#IndonesiaMakinDigital : Modal 5 Ribu Bisa Internetan Seharian Dengan Wifi ID


Inspirasi itu katanya bisa dimana saja di dapat, entah kata siapa tapi kalau kata saya inspirasi itu ya memang bisa didapat dimana saja 😆 Contohnya pas lagi di tempat baru dengan suasana yang tepat bisa saja ide nulis lancar. Duduk di coffee shop, pesan satu kopi harga 40 ribuan lalu duduk berjam-jam nongkrong manja di depan laptop. Biasanya kalau saya sudah bosan menulis di rumah, saya langsung keluar cari tempat nongkrong yang asik dan suasananya tenang.

Di Palembang, tempat-tempat nongkrong sekaligus bisa wifi-an masih sedikit, selain di mall yang punya coffee shop itu pun koneksi wifinya tidak stabil. Acakadut. Kadang saya merasa tertipu sama kecepatan koneksi yang disediakan. Solusinya, saya akhirnya pakai internet thetering dari smartphone sendiri untuk aktifitas berselancar. Kalau begitu sama saja bohong, mending saya di rumah bisa internetan sambil tiduran kalau masih pakai internet kuota sendiri. Ya kan?

“Terus gimana dong koh?”

wifi18

wifi-id-corner

Aha! Solusinya saya nongkrong di Wifi.ID Corner punya Telkom. Tentunya kalian sudah tahu tentang perusahaan raksasa telekomunikasi di Indonesia. Lewat layanan produk telekomunikasi yang mencakup dari telepon kabel sampai telepon seluler, layanan broadband internet cepat hingga televisi kabel tentunya sudah menemani kita sebagai pengguna setianya. Bahkan Telkom juga menyediakan berbagai layanan teknologi informasi lainnya seperti cloud based and server based managed services hingga layanan portal lainnya.

Nah, Wifi ID Corner ini salah satu layanan buat kita anak muda yang membutuhkan koneksi internet cepat dan praktis. Di tempat ini kita tidak perlu khawatir kecepatan internet bakalan drop atau tidak stabil. Ya iyalah mainnya langsung ke kantor Telkom :mrgreen: 😆 Sebut saja “pojok” soalnya Wifi.ID Corner ini memang diletakkan persis di pojok sebelah kantor Telkom. Bukankah tempat yang asik buat mencari inspirasi itu ada di pojokkan?

wifi corner plaza telkom sudirman

Wifi Corner di Plaza Telkom Sudirman Palembang

Asiknya nongkrong di Wifi.ID Corner Telkom kita bisa mendapatkan suasana yang tenang, semacam co-working space untuk kita beraktifitas di depan laptop atau smartphone kita untuk menjangkau #IndonesiaMakinDigital. Selain itu, kita juga bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang duduk satu bangku dengan kita. Bagi saya berkenalan tentu bisa menambah informasi terbaru untuk didiskusikan. Siapa tahu juga bisa bertemu jodoh!? Bukankah ini hal yang positif?

Nah, selama di wifi.id corner kalian jangan takut bakal kehabisan kuota internet. Soalnya kita bisa manfaatkan wifi.id sebagai akses internet kita dan Telkom menjanjikan kecepatan internetnya up to 100 Mbps unlimited! Bayangkan saja kalau blogger dikasih kuota internet besar pastinya semacam sorgawi yang dipuaskan. Bakal banyak aktifitas yang bisa dilakukan mulai dari browsing, blogwalking, streaming Youtube sampai puas dan jadi artis dadakan di Bigo Live hahaha 😆

wifi03

wifi04

jaringan-wifi-id

Cara kerja wifi.id ini bekerja melalui akses poin dengan SSID@wifi.id yang mana Telkom sebagai penyedia layanan WIFI. Jadi, sebelum kita bisa menikmati akses internet wifi.id tanpa batas, terlebih dahulu kita membeli voucher wifi.id atau potong pulsa telepon. Nanti, kita akan mendapatkan user dan password yang bisa kita gunakan untuk akses masuk internet @wifi.id. Gampang sekali kan?

Harga paket internet wifi.id juga murah. Tersedia mulai dari paket 12 jam, 7 hari dan 30 hari. Kalian bebas pilih paket yang diinginkan. Kalau saya, biasanya ambil paket 12 jam untuk sekali pakai. Cuma kalau di kantor atau tempat kalian punya jaringan wifi.id saran saya lebih baik ambil yang 30 hari karena harganya lebih murah dan unlimited!

wifi05

wifi16

wifi24

paket-wifi-id

Kalau kalian menggunakan voucher internet wifi.id tempat untuk membelinya sangat mudah ditemukan, salah satunya pos satpam di Plaza Telkom terdekat kalian. Kalau di Palembang ada 3 Plaza Telkom yaitu di jalan Sudirman, jalan Merdeka dan jalan A. Rivai. Secara tidak langsung ketiga tempat tersebut juga tersedia pojok wifi.id corner. Kalau kalian tidak mau menggunakan voucher, cara lainnya juga bisa menggunakan sms dengan memotong pulsa operator. Mudah sekali, kalian bisa ketik format sms sesuai paket yang diinginkan:

NET(spasi)5000 untuk paket 12 jam
NET(spasi)20000 untuk paket 7 hari
NET(spasi)50000 untuk paket 30 hari

Kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 98108 dengan tarif normal sms. Bersabarlah. Sebentar lagi notifikasi LED smartphone kalian akan mengedip tanda pesan masuk dari mantan Telkom. Isi pesan akan berisi user dan password untuk masuk wifi.id setelah kalian terhubung di jaringan @wifi.id. Selanjutnya? Masa masih mau dikasih tahu lagi… ya tinggal kalian login di halaman landing page wifi.id dong!

wifi06

wifi07

wifi08

selancar-internet-sepuasnya

Hal pertama yang dilakukan setelah terhubung dengan internet tentu penasaran dengan kecepatan koneksi internet wifi.id. Pengetesan kecepatan internet menggunakan situs speedtest.net. Hasil yang didapat tercatat kecepatan download 17,20 Mbps dan upload 19,56 Mbps dari hasil speedtest.net. Kemudian saya coba pengetestan kedua kali juga didapat tidak jauh dari angka tersebut. Dengan catatan waktu saya online sekitar pukul 3 sore. Kira-kira dengan kecepatan begitu saya bisa apa saja?

wifi10

Wohoo… saya bisa lancar tanpa jeda untuk browsing halaman blog termasuk streaming Youtube tanpa lag! Buffer-nya cepat sekali. Tidak perlu minta sampai kecepatan 100 Mbps, dengan kecepatan di atas 15 Mbps saja bisa lancar berselancar di internet. Apalagi anak muda yang duduk di depan saya ini sudah selesai download game PES ukuran 4 GB hanya sekitar 30 menit saja. WOW!

wifi23

wifi13

wifi11

Dilihat dari sisi ekonomis, dengan harga 5 ribu saja kita bisa puas internetan seharian! Tidak perlu pusing kalau kuota internet habis karena selama kita terhubung dengan wifi.id kecepatan internetnya stabil dan unlimited! Selain browsing, saya juga coba menghubungkan ke device lain, yaitu smartphone. Pemakaian wifi.id ditujukan untuk satu device penggunaan, jadi kalau mau hubungkan ke device lain harus diputuskan terlebih dulu koneksi sebelumnya.

wifi19

Saya ingat kalau sebentar lagi saya mau siaran langsung, bakal ditonton banyak orang dari seluruh dunia nih! Wih keren kali sih kokoh ini!

“Emang siaran di tv mana sih, koh?”

“BIGO LIVE!” Bhuakakaka… kemudian yang lagi baca blog ini pun hening.

Setelah terhubung ke smartphone saya pun bisa langsung siaran langsung di BIGO LIVE. Aplikasi streaming online ini sedang fenomenal dan makin banyak orang unduh di smartphone mereka. Disini kita bisa jadi artis instant dengan channel atau room sendiri. Kita bisa bebas cuap-cuap apa saja yang nantinya bakal ditonton sama banyak orang yang gabung ke channel kita.

wifi20

Jangan kaget kalau waktu kalian join, bakal banyak pemandangan aduhai dari dedek emesh.

“Buka dong…” “Ya turunin lagi kak…” “Keteknya item!”

wifi21

Nah keseruan seperti inilah yang bakal kalian rasakan begitu join Bigo Live! Hahahaha.. eits tapi tentunya sebelum kalian mau rasakan keasikan Bigo Live tentunya koneksi internet juga harus lancar. Berhubung sudah terhubung dengan koneksi wifi.id saya pun penasaran seberapa kuat dan stabil saat saya sedang asik nge-bigo! Terasa beda sekali sewaktu nonton streaming dengan kecepatan internet wifi.id, setidaknya jarang ada jeda dan suara yang keluar pun tidak terputus-putus.

tips-nongkrong

wifi22

Tampaknya Telkom pun sadar kalau orang-orang yang ada di pojok wifi.id corner tentunya termasuk golongan fakir colokan listrik. Maka, di bawah meja yang bisa menampung 6 sampai 8 orang ini sudah disediakan colokan listrik yang bisa kita pakai. Bisa bikin kita lebih betah dan tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Ada tips buat kalian yang mau lebih asik lagi nongkrong di pojok wifi.id corner sambil internetan. Kalian bisa bawa minuman atau makanan sendiri buat nemani waktu internetan kalian. Misalnya kayak orang yang duduk di sebelah saya dia bawa pempek! Cuma ingat untuk buang sampah kalian di tempat yang sudah disediakan. Selain itu jangan lupa bawa headset supaya kalian tidak bikin polusi suara sekitar. Hargai orang lain yang juga butuh ketenangan bermain.

wifi25

wifi26

internet sepuasnya dengan wifi id

Sudah beberapa kali saya bermain ke Wifi ID Corner di jalan Sudirman selalu ada kucing ini menemani kita nongkrong sambil main internet. Tingkah lucu kucing ini membawa kehangatan di tengah-tengah kita. Mulai dari usilin si kucing yang lagi malas-malasan tidur sampai memberi dia sisa makanan kita. Buat kamu yang mau jumpa si kucing ini makanya ke WIFI ID Corner aja ya :mrgreen: meeong…

wifi-id-untuk-indonesia

Tampaknya mustahil memang kalau dipikir di Indonesia ada jaringan wifi dengan kecepatan sampai 100 Mbps. Kecuali kalau memang di-setting IP address khusus untuk dia seorang, correct me if I am wrong. Kecepatan internet yang ditawarkan wifi.id di pojok wifi.id corner ini rata-rata berkisar 15 Mbps – 20 Mbps dengan penggunaan di jam-jam tertentu. Bisa jadi kecepatan asli bisa di atas dari kecepatan yang saya dapatkan. Misalnya browsing di jam 12 malam, mungkin. Namun sejujurnya, ada hal yang tidak mengenakan juga sewaktu kita menggunakan koneksi internet publik bersama, hal yang sulit kita hindarkan yaitu kita harus siap sama ulah tangan jahil yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memblok kecepatan koneksi hanya untuk dirinya sendiri. Walaupun dengan kecepatan begitu, saya sudah puas :mrgreen: mudah sekali ya bikin saya puas, cukup koneksi internet kebut dan ditraktir gadget baru saja *eh*

Sekarang yang perlu kita ketahui dimana saja letak titik-titik SSID @wifi.id supaya kita bisa lebih mudah terhubung internet. Tentunya hal ini Telkom ikut mendukung program pemerintah dalam percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di bidang ICT (Information Communication Technology). Saat ini dirasakan kebutuhan kita akan informasi digital sudah sangat menggila. Dulu pemakaian kuota 2GB sudah dirasakan sangat besar. Bandingkan sekarang kalau 2GB digunakan untuk streaming Youtube atau Instagram?

wifi27

wifi01

Oleh sebab itu, apabila titik-titik SSDI @wifi.id tersebar banyak tentunya akan mempermudah kita menjangkau dan tidak seperti fakir bandwitch yang kemana-mana harus tanya, apa di sini ada wifi? Passwordnya apa ya?

Contoh untuk area Palembang setelah saya cek di situs wificorner.id ternyata tercatat sekitar 72 titik @wifi.id yang tersebar. Antara lain kampus-kampus, sekolahan, mall dan area publik. Tentunya ini juga satu peluang buat para pebisnis untuk menyediakan tempat nongkrong yang asik dan meminta Telkom untuk memasang titik @wifi.id. Tidak perlu investasi besar tapi bisa menjamin laris tempatnya!

wifi14

Sebenarnya Telkom sendiri juga punya produk broadband internet yang dilengkapi dengan televisi kabel. Dulu namanya Speedy, sekarang berubah menjadi Indihome yang sudah menggunakan kabel fiber sehingga rumah kita terjamin dengan koneksi internet 24 jam. Cuma saya sendiri di rumah belum menggunakan layanan Indihome oleh sebab kebutuhan internet saya masih tergolong mobile di luar. Ada harapan untuk Telkom bisa mengeluarkan produk seperti portable mifi @wifi.id yang gampang dibawa kemana-mana dengan harga yang terjangkau. Pastinya bakal sangat membantu, apalagi buat saya untuk aktifitas blogging sambil nongkrong di suatu tempat menemukan inspirasi. The world in your hand!

Jadi, apa harga 5 ribu buat internet seharian sepuasnya masih mahal?

Buat kalian yang masih mau tahu lebih lengkap seputar @wifi.id bisa klik wificorner.id atau kunjungi Plaza Telkom terdekat atau twitter (@wificorner_id)

Iklan

28 pemikiran pada “#IndonesiaMakinDigital : Modal 5 Ribu Bisa Internetan Seharian Dengan Wifi ID

  1. Wah saya pernah nyoba ini, kalau di Boyolali sekitar 3km dari rumah hehehehe… Btw di kaskus ada yang nawarin id WiFi ID permanen seharga rata2 300 ribu ke atas, benar nggak ya? 😮

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s