5 Street Food Enak Wajib Coba Saat Ke Thailand


Sawadee krap

Thailand – Membayangkan berada di kerumunan penduduk lokal Thailand, tentunya kita akan sering mendengar ucapan pembuka awal sewaktu berjumpa dengan mereka. Wisata Thailand memiliki daya tarik tersendiri bagi kita yang gemar makan dan belanja. Dua hal ini sulit dipisahkan apabila kita sedang berlibur di Thailand. Memiliki kemiripan dengan orang-orang di Indonesia, Thailand saat ini menjadi negara yang paling diminati untuk liburan singkat melepas penat dengan Thai Massage atau pantai-pantai cantik yang ada di Bangkok, ibu kota Thailand.

Bagi saya yang belum pernah menginjakkan kaki ke Thailand tampaknya belum afdol memang untuk berani bercerita tentang Thailand. Tapi saya mengagumi objek-objek wisata yang terdapat di Thailand, khususnya Wat Rong Khun di Chiang Rai, kuil berwarna putih yang unik. Puas mengeksplorasi Thailand tentunya hal satu ini yang tidak boleh dilupakan adalah berwisata kuliner enak yang menjadi khas Thailand. Surga makanan, mungkin ini sebutan tepat bagi tiap orang yang ke berkunjung ke Thailand. Sebab selain jajanan jalan yang melimpah ruah sepanjang jalan Bangkok, juga terdapat kuliner yang “unik” kalau kalian memiliki nyali yang kuat seperti kalajengking goreng. Saya sendiri telah membuat daftar makanan yang mau saya icip apabila saya berkesempatan ke Thailand. Berikut 5 jajanan jalanan khas Thailand yang ingin saya nikmati di tempat aslinya.

Pad Thai

Pad Thai itu sejenis kwetiau goreng khas Thailand yang digoreng putih. Boleh dikatakan menu Pad Thai ini tergolong menu lengkap dan mengenyangkan. Bahan masaknya ada telur, toge, udang, sayur, ditaburi cincangan kacang goreng dengan rasa asin, manis, dan asem segar dari jeruk nipis. Membayangkan semua bahan tersebut bercampur menjadi satu sehingga jadilah kuliner enak yang menggoyang lidah. Bedanya dengan kwetiau yang umumnya kita jumpa adalah bentuknya lebih kecil seperti mie lebar.

Makanan ini identik dengan chinese food sebab mengandung unsur mie. Namun memang dulunya banyak orang etnis Tionghoa yang bermukim di Thailand sehingga terjadi pertukaran budaya khususnya kuliner. Menurut info teman yang sudah pernah berkunjung ke Thailand, Pad Thai di kota aslinya lebih sering hadir sebagai makanan kaki lima paling diminati oleh para turis. Pad Thai masih dinikmati di Thailand, bahkan tersebar ke seluruh dunia. Makin kuat rasa penasaran ingin mencicipi Pad Thai langsung di Bangkok!

Lokasi : Siam Cafe (Hotel Home Inn Palembang) Jl. Mayor Ruslan No. 168 Palembang

Thai Spring Rolls

Seperti yang saya bilang kalau ada kemiripan antara Indonesia dan Thailand, termasuk makanan. Kalau di Indonesia pasti kita akan menyebutnya sebagai lumpia goreng. Kalau di Thailand, camilan ini punya citarasa gurih dan crunchy sebab digoreng menggunakan kulit lumpia. Isi dalam thai spring rolls ini berupa campuran dari ayam, sayuran seperti wortel, kol dan jamur. Kemudian digoreng sampai kecokelatan sehingga apabila saat disantap, bumbunya langsung terasa nikmat.

Teman makan Thai Spring Rolls dilengkapi dengan saus ala Thai dengan rasa asam pedas. Bayangkan saja nikmatnya gigitan pertama menyentuh mulutmu. Slruupp… kenikmatan yang sulit ditolak apabila sudah berada di Thailand. Huaah.. please take me to Thailand.

Lokasi : Siam Cafe (Hotel Home Inn Palembang) Jl. Mayor Ruslan No. 168 Palembang

Tom Yam Thai

Nama Tom Yam tentu tidak asing di telinga kita, bahkan pernah menjadi judul film beberapa tahun lalu. Makanan berkuah dengan citarasa asam pedas khas Thailand ini memang berhasil membuat mata semangat kembali. Apa yang dicari di dalamnya adalah citarasa kuahnya yang segar dengan isi udang, cumi-cumi, ikan, dan berbagai sayuran segar akan menambah nafsu makan kita bertambah.

Walaupun sering saya nikmati salah satu kuliner Thailand ini di Palembang, namun rasanya pasti akan berbeda sekali dengan kita makan langsung di Thailand. Sudah pasti perbedaannya tentu dari bahan baku yang segar. Kebayang sensasi nikmatnya mencicipi kuliner Thailand.

Lokasi : Imperial Resto Jl. Betet Rajawali Palembang

Mango Sticky Rice

Butuh hidangan penutup dari semua kuliner Thailand yang sudah dicicipin? Belum sah memang kalau ke Thailand tidak menyantap ketan mangga yang disiram dengan saus santan kental. Mango sticky rice ini katanya gampang sekali ditemukan di jajanan jalan sepanjang Bangkok. Sudah bisa dibayangkan rasanya? Apalagi kalau dapat buah mangga manis yang kaya akan Vitamin C, tentunya akan nikmat sekali.

Saat ini saya baru pernah mencicipi mangga ketan di Palembang dari salah satu teman saya yang mencoba berjualan secara online lewat sistem pre-order. Hanya saja rasanya divariasikan dengan daun pandan yang membuat citarasa asli tentunya akan berbeda apabila kita makan langsung di Thailand. Sebagai salah satu jajanan street food yang terkenal di kota Bangkok, tentunya rugi kalau kita melewatkan ketan putih gurih dengan saus santan kental ini.

Lokasi : Kedai 66 (simpang tiga golf) Jl. Bambang Utoyo Palembang

Thai Tea

Sebagai penutup, dari semua makanan yang sudah pernah saya icip walau belum ke negera aslinya. Thai Tea menjadi minuman yang menarik untuk melegakan semua makanan yang masuk ke dalam perut. Manis, segar, dan kelet itu yang bisa digambarkan sewaktu menikmati thai tea. Campurannya terdiri dari susu, krimer serta teh kemudian dikocok-kocok. Kenapa saya tahu? Sebab saya kalau sedang kehausan di mall, biasanya akan langsung ke booth minuman thai tea yang saat ini sedang menjamur di Palembang. Ada yang rasanya manis pake banget sampai rasa yang enak pake bingits. Maka saya penasaran sekali mencoba thai tea asli dibuat oleh orang Thailand.

Lokasi : Siam Cafe (Hotel Home Inn Palembang) Jl. Mayor Ruslan No. 168 Palembang

Keunikan masakan Thailand memang terletak di asam, pedas dan segar. Bumbu rempah yang kuat juga termasuk di dalamnya. Memang tidak begitu banyak tempat makan yang ada di Palembang menjual masakan Thailand. Namun, dari yang pernah saya coba tentunya rasanya akan berbeda kalau kita bisa mengunjungi langsung Thailand untuk jalan-jalan, belanja dan makan!

Kalau kamu ke Thailand mau mencoba kuliner apa saja?

43 pemikiran pada “5 Street Food Enak Wajib Coba Saat Ke Thailand

  1. Aku pernah nyoba tuh thai tea, sekilas kayak teh susu tapi ternyata rasanya beda ya…yang laennya belum pernah nyoba. Ke thailandnya juga belum pernah…hehehe…

    -rafifjalanjalan-

  2. Akhirnya ada tulisan travel lagi 😀

    Tom Yum sendiri ada beberapa macam, koh. Yang paling populer memang Tom Yum Goong yang isi udang, lalu ada juga Tom Yum Kagai yang isi ayam. Btw itu tom yum yang di foto kayaknya kental banget hehe.
    Mango Sticky Rice yang otentik di jalanan wujudnya nasi ketan dengan “lauk” potongan mangga segar.

    Kalau buat aku sih, yang wajib itu kuliner babi pinggir jalan seperti sate babi yang murah meriah, hahaha.

  3. Aku penasaran sama Mango Sticky Rice, secara demen banget sama buah mangga 🙂 Oya, kalo travelling ke Thailand gimena dengan masalah bahasa? Susah nggak kalo mau order makanan dengan bahasa mereka yang unik banget itu? Hehehehe.

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s