Mewujudkan Studio Foto Look Acts Bersama PC Desktop ASUS ExpertCenter D500SA

Saat memutuskan usaha sendiri, kita sebaiknya punya mimpi yang jelas dan spesifik yang menjadi raison d’etre memulai bisnis sendiri.

Mimpi tersebut sebaiknya sesuatu yang pantas, worthed, untuk dikejar dan diperjuangkan.

***

Telah setahun menjalankan Look Acts sebagai jenama digital yang membantu dalam visual produk, konsultasi strategi media sosial hingga menjalankan digital marketing di dalamnya.

Semua dikerjakan seorang diri oleh saya dikarenakan belum memiliki tim dan ruangan kerja yang mendukung.

Sejak tidak bekerja kantoran, saya mencoba usaha sendiri di bidang digital marketing. Dengan pengalaman dan keahlian yang saya miliki tentu memulai usaha baru bukan hal yang mudah.

Saya pun juga bertanya pada diri sendiri. Bukan tidak ada modal mencukupi, bukan juga tidak ada ide baru. Melainkan yang paling sulit adalah mempertahankan endurance berbisnis.

Ada proses dan tahapan yang pasti dilalui oleh setiap orang dalam memulai dan membangun usaha baru.

Saya menyadari kalau menjalankan usaha sendiri itu penuh tekanan namun juga merupakan pilihan karir hidup yang bagus. Apalagi menuntut waktu dan fokus. Mulai dengan menghayati kerjaan sampai akhirnya berdiri dan dapat beroperasi.

Look Acts sebagai penyedia layanan konsultasi pemasaran digital, saya bentuk agar dapat ikut membantu UMKM di Palembang agar melek digital.

proposal digital marketing
Proposal penawaran digital marketing untuk calon klien

Rancangan bisnis (business plan) yang saya bangun adalah berupa strategi media sosial, bukan tentang berbicara memposting video kucing lucu dengan harapan audiens melihat konten yang menggemaskan.

Tidak. Tidak. Saya ingin membantu para UMKM supaya para pelaku bisnis ini juga tahu siapa saja target audiens mereka. Saluran media sosial mana yang bisa dimanfaatkan.

Terlebih jenama merupakan pesan yang akan beresonansi dengan target pasar kita di media sosial. Ia juga yang akan menjawab seperti informasi apa yang dicari oleh orang banyak. Masalah apa yang bisa kita bantu selesaikan? Serta proyeksi tujuan jangka panjang yang hadir secara konsisten.

Apakah semuanya berjalan sesuai rencana? Tentu tidak, kakak.

Jasa penyedia digital saya merupakan end to end layanan pemasaran. Jasa seperti saya ini memang banyak, namun selain harus bisa mencari pembeda dengan bisnis yang lain. Daripada saya tidak memulai, maka bisnis tersebut tidak akan jalan juga.

Ada 4 layanan Look Acts yang saya rancang dan siap untuk ditawarkan ke para UMKM yang membutuhkan. Mulai dari kebutuhan :

Design Content
Kreasi desain konten untuk media sosial, website, promosi dan foto produk. Semua berfokus pada konten-konten seperti copywriting, content development hingga KOL management.
Training Consultant
Fokus untuk pembelajaran seperti food photography, media sosial, copywriting hingga branding. Layanan jasa konsultansi ini menganalisa lebih dalam mengenai media sosial milik UMKM hingga branding yang tepat sasaran.

Memang semua layanan jasa yang ada di Look Acts masih terbatas. Saya pun juga ikut merasakan kendala dari sisi tenaga, pikiran dan sumber. Ini dikarenakan, semua saya kerjakan sendiri.

Akhirnya karena keterbatasan tersebut, saya baru bisa memfokuskan untuk jasa foto produk makanan di Palembang karena pandemi ini paling dibutuhkan oleh UMKM untuk memasarkan produknya secara digital.

jasa foto makanan palembang
Profesi tukang foto makanan yang merangkap menjadi food stylist dan editor

Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat menggiurkan, menjadi bos untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksibel, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar.

Akan tetapi, resiko yang dihadapi tidak jarang menyebabkan kita layu sebelum berkembang. Apalagi untuk ukuran saya sebagai UMKM baru rintisan jasa fotografi makanan di Palembang.

Sebenarnya ada banyak keuntungan (value) yang menarik bagi klien saat menggunakan jasa fotografer makanan. Keuntungan itu dibagi berdasarkan peran yang dijalankan. Mulai dari peran :

Tukang foto, yang harus berperan memikirkan pengaturan lampu, sudut pengambilan foto, hingga warna foto. Tukang foto ini nantinya menentukan apa saja sudut foto yang tepat agar makanan terlihat enak dilihat.

Food stylist, yang bertugas mengatur tata letak makanan agar makanan tersebut terlihat menggugah selera. Peran food stylist ini merupakan fungsi penting dalam fotografi makanan.

Editor, yang bertugas melakukan koreksi gambar akhir agar hasil foto lebih terlihat baik.

Idealnya dalam satu projek fotografi makanan ada 2 hingga 3 orang yang ikut membantu. Namun, kenyataannya di lapangan semuanya dilakukan seorang diri karena sulitnya menemukan tim yang cocok. Serta, biaya yang membengkak untuk membayar tambahan personil.

Salah satu klienku bertanya tentang apa aku memiliki tim.

Akhirnya saya belajar kembali dasar-dasar dalam menata makanan hingga mengedit foto agar siap digunakan oleh klien. Tujuannya untuk mengambil peran rangkap sebagai food stylist dan editor. Tapi, bayangkan andai bisnis saya sudah besar dan memiliki sumber daya yang mumpuni. Tentunya, bisnis saya bisa lebih besar tentunya.

Pasti ada terbesit tidak kuat dan stress melihat usaha yang dibangun lambat tumbuh, sementara dana dan tenaga sudah banyak dicurahkan.

Sedangkan calon klien masih belum teredukasi dengan baik mengenai harga jasa foto. Bahwa peralatan fotografi dan properti cenderung mahal saat ini.

Memang berapa sih biaya untuk membuka fotografi makanan? Tak ada yang pasti karena semuanya disesuaikan dengan kebutuhan.

Bekerja di ruang terbatas dari rumah memang kurang nyaman. Saya melakukan foto produk makanan hanya di rumah dengan ruangan terbatas ukuran sekitar 3 x 3 meter. Ini pun bukan ruangan yang bisa dikatakan layak karena bergabung dengan ruang tamu.

Semua peralatan dan properti foto bergabung di satu tempat. Sehingga ruang gerak saya cukup sempit.

Terbesit keinginan dan harapan saya jika suatu saat nanti bisa memiliki studio foto dan ruang kerja yang lebih luas agar saya bisa meletakkan seluruh properti dan peralatan kerja dengan rapi dan nyaman.

Serta bisa mengerjakan foto produk klien lebih leluasa dengan gerak ruang yang lebih luas, tidak seperti sekarang berada dekat tangga yang cukup berbahaya jika saya tidak hati-hati.

Kendala lainnya yang saya rasakan adalah karena masih dikerjakan seorang diri. Ada klien yang pernah bertanya ke saya, kenapa saya tidak memiliki tim untuk membantu. Saya jawab, kalau saya belum mampu membayar biaya tambahan tim. Selain itu, menemukan orang yang sevisi dengan kita untuk bekerja bukan hal yang mudah.

Saya berharap usaha jasa foto Look Acts ini berkembang pesat dan menawarkan keuntungan bagi pelaku usaha UMKM. Bisnis fotografi profesional merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa yang akan selalu dibutuhkan banyak orang.

Beberapa cara saya dalam memasarkan bisnis fotografi yang dilakoni, antara lain:

▪ Promosi dari mulut ke mulut

Untuk memasarkan usaha fotografi tanpa capek dan tanpa modal namun terbukti efektif adalah melakukan promosi usaha bisnis fotografer profesional dari mulut ke mulut. Sistem pemasaran ini berjalan sendiri seiring dengan tingkat kepuasan yang diraih oleh konsumen.

Sebuah testimoni yang positif dari klien terhadap jasa saya.

Jika mereka puas atas jasa fotografi yang sobat berikan maka pastinya mereka akan menceritakan kepada lingkungan sekitar mereka, teman, sahabat, tetangga dan lainnya. Ini merupakan promosi gratis bagi kita.

Makanya saya memastikan untuk melayani konsumen dengan prima dan terbaik yang mencakup kualitas hasil jepretan kamera sangat baik, pelayanan cepat dan tepat waktu, selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen dan pelanggan dan lain sebagainya.

▪ Promosi di Media Sosial

Pengguna media sosial saat ini sangat besar jumlahnya di Indonesia. Hal ini merupakan pangsa pasar yang sangat besar dari bisnis jasa fotografi.

Selain itu, dalam media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter, saya juga berbagi semacam tips cara membuat foto yang bagus, tips menjadi fotografer pemula, dan mencantumkan hasil foto saya.

Dengan cara melakukan hal-hal di atas, seiring berjalan waktu konsumen dan pelanggan akan bertambah. dan membuat jasa fotografi semakin besar.

Opsi di atas merupakan biaya termudah dan terendah bagi saya saat ini adalah menjadi pemilik tunggal dari bisnis tersebut. Yang mana akhirnya semua dikerjakan seorang diri sesuai keahlian yang dimiliki.

Berhubung saya ingin berkembang lebih jauh lagi, yakni bisa menciptakan struktur bisnis lebih luas. Istilahnya bisnis jasa saya bisa enhance dengan menambah tim dan punya studio.

Dengan begitu, ada kesempatan menawarkan layanan yang lebih besar terhadap fotografi dan mampu membantu UMKM lainnya dalam mengatasi masalah terkait dengan branding maupun digital marketing.

Membangun studio fotografi sederhana mungkin impian bagi banyak fotografer. Dengan cara ini, fotografer bisa menyalurkan hobi sekaligus memperoleh penghasilan tak hanya bermodalkan kamera saja.

Apalagi, saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer. Bahkan, peran fotografer mulai dibutuhkan untuk mengabadikan momen saat lahir hingga tutup usia.

Dengan kata lain, dokumentasi menggunakan foto telah menjadi salah satu cara untuk mengabadikan sebuah momen yang masih sangat populer saat ini.

Membuka studio fotografi sendiri di rumah bisa menjadi salah satu langkah besar saya untuk terjun ke dunia fotografi secara profesional.

Selain kamera, ada beberapa perlengkapan lain yang harus saya miliki agar studio fotografi yang dibangun bisa menunjang pekerjaan.

1. Ruang Kerja

Yang pertama dan utama adalah soal tempat kerja. Artinya, saya harus menata kembali ruang di rumah saya yang terbatas agar bisa digunakan untuk bekerja. Selain bisa mengurangi anggaran untuk menyewa ruang kerja di luar rumah.

Apalagi, rata-rata saat ini, sewa bangunan cenderung mahal.

studio foto rumahan
Posisi yang cukup berbahaya saat bekerja
studio foto rumahan
Studio foto dari rumah yang masih berantakan
studio foto rumahan
Di area inilah saya berkarya menghasilkan foto produk makanan

Saya kepikiran untuk memaksimalkan kembali ruangan yang ada di dalam rumah. Menggunakan ruang tamu di rumah atau ruangan lain yang tidak terpakai.

Untuk ukuran studio fotografi cukup variatif. Tapi jika studio fotografi tersebut dibangun khusus personal, ukuran 4×4, 5×7 dan 6×8 sudah cukup.

Setelah punya ruangan, langkah selanjutnya adalah melakukan dekorasi. Saya perlu merapikan kembali peralatan foto saya agar lebih mudah dipakai. Kurang lebih seperti itu gambaran ideal studio foto idaman saya.

2. PC Desktop

Menggunakan PC desktop jauh lebih nyaman untuk waktu lama. PC desktop menawarkan ergonomi yang jauh lebih baik apalagi kalau kita dituntut berlama-lama di depan komputer.

Kita bisa memposisikan badan dengan posisi baik, sehingga tidak cepat pegal. Ditambah dengan keyboard yang besar, adanya mouse yang proper dan juga layar monitor lebih besar semua hal tersebut cuma bisa kita dapatkan pada PC desktop.

Selain itu nantinya PC desktop ini juga bisa digunakan apabila saya sudah memiliki tim editor agar hasil editing foto bisa lebih baik dan saya bisa bekerja lebih fokus.

Hal yang saya suka adalah PC desktop menawarkan price to performance yang lebih baik, apalagi bagi kita yang memiliki budget minim dan ingin pc dan performa yang butuh tinggi misalnya untuk keperluan komputasi Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, dan Adobe Premiere.

Selain masalah harga, kita juga bisa mengupgrade hampir semua komponen pc desktop rakitan sesuai selera.

Alasan masih memilih PC desktop sebagai komputer kerja

Untuk mobilitas tertentu PC desktop akan kalah unggul karena sulit untuk dibawa, sehingga tidak bisa disaingi oleh PC desktop. Tapi, jangan lupa kalau PC desktop tetap memiliki keunggulan dari beberapa sektor, seperti:

  1. Lebih mudah untuk upgrade atau repair. Memperbaiki desktop tidak sesulit laptop. Pada laptop hanya bisa mengupgrade RAM dan storage. Namun, di PC desktop kita bisa mengupgrade semua komponennya. Mulai dari prosesor, motherboard, VGA, RAM, storage, bahkan casingnya. 
  2. Modular. Kebalikan dari laptop, di PC desktop, semuanya terpisah. Monitor, keyboard, mouse, port, semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya untuk mengedit foto dan video, tentu saya akan membutuhkan monitor dengan layar yang besar, maka saya tinggal beli yang besar, colok ke PC desktop dan voila!! Tidak ada yang bisa mengalahkan layar besar.
  3. Umumnya lebih murah daripada laptop. Pintar-pintar kita mencari sesuai spesifikasi. Umumnya sebuah PC desktop harga hemat mulai dari 7 jutaan.
  4. CPU, VGA, dan RAM yang bisa lebih baik daripada laptop. Alasan ini karena PC desktop tidak dibatasi oleh dimensi yang kecil, maka pendingin yang besar pun bisa dipasang dengan baik. Hal ini memungkinkan untuk bisa menggunakan CPU monster, menambah VGA 1080 Ti, dan RAM 32Gb atau lebih tinggi, yang mengakibatkan kita bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Untuk saya dan kamu yang menggunakan komputer untuk keperluan kerja atau bisnis, tentunya membeli PC desktop jauh lebih bijaksana. Selain dapat performa, harga lebih murah, dan pilihan opsi upgrade bisa disesuaikan kebutuhan.

Itulah 4 alasan kenapa setidaknya setidaknya bagi orang yang baru merintis bisnis harus mempunyai setidaknya 1 PC desktop. Walau saya sudah punya laptop, tetapi menurut saya 4 alasan tadi yang sulit dibantah apabila saya ingin naik kelas, memperbesar bisnis di masa pandemi.

ASUS ExpertCenter D500SA
ASUS ExpertCenter D500SA

Saat tahu ASUS Indonesia memiliki ASUS ExpertCenter D500SA sebagai PC desktop ringkas performa tinggi. Tampaknya produk PC desktop ASUS ExpertCenter D500SA ini menjadi pilihan sebagai PC desktop di studio Look Acts nantinya.

Menyederhanakan proses bisnis tentunya didambakan oleh setiap orang dengan PC desktop yang dimiliki.

Dengan kondisi ruangan kerja di rumah yang tidak begitu luas, ASUS ExpertCenter D500SA ini menjawab kebutuhan bisnis enterprise kita yang memiliki ruang kerja terbatas.

Mari kita mulai dengan desainnya dulu. Seluruh ASUS PC Desktop D500SA ramping dan tinggi. Hanya dengan volume 9 liter dan menurut saya, ASUS melakukan rekayasa pada sasis casing desktop ini. Ini sangat kuat, dan bagaimana motherboard serta casing dibuat untuk bekerja satu sama lain, keren!

Di era ketika ruang kantor kecil dan lebih terbatas. ASUS merancang komputer desktop berkinerja tinggi yang lebih kecil. Seiring dengan peningkatan fleksibilitas penggunaan, termasuk penempatan mesin secara vertikal, horizontal, serta port koneksi yang lengkap.

ASUS ExpertCenter D500SA menghadirkan kinerja yang kuat, dapat diandalkan, dan dapat diperluas, dibuat khusus untuk kebutuhan unik bisnis kecil. Faktor bentuk kecilnya yang sangat ringkas, fleksibel, dan ramping memungkinkan pengguna bisnis menikmati ruang kerja yang fleksibel dan rapi.

Hadir dengan desain small factor, PC desktop ExpertCenter D500SA ini bentuknya slim dengan ukuran panjang, lebar, dan tinggi 34 x 29.28 x 9.5 cm. Ukuran seperti tas messenger yang biasanya saya bawa sehari-hari.

ExpertCenter D500SA ini cocok ditaruh diatas meja kerja secara horizontal maupun vertikal, atau diselipkan di antara batas meja. Ucapkan selamat tinggal pada kaki terantuk tidak sengaja ke PC desktop dan membuat komputer mati seketika.

Asus ExpertCenter D500SA termasuk PC desktop bisnis kecil tingkat pemula yang menarik. Cocok untuk bisnis kecil yang baru dirintis untuk kita. Karena performa di dalam perangkat sudah sangat memadai untuk keperluan editing foto dan video, termasuk juga bisa membuat deck dan proposal pitching dengan klien.

Apapun tugasnya, ASUS ExpertCenter D500SA menampilkan kinerja yang kuat namun tetap low powered, yang dirancang khusus untuk kebutuhan unit bisnis kecil. 

Nah, berbicara tentang “low-powered” atau daya rendah, PC desktop ExpertCenter D500SA ini dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan kita untuk bekerja. ASUS PC desktop ini bisa bekerja dengan prosesor 10th Gen Intel Core, dari i3-10100 hingga i7-10700.

Keunggulan ASUS ExpertCenter D500SA
Keunggulan ASUS ExpertCenter D500SA

Adapun 4 pilihan prosesor yang disarankan :

  • Intel Core i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz, 4 cores),
  • Intel Core i5-10500 Processor 3.1 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz, 6 cores),
  • Intel Core i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores),
  • Intel Core i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores).

Jadi, saat bisnis yang baru kita rintis masih belum cuan, tak ada salahnya untuk kita memilih prosesor termurah hingga nanti saat bisnis sudah kuat berjalan kita bisa upgrade suatu hari nanti.

Serta RAM yang diberikan juga sudah mumpuni untuk kebutuhan bisnis baru yaitu RAM 8 GB DDR4. Kita pun nanti bisa tingkatkan ke RAM 16 GB hanya dengan memasukkan stik RAM 8 GB lainnya karena ada slot kosong lainnya.

Kebutuhan grafis agar lebih halus, ExpertCenter D500SA ini dilengkapi mulai dari kartu grafis Intel HD Graphics 630 atau juga bisa menggunakan NVIDIA GeForce GT710 2GB dan GT1030 2GB.

Untuk kapasitas penyimpanan sendiri, ExpertCenter D500SA ini dibekali HDD 1TB. Kita pun juga mendapatkan tawaran opsi upgrade dengan hassle-free upgrade, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna ExpertCenter D500SA untuk mengganti SATA HDD dan SSD, serta ODD (Optical Disk Drive) tanpa menggunakan alat bantu tambahan. Seperti dapat memasukkan drive 2,5 inci lain atau SSD M.2.

expertcenter d500SA
Kemudahan dalam upgrade sesuai kebutuhan

Fitur tersebut penting bagi pelaku bisnis di mana upgrade komponen terutama untuk media penyimpanan dan ODD lebih sering dilakukan.

Kalau dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, memiliki PC desktop seperti ExpertCenter D500SA ini value for money, bukan? Bagi kita bisnis baru bisa tetap berjalan dengan performa yang sudah mumpuni. Saya sudah tidak sabar untuk mengembangkan Look Acts lebih besar.

Bagi saya yang berkecimpung di industri fotografi, tentunya spesifikasi ini sangat dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi grafis lebih halus.

Kita akan lihat hasil benchmark dari pc desktop ini :

ASUS ExpertCenter D500SA memiliki bentuk modern, kompak, dan bergaya yang dapat berdiri secara vertikal maupun horizontal. Berkat bentuknya yang kecil, pengguna bisnis dapat menyederhanakan ruang kerja mereka untuk menghemat ruang, membuat area kerja yang rapi, menghubungkan lebih banyak perangkat bisnis, atau bahkan memasukkan lebih banyak komputer ke dalam ruang kantor.

Wah ini yang saya cari!

Lanjut lagi, untuk memastikan kinerja yang konsisten dan tingkat kebisingan minimum dari platform kecil, desain termal D500SA telah mendedikasikan ruang udara terisolasi untuk generator panas utama PC untuk mencegah penumpukan panas di dalam. Hal ini memastikan pengoperasian yang tenang bahkan saat mengerjakan tugas yang berat, sekaligus memberikan kinerja yang konsisten.

Dan karena seluruh bagian PC desktop ExpertCenter D500SA ini sangat solid, kita dapat meletakkannya ke samping dan monitor desktop juga di atasnya. Selain itu karena berdaya rendah, sehingga tidak akan mempengaruhi apapun saat menutupi sebagian asupan CPU.

Amankah kalau PC desktop ditumpuk benda di atasnya?

Perlu diketahui kalau ExpertCenter D500SA ini juga menggunakan case khusus dan telah lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 801G). Artinya, ExpertCenter D500SA memiliki keandalan yang telah terbukti karena mengantongi sertifikasi dan lolos dalam pengujian ketahanan ekstrem seperti uji getaran, uji jatuh, bahkan hingga uji pengoperasian pada suhu ekstrim.

asus expertcenter d500sa

Hal ini menandakan durabilitas ExpertCenter D500SA telah teruji dan siap digunakan setiap waktu di berbagai kondisi untuk mengembangkan bisnis kita.

Serta tidak akan membahayakan kemungkinan kehilangan data yang dapat diandalkan dengan D500SA.

Sorotan lain dari ExpertCenter D500SA adalah Asus menggunakan motherboard kapasitor padat 100%, membuat motherboard akan lebih tahan lama. Karena kapasitor seperti ini akan membantu menahan muatan dan tegangan kontrol tingkatkan stabilitas. Sangat membantu memperpanjang umur layanan untuk waktu yang lebih lama juga.

asus expertcenter d500sa
Bisa posisikan desktop pc seperti ini juga.

Keamanan adalah hal wajib dan harus diutamakan dalam menjalankan bisnis, selain memikirkan durabilitas penggunaan Asus. PC desktop ExpertCenter ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis, seperti fitur Trusted Platform Module (TPM) yang dapat menyimpan password dan kunci enkripsi secara lebih aman. Serta, dilengkapi fitur yang memungkinkan IT administrator untuk mengunci penggunaan port USB sehingga menjamin keamanan data bisnis yang ada di dalamnya.

Serta juga disematkan Kensington Security Slot and Padlock Slot yang dapat mencegah pencurian fisik PC Desktop dari lokasi yang tidak terawasi.

Detail desain ExpertCenter D500SA berfokus pada bisnis untuk membantu meningkatkan dan mengelola PC desktop dengan mudah. Dengan desain sasis tanpa alat, sehingga pengguna dapat membukanya tanpa alat yang diperlukan. Ini menghemat waktu dan tenaga, membuat peningkatan komponen dan servis rutin menjadi mudah.

Kemudahan untuk membuka casing tanpa alat ini akan sangat berguna saat kita ingin membersihkan dari debu di dalam. Tanpa perlu obeng tambahan untuk membuka casing.

Bisnis juga memiliki kekuatan untuk berbuat lebih banyak dengan tata letak internal yang memberikan ruang maksimum untuk ekspansi dalam faktor bentuk yang ringkas.

Casing baja internal memungkinkan ExpertCenter D500SA menampung hingga empat perangkat penyimpanan, sementara slot PCIe memungkinkan penambahan kartu grafis, konektivitas Wi-Fi, dan port I / O ekstra dengan mudah. ExpertCenter D500SA mudah dikonfigurasi, dan siap untuk bisnis apa pun yang mungkin dibutuhkan besok.

Berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan, ExpertCenter D500SA mengadopsi persyaratan lingkungan yang ketat di semua tahap siklus hidup produk dan mengoptimalkan penggunaan energi. Lewat catu daya 80 Plus Platinum untuk menurunkan biaya pengoperasian dalam jangka panjang.

asus expertcenter d500sa

Untuk memastikan catu daya efisiensi tinggi, ExpertCenter D500SA menggunakan kapasitor kelas atas. Catu daya ini memiliki sertifikasi 80 PLUS Platinum yang menunjukkan energi terbuang minimum, yang menghasilkan lebih sedikit panas dan penghematan biaya jangka panjang.

Salah satu yang menarik dari ExpertCenter D500SA adalah ia memiliki satu set port yang lengkap. Yang mendukung menghubungkan seluruh perangkat. Ini yang membuatnya nyaman untuk digunakan di kantor dengan ruang terbatas juga. Secara bersamaan, PC desktop ini juga bisa diletakkan secara vertikal dan horizontal.

port konektivitas
Port lengkap pada ExpertCenter D500SA
Baki CD untuk membaca data

Bagian depan mesin masih ada baki CD. Tersembunyi dalam desain perangkat di sebelah kanan adalah tombol power. Indikator aktivitas hard disk port headphone dan mikrofon, dan USB 3.2 untuk penggunaan hingga 4 port dengan card reader hingga tersedia 2 ukuran.

Bagian belakang PC desktop ini tersedia banyak port lengkap untuk mendukung koneksi ke perangkat lain. Mulai dari port PS / 2 untuk menghubungkan mouse dan keyboard, konektor monitor eksternal yang memiliki kedua Display Port / HDMI / VGA.

Tambahan untuk ExpertCenter D500SA ini menggunakan kartu grafis onboard diikuti dengan port USB. 2.0 hingga 4 port menghubungkan port LAN dan Serial.

Selain itu juga tersedia port untuk menghubungkan speaker, mikrofon dan port Paralel, sisanya bersifat opsional. Misalnya, memasukkan kartu grafis terpisah akan memiliki port HDMI / DVI / D-Sub dan konektor penerima Wi-Fi tambahan.

Asus ExpertCenter D500SA merupakan desktop bisnis kecil tingkat pemula yang menarik. Dari performa perangkat tersebut dan port koneksi lengkap meski memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan juga dirancang agar sesuai untuk kustomisasi serta pemeliharaan jangka panjang.

Perangkat ini pun berjalan pada sistem operasi Windows 10 Pro yang dirancang khusus untuk digunakan dalam bisnis. Memanfaatkan lebih aman karena informasi saat ini dalam sebuah organisasi bisnis sudah menjadi sesuatu yang berharga.

Pada saat yang sama, ExpertCenter D500SA juga dilengkapi dengan solusi keamanan untuk bisnis yaitu lebih mudah untuk di-manage berkat dukungan aplikasi ASUS Business Manager dan ASUS Control Center.

asus control center
ASUS Control Center untuk menyederhanakan proses bisnis kita

Aplikasi khusus tersebut memungkinkan IT administrator untuk melakukan manajemen terhadap ExpertCenter D500SA yang digunakan oleh tim. Fitur manajemen tersebut antara lain remote management, kontrol terhadap software dan hardware, hingga task scheduling.

Asus Business Manager
Asus Business Manager memungkinkan pengaturan keamanan di kedua aplikasi dan port USB agar tidak dapat menulis file.

Asus Business Manager memiliki fitur lengkap yang memungkinkan pengaturan keamanan di kedua aplikasi dan port USB agar tidak dapat menulis file. Mengenkripsi harddisk untuk membuat data yang disimpan lebih aman. Sampai rollback sistem untuk mengembalikan sistem ke fungsionalitas penuhnya.

Lalu, masih ada My Asus yang digunakan untuk menampilkan detail garansi. Memecahkan masalah penggunaan dasar termasuk pembaruan perangkat lunak. Tujuannya tentu agar meningkatkan ke sistem keamanan Windows 10 Pro yang akan membantu kita melindungi komputer seefisien mungkin.

Apakah membeli PC desktop D500SA juga mendapatkan monitor?

Pertanyaan bagus! Sebenarnya, ada banyak alasan lain untuk memiliki PC desktop ini. Pertama, spesifikasi yang sudah cukup andal untuk orang-orang yang baru memulai bisnis. Kedua, dalam paket pembelian PC desktop, kita sudah mendapatkan keyboard, mouse dan monitor ukuran 21,5 inch di dalamnya.

Paket ini tentunya akan hemat sekali bagi yang baru merintis bisnis dan mencari PC desktop lengkap dengan monitor.

Jadi kita bisa memulai bisnis kecil dengan jelas. Terutama bagi beberapa departemen di kantor. Karena pada dasarnya, PC desktop merupakan perangkat berdaya rendah yang terutama digunakan untuk mengakses VM atau PC klien bertenaga tinggi lainnya.

Untuk segi hiburan pun masih nyaman, kita bisa puas menonton Netflix pada layar monitor ukuran 21,5 inch. Apalagi monitor yang kita gunakan sudah memiliki speaker atau dapat menggunakan earphone sendiri.

Mempertimbangkan nilai, jalur peningkatan, dan semua aspek itu maka mendapatkan ASUS Desktop D500SA sebenarnya lebih baik. Karena dengan apa yang akan kita kerjakan, PC desktop seharga 13.999 juta ini sudah hadir dengan prosesor Intel Core, RAM 8GB dan HDD 1TB.

Belum lagi ditambah dengan sudah mendapatkan monitor layar jernih dari ASUS ukuran 21,5 inch yang akan membuat kita tidak perlu pusing memikirkan harus membeli monitor lagi.

Sebenarnya, saya tidak menyarankan jika kalian ingin membeli konfigurasi termurah. Saya sarankan untuk membeli varian minimal prosesor Intel Core i5, namun bukankah start bisnis setiap orang berbeda-beda.

ulasan expertcenter d500sa
Alasan memilih ExpertCenter D500SA

Ini dikarenakan jujur ​​saja di sini, jika kamu memang merasa tidak memerlukan Core i5 untuk menggulir Facebook, menonton YouTube, atau melakukan beberapa Excel sederhana. Maka yang kamu butuhkan adalah minimal RAM 8GB dan juga SSD untuk sistem operasi.

Maksud saya adalah, kita membayar untuk hal tertentu yang kita inginkan dan tidak perlu membayar yang belum akan digunakan sama sekali. Dan, itu ada pada ASUS ExpertCenter D500SA yang mudah dalam penggunaan, pengelolaan dan upgrade. Serta menyederhanakan proses bisnis dengan ASUS Control Center. Tanpa melewatkan sebagai desktop PC ringkas performa tinggi.

Intinya bisa disesuaikan lebih banyak spesifikasi untuk diterapkan agar sesuai dengan bisnis kalian.

Coba kita lihat spesifikasi detil dari ExpertCenter D500SA berikut :

Main Spec. ExpertCenter D5 SFF (D500SA)
CPU Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores)

Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)

Intel® Core™ i5-10500 Processor 3.1 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz, 6 cores)

Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz, 4 cores)

Operating System Windows 10 Pro

Windows 10 Home

Memory Up to 64GB DDR4
Storage Up to 3TB HDD
Up to 2TB SSD
Graphics Intel® HD Graphics 630

NVIDIA® GeForce GT710 2GB GDDR5

NVIDIA® GeForce GT1030 2GB GDDR5

Input/Output Front IO

1 x 20 -in-1 Card Reader(Optional), 1 x Headphone, 4x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x Microphone& Headphone (Combo jack)

Rear IO

4 x USB 2.0, 1 x PS/2(Keyboard), 1 x PS/2(Mouse), 1 x HDMI 1.4, 1 x DisplayPort, 1 x RJ45 LAN, 1 x COM Port(Serial Port) (Optional), 1 x Parallel Port (Optional), 1 x D-sub, 3 x Audio Jack(s)

Expansion 1 x PCI, 1 x M.2 (for Wi-Fi card), 2 x M.2 Socket, 2 x PCI-e x 1, 1 x PCI-e x 16
Audio High Definition 7.1 Channel Audio
Software ASUS Business Manager, ASUS Control Center
Dimension 9.5 x 29.28 x 34 cm
Weight 5.5kg
Power Up to 300 W (80 PLUS)
Accessories Included keyboard, mouse, monitor
Warranty 3 tahun garansi global

Kesimpulan

Tentunya setiap jenis bisnis memiliki kebutuhan penggunaan yang berbeda-beda. Termasuk berbagai batasan anggaran. Dengan faktor utama dalam memilih membeli PC desktop untuk digunakan di sebagian besar bisnis saat ini.

bekerja dengan pc desktop
Kenyamanan bekerja dengan PC desktop

Secara keseluruhan, desktop PC seperti Asus ExpertCenter D500SA akan memenuhi kebutuhan bisnis yang ingin meningkatkan komputer desktop model lama. Datang untuk digunakan sebagai alat kerja baru efisiensi yang lebih tinggi, kompak, dan menghemat lebih banyak energi. Bagi saya tentu akan bermanfaat saat nanti sudah memiliki tim, mereka dapat bekerja di desktop pc.

Kita pun sudah mendapatkan garansi layanan di tempat 3 tahun dan garansi kecelakaan tambahan selama 1 tahun.

Doakan semoga saya dapat mengembangkan Look Acts dengan memiliki studio foto dan tim yang bisa membantu dalam proses customer service maupun saat eksekusi di lapangan dalam bisnis jasa fotografi makanan di Palembang.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1729

5 tanggapan pada “Mewujudkan Studio Foto Look Acts Bersama PC Desktop ASUS ExpertCenter D500SA

  1. Di tengah pandemi sekarang, banyak usaha yang berusaha bertahan dan ada juga yang tumbang. Terima kasih telah membagikan pengalamannya lewat tulisan ini, sukses terus buat usahanya ya mas.

  2. Memulai usaha sendiri itu memang perjuangannya perlu keringat dan airmata (lebay). Apapun itu usahanya.

    Kalau cerita usaha wire jewelryku dari 0 Ded. Pasti banyak yang gak percaya. Jatuh bangun. Suka duka. Kaki jadi kepala, kepala jadi kaki. Tapi begitu sampai pada titik yang kita mimpikan, perjuangan lain sudah menunggu. MEMPERTAHANKAN. Dan itu jauh jauh lebih berat.

    Sukses terus yo Ded. Semoga LOOK ACTS semakin berkembang, move forward, getting better and reach the sky.

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: