Temukan 3 Profesi Baru Ini Guna Adaptasi Lingkungan Hibrida


Bagaimana memulai bisnis online dari rumah di masa pandemi ini?

Sejak kemunculan covid-19 membuat setiap orang mengalami perubahan dalam hidupnya. Yang terlihat jelas adalah hilangnya lapangan pekerjaan karena diberhentikan. Selain itu, beberapa lini bisnis pun mengalami penurunan tingkat penjualan.

Solusinya?

Di tengah berbagai keterbatasan selama pandemi virus corona, kita bersiasat menciptakan aneka cara untuk bertahan hidup dari rumah.

***

Bisnis sekarang beralih guna yang memungkinkan pelaku bisnis atau kita bekerja secara jarak jauh. Akan ada kemungkinan ruang kantor fisik, tempat dimana dinamika kerja akan berkurang sehingga bekerja pun tidak seperti dulu lagi.

Apalagi bagi kita yang sedang transisi menuju era digital. Tentunya cara ini merupakan tantangan untuk bisa segera beradaptasi.

Kebiasaan ini membentuk kita beradaptasi dengan “normal baru”. Hal-hal yang dulu kita lakukan sudah tidak sama lagi.

Menetapkan Kembali Lingkungan Kerja Cara Baru

Bagi kita yang ingin tetap bertahan dalam kondisi serba tidak pasti. Tentu harus cermat dalam melihat peluang. Sekalipun dunia telah di jungkir balik oleh krisis kesehatan, ekonomi tetap harus berjalan.

Saya juga melakukan beberapa pekerjaan sekaligus agar dapat mengisi ruang kosong dalam keuangan saya. Tiga cara kebiasaan baru ini saya rasa efektif dan dapat dilakukan oleh siapa saja, selama ada niat.

1. Freelancer Digital Marketing

Jauh sebelum mulainya pandemi, saya sendiri sudah melakoni pekerjaan digital marketing. Dukungan teknologi yang tersedia sangat membantu saya untuk bekerja secara fleksibel dengan berbagai platform digital.

Kemampuan kita beradaptasi di era digital saat ini sangat penting. Sebagai blogger dan juga pekerja digital, jarak kini bukan lagi alasan untuk tidak berkarya. Saya bisa tetap terhubung dengan klien lewat komunikasi digital.

Salah satu manfaat dari bangkitnya tenaga kerja virtual ini adalah penghematan biaya kantor. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya sewa gedung, ongkos transportasi untuk bepergian ke kantor hingga, gaya kerja menjadi lebih casual. Sehingga rumah menjadi kantor bagi saya.

2. Membuka Kelas Pembelajaran Jarak Jauh

Banyak sektor yang terdampak, salah satunya industri pendidikan terpaksa beralih ke pembelajaran daring menggunakan teknologi.

Pembelajaran jarak jauh ini tetap melibatkan peserta didik aktif namun melalui pendekatan yang berbeda tentunya. Menggabungkan pembelajaran secara offline dan online, seperti mulai dari rekaman, streaming langsung, dan pengerjaan tugas mandiri. Tentunya tidak mudah, tapi ini adalah cara terbaik.

webinar zoom
Belajar jarak jauh bersama teman-teman

Saya pun memberikan kelas-kelas webinar online baik gratis maupun berbayar. Kelas online seperti fotografi dan digital marketing ini cukup membantu para UKM dan anak mahasiswa. Selain itu juga bisa memperluas networking, membuka pintu rezeki.

3. Membuka Toko Online

Prioritas masyarakat saat ini dalam belanja telah mengarah pada kebiasaan belanja online. Karena sekarang lebih banyak pelanggan memilih tinggal di rumah untuk memesan bahan makan, belanja, alih-alih menjelajah dan secara fisik datang ke sebuah toko.

Belanja online menjadi solusi masa kini. Penjual online pun bisa memasarkan produk-produk kebutuhan saat ini.

Trend belanja online ini mendorong saya mencoba membuka toko online. Kebetulan ada teman yang mengajari lewat pembelajaran jarak jauh.

Puji Tuhan, toko online pertama saya pun jadi dan siap menjaring pelanggan untuk membeli.

Perangkat Handal untuk Lingkungan Hibrida

Pergeseran perilaku masyarakat saat ini saling keterkaitan. Ketika perilaku kerja dari rumah, belajar dan belanja berpindah. Tentunya juga ada peningkatan terhadap solusi teknologi guna membantu efisiensi dan kenyamanan.

Kita dituntut bekerja secara hibrida. Dengan akses dan alat yang handal, tentunya membantu kita untuk hadapi saat bekerja di lingkungan hibrida.

printer multifungsi
HP Deskjet Ink Advantage 2337

Sebagai pekerja digital, saya pun juga memanfaatkan perangkat keras seperti scanner dan printer. Karena, fasilitas pencetakan dan pemindaian ini diperlukan saat kita di rumah untuk mencetak dokumen seperti kartu nama, label alamat pembeli toko online atau stiker.

Mesin printer seperti HP Deskjet Ink Advantage 2337 bisa membantu bisnis kita menjadi lebih efisien dan berkelanjutan jangka panjang karena biaya operasionalnya lumayan rendah.

Ada baiknya memang memiliki mesin printer sendiri agar bisa mempermudah pekerjaan kita, tidak perlu lagi repot-repot pergi ke tempat percetakan. Pengeluaran kita menjadi lebih banyak.

Keunggulan Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337

Tentu saja keunggulan dari printer saat ini harus meliputi mencetak, memindai, dan menggandakan dokumen. Seperti HP Deskjet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer ini merupakan printer multifungsi yang dapat digunakan pada skala rumah tangga hingga usaha menengah. 

HP Deskjet Ink Advantage 2337

Harganya cuma 699 ribu ini sudah mempunyai keunggulan yang mumpuni. Ditambah ketersediaan warna printer yang menarik yaitu lavender, white, palm.

1. Kualitas Cetak Baik

Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337 All-in-One ini punya kecepatan cetak setara 7,5 lembar per detik untuk cetakan hitam dan 5,5 lembar per detik untuk cetak warna. Kecepatan cetak ini akan membantu efisiensi waktu kita. Ditambah kualitas cetak yang dihasilkan sangat jelas dan natural. Tentunya harus menggunakan kartrid tinta asli dari HP agar hasil lebih sempurna.

HP Deskjet Ink Advantage 2337

Dari spesifikasi, printer HP Deskjet Ink Advantage 2337 ini bisa mencetak hingga 1000 lembar per bulan. Namun, disarankan untuk sekitar 50 – 100 lembar untuk menjaga performa mesin. Kapasitas cetak yang sudah cukup sekali untuk bisnis kecil dari rumah.

2. Efisiensi dan Hemat

Efisiensi hemat biaya pun terjaga. Penggunaan tinta cartridge tipe 682 black dapat mencetak hingga kapasitas 480 lembar sedangkan untuk cartridge 682 color hingga 150 lembar. Sebuah harga yang hemat untuk sebuah printer bobot 4,45kg bukan?

3. Mendukung Banyak Jenis Kertas

HP Deskjet Ink Advantage 2337 mendukung banyak ukuran kertas. Mulai dari ukuran A4, B5, A6, hingga DL envelope. Jenis kertas yang digunakan mulai dari kertas polos, kertas foto dan kertas brosur. Kemampuannya yang cukup banyak ini tentunya menjadi printer paling awet untuk kantor di rumah.

4. Aplikasi HP Smart

HP Deskjet Ink Advantage 2337

Tidak perlu repot untuk melakukan pencetakan dokumen. Sekarang printer HP Deskjet Ink Advantage 2337 ini dapat cetak dokumen, dan memindai semuanya dari ponsel pintar saja. Fitur yang menarik dan inovatif dari HP.

Printer Multifungsi yang Paling Terjangkau

Masa depan pekerjaan berubah dengan cepat dan bisnis harus menyesuaikan. Kebutuhan akan perang produktivitas yang inovatif juga harus diperhitungkan. Di saat pandemi memaksa kita mengurangi interaksi intens secara langsung, barangkali sarana digital dapat dimanfaatkan.

HP Deskjet Ink Advantage 2337

Memiliki printer multifungsi HP Deskjet Ink Advantage 2337 tentunya memberi kita banyak keuntungan. Perangkat printer HP Deskjet hadir untuk mengoptimalkan waktu, sumber daya, serta biaya dalam adaptasi lingkungan normal baru.

Apalagi untuk saya yang melakukan tiga kegiatan di atas tentunya membutuhkan mesin printer untuk mencetak dokumen penting dari rumah.

Kamu yang tertarik dengan printer HP Deskjet Ink Advantage 2337 bisa dibeli di Era Supplies Indonesia atau ESI dan Raja Tinta & Toner.

Penulis: Deddy Huang

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

Satu komentar

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.