BerandaReviewCara Mengatasi Nafsu Makan Anak Lewat Madu Gizidat

Cara Mengatasi Nafsu Makan Anak Lewat Madu Gizidat

Author

Date

Category

Keponakan saya, Davriel, 12 tahun senang sekali makan bakso hingga junk food. Padahal, sudah saya ingetin buat dibatasi biar jangan keseringan. Selain gizi yang kurang tentunya tidak baik untuk jangka panjang.

Saya tanya ke Tika, ibunya Davriel ternyata saya diberikan penjelasan memang untuk anak umuran 12 tahun sedang di masa kesulitan makan (picky eaters).

Kesulitan makan memang bukanlah suatu penyakit, tapi kalau tidak segera diatasi, bisa menyebabkan penyakit pada tubuh anak.

Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun

Saat ini permasalahan malnutrisi seperti gizi buruk, berat badan rendah, dan obesitas masih tinggi angkatnya di Indonesia.

Malnutrisi sendiri dapat menjadi penyebab dari penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung dan gagal ginjal.

Beruntung, ibunya Davriel telah memahami pentingnya asupan zat makanan untuk tubuh si anak. Sering kali saya melihat orangtua yang masih kurang melek membiarkan saja anaknya menyantap makanan minim gizi.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi anak sulit makan. Secara umum, kesulitan makan pada anak bisa karena hilangnya nafsu makan anak, serta gangguan psikologis.

Terbagi menjadi dua faktor,  yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal bisa saja karena gangguan pencernaan misalnya gangguan gigi berlubang, atau sariawan. Memang Davriel ada bilang kalau gigi susu (gigi bawaan) masih ada belum copot digantikan dengan gigi dewasa. Selain itu, gangguan psikologis bisa juga karena orang tuanya terlalu memaksa si anak untuk makan.

Sedangkan, faktor eksternal bisa terjadi karena si anak tidak cocok sama makanannya. Serta bisa juga dipengaruhi karena kebiasaan makan sedari kecil. Dan, sisanya karena pengaruh lingkungan.

“Kok senang makan junk food, Davriel?” tanyaku.

“Enak sih om,” lugasnya.

Anak-anak seumur Davriel tentunya sudah bisa memberikan argumen. Padahal salah satu yang saya takutkan adalah bisa menyebabkan gangguan pencernaan misalnya susah buang air besar.

Bagaimana Atasi Anak Susah Makan?

Memang paling penting adalah sebagai orangtua bisa memahami kendala pada anaknya. Setelah mengetahui kendalanya, maka kamu bisa terapkan agar nafsu makan anak kembali meningkat, antara lain :

1) Berikan Porsi Sedikit Tapi Sering

Saya pernah mengikuti sebuah webinar mengenai gizi anak, salah satu yang disarankan bahwa makan dengan porsi sedikit, tetapi sering itu akan lebih baik daripada makan dengan porsi banyak. Alasannya, dengan porsi banyak bisa membuat pencernaan kurang optimal.

2) Variasikan Menu Makanan

Ibu bijak memang perlu memutar otak kreatif untuk membuat menu masakan yang tidak monoton. Sering kali anak merasa bosan dengan menu makanan karena kurangnya variasi, sehingga anak akan memilih menu pilihan yang praktis dan mudah disajikan seperti junk food.

3) Berikan Madu Penambah Nafsu Makan 

Madu bukan saja memiliki rasa yang manis, namun madu juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan karbohidrat yang terdiri dari glukosa dan fruktosa, vitamin B kompleks dan berbagai macam mineral seperti zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bukan hanya orang dewasa saja yang membutuhkan suplemen, anak pun juga butuh. Salah satu produk suplemen kesehatan yang secara khusus dibuat untuk terus menjaga kesehatan anak-anak adalah GIZIDAT, yang merupakan madu nafsu makan untuk anak usia 1-12 tahun.

Madu Nafsu Makan untuk Anak Usia 1-12 Tahun

madu nafsu makan
Gizidat, madu nafsu makan anak

Bagi orangtua tentunya akan sangat senang kalau memiliki anak yang memiliki nafsu makan yang tinggi. Namun, kalau ternyata si anak susah makan kerap kali membuat drama saat jadwal makan tiba.

Anak yang susah makan akan lebih jarang buang air besar karena asupan makanannya sedikit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu mampu meredakan keluhan tersebut.

Ditambah lagi, madu juga dapat menjaga sistem kesehatan kaya antioksidan berguna.

Beberapa waktu lalu, saya menemukan informasi mengenai Gizidat, salah satu suplemen khusus bagi anak berbahan madu nafsu makan.

Formulasi madu Gizidat diracik dari madu hutan alami yang memiliki rasa lembut. Gizidat ini memiliki kandungan madu hutan yang tepat dan diolah oleh ahli yang berpengalaman dengan nutrisi ikan sidat, dan temulawak. Ikan sidat dan temulawak merupakan bahan yang mengandung curcumin dan probiotik.

Sumber Madu Gizidat

madu ikan sidat
Kemasan botol plastik Gizidat 130ml

Menggunakan madu hutan dari berbagai pelosok hutan Indonesia, bahan Gizidat didominasi oleh spesies lebah Apis dorsata dan lebah Apis cerana yang merupakan spesies lokal Indonesia.

Dari lokal untuk lokal, Gizidat meyakini madunya lebih cocok untuk anak-anak Indonesia. Pemilihan madu hutan juga didasari karena madu hutan memiliki nutrisi yang kaya dan manfaatnya lebih baik dari madu ternak.

Saat tubuh sedang sakit, dan diberikan antibiotik. Maka, obat tersebut membutuhkan bakteri baik maupun jahat. Peran probiotik ini untuk mengembalikan jumlah bakteri baik yang hilang tadi.

Tentunya selain untuk meningkatkan imunitas tubuh, peran probiotik juga dapat melancarkan saluran cerna yang menjadi keluhan banyak orang termasuk anak-anak ketika sedang rewel makan.

Efek lain yang dirasakan, bukan hanya mengenai sistem pencernaan saja. Konsumsi madu yang sudah ada kandungan probiotik juga memberikan khasiat bagi perkembangan kesehatan otak. Para orang tua tentunya menginginkan perkembangan kesehatan otak anak yang terjaga bukan?

Manfaat utama dari madu ikan sidat untuk memperbaiki dan meningkatkan nafsu makan.

Mengapa Ikan Sidat

Masih banyak masyarakat belum mengetahui kekayaan kandungan nutrisi dari ikan sidat. Kandungan gizi ikan sidat sangat tinggi, bahkan di atas ikan salmon. Makanya, ikan sidat ini banyak diambil atau diekspor ke negara-negara lain.

fakta gizi sidat
Perbandingan gizi ikan Sidat
manfaat ikan sidat
Fakta Ikan Sidat

Ikan sidat memiliki kandungan protein, lemak, mikronutrien yang sangat tinggi serta baik untuk dikonsumsi seluruh kalangan, mulai dari bayi hingga usia lanjut.

Salah satu manfaat mengkonsumsi ikan sidat adalah dapat meningkatkan status gizi, yaitu meningkatkan berat badan dan tinggi badan anak balita pendek.

Kandungan Nutrisi Dalam Ikan Sidat

Mengkonsumsi ikan sidat memang dapat membantu proses pertumbuhan anak, serta organ sensitif lain seperti mata dan paling penting daya tahan tubuh. Apalagi di masa pandemi Covid19, anak juga mudah sakit ditambah kondisi cuaca memburuk.

Ada 6 kandungan nutrisi dalam ikan sidat, meliputi :

  • Vitamin B1, 25 kali lipat susu sapi,
  • Vitamin B2, 5 kali lipat susu sapi,
  • Vitamin A, 45 kali lipat susu sapi,
  • Kandungan Zinc, 9 kali lipat susu sapi,
  • Kandungan Omega 3
  • Baik karena seperti minyak ikan.

Temulawak Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Selain 6 kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, ada pula kurkumin dalam temulawak yang memang herbal yang dipercaya dapat membantu proses meningkatkan nafsu makan anak agar tumbuh optimal.

Kurkumin merupakan zat aktif yang memiliki fungsi menekan tumbuhnya parasit dalam butuh, dapat juga meredakan asma serta membantu penyembuhan hepatitis. Herbal baik ini selalu dicari dan telah diakui akan manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Madu Ikan Sidat untuk Anak

Seluruh manfaat mulai dari ikan sidat, curcuma hingga probiotik ini bisa kita dapatkan dari makanan sehari-hari. Beberapa di antaranya tempe, yogurt, hingga keju.

Namun, kalau ada produk dalam satu kemasan, kenapa tidak?

Gizidat adalah solusi GTM (Gerakan Tutup Mulut) atau susah makan. Konsumsi gizidat rutin, insya Allah dapat memperbaiki pola makan serta berat ideal anak terutama di masa golden age.

Mengenal Madu Anak Gizidat

gizidat asli
Tekstur madu Gizidat asli

Gizidat merupakan suplemen yang ampuh. Diformulasi secara khusus dari ahli herbal yang berpengalaman, Vitamin Gizidat dapat membantu masalah anak yang susah makan, jaga daya tahan tubuh dan meningkatkan berat badan anak.

Kemasan Gizidat dengan botol plastik anti tumpah dan kotak yang menarik. Desainnya membuat anak-anak pun suka. Dalam kemasan botol Gizidat berisi 130 ml.

Di dalamnya sudah diberikan sendok makan untuk dikonsumsi. Konsumsi Gizidat ini cocok untuk anak-anak di usia 2-12 tahun. Sedangkan, untuk anak di atas 12 tahun boleh saja tapi dosisnya ditambahkan sesuai kebutuhan.

Aturan pakainya mudah, 3 x 2-3 sendok makan per hari. Manfaat Gizidat akan efektif didapatkan setelah mengkonsumsi 2 botol secara rutin.

Biasakan konsumsi Gizidat sesuai anjuran baik diminum sebelum makan, dan simpan Gizidat di tempat suhu ruangan agar tidak cepat rusak.

Komposisi Kandungan Utama Gizidat

gizidat 2 botol
Komposisi madu anak Gizidat

Setiap 15 ml Gizidat mengandung komposisi :

– Mel depuratum (madu)

– Anguilla sp Extract (ikan sidat)

– Rhizoma Extract 

– Curcuma Xanthorrhiza

– bahan lainnya

Mel depuratum atau madu berkualitas bermanfaat meningkatkan imunitas dan mempercepat proses pemulihan. Sehingga memang suplemen ini memang baik untuk anak.

Nutrisi Gizidat
Nutrisi Gizidat

Saya pun segera memberikan dua sendok 15ml Gizidat kepada Davriel untuk dia minum sebelum jam makannya.

Gizidat ini memiliki aroma yang lembut, tidak terlalu tajam. Hanya memang lebih kuat aroma temulawak di awal.

solusi gtm
Madu anak solusi GTM

“Wanginya enak, Om.” seru Davriel.

Suapan pertama Gizidat, Davriel senang karena rasanya tidak pahit seperti layaknya obat. Saya pun ikut mencicipi madu Gizidat ini. Rasanya cenderung manis dan ada pahit dari madu, serta cairan kental. Ditelan pun terasa lembut tanpa terasa ada ganjalan di kerongkongan.

Dengan tekstur yang lembut, Gizidat disenangi oleh anak-anak.

warna madu Gizidat
Tekstur dan warna madu Gizidat

Apalagi kalau para orangtua sedang pusing dengan salah satu penyakit yang sering menyerang anak yaitu batuk. Kandungan madu dalam Gizidat ini berkhasiat juga untuk melegakan rongga pernapasan anak sekaligus menghilangkan cairan yang menyumbat yang menjadi penyebab utama batuk tersebut.

Rutin Minum Gizidat Namun Nafsu Makan Belum Bertambah

cara konsumsi gizidat
Konsumsi madu Gizidat sebelum makan

Perlu diketahui bahwa setiap tubuh anak memiliki mekanisme yang berbeda. Sebagai suplemen kesehatan, konsumsi Gizidat barangkali bisa dengan dicoba pakai aturan berbeda. Misalnya kita mencoba dengan perubahan cara minumnya. Yang biasanya dikonsumsi sebelum makan, bisa diubah menjadi setelah makan dan sebelum tidur.

Harga Jual Gizidat Terjangkau

Dengan manfaat yang baik, Gizidat asli dibanderol harga Rp 68.000,- untuk Pulau Jawa dan Bali. Luar Pulau itu, harga menyesuaikan setiap daerahnya.

Selain itu, produk madu nafsu makan anak Gizidat ini sudah bersertifikasi LPPOM MUI 12130007021219 dan POM TR 193627671. Sertifikasi ini membuat para orangtua lebih tenang untuk dikonsumsi karena telah mendapat pengawasan.

Mendapatkan Gizidat pun cukup mudah. Kamu bisa mencari secara online di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Serta, Gizidat juga banyak dijual di kanal Instagram dan Facebook.

Untuk penjualan offline Gizidat bisa ditemukan di Apotek dan Toko Herbal. Untuk daftar agen Gizidat di setiap daerah di Indonesia, atau kamu bisa lihat di akun official instagram @gizidat di bagian sorotan (highlight).

Penutup

madu ikan sidat
Davriel suka dengan Gizidat

Dengan tingginya kandungan nutrisi ikan sidat, ditambah manfaat curcuma, keresahan para orangtua sekarang terhadap anaknya yang sulit makan bisa diatasi dengan konsumsi madu anak Gizidat.

Anak-anak bisa merasakan manfaat selain menjaga daya tahan tubuh juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Sebagai permulaan kamu bisa mencoba dulu Gizidat 2 botol agar bisa melihat perubahan nafsu makan pada anak.

Ayo segera dicoba Gizidat untuk buah hati kesayangan kamu.

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

38 KOMENTAR

  1. Wah baru tau aku ada ikan namanya ikan sidat hihi…nice info kak Dedy kebetulan anakku yg 2 tahun jg lagi susah-susahnya makan. maunya nyemil aja, kayaknya patut dicoba ini Madu Gizidat

  2. Kandungan gizi dalam madunya saja beragam ya mulai dari ikan sidat hingga madu dan temulawak..memang bergizi dan menambah nafsu makan anak ya, komenku satunya hapus ya Ded linknya salah ..

  3. Dalam masa perkembangan, memang ada saja saat-saat dimana anak jadi pemilih deh untuk makan. Yang ini pahit lah, yang itu ga menarik lah… Kadang emang bikin puyeng, Ded. Madu Gizidat ini bisa jadi solusi deh bagi para ibu yang sedang mumet memikirkan kecukupan gizi anaknya yang sedang memasuki masa-masa GTM gitu.

  4. Waktu itu madu gizidat juga sempat saya tau dari ibu2 blogger. Ternyata dibuatnya dari campuran ikan sidat juga ya. Pake madu gini jadi enak kali ya, gak amis khas ikan. Anak2 emang kadang susah makan sih, walau udah agak besar pun. Memang kadang diperlukan suplemen biar mau makan gini.

  5. Anak susah makan memang bikin pusing. Apalagi kalau emaknya udah masak menu yang berganti tiap harinya.
    Minum vitamin penambah nafsu makan bisa jadi solusih nih.

    Perlu coba nih madu Gizidat biar anak doyan makan.

  6. Makan makanan siap saji hingga junkfood memang nikmat banget ak banget sih. Tapi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan. Karena banyak mengandung MSG dan biasanya pengolahannya kurang sehat. Misal karena minyak yang sudah terlalu lama dipakai hingga berubah jadi hitam. Sebaiknya memang kudu dibatasi. Karena masih anak-anak, maka peran orang tua sangat penting agar pola makannya tetap terjaga…

  7. Makan makanan siap saji hingga junkfood memang nikmat banget ak banget sih. Tapi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan. Karena banyak mengandung MSG dan biasanya pengolahannya kurang sehat. Misal karena minyak yang sudah terlalu lama dipakai hingga berubah jadi hitam. Sebaiknya memang kudu dibatasi. Karena masih anak-anak, maka peran orang tua sangat penting agar pola makannya tetap terjaga.

  8. Jadi solusi atasi GTM pada anak ini, apalagi ada kandungan gizinya juga. Bisa rekomen buat ponakan daku, yang ada kalanya dia malas makan juga.

  9. Ikan sidat memang memiliki kandungan gizi yang lengkap, harganya pun juga mahal karena memangyang produksi tidak sebanyak ikan lain. Rasanya pasti enak karena madu plus sidat

  10. Madu yang bagus memang madu dari lebah hutan bukan lebah ternak. Btw saya baru pertama kali dengar nama ikat sidat, bentuknya seperti belut dan ikan lele yah. Dan ternyata nutrisinya lebih bagus dari pada salmon yah, bagus banget nih semuanya ada di Gizidat.

  11. Wah ini sih langganan anak sulung saya Kak. Kalau doi lagi susah makan, langsung beli Gizidat di apotek terdekat. Memang langsung terlihat efeknya. Anak jadi doyan makan dan lebih lahap. Rasanya juga enak buat anak.

  12. Kak ini tapi ga keras kan ya buat anak umur 2 tahunan. Soalnya banyak orang ngebahas kalau madu agak keras buat anak2. Pengen banget beliin ponakan aku ini.

  13. wah baru tahu, kalau ternyata kandungan gizi ikan sidat selengkap ini. padahal kalau di sini, gak terlalu populer ya. kalau sudah ada di produk madu gini, makin praktis dan bisa dengan cepat dirasakan manfaatnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru