Green Jobs, Harapan Baru Cegah Kerusakan Ekologi Masa Depan

“The notion of green jobs summarizes the transformation of economies, enterprises, workplaces and labour markets into a sustainable, low-carbon economy providing decent work. But much needed innovative strategies to promote green jobs can only succeed with the full involvement and participation of workers and enterprises”

 

International Labor Organization (ILO)

Berita tentang perubahan iklim, global warming serta berbagai isu lingkungan sudah menjadi primadona dalam satu dekade terakhir.

Mengamati banyaknya perkembangan tentang isu lingkungan tanpa disadari kita pun ikut sebenarnya telah ikut berpartisipasi dalam menjaga bumi.

Tren ini melahirkan istilah baru Green Jobs. Pernah dengar?

***

ILO (International Labor Organization) merupakan wadah yang menampung para pekerja untuk pekerjaan-pekerjaan yang dapat dikategorikan sebagai pekerjaan pelestarian lingkungan.

Sebagai suatu penamaan, Green Jobs ternyata memiliki banyak macam dan bukan sekadar jenis pekerjaan yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan pelestarian lingkungan saja. Atau jenis pekerjaan sebagai relawan lingkungan hidup.

Sebuah pengetahuan baru bagi saya memahami definisi green jobs dengan cara sederhana.

Dalam sesi webinar “Memahami Green Jobs & Peluangnya di Indonesia” bersama Koaksi Indonesia dibedah lebih lanjut mengenai ekonomi hijau, dan lapangan kerja hijau. Termasuk ke dampak pada ekologi masa depan.

Dua pembicara dari Koaksi Indonesia, Mbak Siti Koiromah, periset dari Koaksi Indonesia serta Mbak Verena Puspawardani selaku Direktur Program dari Koaksi Indonesia sangat memberikan saya wawasan mengenai Green Jobs.

Penjelasan mengenai Green Jobs ini terlihat begitu menarik untuk diceritakan kembali.

Perubahan Iklim Kian Terasa Dekat

Saya berpikir, apakah selama ini yang saya kerjakan seperti traveling atau aktivitas sehari-hari sebagai pekerja digital telah ikut dalam menjaga kelestarian bumi?

Ternyata juga masih kecolongan.

pengertian green jobs

Indonesia pun tak lepas dari dampak perubahan iklim, terlebih Indonesia merupakan negara kepulauan yang beriklim tropis dan berada dalam posisi cukup rendah dalam perubahan iklim.

Saya pernah membaca dalam artikel mengenai kehutanan, bahwa perubahan iklim ini terjadi diakibatkan oleh kegiatan manusia berupa perusakan hutan, pembakaran lahan gambut serta penggunaan bahan bakar kotor.

Potensi pekerja hijau atau Green Jobs memiliki peluang besar, apalagi di masa pandemi seperti ini.

definisi green jobs

Menurut data yang dikeluarkan World Economic Forum, pasar global untuk barang dan jasa dapat dipengaruhi oleh perubahan teknologi dan demografi sosial ekonomi.

Faktor pendorong perubahan teknologi ini terjadi karena berbagai faktor, seperti : 

1. Internet seluler, teknologi awan 

2. Kekuatan pemrosesan, Big Data 

3. Pasokan energi dan teknologi baru 

4. Internet untuk segala

5. Berbagi ekonomi, crowdsourcing (pendanaan) 

6. Robotika, transportasi otonom 

7. Kecerdasan buatan 

8. Iklan manufaktur, pencetakan 3D

9. Iklan bahan baku, bioteknologi

Sementara itu faktor pendorong perubahan akibat demografi dan sosial ekonomi juga dipengaruhi oleh hal-hal pokok berikut ini :

1. Sifat pekerjaan yang berubah, pekerjaan fleksibel 

2. Kelas menengah di pasar negara berkembang 

3. Perubahan iklim, sumber daya alam

4. Volatilitas geopolitik

5. Etika konsumen, masalah privasi

6. Umur panjang, masyarakat yang menua

7. Demografi muda di pasar negara berkembang

8. Kekuatan ekonomi perempuan, aspirasi 

9. Urbanisasi yang cepat

Bertambahnya penggunaan internet, dan teknologi cloud serta perubahan perilaku bekerja secara mobile tentunya membawa pengaruh cukup besar.

definisi green jobs

Dan jenis pekerjaan di balik meja seperti admin, pabrik, atau konstruksi diprediksi akan berkurang mengikuti tren pekerjaan saat ini yakni work from home (WFH) atau remote working.

Perubahan ini adalah wajar mengingat adanya perubahan dalam mekanisme bekerja. Selain itu juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti perubahan iklim dan supply energi.

Green Economy Bisa Membuat Green Jobs

Indonesia memiliki komitmen untuk mengurangi emisi gas karbonnya 26% hingga 41% pada tahun 2025.

Tentunya agar target tersebut dapat tercapai perlu dukungan segenap lapisan masyarakat, baik pemerintah, sektor swasta maupun masyarakat sipil, turut serta dalam pelestarian lingkungan.

definisi green jobs

definisi green jobs

Sejumlah lapangan pekerjaan yang berbasis urban farming, ecological engineering, sustainability researcher, environment advocate, hingga termasuk eco sociopreneur menjadi peluang baru untuk masuk dalam green jobs.

Selama ini, kegiatan pelestarian lingkungan di Indonesia bersifat sukarela atau volunteer, seperti kampanye lingkungan yang dilakukan oleh lembaga sosial masyarakat, ataupun program CSR berbau pelestarian lingkungan dari perusahaan swasta.

Masuknya konsep Green Jobs ini sedikit menggeser paradigma tersebut. Pelestarian lingkungan tidak selalu harus sukarela.

Pelestarian Lingkungan Menghadirkan Keuntungan Secara Bisnis

Dalam webinar Koaksi Indonesia, dikupas juga mengenai kesiapan negara lain terhadap Green Jobs.

Saya mencatat ada tiga negara yang telah memproyeksikan kalau Green Jobs merupakan bisnis yang paling menjanjikan pada abad ke-21 dan menjadi “green” merupakan langkah bisnis yang cerdas dan baik untuk lingkungan.

definisi green jobs

Korea Selatan pada bulan Juli 2020 membuat kesepakatan mengenai konsep Green Jobs. Strategi untuk menciptakan 659.000 pekerjaan dan membantu mengatasi krisis ekonomi sambil mengatasi tantangan iklim dan lingkungan.

Investasi dana Korea Selatan akan menghabiskan US $ 61 miliar dalam lima tahun (2020-25) untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan menjadi 42,7 GW pada tahun 2025 dari 12,7 GW pada tahun 2019 dan memperluas armada mobilitas ramah lingkungan menjadi 1,33 juta kendaraan bertenaga listrik dan hidrogen.

Rencana tersebut juga menjanjikan perbaikan perumahan sewa publik dan sekolah untuk menjadikannya nol energi, dan transformasi daerah perkotaan menjadi kota hijau pintar.

Lainnya di negara Inggris untuk memenuhi target mencapai nol emisi gas rumah kaca bersih pada tahun 2050, emisi dari pemanas gedung perlu dikurangi secara signifikan.

Serta pemerintah Jerman akan membelanjakan 130 miliar euro sebagai paket stimulus ekonomi untuk merangsang pemulihan hijau dan mendorong ekonomi rendah karbon di Jerman.

Miliaran dana dihabiskan untuk hidrogen hijau – sumber energi yang dapat membantu industri bahan bakar – dan untuk mensubsidi kendaraan listrik.

Dengan potensi perkembangan nilai bisnis yang bisa mencapai miliaran dana untuk hidrogen hijau, Green Jobs menawarkan peluang bisnis yang begitu besar.

Lalu bagaimana dengan negara kita, Indonesia?

Implementasi green recovery akan menjadi pendorong transformasi ekonomi dunia. Tentu saja kita bersama berharap Indonesia bisa lekas pulih. Seperti mengarahkan beberapa pemulihan ekonomi untuk menciptakan lapangan kerja dan pada saat yang sama menangani masalah lingkungan.

Proyeksi Pekerjaan Hijau di Indonesia

Sementara itu perlambatan ekonomi akibat Covid 19 telah mengakibatkan penurunan emisi pada tahun 2020 menjadi sekitar 29,5%. Tapi pemulihan ekonomi setelah wabah kemungkinan akan terjadi dan emisi meningkat kembali.

definisi green jobs

Dalam menerapkan untuk membangun kembali perekonomian kembali lebih baik dengan pembangunan rendah karbon. Setidaknya ada skala yang diprioritaskan seperti :

  • Sustainable Energy Development
  • Sustainable Land Restoration
  • Waste Management
  • Green Industry Development
  • Low Carbon Coastal and Marine

Poin paling pertama mengenai sustainable energy development akan menjadi sorotan karena memang saat ini Indonesia sedang bergerak ke energi terbarukan serta penyerapan energi untuk efisiensi dan konservasi.

Kontribusi Green Jobs

Pekerjaan ramah lingkungan masuk dalam kelompok pekerjaan layak yang berkontribusi untuk melestarikan atau memulihkan lingkungan, baik di sektor tradisional seperti manufaktur dan konstruksi, atau di sektor hijau baru yang muncul seperti energi terbarukan dan efisiensi energi.

Peluang ini masih besar dan dapat menjadi stimulus bagi banyak pihak untuk terjun ke dalam Green Jobs. Semakin banyak pihak yang turut serta dalam Green Jobs, maka upaya pelestarian lingkungan akan berjalan lebih masif.

Tak hanya memberikan keuntungan finansial sekaligus memacu perkembangan pelestarian lingkungan.

Dari catatan, setidaknya saat ini ada sekitar 75 jenis pekerjaan yang masuk dalam list green jobs.

Pekerjaan tersebut berupa pengembangan energi alternatif, pengolahan air dan limbah, hingga produk pertanian organik. Dan, Indonesia memiliki hampir semua potensi. 

definisi green jobs

definisi green jobs

definisi green jobs

Jika perkembangan Green Jobs signifikan dan substansi tentunya akan menjadi angin segar bagi sektor tenaga kerja Indonesia.

Terlebih angka pengangguran di Indonesia tetap menjadi salah satu permasalahan besar Indonesia saat ini. 

Tambahan dari data BPS pada Agustus 2020, dari 203 juta populasi penduduk usia kerja di Indonesia, ada sekitar 9 juta penduduk dalam kategori pengangguran. Sejak tahun 2020 hingga 2025, kita akan melihat jenis-jenis pekerjaan seperti data analisis, AI and machine learning specialist, business development hingga digital marketing akan naik pesat.

Jenis-jenis pekerjaan ini sedang diminati oleh anak muda. Apalagi pekerjaannya dapat dikerjakan tanpa perlu datang ke kantor, sehingga ini menjadi peluang bagi Green Jobs.

Munculnya Green Jobs sebagai sektor pekerjaan baru, menjadi alternatif dalam penciptaan lapangan pekerjaan di Indonesia. 

Green Jobs adalah pekerjaan layak yang meliputi aspek :

  • Pengurangan konsumsi energi dan penggunaan material mentah (raw material)
  • Pembatasan pengeluaran emisi gas rumah kaca
  • Minimalisasi sampah (waste) dan polusi
  • Perlindungan dan perbaikan ekosistem

Gerakan hijau bukan hanya sesuatu yang dapat memberikan dampak bagi lingkungan, tetapi juga sesuatu yang dapat memberikan manfaat kepada manusia.

Tantangan Menjalankan Green Jobs

Tantangan yang saat ini dihadapi dalam pengembangan Green Jobs tentu akan semakin luas.

Banyaknya pekerjaan yang “green” tapi tidak layak. Pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan namun cenderung berbahaya.

Misalnya pekerjaan di sektor industri daur ulang dan pengolahan limbah, energi biomassa, dan konstruksi cenderung berbahaya dan upah kecil. Hal ini yang menjadi tantangan kedepan dalam pengembangan green jobs di Indonesia.

Cara Sederhana Menerapkan Green Jobs

Saya pun melihat ke diri sendiri, apakah selama saya traveling juga ikut berkontribusi dalam Green Jobs?

Setelah membaca beberapa artikel mengenal iklim global, ternyata sektor pariwisata ikut menyumbang 8% dari emisi karbon.

Kok bisa begitu ya?

Laporan studi tersebut benar-benar membuka mata saya, bak sentilan untuk mengingat yang pernah saya lakukan saat traveling tanpa sadar atau belum tahu. Ini menjadi tantangan bagi diri sendiri.

Aktivitas traveling faktanya ikut menyumbang jutaan ton karbon dioksida. Walau dampaknya terhadap pemanasan global pun berbeda-beda.

Ambil contoh kecil, ketika kita baru saja masuk ke dalam kamar hotel lalu serentak menyalakan lampu, televisi dan AC, kemudian kita melepas penat dengan mandi. Pada waktu malam kita tidur dengan AC dan televisi menyala.

definisi green jobs

Semua kegiatan ini memberi sumbangsi pada meningkatnya karbon serta turut mendukung energi terbarukan yang sering digaungkan. Saya sendiri mendukung dalam proses biodiesel B30, harapan saya tentunya bisa mencapai ke B100 untuk bisa diproduksi sendiri oleh Indonesia.

Belum lagi pembakaran bahan bakar kendaraan saat perjalanan dari bandara menuju hotel dan tempat wisata, juga menyisakan karbon. Atau ketika kita belanja oleh-oleh dari bahan yang tidak ramah lingkungan. Jumlah emisi dari traveling tentunya akan semakin tinggi jika digabungkan dengan penggunaan listrik, transportasi darat hingga pembuangan limbah.

Sehingga jejak karbon ini masih akan ada sekalipun kita sudah selesai traveling.

Eco Traveling

Kelompok green jobs sendiri barangkali terlalu luas, bahkan ketika saya mengikuti webinarnya sempat membuat kepala jadi berasap karena berusaha mencerna.

Serumit itukah Green Jobs?

Indonesia pun tak lepas dari dampak perubahan iklim, terlebih bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang beriklim tropis dan berada dalam posisi yang sangat rentan terhadap perubahan iklim.

Perubahan iklim yang terjadi di Indonesia ini diakibatkan oleh kegiatan manusia berupa perusakan hutan, pembakaran lahan gambut serta penggunaan bahan bakar kotor.

Eco traveling menjadi istilah yang menarik saat kita bisa bijak mulai dari diri sendiri.

Saya akan membagikan bagaimana cara saya menjalankan gaya hidup yang ramah lingkungan saat traveling.

1. Sebisa mungkin berjalan kaki menuju tempat lokasi

eco traveling
Salah satu alternatif transportasi

Pada nyatanya tidak semua orang menyukai berjalan kaki, dan juga memiliki kota yang nyaman dan ramah bagi pejalan kaki.

Namun yang dapat kita lakukan adalah misalnya jarak tempuh ke lokasi tidak terlalu jauh, maka mungkin bisa dilakukan dengan berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan.

Selain dapat meminimalkan kontribusi emisi, dengan berjalan kaki kita bisa menjangkau tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau apabila menggunakan transportasi.

palembang food tours
Memberikan arahan awal ke peserta

Cara ini yang saya terapkan untuk tur tematik yang saya kelola bernama Palembang Food Tours. Sepanjang tur, kami berjalan kaki menyusuri tempat-tempat tersembunyi sambil menemukan perspektif baru.

Dan, jika memang tidak bisa berjalan kaki maka kita bisa memanfaatkan transportasi umum.

2. Menjaga energi listrik saat digunakan

pengertian green jobs

Berdasarkan data pada WWF, penyumbang terbesar dalam perubahan iklim adalah pemakaian energi berupa energi listrik, air, dan lain sebagainya yang secara berlebihan dan kian lama kian meningkat.

Kerap terjadi dengan perilaku kita saat berada di penginapan atau hotel. Kita lupa untuk mematikan listrik ketika tidak sedang kita gunakan.

3. Mengurangi penggunaan sampah plastik

Sampah juga menjadi permasalahan yang akan sering dijumpai. Setiap sampah yang berasal dari kita seharusnya dibuang pada tempatnya.

Cara praktis dalam mengurangi sampah plastik sendiri adalah dengan cara membawa tas kain terpisah yang digunakan untuk menampung sampah atau barang lainnya.

Kita pun juga bisa membawa reusable equipment seperti peralatan makan sendiri, dan botol air minum sendiri yang mudah diisi ulang agar higienis tetap terjaga, selain itu juga hemat.

4. Membeli produk lokal

cara membuat eco print

Di setiap kunjungan saya ke kota baru, biasanya saya mencari ke toko souvenir yang menjual kerajinan lokal setempat.

Kerajinan lokal tidak kalah jauh kualitasnya dengan produk lainnya. Warga lokal yang memiliki keahlian, biasanya menjual produk-produk kriya yang menarik dengan harga yang sesuai kualitas.

Saat kita turut serta membeli dan menggunakan produk lokal, tentu saja kita ikut mendukung dalam perekonomian warga setempat. Terlebih kalau brand lokal menerapkan proses produksi ramah lingkungan dan melakukan sustainable investment dengan melakukan investasi pada proyek yang ramah lingkungan.

Memberikan dampak positif serta roda perekonomian mereka bisa berjalan. Peluang seperti ini bukannya baik?

Langkah-langkah ini dapat dimulai dengan menerapkan zero waste dalam keseharian kita, upaya ini dapat dilakukan.

Indonesia dan Green Jobs

Ekonomi hijau dalam bentuk green jobs ini merupakan pembangunan ekonomi yang bukan hanya bersifat business as usual, namun cenderung untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyrakat dengan menekan risiko kerusakan ekologi.

Masalah yang sekarang sedang dihadapi oleh kita adalah tentang bagaimana pemahaman terkait peranan dan arti pentingnya sumber daya alam dan lingkungan sebagai faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Yang sering terjadi adalah sudah terlalu banyak analisis pertumbuhan ekonomi yang dihubungkan dengan perubahan teknologi, tidak salah tapi sumber daya alam dan lingkungan juga penting.

Percaya atau tidak, kedua hal ini akan semakin sukar ditemukan di kemudian hari jika tidak dikelola secara bijak.

Sejalan dengan visi Pemerintah menyampaikan bahwa Indonesia masih dapat mencapai target 2030 dengan #KolaborAksi menerapkan ekonomi hijau dengan membangun kembali lebih baik dengan pembangunan rendah karbon dan #EnergiMuda

Semoga saja segera tercapai!

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1719

Satu tanggapan pada “Green Jobs, Harapan Baru Cegah Kerusakan Ekologi Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: