BerandaIdeaMeningkatkan Penjualan Pentingnya Menjaga Loyalitas Pelanggan

Meningkatkan Penjualan Pentingnya Menjaga Loyalitas Pelanggan

Author

Date

Category

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan pelanggan yang loyal. Namun, tidak semua orang dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk menciptakan pelanggan loyal.

Pelanggan loyal akan lebih banyak mengeluarkan uang mereka untuk terus menerus menggunakan produk kita dibandingkan mereka yang hanya melakukan pembelian sesekali.

Saya masih ingat tiga tahun lalu saya ingat pernah bilang ke seorang Supervisor suatu restoran bahwa saya tidak akan pernah kembali lagi ke restoran tersebut karena pelayanan mereka.

Padahal, saat itu restoran mereka selalu saya datangi minimal dua kali dalam seminggu. Namun, oleh karena saya sudah mendapatkan pengalaman kurang nyaman sebanyak 3 kali, maka saya putuskan untuk tidak akan datang kembali.

Itulah mengapa bisnis kita harus memikirkan betapa pentingnya relasi atau pembelian ulang dari pelanggan-pelangannya dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggan.

Sebenarnya bagaimana caranya menjaga pelanggan loyal terhadap bisnis kita? Berikut ini beberapa cara berdasarkan pengamatan di lapangan.

1. Layani Pelanggan dengan Lebih Baik

Penilaian pertama orang terhadap bisnis berawal dari pengalaman mereka saat melakukan pembelian pertama kali. Misalkan bisnis kita adalah restoran maka bisa memberikan pelayanan baik saat pelanggan komplain, saat itu pula di mata pelanggan sudah mendapatkan perhatian.

Komplain adalah hal yang akan sering dialami dan terjadi di setiap bisnis. Kita tidak boleh menutup mata perihal komplain pelanggan karena komplain sejatinya masukkan untuk kita berbenah lebih baik.

Oleh karena itu, pastikan semua pelanggan kita diperlakukan mendapatkan pelayanan yang prima. Supaya bisa terjaga loyalitasnya untuk selalu menggunakan produk/jasa yang kita tawarkan.

2. Menawarkan Program Loyalitas

Pemilik bisnis sering kali lupa mengenai program-program loyalitas yang bisa menarik daya tarik pelanggan untuk bertahan.

Program loyalitas ini pun bisa menambah pembelian pelanggan karena mereka merasa tertarik. Makanya, adanya program loyalitas ini bisa menjadi salah satu strategi menarik di bisnis kalian.

3. Selalu Peka Mendengar Saran dan Segera Bertindak

Tahu kah kalian kalau pelanggan merupakan bagian penting dari bisnis kita yang selalu dapat menemukan celah atau kekurangan baik produk maupun layanan kita. Maka dari itu, selalu mintalah saran serta masukan dari pelanggan-pelanggan kalian agar dapat mengetahui apa saja kekurangan dari bisnis kita.

Mendengarkan pelanggan dengan baik secara tidak langsung kita mendapatkan motivasi untuk lebih baik. Jangan hanya bertanya dan mendengar saja, melainkan kita juga harus berani mengambil suatu tindakan dari masukan pelanggan.

Tindakan yang diambil inilah nantinya akan membuat pelanggan merasa senang dan didengarkan. Mereka pun akan menjadi pelanggan loyal kalian kembali.

4. Memberi Kemudahan ke Pelanggan

Saya pernah mengalami kejadian saat sedang berada di restoran hotel melihat tindakan waiter yang merepotkan pelanggan saat hendak membayar.

Hotel tersebut tidak menerima pembayaran menggunakan cashless kartu apabila pembelanjaan di bawah nominal 100 ribu rupiah. Sedangkan, pelanggan memang tidak sedang membawa uang tunai. Pastinya membuat repot pelanggan harus mencari atm terdekat untuk mendapatkan uang tunai.

Buatlah pelanggan lebih mudah agar tidak merepotkan.

Kita menjalankan bisnis dan menjual produk/jasa ke pelanggan. Tetapi bukan berarti kita hanya menginginkan uang pelanggan. Pelanggan kita ada mitra yang harus selalu di-maintain agar mereka dekat dengan kita.

JNE Ngajak Online 2022

Selain empat hal yang telah disebutkan di atas. Ternyata ada kiat-kiat lainnya yang dapat membantu bisnis kalian.

Pandemi telah mentransformasi lebih dari 17,5 juta UMKM di Indonesia untuk mengenal kanal digital, memanfaatkan berbagai lini media sosial sebagai sarana pemasaran. Tak terkecuali pegiat UMKM Cilegon yang berupaya menghasilkan terobosan baru melalui kolaborasi.

Tidak hanya melibatkan UMKM saja, kolaborasi yang dilakukan UMKM Cilegon juga melibatkan sektor ekspedisi. Misalnya JNE Express yang pada kesempatan ini menggelar acara JNE Ngajak Online 2022, Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon.

Dihadiri Para Pelaku UMKM

JNE menghadirkan dua pelaku UMKM pada gelaran ini, salah satunya Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (sandal hotel Cilegon). Tak luput dari berbagai kesulitan, angka penjualan beberapa produknya sempat mengalami penurunan drastis saat pandemi.

webinar jne

Sebagai sosok yang bergerak di industri perhotelan, Ia menilai pentingnya mampu menjalin hubungan kepada para customer. “Kita percaya loyalitas ke customer itu penting, kita selalu menerima komplain lalu kita catat dan evaluasi untuk jadi lebih baik. Kita juga sering memberikan reward kepada pelanggan seperti kartu ucapan. Pembeli akan merasa dihargai dan terus repeat order.” ujarnya.

Selain itu Linda juga memberikan tips and trick untuk para UMKM agar sukses dalam bisnisnya. “Jangan malas untuk buat konten. Kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya original. Yang terakhir yaitu,  jangan anggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi.

cara berjualan online

Mendukung UMKM Cilegon untuk terus berkembang, JNE Cilegon menghadirkan beberapa program untuk para UMKM dan masyarakat sekitar.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon merupakan kota ke-sembilan dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia.

Tips Mempertahankan Pelanggan

Loyalitas ke konsumen itu penting, kita pasti akan selalu menerima komplain. Bahkan UMKM pun juga boleh memberikan reward kepada pelanggan seperti kartu ucapan. Pembeli akan merasa dihargai dan terus repeat order, ujarnya Farah Kartika Sari, pemilik IKM Permata (sandal hotel Cilegon).

Hampir semua bisnis dari mikro dan makro terkena dampak dari pandemi. Menjawab persoalan tersebut, jangan malas untuk buat konten. Kita harus memiliki diferensiasi dan tentunya original. Yang terakhir yaitu,  jangan anggap kompetitor jadi lawan, tetapi jadikan motivasi bahkan teman kolaborasi.

Mendukung UMKM Cilegon untuk terus berkembang, JNE Cilegon menghadirkan beberapa program untuk para UMKM dan masyarakat sekitar.

JNE adalah perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, mengusung tagline Connecting Happiness, kita tidak hanya mengantar saja tapi juga memberikan kesempatan kolaborasi bagi UMKM setempat.

Akhirnya, dalam bisnis ada banyak pertimbangan yang perlu kita lihat. Tentu kita selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada. Pastinya jangan sampai kita melupakan cara untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru