrgreen: gimana sama si-epi?

    Huang : Asik… ada yang kangen. Hehehe.. kabar si Epi, saya gak dapet Epi tapi dapet hadiah yang lain :mrgreen:.

  30. wah, bener-bener pembelajaran masa depan. Saya setuju sekali dengan metode yang digunakan.

    Huang : Yup, thanks buat dukungannya.

  31. Wah interaksi dengan dosen jadi nol donk ya 🙂
    Mirip sama model belajar Universitas Terbuka, kuliah lewat kaset hhehehhe. Sekarang masih ya, atau sudah model e-learning juga ?

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    Huang : Gak kok, tetep ada mas 🙂

  32. semoga untuk kedepan semua pembelajaran di Indonesia bisa lengkap seperti itu …. supaya semua masyarakat Indoensia bisa cerdas … amin….

  33. wah sebuah pembelajaran yang sangat modern sekali …. jadi ingin belajar lagi jika ada sistem pembelajaran seperti itu di tempat saya…

  34. saya juga bikin learning site untuk penyampaian materi dan evaluasi perkuliahan saya, cukup mudah pengelolaannya. e-learning, konsep pembelajaran masa depan…

    Huang : Semoga makin berkembang ya 🙂

  35. Ini materi kesukaan saya, ICT. Namun betapapun juga ICT tetap tidak dapat sepenuhnya menggantikan guru dalam proses belajar belajar mengajar di sekolah.

    Huang : Tapi di sini, kita mengkolaborasikan peran ICT dan pengajar 🙂

  36. sebuah inovasi pembelajaran yang tak hanya perlu dibudayakan di lembaga pendidikan tinggi, pak, tapi juga utk pendidikan dasar dan menengah. e-learning memang dinilai ada plus minusnya. tapi nilai plusnya lebih banyak, asalkan anak2 dan mahasiswa tetap didampingi dan diarahkan, sehingga tak sampai terjadi kriminal online.

    Huang : Bentuk kriminal online itu yang seperti apa mas?

  37. amien smoga menang pak….
    semangat…
    oh yo kapan pak worksheet palcom yang baru keluar ?

    Huang : Nanti sedang dibikin sama tim EDP-nya :D. Btw eh ketemu juga blog bapak disini :mrgreen:

  38. sekali dayung 2 pulau terlampui..
    artikel yg bermanfaat menambah wawasan sekaligus di ukutkan kontes UII..
    semoga berjaya…

    Huang : Hehehe… tapi lebih ke manfaat. Kalau kontes ya itu penilaian sama jurinya.

  39. mungkin dari setiap sistem cara mengajar itu ada kelebihan dan keurangannya pasti ya om?
    saya sendiri nda pernah ngerasain yg model modern ini..

    salam, ^_^

    Huang : Iya masih ada kekurangannya, misalnya dari siswa yang kurang perhatian sama nilai mereka.

  40. e-learning memang penting . . .
    kebetulan kampusku sekarang udah pake e-learning . . .
    sukses buat om instruktur dan artikelnya . . .

    Huang : Makasih mbah Sis. Wah bisa sharing juga gimana sistem e-learning di kampus mbah Sis.

  41. Kunjungan di pagi hari sobat, menikmati sinar matahari dan segarnya cuaca mewarnai kendahan kehidupan. Senyum, sapa dan semangat untuk hal-hal positif, chayoo ^_^…V salam

    Huang : Selamat pagi juga dyka 🙂

  42. woh ada kontes dari UII ya? btw, huang sekarang dah jadi instruktur. Mantap bro!! luar biasa 🙂

    senang sekali dikunjungi oleh sang master 🙂

    Huang : Terima kasih atas pujiannya mas antown :p tapi anda lebih ahli daripada saya dibidang grafis dan sketsa.

  43. seiring dengan kemajuan teknologi berbasis web, pt idealnya harus menjadi pioner dalam penggunaan IT dalam proses perkuliahan, hingga akhirnya sekolah2 pada jenjang sebelumnya termotivasi utk mengikuti jejak PT. makasih infonya, mas.

    Huang : Sama-sama mas Sawali 🙂

  44. wew… keren mr.huang…. pasti nyaman banget yah… kalo liat poto-2nya

    Huang : Kenyamanan menimbulkan rasa percaya diri 🙂 *comfort makes confident*

  45. wahhh.. benar benar nyaman dan seru kelihatannya,,, pic nya juga memang okeh..

    jadi menginspirasi nie…

    Huang : Nggak tertarik ikutan kontesnya?

  46. sayangnya di kampus tempat saya belajar, e-learning sebatas formalitas, yah, karena dosennya sendiri tidak belajar bagaimana menggunakan sebuah fasilitas yang telah di berikan univ untuk media pembelajaran. Semoga tahun2 ke depan, pendidikan di Indonesia bisa lebih baik.

    Huang : Pasti akan lebih baik kok 🙂

  47. Saya sangat setuju dan mendukung program seperti ini. Apalagi jika mampu merambah sampai ke tingkat pendidikan dasar. Hanya saja, kendalanya barangkali terletak pada keuangan masing2 lembaga disamping itu kemampuan para praktisi pendidik juga perlu lebih ditingkatkan.

    Huang : Dan semoga e-learning ini juga dapat merambah ke pelosok-pelosok. 🙂

  48. Belum banyak daerah yang bisa menerapkan e-learning dengan baik Mas, ditempat saya saja belum ada yang namanya e-learing ( yang banyak cuman warnet dan lembaga kursus untuk aplikasi Microsoft Office ).

    Huang : Semoga di tempat mas Aldy penerapan e-learningnya semakin membaik ya.

  49. bagus banget bro…
    gw suka dengan ilustrasi dan penjelasannya..
    interface nya keren banget… sangat menarik dan membuat user suka dengan aplikasi ini..
    gw pengen sekali mencobanya…

    Huang : Ayo ke Palembang mas 😀

  50. wah kalau saya dulu sekolahnya seperti itu fasilitasnya sudah barang tentu tidak gaptek seperti ini sayanya heee… jadi malu….

    Huang : Kenapa harus malu mas? justru saat kayak gini mas bayu bisa kembali belajar 🙂 Semangat mas bayuuu

  51. E-learning memang memudahkan, mempersempit jarak dan mengurangi waktu. Namun sisi humanis dari pengajaran konvensioan masih belum bisa ditunjukkan dalam metode E-learning .

    Semoga menang mas

    Huang : Yaa tetap sisi humanisnya juga ada kok 🙂

  52. E learning sudah mulai dilakukan oleh perusahaan yang karyawannya tersebar…namun tatap muka tetap diperlukan, karena ada beberapa hal yang tak bisa digantikan dengan komputer terutama untuk materi yang terkait dengan kondisi riil dilapangan

    Huang : Yup, begitulah konsep new wave e-learning di tempatku mengajar mbak 🙂

  53. elearning memang pantas untuk era pendidikan saat ini.
    info bagus gan!

    Huang : Gimana hel di Jakarta? Udah kerasan ya? makasih ya udah mampir 🙂

  54. semakin lama kebutuhan pada e-learning memang makin dibutuhkan, namun di lain pihak, maaf, apa gak mengurangi tenaga kerja manusia, seperti kehadiran dosen yg minimalis sekali?
    mungkin disini dituntut kratifitas tinggi dr para siswa ya Mas ?
    * si bunda suka sok tau* 😀
    salam.

    Huang : Yup, kreativitas dari para siswa. Karena kita udah berikan yang terbaik untuk mereka bun 🙂

  55. lebih efisien yah huan9 den9an metode belajar seperti itu..

    terlebih den9an perkemban9an tehnol9i dan jaman seperti sekaran9 ini 🙂

    9ooD LucK ya untuk kompetisinya 🙂

    Huang : Makasih wi3nd 😀 Tertarik untuk ikutan juga?

  56. wah proses pembelajaran yang sangat moderen sekali … itu sih mimpi saya waktu kuliah dulu … karena lab. komputer waktu saya kuliah dulu tidak sebaik itu…(jadi sedih)…

    Huang : Jangan sedih 🙂

  57. malam sob…D

    memang benar e-learning lebih efektif dan sangat efisien, namun jika dilihat dari sisi industri, materi yang di terapkan terkadang diluar keinginan pihak industri sedangkan dari segi pendidikan pemerintah yang merancang apa-apa saja yang harus dan akan dilaksanakan di dunia pendidikan, yang terkadang tidak sesuai dengan tuntutan industri (maaf jika OOT)

    selamat malam & selamat beristirahat

    -salam hangat-

    Huang : Saya sedang butuh istirahat har 🙂 makasih tawarannya.

  58. memang sekarang ini sudah jamannya new wave,, bahkan pembelajaran sudah saling 2 arah dengan web 2.o.. tinggal kita saja bagaimana memaksimalkannya..

    Huang : Yoi mas 😀

  59. Salam sejahtera.

    Salam kenal kembali buat saudara Huang. Terima kasih atas kunjungan ke laman saya. Mudahan dapat berbagi hikmah. Tertarik dengan postingan saudara di atas, penuh dengan maklumat yang mengesankan berhubung dengan ilmu komputer. Mudahan apa yang disajikan dapat memberi manfaat buat semua khlayak pembaca yang sangat memerlukan bimbingan dengan cara demikian.

    Salam mesra dari saya di Kuching, Sarawak, MALAYSIA.

    Huang : Mbak.. aku kangen cokelat dari malaysia 😀

  60. saya sangat setuju dengan metode ini, apalagi kalau kuliahnya bisa jarak jauh… alias ga perlu mandi cukup di rumah buka web

    Huang : Haha.. alias sambil makan bisa belajar ya mbak Ari 😀

  61. saya sangat setuju dengan metode ini, apalagi kalau kuliahnya bisa jarak jauh… alias ga perlu mandi cukup di rumah buka web

    Huang : Haha.. alias sambil makan bisa belajar ya mbak Ari 😀

  62. fasilitasnya seperti dalam mimpiku…eh…belum pernah liat aslinya..eh..yang sebenarnya gitu. maaf jadi terobsesi melihat fasilitasnya. selamat berakhir pekan.

    Huang : Enggak apa-apa 🙂

  63. Have a nice day, undangan penuh kebahagiaan di hari yang ke-56 Ayah tercinta, salam D3pd 😀

    Huang : Iya dyka, sampain selamat ulang tahun ya buat papa-nya. Semoga selalu sehat.

  64. Aplikasi atau sistem nya keliatan keren tuh, cuma sebelum diterapkan, SDM para dosen / pengajar perlu dipersiapkan dulu, seperti misalnya pengetahuan dasar komputer, internet, dan lainnya termasuk membiasakan mengajar dengan bantuan teknologi informasi, misalnya tugas dikirim via email dan lain-lain.

    Huang : SDM-nya sudah terlatih bli 🙂 Tenang saja …

  65. hm… implementasi teknologi di indonesia masih terkendala oleh biaya sih. secara, hardware sebagai sarana utamanya masih mahal & juga harus dipikirkan masalah OS yang sebagian besar usernya masih familiar dengan yang bajakan.

    Huang : OS yang dipakai disini ber-lisensi asli dari Microsoft, mbak Ratu 😀

  66. Sedikit alternatif untuk e-Learning yang model mas huang: Komputer siswa nya jangan pakai komputer asli PC, biaya nya mahal. Lebih baik pakai Thin Client.

    Huang : Berasanya udah pake deh Thin Client. @_@

  67. wah ruang kelas yang bagus,, tapi kampusq juga gk kalah bagus kok heheheh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh 😀

    Huang : Iya dong.. 😀

  68. double smile 🙂 🙂 …belum baca mpe abisss mas dadi
    tapi kesimpulanya e – learning ituh = belajar via internet? benerkah 🙂
    salam semangat….semoga berhasil

    Huang : Makasih bri 🙂

  69. tak terbayangkan sewaktu kuliah dulu, kalau akan berkembang sepesat ini, maklum masih makai mesin ketik manual

    Huang : Sekarang kan udah bisa pakai komputer 🙂

  70. e-learning mungkin akan menjadi citra pendidikan masa depan, namun hanya bisa terwujud jika kita mulai menciptakan benih dan pondasinya mulai dari sekarang.

    Walau saya lebih tertarik dengan pembelajaran yang kontekstual seperti zaman dulu, bukan berarti menutup diri pada yang baru 😉

    Huang : Karena hal baru kita harus lebih bersemangat untuk membuka diri dan menyaring mana yang baik untuk dipelajarin.

  71. Wuahhh nanti saya mau mengajar okkots pake e-learning ah… konsul sama abang Huang …..

    Huang : Silahkan kalau ada yang bisa saya bantu, mas Cipu 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru