BerandaReviewGadget realme Narzo 50A Smartphone Gaming Anti Lowbat

[REVIEW] realme Narzo 50A Smartphone Gaming Anti Lowbat

Author

Date

Category

Pasar anak muda di Indonesia saat ini bermuara pada industri eSports. Belum lagi tren eSports memang makin meroket popularitasnya. Beberapa jenis game kini dipertandingkan. Game bukan lagi sekedar hobi tapi juga menjadi simbol kebebasan berekspresi.

Berhubung Indonesia termasuk negara pengguna internet terbesar, dan 30% anak-anak muda ingin menikmati konten game. Makanya, saya sering ditanyakan mengenai rekomendasi smartphone gaming harga terjangkau.

Smartphone realme terbaru ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang mencari smartphone gaming budget. Soalnya realme Narzo 50A harga 2 jutaan saja.

Dengan slogan Mighty Performance Inside, narzo 50A mencoba menyasar kalangan lebih muda dan tentu saja pecinta mobile game.

Pengalaman Menggunakan realme Narzo 50A

realme ingin menyasar semua lapis pasar agar terus mendapat tempat di hati konsumen. Salah satu yang menarik dari realme karena mereka sudah memiliki pabrikan di Indonesia sehingga salah satunya bisa menekan harga produksi tanpa menurunkan kualitas.

realme Narzo 50A ini saya gunakan lebih kurang empat bulan. Baru sempat saya ulas diblog ini dikarenakan kesibukan akhir tahun lalu. Nah, dengan harga 2 jutaan, apa sih yang membuat realme Narzo 50A bisa menjadi salah satu smartphone gaming incaran kamu yang memiliki budget terbatas?

Paling seru itu ketika unboxing realme Narzo 50A. Di dalam paket pembelian, realme masih memberikan kepala charger, kabel data type C, sim injector, buku panduan serta soft case untuk melindungi bodi realme Narzo 50A.

Desain Bodi Kamuflase

bodi belakang realme Narzo 50A
Desain bodi belakang realme Narzo 50A

Saya termasuk realme fans yang menantikan setiap brand ini mengeluarkan smartphone terbaru.

realme Narzo 50A dijual dalam paketan boks warna biru. Bobot cukup berat, hal ini dikarenakan bobot smartphone nya 207 gram. Sehingga realme Narzo 50A memang cukup berat digenggam dengan satu tangan.

Idealnya smartphone gaming ini memang akan nyaman dimainkan dengan dua tangan saat sedang bermain game dalam posisi diputar ke horizontal.

Kenapa saya bilang desain bodinya kamuflase?

realme masih menggunakan desain khas ala Narzo dengan bodi berbahan polikarbonat di bagian belakang.

Hal ini dikarenakan bodi belakangnya menampilkan lapisan dengan motif diagonal bergelombang pada satu sisi yang disebut dengan desain garis miring.

Sementara, sisi lainnya polos dengan bintik-bintik kecil seperti pasir. Lihatnya itu keren loh. Bagiku desain seperti ini eye catching, bisa membuat orang langsung melirik. Keunggulan lain dengan lapisan ini membuat tidak mudah kotor oleh jari atau tangan yang berminyak.

Pilihan warna realme Narzo 50A ada dua, yakni Oxygen Blue dan Oxygen Green. Kedua warna ini menarik, tinggal sesuaikan dengan selera kalian.

realme Narzo 50A
Fingerprint sensor masih disematkan untuk pengguna

Selain itu, realme Narzo 50A masih disematkan fingerprint sensor yang mudah dijangkau oleh telunjuk kita. Walau sudah jarang smartphone menggunakan fingerprint sensor, tapi bagiku justru fitur ini tetap masih harus ada untuk kepraktisan dalam membuka kunci.

Namun, smartphone ini juga telah dibekali fitur Face Unlock yang bisa digunakan untuk membuka kunci layar.

Bezel Layar Tipis

Dengan harga smartphone Android 2 jutaan, layar realme Narzo 50A sepintas memang tidak ada yang istimewa. Layar ukuran 6.5 inch yang merupakan layar standar untuk Android smartphone. Selain itu juga menggunakan desain mini drop fullscreen pada bagian atas layar. Resolusi layarnya pun 720 x 1600 px HD+ dengan refresh rate 60Hz.

kualitas layar realme Narzo 50A
Layar HD+

Namun, memang bezel layar yang ditawarkan tipis sehingga bisa memberikan kenyamanan saat kita sedang menikmati tontonan multimedia.

Walaupun di segmen harga yang sama, kompetitor menggunakan refresh rate 90Hz dan Full HD+, tapi setidaknya dengan kualitas layar seperti itu bisa menjaga daya tahan baterai.

Satu lagi, rasio layar 88,7% dengan tingkat kecerahan sebanyak 570 nits masih tetap buat kita nyaman menggunakannya bawah di bawah sinar matahari.

port usb realme Narzo 50A
Bagian kiri smartphone
desain bodi realme Narzo 50A
Bagian kanan smartphone

Hanya saja realme menempatkan tombol fisik untuk volume dan power di sisi kanan, sedangkan di sisi kiri agak ke atas untuk slot kartu yang didalamnya terdapat tray untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan.

Lalu, pengguna masih dibuat senang karena masih ada jack audio 3,5 untuk mendengarkan musik, lubang mic, port USB type C dan satu speaker mono.

Performa Masih Oke

Ditenagai prosesor Mediatek Helio G85 serta RAM/ROM 4GB/64GB dengan Graphic Processor Unit (GPU) Mali G52 sudah cukup membantu untuk mengangkat kinerja grafik realme Narzo 50A.

realme Narzo 50A memiliki layar berukuran 6,5 inci sehingga masih cocok untuk digunakan bermain game online seperti PUBG, Genshin Impact maupun Mobile Legends. Tiga jenis game ini masih support untuk dijalankan di realme Narzo 50A mengingat harga yang ditawarkan.

grafik genshin impact
Pengaturan grafik di Genshin Impact
genshin impact realme Narzo 50A
Grafik Genshin Impact

Hanya saja, saran saya kamu bisa setting ke mode normal to lowest jika ingin bermain dengan sedikit lancar. Jika kamu memaksa di kondisi grafik tinggi akan ada kemungkinan grafik menjadi lambat.

Tapi secara performa tidak mengganggu kenyamanan saat bermain. Layarnya juga cukup responsif.

Hasil Benchmark realme Narzo 50A

Dari pengujian menggunakan aplikasi benchmark, realme Narzo 50A memang smartphone gaming kelas low-end tapi masih mumpuni. Bagi pengguna yang sebenarnya bukan bermain game kelas berat, smartphone ini masih cocok.

Sisi lain, sebenarnya realme Narzo 50A ini kurang ideal juga menggunakan RAM 4GB mengingat saat ini ukuran game sudah sangat besar dan ada kemungkinan setiap waktu diupdate.

streaming video
Streaming video masih lancar

Pengguna realme Narzo 50A sebenarnya nggak perlu khawatir mengenai baterai. Kemampuan baterai monster 6000 mAh ini dijamin akan membuat kalian betah. Dan, ini salah satu poin keunggulan dari realme Narzo 50A yang bisa diangkat. Saya memuji daya tahan baterainya yang sangat awet untuk penggunaan bermain game, media sosial atau keperluan stand by.

Daya baterainya sendiri diklaim mampu menjalankan Youtube secara nonstop hingga 27 jam atau Spotify hingga 111 jam.

Sedangkan untuk pengisian daya baterai memang butuh waktu sekitar 2 jam untuk kondisi mengisi dari 10%-100%. Tapi ini bukan permasalahan serius.

Kamera Terbaik di Kelasnya

hasil kamera realme Narzo 50A
Kamera realme Narzo 50A

Komposisi kamera realme Narzo 50A terdiri dari tiga kamera yang letaknya berdekatan. Di sampingnya juga ada lampu kilat yang tersusun dalam satu frame.

Kamera utama 50MP, ditambah kamera makro dan Black and White berukuran 2MP. Selain itu, kamera depan disematkan kamera resolusi 8MP.

Resolusi kamera yang sebenarnya menarik, karena hasilnya pun tidak mengecewakan. realme pun menyematkan beberapa mode kamera seperti mode 50MP, Super Nightscape, Night, Beauty, HDR, Panoramic View, Portrait, Timelapse, Slo-mo dan Expert.

Kamera utama dengan sensor besar 50MP dan aperture besar f/1.8. Aperture yang besar membuat Narzo 50A bisa menangkap cahaya cukup supaya hasil foto kamera lebih cerah. Selain itu kamera ini juga didukung PDAF agar bisa mendapatkan fokus lebih cepat.

Salah satu yang menarik Narzo 50A ini sudah mendukung zoom 10x agar pengguna bisa mendapatkan foto jarak jauh. Walau minus lensa wide untuk pengambilan gambar tapi hasil foto normal sudah cukup lebar.

Khusus mode 50MP, bisa kamu akali untuk mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi dan detail. Mode ini memang tepat untuk kamu yang ingin memotret dalam kualitas terbaik.

Sisanya, bagi pengguna yang senang mengoprek kamera maka bisa dipuaskan oleh lensa B&W yang dapat memberikan efek artistik berupa foto dalam format hitam dan putih.

Sedangkan dalam mode Potret, kita bisa mendapatkan hasil bokeh yang smooth. Narzo 50A juga menghadirkan dua Night Filter baru yaitu Astral dan Dazzle.

Dengan menggunakan Astral, pengguna dapat membawa warna psychedelic di antara bintang-bintang ke kehidupan nyata, membuat pemandangan malam kota menjadi dunia fiksi ilmiah yang magis, sementara Dazzle dapat membuat lampu di malam hari lebih cemerlang.

Untuk smartphone gaming harga 2 jutaan, menurutku fitur kameranya sudah lengkap. Terlebih sudah ada Slo-mo untuk merekam video lambat.

Hasil foto?

hasil foto realme Narzo 50A
Di kondisi cahaya baik, hasil foto baik

realme Narzo 50A
Jembatan Ampera Palembang

realme Narzo 50A
Foto bangunan, sensor kamera kurang bisa produksi warna lebih detil
foto bokeh realme Narzo 50A
Mode potrait hasil bokeh masih nyaman.
foto kamera realme Narzo 50A
Foto makanan dengan warna yang masih natural

Tidak buruk. Saya suka hasil fotonya terlihat natural, warna masih bisa diangkat dengan aplikasi seperti Snapseed maupun Lightroom Classic. Dua aplikasi powerful ini pun masih lancar untuk diinstal.

Selebihnya memang hasil kamera realme Narzo 50A ini tidak bisa kalian harap bisa lebih tinggi karena memang sensornya tidak bisa dioptimalkan lagi. Saran saya fotolah dikondisi cahaya yang banyak agar hasil foto lebih baik.

User Interface

Tampilan muka atau user interface ini jarang diangkat isunya oleh beberapa orang. Namun, saya termasuk pengguna yang menginginkan user interface sederhana. realme ini menggunakan realme UI 2.0 berbasis Android 11.

Sistem operasi realme punya personalisasi UI untuk membuat wallpaper sendiri dengan memilih warna dari gambar, selain itu juga punya mode gelap.

user interface realme Narzo 50A
User Interface simpel dan mudah dioperasikan

Kamu juga bisa melakukan multitasking dengan cepat karena fitur smart sidebar, sehingga bisa menampilkan dua tab layar sekaligus yang dapat disesuaikan.

Tak hanya itu, ketika kamu sedang bermain game maka bisa mematikan notifikasi seperti pesan atau telepon masuk agar tidak mengganggu kamu saat sedang bermain game.

game realme Narzo 50A
Pengguna bisa mematikan notifikasi masuk saat sedang bermain game

Sisi lain, kamu juga bisa berbagi hotspot via kode QR ketika koneksi temanmu sedang kehabisan.

Yang saya suka adalah bloatware atau aplikasi bawaan sudah jarang, kalaupun ada masih bisa dihapus karena kita tidak memerlukannya. Bagi saya, realme UI 2.0 ini jauh lebih halus dan mudah untuk dioperasikan. Paling penting, tidak muncul iklan-iklan mengganggu.

Pendapat Pribadi

realme Narzo 50A dengan segala kelebihan yang ditawarkan seperti chipset gaming MediaTek Helio G85 SoC, ditambah triple camera, baterai besar serta harga 2 jutaan, maka boleh saya bilang smartphone gaming ini sudah cocok untuk kamu yang memiliki budget terbatas.

Apalagi hasil kamera realme Narzo 50A ini tergolong sudah cocok untuk pengguna seperti admin media sosial yang harus mengupload gambar barang jualan masih mumpuni menggunakan smartphone ini. Hanya saja sayangnya kamera realme Narzo 50A ini belum dilengkapi dengan lensa wide ya.

Kemudian melakukan aktivitas live untuk jualan karena tidak perlu khawatir soal baterainya. Namun, memang kalau kamu berharap lebih misalnya layar yang kurang jernih kamu bisa beralih ke realme GT Master.

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas dan ingin mencari smartphone realme terbaru, Narzo 50A ini bisa menjadi pilihan tepat karena desainnya pun ciamik.

Kamu bisa membeli produk realme Narzo 50A realme 50A versi 4+64GB dibanderal dengan harga Rp2.099.000 ini dengan harga terbaik. Link beli klik di sini.

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru