BerandaReviewEventBertualang di Destinasi Wisata Jawa Timur Favorit Wisatawan

Bertualang di Destinasi Wisata Jawa Timur Favorit Wisatawan

Author

Date

Category

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur pulau Jawa. Beribukota di Surabaya, provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 47.922 km². Jawa Timur terbagi menjadi 29 Kabupaten dan juga 9 kota Madya, yang dimana masing-masing wilayahnya memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Maka tidak heran jika Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan.

Sumber : Splash

Ingin tahu apa saja objek wisata Jawa Timur yang menjadi favorit para wisatawan? Berikut ulasannya.

5 Daftar Destinasi Wisata Jawa Timur Favorit Wisatawan

1.   Kawah Ijen

kawan ijen
Sumber : Splash

Untuk para pemburu wisata alam, tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata satu ini. Kawah yang terletak di wilayah Banyuwangi ini memiliki pesona yang menakjubkan, sehingga menjadi salah satu lokasi wisata Jawa Timur yang menjadi buruan para wisatawan. Kegiatan yang selalu menarik dari tempat wisata ini adalah penambangan belerang. Banyak penambang belerang yang berlalu lalang untuk membawa turun belerang dari atas gunung hingga ke bawah.

Daya tarik lainnya adalah fenomena blue fire atau api biru yang menjadi salah satu fenomena alam terbaik di dunia. Dan perlu Anda ketahui bahwa hanya ada dua negara yang memiliki blue fire di dunia ini, yakni Indonesia di Banyuwangi dan Islandia. Api biru adalah fenomena dari gas belerang yang muncul dari retakan pada suhu sekitar 600 derajat Celcius. Nyala api bisa mencapai tinggi 5 meter. Untuk bisa melihatnya, Anda harus mulai mendaki pada pukul 01.00 atau 02.00 dini hari karena api biru ini hanya dapat dilihat pada malam hari dan akan berakhir pada jam 5 pagi.

2.   Air Terjun Madakaripura

Sumber : Splash

Air terjun Madakaripura dinyatakan sebagai air terjun yang tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 200 meter. Lokasinya berada di lembah sempit yang dikelilingi tebing curam, sehingga keindahan air terjun ini tidak bisa diragukan lagi. Tempat wisata yang terletak di Probolinggo ini menawarkan pemandangan berupa air terjun yang megah dengan perbukitan hijau yang ditumbuhi lumut.

Selain panoramanya yang indah, air terjun ini juga menyimpan cerita yang menarik. Pasalnya, air terjun ini dulunya digunakan Patih Gajah Mada untuk bertapa dan mendapatkan moksa. Namun, Patih Gajah Mada hilang di sini dan tidak pernah ditemukan lagi. Oleh karena itu, kamu akan menjumpai patung Gajah Mada yang sangat besar di bagian pintu masuk.

3.   Museum Angkut

Sumber : Splash

Museum Angkut adalah museum transportasi yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Museum Angkut merupakan tempat wisata Jawa Timur yang memadukan konsep atraksi hiburan serta sejarah dari alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Museum ini menyandang predikat sebagai satu-satunya tempat wisata dan yang pertama memegang konsep wisata angkutan di Indonesia. Di tempat ini kamu bisa belajar sekaligus berwisata dengan mempelajari berbagai jenis model angkutan di Indonesia hingga seluruh dunia.

Museum ini terbagi dalam beberapa zona yang didesain dengan setting landscape model bangunan dari benua Asia, Eropa, hingga Amerika yang menambah indah wisata ini. Jadi tidak heran jika Museum Angkut menjadi salah satu tujuan wisata favorit dari berbagai daerah. Selain dapat melihat koleksi kendaraan dari berbagai belahan dunia dari zaman kuno hingga modern, kamu juga akan dibuat takjub oleh berbagai bangunan landmark khas dari suatu negara sebagai background kendaraan yang memproduksi kendaraan tersebut.

4.   Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau yang sering disebut Little Africa in Java berada di dua tempat, yaitu Banyuwangi dan Situbondo. Dengan luas mencapai 25.000 hektar, kawasan ini terbagi lagi menjadi beberapa wilayah yang berbeda, ada hutan musim, hutan mangrove, dan sabana. Ada pula kawasan pegunungan dengan Gunung Baluran sebagai puncaknya.

Saat musim hujan tiba, kawasan sabana yang sangat luas akan berubah menjadi tanah yang hijau dan dipenuhi banyak binatang liar. Kamu bisa menyaksikan kijang, kerbau liar, rusa, hingga banteng. Kamu juga bisa berkunjung ke pos pengamatan di Batangan untuk melihat berbagai macam satwa.

5.   Jatim Park

jatim park
Sumber : Splash

Jawa Timur Park atau yang biasa disebut Jatim Park menjadi salah satu destinasi wisata pilihan keluarga yang ada di Provinsi Jawa Timur. Jatim Park berlokasi di Jalan Kartika No. 2, Kota Batu, Jawa Timur. Lokasinya berada sekitar 20 km sebelah barat Kota Malang. Saat ini, Jatim Park terdiri dari tiga jenis, yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Ketiganya memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Di Jatim Park ini selain berwisata, Anda juga bisa sekaligus belajar.

Wahana rekreasi yang ditawarkan sangat beraneka ragam, mulai dari museum, kebun binatang, taman, hingga pusat permainan. Untuk Jatim Park 1, tempat wisata ini didesain sebagai Museum Tubuh dan Science Coaster Park. Jatim Park 1 pernah dinobatkan sebagai juara 1 kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional. Untuk Jatim Park 2, tempat wisata ini berupa taman yang didesain sebagai Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Jatim Park 2 sangat cocok untuk belajar dan bermain, karena mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi, dan pembelajaran satwa. Untuk Jatim Park 3, tempat wisata ini didesain sebagai Dino Park, The Legend Star Park, Funtech Plaza, Museum Musik Dunia, dan Milenial Glow Garden. Baik Jatim Park 1, Jatim Park 2, maupun Jatim Park 3 lokasinya berada di Kota Batu, Jawa Timur.

Kunjungi Jawa Timur dan Nikmati Event Festival

Mengunjungi wisata Jawa Timur, pastinya akan semakin seru saat mengetahui ada banyak festival yang bisa memudahkan petualanganmu untuk menemukan banyak pengalaman dalam satu tempat. Apa saja festival di Jawa timur yang bisa kamu kunjungi? cek di bawah ini.

1.   Jazz Gunung Bromo, 22-23 Juli 2022

Jazz Gunung Bromo merupakan salah satu event musikal yang sayang untuk dilewatkan bagi kamu penggemar musik jazz sekaligus pecinta alam. Pengalaman menikmati musik jazz di ketinggian 2.000 meter beratapkan langit dengan latar belakang pegunungan dan kualitas produksi yang baik akan menjadi pengalaman seru saat menikmati event musik Jazz Gunung Bromo.

2.   Jember Fashion Carnaval, 6 – 7 Agustus 2022

Jember Fashion Carnaval 2022 akan mengusung tema “The Legacy” dan akan diadakan secara hybrid selama dua hari dengan rangkaian acara Pet Carnival, Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia, Artwear Carnival (Fashion Art), World Kids Carnival, dan acara puncak Grand Carnival of Jember Fashion Carnaval.

3.   Festival Reyog Ponorogo, 25-29 Juli 2022

Reyog adalah kesenian tradisional dari Kab. Ponorogo, Jawa Timur, yang dimainkan kurang lebih 30 sampai dengan 50 orang dengan iringan musik yang dinamis dan tarian rancak. Daya tarik utama dari kesenian Reyog Ponorogo adalah salah satu penarinya menggunakan topeng terbesar di dunia berbentuk kepala harimau (Barongan) dipadu dengan mahkota terbuat dari bulu merak yang berat keseluruhan kurang lebih 40 kg (Dhadhak Merak). Selain Festival Reyog Ponorogo event ini juga didukung dengan kegiatan Kirab Pusaka dari Kota Lama menuju Kota Tengah dan Juga Larungan Sesaji di Telaga Ngebel pada tanggal 1 Muharam atau 1 Suro. Pada tahun 2022 ini, Festival Nasional Reyog Ponorogo akan menggunakan desain panggung dan tata lampu yang lebih atraktif.

4.   International Gandrung Sewu, 1 Desember 2022

Event Internasional Gandrung Sewu adalah salah satu event  tari kesenian khas Banyuwangi. Pada penyelenggaraan tahun 2022 ini, event Internasional Gandrung Sewu melibatkan Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) seluruh dunia secara hybrid. Selain di Banyuwangi, event ini juga diselenggarakan di 24 kota lainnya di Indonesia.

Dari beberapa event di atas, mana saja event seru yang ingin kamu kunjungi sambil wisata di Jawa Timur? Jangan sampai ketinggalan ya, catat tanggalnya dengan baik. Terlebih, karena semua rangkaian event festival tersebut telah didukung oleh Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan sektor UMKM buat membantu pariwisata dan ekonomi kreatif. dan kamu bisa mengunjungi website resmi Indonesia Travel Event 2022  untuk mencatat event penting lainnya.

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

6 KOMENTAR

  1. Wah, lumayan banyak event festival menarik dari bulan Juli sampai Desember ini. jadi pengen berkunjung ke Jawa Timur bulan depan nih. Makasih infonya, Mas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru