ROG Phone, Smartphone Gaming Khusus Sultan


Kalau dulu laptop gaming menjadi acuan sebagai laptop spesifikasi baik. Lantas, bagaimana kalau spesifikasi tersebut menjadi smartphone gaming?

Menutup tahun 2018, ASUS memang pintar menggebrak dunia smartphone dengan launching smartphone gaming. Ada tiga smartphone yang dikeluarkan yaitu ZenFone Max M2, ZenFone Max Pro M2 dan ROG Phone. Bocoran mengenai ROG Phone sendiri sudah dari beberapa bulan lalu saya dapat dari ASUS Indonesia. Namun untuk melihat secara langsung masih harus ditahan.

Era mobile gaming makin menjamur. Tampaknya gaming mengambil kontrol penuh untuk sebuah smartphone. Apa yang dicari dari sebuah smartphone gaming? Tentu saja mulai dari performa, tampilan layar yang dirancang untuk bermain game, serta dipenuhi fitur gaming eksklusif yang tidak ditemukan di smartphone lainnya.

Waktu saya menonton live streaming ASUS kemarin, saya melihat ASUS mulai mengeluarkan DNA gaming untuk smartphone terbarunya yaitu ROG Phone yang merupakan smartphone gaming terbaik di dunia.

Apa yang saya suka dari ROG Phone?

review rog phone

Bagi kalian gamer tentunya prosesor ibarat otak yang bisa menjalankan semua aplikasi. ROG Phone ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 845 Speed-Binned yang berjalan di kecepatan 2,96 GHz, lebih cepat dari Snapdragon 845 di smartphone lain. Snapdragon 845 dibekali dengan GPU Adreno 630 yang sangat powerful serta teknologi GameCool vapor-chamber cooling system yang didukung AeroActive Cooler, membuatnya tampil dengan performa luar biasa dan bisa menaklukkan game apapun yang ada di platform Android.

Artinya, seberapa lama kalian bermain game dijamin tidak panas karena punya sistem pendingin yang baik. Selain itu ROG Phone didesain untuk tetap nyaman digunakan dalam sesi game panjang. Salah satu fitur paling unik yang hanya dimiliki oleh ROG Phone adalah side-mounted ports yang berguna untuk menghubungkan ROG Phone dengan berbagai aksesorisnya. Selain itu, side-mounted ports bisa digunakan sebagai port untuk mengisi daya dan karena posisinya berada di samping, gamer bisa mengisi daya tanpa mengganggu kenyamanan saat bermain game. Sempurna bukan?

Tangguh dengan Gorilla Glass 6

review rog phone

ROG Phone makin menggiurkan untuk dimiliki karena sudah menggunakan 2.5D dan 3D-curved Gorilla Glass presisi dengan diamond-cut highlights serta copper detailing. Wuihh.. Mantep tenan bukan kalau punya ROG Phone. merupakan salah satu smartphone paling tangguh. Selain itu, rangka ROG Phone menggunakan metal frame yang dirancang sedemikian rupa sehingga sudah tahan air dan mengantongi sertifikasi IPX4 splash resistant. Bisa dibayangkan ketangguhannya buat para gamer bermain kapanpun serta dimanapun.

Performa ultra-kencang

review rog phone

Sejak awal ASUS mengeluarkan ROG sebagai brand dengan produk DNA berperforma tinggi berhasil merebut hati para gamer. Kesuksesan itu diduplikasi lewat ROG Phone yang dipastikan bermain game tanpa hambatan, tanpa lag, dan tanpa delay karena memiliki respon yang tinggi. Dukungan SoC Snapdragon 845 Speed-Binned serta GPU Adreno 630 membuat ROG phone tampil sebagai gaming powerhouse dengan performa grafis luar biasa. Framerate yang tinggi serta stabil tanpa lag sedikitpun, bahkan ketika digunakan terus menerus.

Untuk mendukung performa komputasinya, ASUS juga menanamkan konektivitas premium di smartphone ini, yaitu Cat 18 LTE serta 802.11ad gigabit-class Wi-Fi yang super kencang. Sesi bermain game online pun dipastikan tidak akan mengalami gangguan.

Tetap dingin

review rog phone

Salah satu keraguan para gamer ketika sudah bermain game adalah suhu panas. ROG Phone bukan smartphone gaming biasa, dia smartphone gaming elite yang sudah memiliki sistem pendinginan. Untuk itulah ROG Phone dilengkapi dengan teknologi pendingin khusus bernama GameCool system yang memanfaatkan 3D vapor-chamber cooling. Ditambah dengan copper heat spreader dan carbon cooling pads, ROG Phone dapat menemani gamer bermain dalam waktu yang lama tanpa ada masalah dengan suhu yang tinggi.

Untuk memaksimalkan pendinginan, ROG Phone sudah dibekali dengan aksesori khusus bernama AeroActive Cooler yaitu kipas tambahan yang bisa dipasang di ROG Phone. Kipas ini mampu menurunkan suhu ROG phone hingga 4,7 derajat Celcius.

Layar kelas gaming

Smartphone gaming terbaik membutuhkan layar terbaik. ROG Phone menggunakan layar dengan panel AMOLED dan sudah memiliki refresh rate 90Hz dengan response time 1ms, spesifikasi yang sangat dibutuhkan oleh gamer esports. Layar tersebut menjanjikan pengalaman bermain game yang sangat responsif serta animasi di dalam game yang sangat mulus.

Selain memiliki performa tinggi, layar ROG Phone sudah mampu menampilkan warna dengan sangat baik dengan tingkat color gamut DCI-P3 sebesar 108.6% dan sRGB sebesar 145%. Tampilan visual yang dihasilkan menjadi sangat detai berkat dukungan HDR Visual dan dukungan rasio kontras 100,000:1, membuat gamer bisa melihat objek di game dengan jelas meski digambarkan dalam gelap.

Tetap nyaman bermain game

Mengisi daya smartphone sambil bermain game sangatlah tidak nyaman karena kabel akan mengganggu posisi tangan. Di ROG Phone, gamer tidak akan mendapatkan masalah tersebut karena ASUS menghadirkan port tambahan khusus bernama side-mounted ports di bagian sisi bodi ROG Phone. Melalui port tersebut, ROG Phone akan tetap nyaman digunakan ketika bermain game dalam mode landscape sambil mengisi daya baterai.

Side-mounted ports di ROG Phone bukan sekadar port biasa. Para engineer ASUS merancang port ini tidak hanya sebagai jalur pengisian daya alternatif, tetapi juga memiliki jalur data yang bisa mentransmisikan audio dan video. Side-mounted ports juga merupakan fasilitas utama untuk menghubungkan ROG Phone dengan aksesorisnya.

Take control

review rog phone

Dalam game apapun, kontrol merupakan hal terpenting yang menentukan kemenangan. Sayangnya, smartphone tidak memiliki banyak kontrol fisik dan game mobile sangat bergantung pada tombol virtual yang sulit dikontrol, kecuali di ROG Phone. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur AirTrigger yang memberikan pengalaman kontrol layaknya di konsol.

AirTrigger merupakan ultra-responsive sensor yang ditempatkan di samping bodi ROG Phone. Gamer bisa menggunakan AirTrigger sebagai pengganti tombol virtual yang ada di dalam game. ROG Phone juga memiliki pengaturan khusus untuk AirTrigger di setiap game. Berkat AirTrigger, gamer seperti memiliki dua jari ekstra sehingga memberikan keuntungan lebih ketika bermain game.

Gamer bisa menghadirkan kemampuan penuh ROG Phone dengan mudah melalui fitur X Mode. Hanya dengan satu kali tekan, X Mode secara otomatis akan mengosongkan memori dan mengalokasikannya untuk bermain game. X Mode juga akan mencegah berbagai aplikasi yang rakus daya dan memori untuk aktif sehingga sesi bermain game dengan ROG Phone bisa lebih nyaman serta lancar. Dengan kontrol penuh untuk bermain game, terlintas di pikiran ini smartphone atau smartphone gaming?

Immersive stereo sound

Bermain game tanpa audio yang stereo tentu rasanya kurang nendang. ROG Phone menggunakan ultra-powerful front-facing stereo speaker yang dikontrol oleh amplifier khusus sehingga bisa menghasilkan suara kencang yang minim distorsi. Sistem audio di ROG Phone juga sudah mendukung Hi-Res Audio lewat 24-bit/192KHz audio engine yang tertanam di dalamnya.

Sistem audio ROG Phone didukung oleh teknologi DTS:X Ultra 1.0 terbaru yang bisa menghasilkan suara sangat realistis. Mendukung fitur 7.1 channel surround sound, ROG Phone sudah memenuhi standar audio untuk game virtual reality.

Pengisian daya cepat, aman, dan tetap dingin

Dengan kapasitas baterai 4.000 mAh, gamer sudah bisa bermain game cukup lama. Namun inovasi ROG Phone tidak hanya menghadirkan baterai besar saja. Smartphone gaming ini sudah mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4.0 yang dapat mengisi daya dengan cepat.

ROG Phone juga merupakan smartphone ASUS pertama yang hadir dengan teknologi ASUS HyperCharge, membuat smartphone ini bisa mengisi daya dari kondisi baterai kosong hingga 60% hanya dalam waktu setengah jam saja. Hebatnya lagi, teknologi ini tidak membuat smartphone panas karena chip khusus HyperCharge justru berada di dalam adapter ROG Phone.

Aura RGB

Menambah keunikannya, ROG Phone juga merupakan smartphone ASUS pertama yang mengadopsi RGB LED menggunakan ASUS Aura RGB Lighting. Gamer bisa mengubah efek tampilan RGB LED yang ada di ROG Phone seperti static, breathing, strobing or color cycling.

Selain itu, para gamers juga bisa mengatur tampilan tertentu untuk skenario khusus. Misal menampilkan warna biru ketika ada panggilan telepon dan lain-lain.Dengan demikian, ROG Phone miliknya punya kepribadian yang berbeda dengan ROG Phone milik rekannya yang lain.

Premium camera

ROG Phone sudah dibekali sensor kamera kelas flagship yaitu Sony IMX 363 dengan aperture lebar yakni f/1.7. Sensor kamera tersebut punya ukuran2,55 inci dengan lebar pixel 1,4 micron untuk pengambilan gambar maksimal.

Meskipun bukan merupakan camera phone, ASUS juga membekali ROG Phone dengan serangkaian mode pemotretan, mulai dari potrait, landscape, hingga mode profesional. Artinya, kalian masih bisa eksperimen mengenai fotografi, termasuk ROG Phone. Bayangin saja foto dengan watermarknya ROG Phone 😀

Game the way you want

ROG Phone merupakan smartphone gaming yang memiliki ekosistem solid dan hadir dengan serangkaian aksesori eksklusif yang dijual secara terpisah. Aksesori yang ditawarkan dalam paket penjualan terdiri dari AeroActive Cooler dan GameVice Controller. Namun demikian, pengguna yang membutuhkan nantinya akan dapat membeli TwinView Dock dan Mobile Desktop Dock secara terpisah. ROG Phone juga merupakan satu-satunya smartphone di dunia yang bisa menggunakan aksesori tersebut.

ROG Phone hadir dengan dua varian sesuai kapasitas memori internal. Harga jual ROG Phone 8GB/128GB Rp 12.999.000 dan ROG Phone 8GB/512GB Rp 14.499.000.

Kesimpulannya, bagi kalian yang ingin mendapat stempel Sultan sepertinya memang cocok punya ROG Phone ini soalnya smartphone ini anti mainstream waktu kalian sudah kumpul sama teman buat “mabar” alias main bareng.

Model ROG Phone (SZ600KL)
Display, Resolution 6-inch 18:9 (2160 by 1080) 90Hz, 1ms response time AMOLED display, 550nits brightness, Gaming HDR and Mobile HDR supported by dedicate hardware display chip, 108.6% DCIP3 and 100,000:1 contrast ratio AMOLED display with Corning Gorilla 6 Glass
SoC Processor CPU Super fast 14nm Qualcomm Snapdragon 845 Speed-Binned Processor at 2.96 GHz
GPU Qualcomm® Adreno™ 630 GPU
Memory RAM / Storage LPDDR4X 8GB RAM
Camera System Rear (main)

Camera

Sony flagship IMX363 12MP dual pixel image sensor with F1.7 aperture
Rear (wide)

Camera

8 Megapixel wide angle camera
Front camera 8MP, F2.0, 84 degree view angle with LED Flash
Camera feature PixelMaster 4.0 camera mode: Auto (with Night HDR and Portrait), Beauty, Pro (RAW file support / up to 32 seconds long exposure), Super Resolution (48MP), GIF Animation, Panorama, Time Lapse (with power saving mode)

AI Photography: AI Scene Detection, AI Photo Learning, Real-time Protrait, Real-time Beautification, 4K video recording, Slow Motion video (1080p at 240 fps / 720p at 240 fps), ZeniMoji live emoji

Wireless WLAN 802.11a/b/g/n/ac 2.4 & 5GHz, WLAN 802.11ad 60GHz (32 Antennas)

Bluetooth 5.0, Wi-Fi direct, NFC

Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face recognition, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, Hall Sensor, Ultrasonic sensor for AirTriggers and grip press
SIM card and SD slot Dual SIM dual standby

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Network GSM/GPRS/EDGE; WCDMA/HSPA+/DC-HSPA+; TD-SCDMA; CDMA 2000; FDD-LTE; TD-LTE

Data rate:

LTE Cat13 UL up to 150Mbps / Cat18 DL up to 1.2Gbps, DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42Mbps, DL 5CA and UL 2CA supported, 4×4 MIMO and CA w/ 4×4 MIMO supported

5CA 4×4 MIMO up to 1.2Gbps supported

GPS GPS, GLONASS, BeiDou, Galileo, QZSS
OS Android™ Oreo 8.1 and ROG UI
Battery 4.000mAh capacity

AI & scheduled charging for battery protection

Audio / Microphone Dual front-facing speakers

5-magnet speaker with dual NXP 9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Triple internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Size / Weight 158.83 x 76.16 x 8.3mm / 200 grams
LED Aura lighting support
Iklan

2 pemikiran pada “ROG Phone, Smartphone Gaming Khusus Sultan

  1. walopun aku bukan gamers, tp hp ini kereeeen sih. mau banget utk beli ini. dgn batre 4000 dan ram plus memory segede itu, aku ga ush kuatir lemot dan bisa nyimpan foto ribuan ;p

  2. Ping balik: Generasi Terbaru Smartphone Gaming Hadir! ASUS ZenFone Max M2, ZenFone Max Pro M2 dan ROG Phone | Koh Huang

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.