BerandaReviewGadgetReview Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Review Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Author

Date

Category

Baik itu perangkat laptop dan desktop, atau bahkan perangkat game console next generation seperti PS5, XBOX Series X Anda akan menemukan parts SSD M.2 di dalamnya. Saat ini SSD memang sudah menjadi perangkat penyimpanan standar.

Bentuk M.2 yang kecil sudah dapat menghadirkan kapasitas data dari hard drive standar. Kecepatannya bahkan lebih cepat dari SSD SATA, semuanya tertuang dalam ukuran menyerupai RAM yang sudah kita kenal sebelumnya.

Upgrade SSD Laptop

SSD M.2 sudah banyak diincar para pemakai PC maupun laptop, hadir sebagai media penyimpanan premium menjadi rekomendasi yang patut diperhitungkan. Terutama ketika Anda seorang gamer dan membutuhkan kecepatan tinggi untuk akses hard drive.

Pertimbangan meminang SSD NVMe M.2 dengan daya waktu baca dan menulis pada hard drive yang jauh melampaui SSD SATA maupun Hard Disk konvensional, menjadi sesuatu yang didambakan banyak pengguna dan pencinta teknologi terupdate.

Bila Anda mempunyai rencana untuk upgrade, Verbatim Vi3000 M.2 SSD (512GB) akan layak untuk Anda pinang sebagai SSD PC atau SSD laptop terbaik. Dari sisi harga lebih murah ketimbang produk lain sejenis yang sesuai dengan kelasnya.

Verbatim

Verbatim telah hadir di tengah-tengah kita lebih dari 50 tahun, produk-produk Verbatim sifatnya condong ke arah teknologi penyimpanan data, sparepart komputer, dan aksesorisnya. Verbatim selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Bahkan masih ada orang yang fanatik dengan produk-produk Verbatim yang terkenal dengan merk floppy disk, CD, hingga DVD, dengan reputasi Verbatim yang demikian populer dan sangat terkenal di awal-awal adanya komputer. Hingga sekarang Verbatim tetap menjadi merk yang patut dimiliki oleh para pencinta teknologi.

SSD Laptop Terbaik

Ketika Anda yakin akan membeli media penyimpanan yang termutakhir ini, pastikan laptop atau PC Anda support dan kompatibel dengan jenis SSD NVMe M.2. Rata-rata hardware yang sudah support adalah keluaran tahun 2021 keatas.

Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Verbatim dengan seri Vi3000 M.2 SSD ini mempunyai panjang 80 mm, lebar 22 mm, dan tebalnya 2,15 mm. Untuk beratnya hanya 8 gram saja. Para pecinta teknologi sering menyebut M.2 SSD ini form factornya adalah 2280, mewakili dimensinya saja sebenarnya yang memiliki lebar 22mm dan panjang 80mm, disingkat 2280.

Pada produk penjualannya, Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB dibalut dengan kotak dos yang minimalis. Heatsink untuk SSD di jual secara terpisah. Kalau Anda bukan gamer hardcore, penggunaan heatsink tidak perlu lah ya. Produk Verbatim ini akan menjadi SSD PC terbaik Anda.

Teknologi Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Dari segi teknologi, Verbatim menyematkan teknologi 3D NAND yang dikombinasi dengan pengontrol generasi terbaru. Menurut product knowledge-nya kecepatan bacanya up to 3.000 MB/s dan kecepatan penulisannya up to 2.900 MB/s. Perlu diketahui kecepatan baca-tulis ini 50 kali lipat kecepatan baca-tulis dari hard drive biasa.

Verbatim Vi3000 dirancang dengan fitur run-of-the-mill, yaitu sebuah fitur dengan operasi senyap dan tahan guncangan, konsumsi daya yang rendah, masa pakai yang lama. Kapasitas SSD Verbatim Vi3000 yang tersedia adalah ukuran 256GB, 512GB, dan 1TB.

SSD dengan kapasitas 512GB dan 1TB sangat layak untuk Anda pinang sebagai langkah upgrade SSD laptop atau SSD PC Anda sebagai media penyimpanan data atau menjadi drive khusus sebagai media sistem operasi.

Pengguna Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Pasar untuk Verbatim Vi3000 M.2 SSD NVMe ini ditujukan pada pengguna yang ingin meningkatkan teknikal dari hard drive mereka tanpa mengeluarkan biaya atau budget yang tinggi.

Apabila Anda termasuk salah satu pengguna yang ingin mencoba kehandalan teknologi SSD NVMe M.2 ini, ketika Anda merencanakan upgrade untuk SSD laptop atau upgrade SSD PC, Verbatim adalah pilihan yang pas.

Instalasi Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Anda pernah memasang kartu memori atau RAM pada sebuah perangkat? Nah, memasang Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB ini juga seperti itu, sama mudahnya. Anda cukup memasukkan ke slot M.2, lalu kunci agar tak terlepas. Karena sifatnya plug n play, sistem BIOS Anda akan langsung mengenalinya tanpa pengenalan khusus dari sebuah driver.

Review Tes Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Ketika saya mencoba testing SSD M.2 Verbatim Vi3000 ini saya menggunakan software khusus dengan nama CrystalDiskMark. Pada status yang terlihat di capture, menunjukkan bahwa perbandingan yang cukup signifikan antara SSD M.2 512GB keluaran Verbatim dengan hard disk versi cakram 1TB.

Kecepatan baca-tulis yang saya dapatkan memang tidak setinggi dari apa yang ditampilkan pada product knowledge, namun hal ini sudah sangat baik sekali ketimbang tetap menggunakan hard drive versi cakram atau disk.

Anda tahu Thanos? Boot awal menggunakan sistem operasi Windows bisa diandai-andai secepat Thanos menjetikkan jarinya. Secara real time yang lebih spesifik lagi agar Anda mengerti, kurang dari 15 detik boot awal menggunakan OS Windows akan Anda rasakan dengan menggunakan SSD Verbatim Vi3000 M.2 NVMe.

Bila menggunakan hard drive cakram, real time boot awal menggunakan OS Windows akan lebih dari 25 detik. Namun hal ini tetap tergantung dari spesifikasi secara keseluruhan dari perangkat keras yang Anda miliki.

Dari semua uji coba yang sudah pernah diulas oleh media-media maupun website-website khusus pecinta teknologi, menggunakan spesifikasi perangkat keras apapun akan menunjuk SSD sebagai pemenangnya ketimbang menggunakan hard drive versi cakram.

Tes lainnya yang saya lakukan adalah mencoba bermain PUBG. Saat load awal hanya membutuhkan waktu 7 detik saja pada Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB, sedangkan pada HDD 1TB dibutuhkan waktu lebih dari 30 detik. Signifikan bukan?

Konklusi

Meminang Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB sangat cocok untuk memberikan kinerja yang layak dan nyata. Dapat Anda gunakan untuk perangkat keras dalam bermain game atau bisa juga Anda gunakan sebagai pekerjaan kantor sehari-hari.

Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB terbukti mengungguli HDD konvensional di semua faktor. Vi3000 juga secara budget lebih murah sehingga bisa Anda anggarkan untuk kepentingan kebutuhan pekerjaan Anda.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru