[TEST RIDE] Kerennya Honda PCX 160, Motor Matic Sporty untuk Semua Kalangan

Pernah bosan sama lalu lintas yang penuh kejutan? Mulai dari macet hingga jalanan yang rusak.

Situasi lalu lintas saat ini kerap berjumpa kemacetan maka motor matic banyak menjadi pilihan. Alasan motor matic dilihat lebih praktis, ringkas dan mudah dikendarai. Bahkan, saat ini motor matic juga bisa menunjang penampilan.

Dari banyaknya jenis motor matic yang beredar, di Indonesia motor matic yang bisa dijumpai menggunakan mesin 110cc, 150cc, hingga yang terbaru 160cc dari Honda yaitu ALL NEW PCX 160cc.

***

Merasakan Kendaraan Motor Matic Honda Terbaru

all new honda pcx 160
Media Gathering Honda Sumsel di OPI Mall Palembang

Dua hari lalu saya diajak oleh Honda Sumsel untuk test ride motor terbaru ALL NEW PCX 160 di pelataran parkir OPI Mall Palembang.

Tanpa menggunakan gigi, mengendarai motor matic memang lebih asyik dan mudah. Apalagi kalau melewati kondisi jalan padat yang menuntut gaya berkendara kita lebih banyak berhenti.

Nah, motor matic menjadi solusi. Tinggal gas, langsung jalan. Sehingga akselerasi motor menjadi salah satu yang diincar.

Walau saya masih pengguna motor bebek, namun pengen juga beralih ke motor matic terbaru saat ini. Di luar alasan teknis, motor matic punya keunggulan yang bisa menunjang penampilan diri.

Apa saja?

1) Desain Motor Matic Lebih Elegan

Saat ini desain motor memang menjadi pilihan bagi kita yang ingin mencari motor matic baru. Motor matic bisa memberi kesan sporty dan juga elegan. Cocok bagi pengendara motor yang memang memperhatikan gaya. Desain motor itu bisa kamu temukan di Honda PCX.

2) Bagasi Luas

Layaknya motor sebagai kendaraan sehari-hari, kita tentu membawa banyak barang. Hadirnya bagasi tergolong luas di bawah jok motor matic membawa keuntungan sendiri.

3) Hemat Bahan Bakar

Seiring teknologi mesin motor yang makin canggih, mesin motor matic pun juga irit. Penyebabnya karena penggunaan sistem pengabutan bahan bakar model injeksi yang membuat mesin motor matic menjadi irit.

Kalau irit bahan bakar, duitnya bisa kamu pakai buat makan dan nongkrong sama teman bukan?

all new honda pcx 160
Media gathering Honda Sumsel dibatasi jumlah orang

Dari sederet keuntungan motor matic yang bisa menunjang penampilan kamu. Mungkin kamu sekarang mulai berpikir untuk mengganti motor matic?

Sebelum kamu jauh melangkah, ada baiknya kamu tetap melanjutkan tulisan ini.

all new honda pcx 160

Setelah melihat langsung fisik ALL NEW HONDA PCX 160, saya merasa tiga kriteria yang disebutkan di atas sudah dimiliki oleh Honda PCX 160 siap mengancam lawan-lawannya, teknologi, fitur dan harganya juga bikin penasaran.

1. Desain Baru Lebih Sporty

all new honda pcx 160
All New Honda PCX 160 hadir dengan berbagai varian warna

Desain All New PCX 160 ini memang agak berbeda dari seri pendahulunya. Kesan mewahnya terlihat dari lampu depannya yang bersudut dengan posisi lebih horizontal dan melebar.

Lampu depan tetap menggunakan LED dengan DRL namun untuk headlightnya dibuat lebih menyipit.

Terlihat serasi dengan desain keseluruhan dari All New PCX 160.

Kesan efek cahaya yang berasal dari lampu belakang juga tidak kalah elegan. Lampu belakang dengan siluet X lebih dipertegas.

all new honda pcx 160

all new honda pcx 160

Honda PCX 160 ini masih mempertahankan lampu LED pada semua sistem tata cahaya. Hal ini dikarenakan untuk memberi kemewahan dari desain All New Honda PCX.

Sementara itu kesan modernnya bisa dilihat dari tampilan baru LCD panel meter yang lebih lebar. Dengan LCD panel meter lebar bisa membuat pengendara melihat beragam informasi, mulai dari indikator bensin, speedometer, tachometer, odometer, sementara cluster kiri dan kanannya menampilkan beberapa indikator dari kendaraan.

all new honda pcx 160

all new honda pcx 160

Untuk bagian bodi terlihat lebih sporty dengan beberapa garis tegas mulai dari bodi sayap depan, hingga ke buritan belakang.

Serta ada perubahan desain pada knalpot Honda PCX 160 ini. Knalpot ini untuk mengakomodir ubahan pada bagian mesin dan CVT sehingga desain dan konstruksi dari knalpot juga berubah.

Efek samping dari ubahan knalpot diyakini guna menekan emisi gas buang dan memperbaiki kualitas suara dari knalpot itu sendiri.

2. Mesin Baru yang Lebih Bertenaga 160cc, 4 Valve

Yang terlihat jelas dari All New Honda PCX 160 ini adalah telah dilengkapi mesin terbaru 160cc dengan 4 katup eSP+ sehingga membuat varian Honda PCX 160 semakin nyaman dikendarai dalam berbagai situasi.

Di generasi Honda PCX terbaru ini, Honda mengemas mesin dengan teknologi eSP+ yang menjadi andalan. Otomatis bisa memaksimalkan performa jumlah katup yang tadinya hanya 2 kini menjadi 4.

Penambahan katup menjadi 4 berdampak pada peningkatan pemasukan campuran udara dan bahan bakar sehingga mesin terasa lebih enteng dan kencang.

all new honda pcx 160

all new honda pcx 160

all new honda pcx 160

Karakter mesin Honda PCX 160 ini lebih berkualitas tinggi dan nyaman. Apalagi bagi kita yang tinggal di perkotaan tentunya membutuhkan output power yang lebih baik.

Jika dilihat dari data spesifikasi, All New Honda PCX 160 ini memiliki tenaga maksimal 15,8 dk pada putaran mesin 8500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di 6500 rpm. Artinya ada lonjakan tenaga sebesar 1,4 dk dan torsi 1,5 Nm.

all new honda pcx 160
Teknologi eSP+ dari Honda membuat performa mesin dan irit bahan bakar

Selain kapasitas mesin yang meningkat, dapur pacunya juga mengalami over bore dengan diameter piston 600 mm dan langkah piston 55,5 mm. Kompresi pun meningkat dari 11,5:1 menjadi 12:1 yang artinya motor ini wajib minum BBM minimal RON 92.

Hal yang menarik dari motor matic 160cc ini adalah berbicara tentang peredaman getaran. Ternyata, pada bagian stang sekarang juga dilengkapi dengan sebuah bantalan. Fungsinya adalah untuk meredam vibrasi dari setang ke area tangan.

3. USB Charger

all new honda pcx 160
Socket charger USB memudahkan pengguna untuk mengisi daya baterai smartphone

Hadirnya power outlet di bagian sisi kiri, sebenarnya di generasi PCX dulu sudah disematkan. Namun, di PCX 160 fungsinya dibuat lebih mudah dengan tipe USB Port Type C, jadi kita tak perlu lagi repot menggunakan adapter lighter.

Fungsi lainnya tentunya dapat menghemat waktu kita disaat seharian di jalan raya dan tidak bertemu dengan arus listrik untuk mengisi daya smartphone, maka Honda PCX 160 inilah jawabannya.

4. U-Box yang Lebih Besar

all new honda pcx 160
Bagasi U Box lebih luas dan bisa menampung barang lebih banyak namun tetap ramping

Terus terang saja melihat Honda PCX 160 ini membuat decak kagum pada bagian bagasi yang besar namun tetap terlihat ramping.

Nah, jawabannya ini dikarenakan model All New Honda PCX juga menggunakan sasis baru, dari penjelasan rangka sasis tampil lebih sederhana, utamanya di bagian belakang. Karena pada bagian bantalan belakang ditingkatkan menjadi 95 mm dan berimbas menyerap dorongan dari permukaan jalan yang tak rata.

Penggunaan sasis baru ini juga mengubah volume bagasi dari 28 liter menjadi 30 liter dan bisa menampung satu buah helm berjenis full face.

Bayangkan saja dengan kemampuan bagasi luas kita tidak perlu khawatir repot dalam membawa barang bawaan. Misalnya tas untuk pergi ke gym, tas pergi ke kantor, sepatu, atau barang belanjaan lainnya.

Selain itu untuk tangki BBM juga menjadi sedikit besar yakni 8,1 liter dari sebelumnya 8 liter. Kapasitas dan tangki bagasi yang dimiliki Honda PCX paling besar dibandingkan para kompetitornya.

Bukan hanya kapasitas tangki BBM yang besar tapi juga dengan teknologi Honda yang membuat lebih irit bahan bakar.

5. Honda Selectable Torque Control – HSTC

all new honda pcx 160

Terlihat kalau Honda ingin memaksimalkan kenyamanan bagi pengguna motor matic di Indonesia. Sewaktu saya test ride, kesan awal yang saya rasakan adalah kenyamanan dalam mengendarai.

Untuk dimensi tubuh saya jika dibandingkan dengan PCX 160 sudah sangat pas.

PCX 160 punya panjang 1.923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm. Sementara ketinggian jok juga sama yakni 764 mm dengan jarak sumbu roda 1.313 mm, dan jarak terendah ke tanah 137 mm.

all new honda pcx 160
Roda ban lebih besar dan tubeless.

Untuk melengkapi kesempurnaan motor, Honda membekali PCX 160 dengan ban tubeless berukuran 110/70-14 (ban depan) dan 130/70-13 (belakang) dengan desain pelek baru Y shaped 5 spoke.

Bagian yang paling terasa adalah pada bagian footrest khususnya di area selonjoran, lebih panjang dan lebar sekitar 30 mm. Hal ini memungkinkan kita lebih rileks ketika berkendara. Apalagi bagi orang yang bertubuh besar dan tinggi.

Kenyamanan duduk di jok pun terasa ada sandaran yang membuat pantat kita tidak cepat lelah!

all new honda pcx 160

all new honda pcx 160
Kursi joknya empuk dan nyaman!

Terakhir, untuk memaksimalkan kenyamanan serta keamanan. Maka, Honda PCX 160 dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control – HSTC. Fitur ini berfungsi mengatur torsi dengan mendeteksi perbedaan rasio selip antara roda depan dan belakang.

Ketika diaktifkan, HSTC akan bekerja mencegah ban belakang spinning ketika menarik gas di permukaan jalan yang rendah traksinya.

all new honda pcx 160

Cara kerjanya, fitur ini mendeteksi putaran roda depan dan belakang melalui sensor yang disematkan pada kedua roda tersebut. Jika dideteksi adanya perbedaan putaran antara roda depan dan belakang, yang merupakan indikasi selip, maka Electronic Control Unit (ECU) akan memberikan informasi kepada Engine Torque Control untuk membatasi asupan bensin ke ruang bakar.

Saat saya test ride dan mencoba melakukan pengereman sekaligus, kedua roda ban langsung bekerja dengan cepat.

6. Fitur Unggulan Lain

all new honda pcx 160

Selain 5 keunggulan yang sudah saya sebutkan di atas. Saya merasa All New Honda PCX ini masih memiliki fitur-fitur menarik. Mulai dari :

Masih adanya fitur keselamatan seperti Anti-Lock Braking System (ABS) juga disematkan pada All New Honda PCX.

Kemudian, smart key yang sudah menggunakan kunci remote untuk menghindari dari maling. Smartkey dari Honda ini pun bisa langsung mematikan mesin dalam radius 3 meter.

Honda PCX 160 Memaksimalkan Kenyamanan dan Keamanan

all new honda pcx 160
All New Honda PCX 160

Sebagai informasi untuk kamu, All New Honda PCX dipasarkan dengan 3 tipe yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. 

Masing-masing tipe ini memiliki perbedaan warna.

Untuk tipe CBS terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray.

Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Brilliant Black, dan Royal Matte Blue.

Tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga untuk tampilan yang lebih mewah.

Sementara itu, untuk tipe e: HEV terdapat warna Horizon White, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX yang semakin memberikan kesan istimewa.

Varian warna yang beragam tentunya membuat para pengguna bisa sesuaikan dengan gaya hidup.

all new honda pcx 160
Mencoba test ride dengan Honda PCX 160

Sedangkan untuk harga All New Honda PCX 160 wilayah kota Palembang, All New Honda PCX dibanderol dengan harga on the road (OTR) Rp 31.190.000,- untuk tipe CBS, Rp 34.490.000,- untuk tipe ABS, dan Rp 43.400.000,- untuk tipe e:HEV.

Secara keseluruhan, generasi baru PCX tidak hanya sekedar menjual tampilan. Beragam fitur canggih penunjang kenyamanan dan keamanan juga telah ditingkatkan. Kendati harganya makin mahal, apa yang ditawarkan PCX 160 cukup menarik perhatian. Evolusi menjadi kendaraan premium benar-benar terasa.

Harga ini tentunya sebanding dengan value yang ditawarkan oleh Honda PCX 160.

Pengalaman Test Ride Honda PCX 160

all new honda pcx 160

Kami para media diberikan kesempatan untuk melakukan test ride sebanyak dua kali keliling putaran.

Dibantu oleh mekanik dari Honda, proses test ride pun berlangsung sesuai dengan protokol 3M. Kami dibagikan per sesi agar tidak terjadi kerumunan banyak.

Honda sebagai pelopor safety riding tentunya menginginkan setiap pengendara sadar pentingnya keamanan dalam berkendara. Ajakan untuk menggunakan jaket sebagai pelindung, helm SNI yang terkunci serta menggunakan sarung tangan adalah wajib.

Kesan sewaktu melakukan test ride dengan All New PCX 160 :

  • Akselerasi motor lebih cepat, sehingga saat tarikan gas pertama sudah bisa langsung melesat.
  • Suara knalpot motor halus
  • Manuver saat di tingkungan halus dan tidak berat.
  • Postur tubuh lebih tegak dengan adanya jok kursi yang empuk.
  • Pijakan kaki lebih luas untuk kita berpostur tinggi.

Motor matic keluaran Honda ini menjadi alternatif pilihan untuk kamu pengguna motor matic yang sedang mencari motor baru yang bukan hanya mencari performa mesin baik tapi juga tetap bisa bergaya.

Itu dia sederet kelebihan menarik dari motor matic Honda PCX 160 yang bisa menunjang penampilan diri kamu.

Mulai berpikir untuk ganti motor matic?

Salam Satu Hati!

Penulis: Deddy Huang

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

Satu komentar

  1. Sebetulnya menarik sih ini, tapi sayangnya gue gak bisa lepas dari model yang Supra hahahaha
    Honda yang tidak matic ini masih jadi kesayangan banget (somehow)

Tinggalkan Balasan