Saran Bagi Orang yang Ingin Meminjamkan Uang


Kadang sulit buat nggak nolak orang yang lagi butuh bantuan sama kita. Apalagi kalau udah butuh bantuan duit. Hari gini, kalau soal duit : hubungan teman dan musuh itu ibarat 11 dan 12. Kalau gak dipinjemin tapi ternyata dia butuh. Tapi setelah dipinjemin si teman itu susah buat balikin duitnya bahkan gak jarang dia pura-pura lupa dan kalau ketemu sama kita diapun pura-pura gak kenal lagi sama kita. Tampaknya kayak pengemis minta-minta uang yang memang milik kita. Memang yang saya bilang itu hanya sebagian, dan memang sebagian inilah yang pengen saya ceritakan.

Lantaran saya baik hati, tidak sombong, dan senang membantu. Maka datanglah orang-orang yang ingin meminjam uang sama saya (hahaha kek saya bankir aja, tapi kalau miskin jangan ditunjukin banget kalau dirimu miskin. Gengsi dong). Tumben saya me-lebai nulisnya. Waktu mau kasih pinjaman sebenarnya saya gak keberatan, kalau memang saat itu saya sedang ada dana simpenannya. Tapi kalau saya tidak ada ya bilang aja tidak ada. Cuma, kalau kasusnya saya ada dana sedikit ya apa salahnya saya pinjamkan?

Nah, oleh karena hal sifat saya yang dermawan ini makanya suka buat saya kesal sendiri. Ini orang kok gak balikin ya duit saya? Memang jumlahnya gak seberapa karena bagi saya itu uang kecil, beneran. Saya dari awal udah siap terima resiko kalau nanti dia gak balikin duit saya makanya saya bilang duit kecil biar nanti kalau duit itu gak dibalikin ya saya anggap itu sebagai uang kecil. Cuma kalau mau kasarnya, saya anggap itu sumbangan dari saya untuk beli tanah atau peti matinya! 😑

Setelah saya pikir, ya sudahlah semoga akan ada rejeki baru setelah saya mengumpat kasar tadi di atas :mrgreen: πŸ˜†

Tips saya, kalau kamu mau pinjemin duit sama teman kamu. Faktor utama yang harus kamu pikirkan itu adalah faktor kamu ada uangnya? dan faktor resiko kalau uang tersebut gak bakalan dibalikin sama orang gak tahu diri itu atau penipu!

p.s : waspadalah-waspadalah…

Iklan