air purifier rekomendasi

Tidur Nyenyak Bebas Bersin Pakai Air Purifier Electrolux Flow A4

Sebulan ini tidur saya jauh lebih nyenyak dan berkualitas. Problem yang biasanya saya merasakan alergi sekaligus sumpek di dalam ruangan kamar perlahan mulai berkurang sejak pakai air purifier.

Belakangan sejak dokter Adam Prabata menyampaikan kalau air purifier termasuk alat yang dapat digunakan untuk meminimalkan penyebaran Covid-19, makin berbondong orang mencari air purifier untuk covid.

Alasan lain saya mencari air purifier selain untuk menangkal virus Covid-19. Juga karena setiap bangun tidur pagi saya selalu bersin. Cukup ganggu dan menyebabkan saya parno sendiri takutnya polip.

Ruangan kamar saya termasuk tertutup tanpa ada jendela untuk ventilasi udara layaknya kamar ideal. Akibat dari ruang tertutup ini, efeknya partikel debu tak terlihat.

Air purifier ini banyak diburu sama masyarakat perkotaan karena dekat dengan partikel polusi, debu, dan asap. Apalagi ada yang memelihara hewan, biasanya bulu hewan peliharaan, tungau debu bisa menyebabkan iritasi saluran pernafasan yang menyebabkan kesulitan bernafas.

Cara kerja air purifier mengambil udara yang tercemar, menyaring dan kemudian mengeluarkan udara yang baru disaring.

Namun, sebelum membeli air purifier ternyata kita harus mengetahui dulu seperti apa kriteria air purifier yang bagus. Ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu : Filter HEPA dan CADR.

1. Filter HEPA

HEPA merupakan kepanjangan dari high efficiency particulate air filter atau filter udara partikulat berefisiensi tinggi.

Daya kemampuan filter menyaring partikel yang sangat kecil yaitu 99,97 persen partikel hingga 0,3 mikrogram.

Artinya, dengan kemampuan seperti ini masih dapat menyaring partikel debu, polusi dan kotoran. Makanya kenapa pada saat mencari air purifier yang diprioritaskan adalah yang memiliki filter HEPA.

Selain itu efektivitas filter juga dipengaruhi oleh kualitas dan ketebalan filter yang digunakan untuk menyerap bau dan gas.

2. CADR (Clean Air Delivery Rate)

CADR merupakan tingkat pengiriman udara bersih. Seberapa banyak udara bersih yang dapat dihasilkan air purifier di ruangan dengan ukuran tertentu.

Angka CADR sendiri memiliki hitungan. Namun, daripada pusing mending ambil intinya saja yaitu semakin tinggi angka CADR maka pembersih udara yang kamu miliki semakin baik.

Di pasaran, ada banyak sekali jenis air purifier yang beredar. Saya sendiri juga sampai bingung memilih rekomendasi air purifier. Hingga saya mengumpulkan informasi jenis dan merk air purifier yang lewat marketplace.

Rata-rata yang saya kumpulkan memang yang memberikan informasi angka CADR dan ketersediaan filter HEPA sesuai yang dianjurkan. Selain itu tentunya disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Terpilihlah air purifier dari Electrolux Flow A4 FA41-402GY dengan beberapa alasan berikut.

Desain Aduhai

Bentuk dari Electrolux air purifier ini cukup besar dengan bodi plastik ABS. Secara estetika cukup bagus untuk diposisikan di ruang tamu atau ruang tidur kita.

Ukurannya 58 x 32 x 32 cm, selintas terlihat tinggi namun ini karena ukuran filter HEPA Electrolux Flow A4 ini memang besar.

air purifier electrolux flow a4
Desain air purifier Electrolux Flow A4

Tidak ada desain yang membingungkan dari air purifier Electrolux ini. Pada bagian atas terdapat panel ON OFF yang bisa bekerja secara otomatis atau mode Sleep. Sisanya ada panel untuk mengunci untuk menghindari kalau tidak sengaja tergeser pengaturan.

Keunggulan Air Purifier Electrolux

air purifier electrolux flow a4
Panel atas air purifier Electrolux

Flow A4 menggunakan sensor partikel laser untuk mengevaluasi kualitas udara dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan kipas saat kondisi berubah. Ini berarti kita dapat menikmati udara yang lebih bersih tanpa perlu khawatir menyesuaikan pengaturan.

Air purifier ini juga memenuhi kriteria sesuai yang disarankan yaitu keunggulan dari filter HEPA 13 dan angka CADR yang tinggi. 

Angka CADR yang tertera yaitu 415m kubik untuk maksimum area 53 m persegi. Artinya mesin ini bisa bekerja untuk cakupan luas area lebih besar. Menarik ya

Electrolux air purifier Flow A4 telah dilengkapi berbagai teknologi terkini. Dengan membawa fitur utama :

  1. Smart mode : mendeteksi kualitas udara sehingga bisa disesuaikan dengan kecepatan kipas
  2. 3 tahap Filtrasi : pre filter, HEPA dan Activated Carbon. Dengan 3 tahap filtrasi, bisa dipastikan udara menjadi lebih bersih dan sehat.
  3. Air surround system: gerakan mengeluarkan/meniupkan udara dengan pola gerakan spiral yang menjernihkan udara lebih cepat dan efisien. Keuntungannya dapat mengeluarkan udara dengan cara yag lebih merata hingga ke segala sudut ruangan.

Cara Kerja Air Purifier Electrolux Flow A4

Boleh dikatakan untuk menggunakan air purifier Electrolux ini gampang sekali dioperasikan.

Kita tinggal sentuh panel ON/OFF, selanjutnya sensor air purifier akan bekerja secara otomatis untuk mendeteksi udara yang ada di dalam ruangan kita.

air purifier electrolux flow a4
Indikator warna dan angka di panel

Ada 4 warna indikator yang akan ditampilkan oleh panel air purifier, yaitu hijau, merah, oranye, dan biru. Masing-masing warna indikator ini akan menyesuaikan kecepatan kipas secara otomatis ketika kondisi berubah.

Air purifier ini memiliki sensor partikel laser untuk mengevaluiasi udara.

Indikator lampu akan bekerja secara otomatis mengikuti tingkat jernih udara. Biasanya di dalam ruangan kamar saya ketika di awal akan menunjukkan warna oranye, lalu setelah dalam lebih kurang 10 menit indikator akan turun dan berangsung ke angka terendah.

air purifier electrolux flow a4
Filter terletak di bagian bawah

Artinya, tingkat kejernihan udara di dalam ruangan kalian sudah lebih baik. Kita bisa menghirup udara yang lebih segar.

Selain itu, di panel LCD juga ada mode Sleep yang bisa digunakan saat tidur. Namun, saya jarang menggunakan mode Sleep ini jadi memang dibiarkan semuanya otomatis hingga di pagi hari.

Yang saya suka adalah tingkat kebisingan yang halus sehingga tidak mengganggu istirahat tidur kita. Suara bising hanya di awal saat sensor bekerja membaca situasi.

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan air purifier?

air purifier electrolux flow a4
Desain air purifier elegan dan minimalis

Sebagai pemurni udara yang responsif terhadap kebutuhan pengguna. Penggunaan air purifier sendiri sangat membantu ketika kita merasa udara di dalam ruangan kita sumpek, beraroma kurang enak, asap dan sebagainya. Bisa juga digunakan untuk kondisi ruangan kalian yang minim jendela untuk sirkulasi udara.

Dalam contohnya seperti teman saya seorang penyitas Covid-19. Selama isolasi mandiri dalam kamar, dia harus terus menjaga suhu udara di dalam kamar agar tetap segar dan jernih.

Selain itu, untuk menjernihkan udara di ruangan kerja, Electrolux Flow A4 ini butuh voltase sebesar 220 Volt. Berkat fitur penyesuaian kecepatan kipas secara otomatis, kita nggak perlu repot menyesuaikan pengaturan ketika kondisi ruangan berubah drastis. Nah ini yang saya suka!

Dengan harga 4,853 juta, produk air purifier Electrolux Flow A4 ini bisa jadi pilihan kalian di rumah. Apalagi kalian saat ini sedang mencari rekomendasi air purifier.

Ada pertimbangan lain ketika saya memutuskan mengambil air purifier ini. Selain telah memenuhi kebutuhan sebuah air purifier, ternyata produk Electrolux ini mendapatkan bonus vacuum cleaner Electrolux EC31-2BB seharga 1,8 juta!

Beli satu produk bisa dapat produk lain dengan harga yang menggoda seperti ini siapa yang menolak?

Sebagai konsumen saya juga mencari mengenai after sales. Mulai dari toko tempat jual dan ketersediaan sparepart.

Produk Dapat Dibeli Lewat

Produk Electrolux air purifier ini saya beli lewat marketplace Tokopedia. Kebetulan Electrolux sendiri memiliki toko official untuk area Palembang. Nama tokonya MyElectrolux Palembang. Plus pointnya ketika beli lewat toko ini saya bisa mendapatkan gratis ongkos kirim untuk wilayah Palembang.

Buat kalian yang tinggal di kota lain, bisa cek di Tokopedia Electrolux ya.

Spesifikasi :

  • Coverage 53 meter
  • Daya 45 Watts
  • Dimensi 320 x 320 x 580 mm
  • Jenis penyaring: 3 (Pre; HEPA anti bakteri dan Karbon Aktif)
  • Real-time IAQ Indicator
  • IAQ Indicator Colors
  • SMART/AUTO Mode
  • SLEEP Mode
  • Filter Indicator LED & Button
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1741

Satu tanggapan pada “Tidur Nyenyak Bebas Bersin Pakai Air Purifier Electrolux Flow A4

  1. Wah, menarik sekali artikelnya mengenai produk kesehatan. Apalagi bisa membantu penyembuhan penderita covid-19. Artikelnya sangat lengkap. Dari A sampai Z, termasuk perawatan pasca-pembelian.

    Saya berharap, Om Deddy tidak terkena bersin-bersin yang berkepanjangan lagi. Kan sudah pakai Air Purifier Electrolux Flow A4. Salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: