Saran Bagi Orang yang Ingin Meminjamkan Uang


Kadang sulit buat nggak nolak orang yang lagi butuh bantuan sama kita. Apalagi kalau udah butuh bantuan duit. Hari gini, kalau soal duit : hubungan teman dan musuh itu ibarat 11 dan 12. Kalau gak dipinjemin tapi ternyata dia butuh. Tapi setelah dipinjemin si teman itu susah buat balikin duitnya bahkan gak jarang dia pura-pura lupa dan kalau ketemu sama kita diapun pura-pura gak kenal lagi sama kita. Tampaknya kayak pengemis minta-minta uang yang memang milik kita. Memang yang saya bilang itu hanya sebagian, dan memang sebagian inilah yang pengen saya ceritakan.

Lantaran saya baik hati, tidak sombong, dan senang membantu. Maka datanglah orang-orang yang ingin meminjam uang sama saya (hahaha kek saya bankir aja, tapi kalau miskin jangan ditunjukin banget kalau dirimu miskin. Gengsi dong). Tumben saya me-lebai nulisnya. Waktu mau kasih pinjaman sebenarnya saya gak keberatan, kalau memang saat itu saya sedang ada dana simpenannya. Tapi kalau saya tidak ada ya bilang aja tidak ada. Cuma, kalau kasusnya saya ada dana sedikit ya apa salahnya saya pinjamkan?

Nah, oleh karena hal sifat saya yang dermawan ini makanya suka buat saya kesal sendiri. Ini orang kok gak balikin ya duit saya? Memang jumlahnya gak seberapa karena bagi saya itu uang kecil, beneran. Saya dari awal udah siap terima resiko kalau nanti dia gak balikin duit saya makanya saya bilang duit kecil biar nanti kalau duit itu gak dibalikin ya saya anggap itu sebagai uang kecil. Cuma kalau mau kasarnya, saya anggap itu sumbangan dari saya untuk beli tanah atau peti matinya! 😑

Setelah saya pikir, ya sudahlah semoga akan ada rejeki baru setelah saya mengumpat kasar tadi di atas :mrgreen: πŸ˜†

Tips saya, kalau kamu mau pinjemin duit sama teman kamu. Faktor utama yang harus kamu pikirkan itu adalah faktor kamu ada uangnya? dan faktor resiko kalau uang tersebut gak bakalan dibalikin sama orang gak tahu diri itu atau penipu!

p.s : waspadalah-waspadalah…

10 pemikiran pada “Saran Bagi Orang yang Ingin Meminjamkan Uang

  1. Hai org dermawan, mgkn bnyk pelajaran yg sudah anda trima.. Tp sudikah anda membantu sy yg sdang buth pinjaman untk melunasi hutang2 sy. Tiap bln akan sy cicil.. Bs jd anda tdk percy dgn sy, tp ketulusan hati dan ats nama agama sy, sy tdk akn ingkar pd hutang sy. Tlg bntu sy..

  2. Betul mas, saya sendiri kena deh kaya gitu.. Kita sih mudah2 aja ngasih pinjeman dan mereka yg pinjem mudah2 aja kalo minjem… tapi, giliran mengembalikan… Nah, itu deh, kita gantian yang “seolah2” ngutang… haduhhh…berat juga.

    Memang disarankan, klo ada yang ngutang ma kita:
    1. Harus ada jaminan yg kita pegang: barang org yg ngutang yg senilai atau hampir senilai dg jumlah uang yg mereka pinjam
    2. Harus ada 2 org saksi
    3. Harus ada perjanjian tertulis

    Ribet sih memang, tapi hal itu baik kedepannya. Tak merusak pertemanan karena kedua belah pihak tak ada yg dirugikan..

    salam,

    Huang : Wah saran dari bang Darma itu kalo untuk nominal kecil apa gak terlalu berlebihan ya?

    • klo nominal kecil ya diikhlasin aja mas huang.. kita kan sebelnya klo nominalnya tu “menurut” kita besar.. dan pandangan ttg besar kecilnya berbeda2 tiap orang

      Huang : Nominalnya emang kecil mas, tapi aku gak nyangka aja setelah lama kenal dan dia tampak baik sama aku… 😦

  3. Kadang uang bisa merusak pertemanan memang. Makanya hindari urusan uang deh sama sahabat atau teman kita πŸ˜€

    Huang : Gak ada uang, gak bisa makan dong πŸ˜€

  4. ngga hanya uang kalo pengalaman ku dan teman-teman.

    komik pun ngga kembali
    kalkulator pun ngga kembali
    CD pun ngga kembali
    Kaset pun ngga kembali
    Gitar listrik pun ngga kembali
    efek gitar pun ngga kembali
    ampli gitar pun ngga kembali

    Dengan berbagai alasan, ngga tahu lah, hilang lah, dsb lah.

    Kesimpulan: hal-hal tersebut SANGAT Indonesiawi! πŸ˜† .Pinjem sesuatu dari orang lain tanpa tanggung jawab sama sekali πŸ˜›

    Huang : Hahaha… penjelasan yang teknis. πŸ˜€

  5. Salam Takzim
    Hehehe idem gan,saya malah sempat tertipu puluhan jt gara gara kedermawanan
    Terima kasih gan sudah berbagi agar lain kali lebih waspada. Niat bantu eh malah buntu
    Salam Takzim Batavusqu

  6. kalo saya d rumah diajarkan memang kalo minjemin uang ga boleh Huang,,, kalo ada ya beri kalo tidak jangan beri… jadi ga timbul kekecewaan

    Huang : Lebih tegas ya πŸ™‚

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s