BerandaTravelingIndonesiaKosa Kata Penting Bermanfaat Selama Jalan-Jalan di Palembang

Kosa Kata Penting Bermanfaat Selama Jalan-Jalan di Palembang

Author

Date

Category

Ada pepatah yang berbunyi dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Kalau kamu sedang berkunjung ke Palembang, pastinya bukan cuma makan pempek saja kan? Pasti kalian mau belanja atau keliling Palembang. Nah, daripada kalian “gampang” dikenalin sebagai orang datangan. Kali ini, ada tips biar kalian lebih gampang berbaur sama penduduk lokal Palembang.

Biasanya, penduduk lokal lebih fasih ngobrol dengan bahasa Palembang. Daripada kalian bingung sama bahasa Palembang, tentunya mereka juga menghargai usaha kalian untuk coba berbicara pakai bahasa Palembang. Yuk catat kosakata penting yang bermanfaat buat kalian selama di Palembang.

Bahasa Palembang punya kemiripan dengan bahasa daerah di propinsi sekitarnya, seperti Jambi dan Bengkulu. Perbedaannya hanya di intonasi. Untuk belajarnya lebih mudah, akhiran ‘a’ pada kosa kata bahasa Indonesia biasanya diubah menjadi ‘o’. Gampang kan! Berikut ini beberapa kosakata bahasa palembang yang bisa kamu gunakan:

mokaseh : terima kasih

berapo : berapa

nak kemano : mau kemana

apo gawe : ngapain?

berapo sikok : berapa satu? (menunjuk jumlah)

awak : kamu

dak pacak : tidak bisa

dak terti : tidak paham

dak katek : tidak ada

dak katek-katek : tidak (membela diri)

apo lokak : ada peluang apa?

getabasa : pelit, bokek

lanang : lelaki

betino : perempuan

peh : ayo

kagek bae : nanti saja

mudike : bohong

berejo : berusaha

balek : pulang

begoco : berantem

nganyang : menawar

dak ser : tidak suka

sikok : satu

duo : dua

tigo : tiga

Kalau kalian pergi ke pasar 16 atau pusat belanja Megahria. Biasanya para pelayan suka teriak kayak mbak-mbak di Mangga Dua. Cari apo kak, jinggoklah dulu, masuklah, ado sepan, jinggoklah dak papo kok. Bisa diartikan gak? :mrgreen:

Itu tadi beberapa kosa kata yang bisa kalian catat dan praktekkan pas di Palembang. Bahasa Palembang sendiri unik, kalau kita belum terbiasa dengar bahasa Palembang sepintas terdengar nadanya kasar dan keras. Tapi kalau kalian berjumpa sama orang yang sulit lafal “R” biasanya mereka lebih fasih lagi dan tempo bicaranya lebih cepat untuk ngomong pakai bahasa Palembang. Trust me. Makanya diperlukan pengucapan kata dengan baik, kamu juga bisa menanyakan kepada warga setempat agar tidak salah saat berbicara. Kalau kalian anak Palembang yang rantau, pastinya bakalan kangen dan senang banget kalau jumpa sama teman sekampung biar bisa ngomong pakai bahasa Palembang! Jangan takut untuk mencoba dan semoga sukses!

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

29 KOMENTAR

  1. Semua informasi yang di sajikan sangat bermanfaat dan menginspirasi, saran dari kami postingannya lebih diperbanyak lagi, terima kasih..

  2. Saya beberapa kali ke Palembang dan kerap mendengar kalimat di atas. Makasih Huang, akan dipraktekkan kalau saya ke Palembang lagi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru