featured

Manfaatkan Momen Ramadhan Tetap Produktif dan Belanja Dari Rumah Saja


Tahun ini Ramadhan dilakukan dengan cara sedikit berbeda. Biasanya identik dengan momen hangat bersama keluarga atau makan masakan spesial di Hari Raya. Kini tak ada buka bersama dengan teman, berburu takjil makanan langka tradisional di pasar kaget. Bagi anak perantauan pun tidak bisa pulang kampung saat lebaran memberikan kado spesial Ramadhan untuk orang yang kita sayangi.

Ramadhan kali ini di rumah saja. Sesuai arahan pemerintah agar kita saling physical distancing, belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah. Bulan ramadhan ini menjadi tantangan tersendiri. Mungkin kita akan merasa bosan di rumah hingga kurang bersemangat sehingga tidak produktif bekerja. Namun sebaiknya tak menjadi alasan di bulan Ramadhan aktivitas saya harus lebih produktif.

Waktunya Belajar Keahlian Baru

Selama di rumah, saya bertekad untuk mengasah skill baru agar tetap produktif. Selain membuat konten, saya kembali menekuni hobi baru yang fleksibel dari waktu dan tempat, yakni sebagai fotografer produk dan makanan. Berhubung saya bekerja seorang diri, saya pun mengemban dua tugas sekaligus yaitu sebagai tukang foto dan juga penata makanan. Kedengarannya asyik ya kegiatan saya di rumah?

tips foto makanan
Produktif di rumah saja

Banyak orang lebih tertarik membeli sesuatu ketika melihat gambar yang menarik. Bahkan kalau kita belanja online di marketplace pasti melihat gambar yang menarik untuk meyakinkan diri sebelum membeli. Tantangan bagi saya adalah bagaimana membuat foto serupa dengan makanan asli agar pembeli tak merasa tertipu. Ketertarikan pada foto makanan ini diperoleh lewat belajar otodidak.

food stylist
Proses food stylist lebih maksimal dengan properti

Banyak hal kecil yang kadang dilupakan orang ketika memotret makanan. Mulai dari penampilan bumbu hingga menu utama yang akan disajikan. Percobaan foto demi foto juga berdasarkan jam terbang. Ketika ada masukan artinya kita sedang belajar untuk lebih baik.

tips foto makanan
Persiapan awal untuk menjadi fotografer makanan

jasa foto produk

foto produk
Foto produk UMKM yang dijual di marketplace

Beberapa hal penting dalam fotografi makanan yang mampu membangkitkan rasa dan emosi tidak hanya sebatas visual yang indah saja, berikut tiga tips dasar yang saya lakukan:

1. Kuasai gear atau kamera yang dimiliki

Untuk pertama membeli kamera, sangat disarankan untuk membaca buku petunjuk penggunaan. Agar lebih mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kamera tersebut. Bagi yang pemula dalam bidang fotografi tentunya kamera seperti pasangan saling mengenal. Setiap kamera memiliki karakteristik yang berbeda seperti warna dan kemampuan. Kamera yang digunakan tentunya menggunakan kamera profesional karena kita ingin dilirik oleh calon klien.

Menurut saya, kalau ingin membeli kamera maka beli sesuai dengan kemampuan budget. Nanti setelah mendapat rezeki lebih baru kita tukar dengan kamera lebih baru. Untuk membeli kamera, terlebih dahulu saya membandingkan harga lewat toko online warna orange soalnya suka kasih promo gratis ongkos kirim. Kita bisa mengecek toko-toko resmi yang menjual kamera.

2. Ketahui produk yang akan difoto

Kenali produk yang akan difoto, agar bisa mengetahui karakteristik makanan tersebut. Dari sana kita tahu kekuatan produk, bagaimana menyampaikan konsep makanan dalam foto serta secara teknis juga bisa tahu sudut pengambilan gambar.

otak otak palembang
Foto usaha teman berjualan otak-otak Palembang

Setiap makanan memiliki sudut pengambilan gambar yang berbeda. Ada makanan yang akan terlihat menarik ketika difoto dengan sudut pengambilan gambar dari depan seperti burger, kue lapis, dan minuman botolan. Coba juga sudut dari atas atau orang menyebutnya sebagai flatlays. Tujuannya agar mata kita bisa langsung melihat keseluruhan makanan dari atas seperti pizza atau makanan dengan jumlah porsi yang banyak.

Mengetahui sudut pengambilan gambar penting untuk kita coba karena makanan tersebut harus terlihat lebih menonjol dengan tekstur, ukuran dan jelas. Semakin kita sering memotret nanti kita akan tahu dengan sendirinya.

3. Gunakan properti pendukung

Makanan tanpa properti pendukung, sama seperti ketika kita berbusana yang kurang lengkap kalau tanpa aksesoris. Penggunaan properti tambahan pada makanan sangat membantu dalam visual makanan, misalnya alat makan, bahan-bahan makanan, bumbu atau hal-hal lain guna menunjang kebutuhan foto. Semua benda-benda tersebut bisa dimanfaatkan asalkan masih dalam tema foto yang diinginkan.

tips foto minuman
Foto indah perlu juga properti

Penataan properti pendukung terlalu ramai bisa mengalihkan fokus dari makanan itu sendiri. Saya lebih senang menggunakan properti pendukung warna netral agar makanan bisa jadi pusat perhatian serta menggunakan bahan-bahan masakan. Investasi properti pendukung ini perlu. Saya lebih banyak mencari properti pendukung tersebut lewat marketplace warna orange. Rasanya lebih lengkap dan punya banyak pilihan.

Berbagi Kebaikan ke Sesama

Masa pandemi saat bulan Ramadhan ini bisa jadi penghasilan kita menurun 50% dari biasanya. Ini berarti kita harus dua kali lebih giat dalam usaha. Oleh karena itu saya juga tetap menawarkan jasa foto makanan komersial dari rumah saja, agar tetap berpenghasilan bertahan hidup. Tidak perlu pergi ke restoran atau kafe untuk sementara waktu. Produk makanan tinggal dikirimkan ke rumah dan saya kerjakan di rumah.

flyer foto makanan
Membantu jasa foto untuk UMKM yang membutuhkan

Saya merasakan ramadhan tahun ini untuk pertama kalinya banyak usaha kecil yang masih harus tetap bertahan. Kadang hidup bukan hanya urusan uang saja, maka saya berinisiatif memberikan jasa foto makanan secara gratis. Ide ini muncul ketika saya melihat para unit usaha kecil berjualan di marketplace belum memiliki konten foto menarik. Menyadari hal tersebut, hati saya ikut tergerak. Setidaknya cara ini yang bisa saya lakukan di masa pandemi untuk berbagi kebaikan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Mengapa UMKM penting dibantu? Penyebaran virus corona yang terus meningkat juga memberi dampak langsung bagi banyak sektor, seperti perekonomian. Tak sedikit usaha kecil yang terkena imbas pandemi tersebut. Fenomena yang dilihat semua orang berjualan untuk bertahan hidup. Makanya ketika ada teman yang berjualan, kalau mampu saya beli, kalau tidak bisa saya bantu promosikan. Karena sekarang cara untuk bertahan adalah dengan saling support bukan memikirkan keuntungan. Apalagi bulan Ramadhan ini adalah bulan yang baik dalam memperbanyak pahala.

Saatnya Belanja dari Rumah

Untuk foto produk dilakukan dengan peralatan sederhana yang dimiliki. Ruang tamu disulap menjadi studio dadakan untuk keperluan foto. Semua peralatan seperti tripod, alas foto, lampu dan properti pendukung ditata agar layaknya sebuah studio foto. Bagi fotografer makanan, semua peralatan ini adalah investasi untuk foto. Properti foto seperti pernik lucu yang menghabiskan ruang di rumah dan harganya kalau ditotal bisa lebih mahal daripada gear yang dipunya. Agar fotonya tampil lebih memukau di mata klien.

properti foto
Properti foto yang dibeli lewat Shopee. Pastikan terlebih dahulu dicuci bersih sebelum dipakai.
food photography
Memotret produk milik UMKM dari ruang tamu

Membeli kebutuhan Ramadhan saat ini di mana?

Belanja bisa tanpa harus keluar rumah. Kita tinggal memilih barang yang cocok lewat deskripsi gambar dan bertanya ke penjual. Langkah ini tentunya mengikuti himbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan yang kedua adalah dengan tetap menggerakkan ekonomi Indonesia. Untuk ikut mendukung perekonomian kita tetap bisa melakukan aktivitas belanja dari rumah. Dengan berbelanja online, pergi keluar rumah dan mengunjungi tempat umum seperti swalayan bisa dihindari untuk saat ini.

Raih Indahnya Ramadhan

Ramadhan tahun ini boleh jadi akan terasa beda. Untuk pertama kalinya kita akan merasa tidak bisa sungkem dengan orang tua karena merantau. Merasakan masakan rumah atau sekedar berbelanja pakaian baru untuk lebaran.

Nyatanya untuk membantu bisa dengan cara apa saja selain uang. Melihat raut wajah bahagia dari para usaha kecil ini setelah memberikan hasil akhir foto, sudah membuat rasa bahagia. Kita bisa tetap produktif dan berbuat baik lewat tenaga, penghiburan, bahkan doa. Menolong dan berbuat baik adalah bahasa universal. Dia tidak mengenal siapa kamu, warna kulit, asal kamu, bahkan agama kamu apa. Selama hati dan niat kalian positif, percaya saja kalau semesta akan mendukung.

16 comments on “Manfaatkan Momen Ramadhan Tetap Produktif dan Belanja Dari Rumah Saja

  1. MARANDI EKAJATI MAHARDIKA

    Bagus foto fotonya,
    mungkin bisa kunjungan balik ke blog saya. masih baru butuh saran..hehe terima kasih

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: