BerandaReviewUntung Berlipat Buka Toko di Blibli, Bisa Dapat Bonus Modal Jualan Rp...

Untung Berlipat Buka Toko di Blibli, Bisa Dapat Bonus Modal Jualan Rp 5,4 juta!

Author

Date

Category

Sambil memasukkan siomay yang baru selesai dikukus, mataku sesekali melihat ponsel yang ada di genggaman. Bukan untuk chatting, melainkan melihat sekiranya masih ada konsumen yang ingin memesan siomay di detik-detik terakhir.

“Aduh!” pekikku membuat temanku kaget yang lagi melipat siomay berhenti sejenak dan melihat ke arahku.

“Ada yang beli tapi aku nggak kepikiran jarak jangkauan yang bisa masuk ke bebas ongkos kirim. Ini jaraknya 15 km dari jarak kita jadinya ongkirnya seharga jualan,” risauku ke teman karena artinya jualanku hari ini tidak boleh untung.

Satu boks siomay yang masih hangat itu pun akhirnya saya masukkan dalam plastik bungkus untuk segera dikirim biar bisa segera disantap. Dan, ini menjadikan ilmu baru berjualan sesi perlunya perhitungan cermat mengenai ongkos kirim dan promosi.

cara jualan online

Pandemi membuat kita akan melakukan apa saja untuk dapat bertahan hidup. 

Niat awal ingin mencoba peruntungan dengan menjadi reseller makanan sebagai memulai bisnis online tahun lalu.

Alasan lain sederhananya saat ini sudah semakin mudah untuk membuka bisnis online agar dapat menambah penghasilan.

siomay sombong
Proses membuat siomay untuk dijual

Dari memiliki bisnis online, saya memiliki pengalaman mengenai cara berjualan yang tak akan pernah habis untuk dipelajari.

Produk siomay yang diproduksi memang dijual berdasarkan sistem orderan dan masih dilakukan pemasaran secara tradisional. Seperti mimpi pasti setiap kita memiliki impian. Saya pun memutuskan untuk berjualan produk siomay rumahan dan memasarkan secara digital lantaran dapat menjangkau lebih luas pasar.

Di awal-awal saya banyak belajar mengenai kualitas produk yang akan saya tawarkan, bagaimana pengemasan makanan biar bisa tetap hangat dan aman saat pengiriman, hingga belajar mengenai pelayanan dengan cepat.

Keuntungan di awal berbuah manis, saya semakin semangat untuk terus mengembangkan agar setiap harinya selalu ada pembeli.

Namun, sayangnya karena kekurangan tenaga orang yang membantu dalam hal produksi siomay serta administrasi maka jualan saya tidak segencar dulu saat saya promosikan. Sampai saya vakum beberapa bulan karena kesibukan sama aktivitas.

Sekarang, saya sudah banyak belajar cara berbisnis online agar tidak jatuh di lubang yang sama. Keinginan untuk membesarkan bisnis online jualan siomay masih tetap ada.

Banyak orang-orang berpikiran bahwa berbisnis online itu gampang. Ketika kita akan memulai bisnis online, ada banyak faktor yang harus kita persiapkan selain dituntut untuk memiliki modal, mental baja, siap untuk menerima berbagai macam kemungkinan.

Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, berarti kita keluar dari zona aman kita. Konsekuensinya pasti tidak nyaman, dan kita sebagai penjual dituntut kreatif dalam menghadapi zona ini.

Penjual ibaratkan sebagai pelaut yang mengarungi lautan dengan penuh ujian, tetapi kita dapat mencontek belajar dari pelaut tersebut untuk menjadi orang kreatif. Sehingga kita tidak perlu susah lewati lautan yang sedang badai.

Saya pernah browsing mengenai apa saja barang-barang yang laku di jual online. Di urutan pertama ada fashion, kemudian produk komputer dan gadget, lalu disusul perawatan tubuh dan kesehatan, kemudian hobi. Selebihnya adalah produk makanan yang pasti akan dicari oleh orang banyak.

Dari banyaknya kelompok produk yang dijual ternyata bukan produk-produk yang telah disebutkan, melainkan produk “passion” yaitu apa yang membuat kita nyaman untuk menjual. Saat kita suka dengan produk yang kita jual, kita akan lebih menguasai produk tersebut. Hasilnya pembeli akan lebih percaya karena kita dapat melayani mereka dengan baik.

Saya mengamati orang-orang yang sukses di online adalah mereka datang dengan hobi yang mereka suka. Ada yang senang produk ponsel karena dia senang mengikuti perkembangan gadget, ada pula yang menjual produk kamera karena dia seorang fotografer. Saya berjualan makanan, karena saya seorang fotografer makanan dan senang makan.

Sehingga, mulai dengan barang yang kita cintai sebelum kita jualan online, jangan terbawa arus, sukses itu bukan hanya di satu tempat, orang yang sukses di bidangnya belum tentu sukses di bidang yang kita minati.

Pada dasarnya bisnis online dapat diartikan mengembangkan sebuah bisnis yang sebelumnya masih dijalankan di ranah offline lewat toko fisik menjadi toko online.

ciri jualan online
Manfaat berjualan online

Saat ini perkembangan dunia usaha sudah dinamis. Siapa yang gagal berkembang atau stagnan hingga saat ini, dipastikan akan tertinggal semakin jauh. Dan disitulah bisnis online menjadi jawabannya.

Ada banyak manfaat saat kita sudah masuk ke toko online, seperti :

#1 Memperluas Jangkauan Pasar

Bayangkan dalam menjalankan bisnis secara offline tak jarang jangkauan pasar mungkin hanya berkutat di wilayah kita saja. Bahkan kalau mau memperluas pasar, kita harus mengeluarkan biaya untuk promosi seperti mencetak brosur dan media promosi lainnya.

Namun, dengan berbisnis online semua biaya yang telah disebutkan bisa lebih hemat. Jangkauan pasar bersifat global yang artinya bisa mendapatkan pasar lebih luas.

#2 Mudah Mendapat Pelanggan Baru

Saat jangkauan pasar sudah meluas, akan berimbas maki mudahnya dalam mendapatkan pelanggan baru. Potensi tersebut bisa dirasakan bahwa internet dan penggunaan teknologi telah mengubah cara konsumen sehingga menjadi alat untuk meningkatkan pengalaman berbelanja.

#3 Bisnis Lebih Terlihat Profesional

Kita tentunya berharap bisnis yang dijalankan bisa terlihat profesional. Selain agar para konsumen lebih percaya, tentunya dapat mendatangkan peluang menjadi lebih besar lagi. Makanya, langkah paling mendasar adalah memiliki toko online agar mengikuti perkembangan dunia digital saat ini.

cara mendaftar jadi blibli seller
Rasakan 4 manfaat ini setelah menjadi Blibli Seller

Ada sekitar 76% pengguna internet di Indonesia melakukan transaksi belanja dengan smartphone. Konsumen dapat menemukan berbagai produk hingga kebutuhan sehari-hari.

Hal ini disebabkan smartphone sudah menjadi bagian dalam hidup konsumen sehingga melekatnya dalam aktivitas keseharian.

Jualan online saat ini bisnis yang telah digeluti oleh banyak orang. Bisnis ini tidak butuh modal besar bahkan ada yang bisa dijalankan secara gratis.

Selain itu, toko online yang kita miliki jangan terkesan asal-asalan. Banyak pebisnis online yang salah mengartikan kalau harga adalah segalanya. Yang harus diutamakan adalah kualitas. Barang berkualitas akan membuat pelanggan puas dan mereka akan menceritakan tentang kebaikan produk ke teman-temannya.

Peluang ini juga positif bagi para pebisnis, saat ini sudah banyak tutorial cara membuat toko online yang baik dan efektif sebagai media usaha. Bahkan, kita tidak perlu repot lagi untuk menyewa sebuah toko.

Sudah banyak marketplace yang menawarkan tempatnya untuk kita bisa mulai berjualan. Salah satunya dengan bergabung menjadi penjual di Blibli.

marketplace indonesia
Bibli marketplace No 1 di Indonesia

Blibli merupakan marketplace yang memiliki konsep one stop shopping. Trafik kunjungan yang selalu ramai setiap harinya jelas menjadi incaran para pelaku bisnis untuk berjualan di Blibli.

jualan di blibli
Keunggulan menjadi berjualan di Blibli

Apalagi, cara berjualan di Blibli juga terbilang mudah dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Blibli, seperti :

1. Blibli Memiliki Pilihan Kategori Produk yang Luas

Ada 16 kategori belanja yang mampu memenuhi kebutuhan belanja untuk semua jenis produk. Kategori produk ini mulai dari rumah tangga, dapur, fashion untuk semua umur dan gender, computer, elektronik dan beberapa kategori lainnya. Ini membuka kesempatan bagi penjual untuk menjual lebih dari satu produk. 

2. Fasilitas Foto Produk Gratis

Untuk menjaga standard dan kualitas gambar produk, Blibli memberikan fasilitas gratis foto produk bagi merchantnya. Fasilitas ini menjamin semua merchant memiliki foto produk dengan resolusi yang tinggi, menampilkan detail produk dan juga informatif bagi calon pembeli. Pastinya akan sangat membantu bagi para penjual karena tidak perlu pusing memikirkan foto produk.

3. Disediakan Pengemasan Gratis oleh Blibli

Untuk menjaga kualitas barang tetap baik ketika sampai di tangan pembeli, Blibli memfasilitasi seller dengan box gratis. Box ini juga sebagai salah satu standar pengiriman di Blibli. Produk jadi aman dan terlindungi. Ketika produk aman dan terlindungi, komplain dari pelanggan bisa ditekan. Inilah salah satu keunggulan yang hanya dimiliki oleh Blibli.

Kemasan yang menarik tentunya dapat mencuri perhatian konsumen. Dengan kualitas kemasan yang baik, maka produk lebih terjamin keamanannya sampai ke tangan konsumen. Produk dapat terlindungi dari risiko kerusakan seperti basah, lecet, atau terjatuh.

Untuk mendapatkan fasilitas gratis kemasan dari Blibli bagi merchant baru sangat mudah. Langsung saja hubungi merchant care di nomor 021-57977777 atau bisa juga melalui email di [email protected] untuk mendaftarkan akun agar dapat kemasan gratis.

Blibli seller juga dapat mengunjungi www.blibli.com/page/kemasan-partner, lalu buat pesanan kemasan maksimal 150pcs. Selanjutnya, harga kemasan akan otomatis berubah menjadi Rp 0 dan pesanan akan segera dikirimkan ke alamat rumah. 

Sementara untuk merchant terdaftar yang ingin melakukan pemesanan kembali, caranya adalah dengan masuk ke akun MTA, lalu pilih menu pesanan, selanjutnya pilih pesan packaging. Bisa juga dengan mengunjungi www.blibli.com/page/kemasan-partner lalu pilih kemasan yang dibutuhkan dan pastikan harga saat checkout sudah berubah menjadi Rp 0. Selanjutnya tim blibli akan mereview pesanan,  jika sudah direview maka pesanan akan segera dikirimkan.

Blibli menyediakan berbagai macam kemasan, mulai dari box reguler, kertas pembungkus, sticker hingga box berukuran 10 kg.

Menarik ya.

4. Proses Pengiriman yang Mudah

Sejalan dengan proses pengepakan, Blibli juga sangat memperhatikan proses pengiriman. Ada lebih dari 30 jasa logistik yang telah menjalin kerjasama dengan Blibli. Banyaknya jasa logistik ini akan membuat pengiriman ke seluruh Indonesia menjadi mudah. Selain itu, pengiriman di Blibli juga dijamin oleh asuransi sehingga penjual bisa tenang karena produk dijamin keselamatannya.

5. Gratis Ongkos Kirim dari Blibli

Blibli Seller tidak perlu lagi mengalami drama mahalnya ongkos kirim sehingga membuat pembeli membatalkan niat.

Adanya fasilitas gratis ongkos kirim produk yang ditanggung oleh Blibli menjadi keunggulan lainnya yang patut dipertimbangkan. Hal ini akan menguntungkan bagi penjual maupun pembeli untuk memikat hati.

Gratis ongkir ini untuk seluruh produk yang dikirimkan secara reguler dan no shipment, ongkos kirim pesanan akan ditanggung oleh Blibli   sehingga penjual tidak perlu melakukan pembayaran ongkos kirim baik kepada JNE & Sicepat (untuk Dropship) ataupun kepada logistik yang menjemput paket (untuk Pickup).

Selain itu, pengiriman di Blibli sudah secara otomatis diasuransikan sehingga penjual tidak perlu khawatir jika terjadi masalah selama pengiriman karena proses klaim akan dibantu oleh Blibli.

6. Tersedia Layanan Merchant Care

Blibli menyediakan merchant care untuk membantu menyelesaikan kesulitan-kesulitan penjual dalam bertransaksi. Layanan ini disediakan gratis oleh Blibli dan selalu online 24 jam. Penjual bisa mengajukan kendala yang dihadapi baik itu masalah operasional ataupun juga mengenai produk. Layanan ini jelas sangat membantu penjual ketika menemui masalah di lapangan.

Blibli.com adalah e-commerce yang didirikan pada tahun 2010 oleh PT Global Digital Niaga, yang merupakan anak perusahaan Djarum.

Untuk bisa berjualan di Blibli.com sendiri, banyak yang beranggapan bahwa persyaratan yang diharuskan cukup banyak dan ribet.

Sebenarnya, hal itu tidaklah benar jika kamu menyiapkan semua persyaratannya dengan baik dan memang memiliki semangat untuk mendapatkan banyak pembeli di platform tersebut.

Lebih lanjut, berikut langkah-langkah agar bisa berjualan di Blibli.com:

1. Buat Akun

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan beberapa Informasi seperti nama, email aktif, password, nomor handphone aktif, dan nama toko yang akan didaftarkan. 

menjadi penjual di blibli
Cara mendaftar menjadi Blibli Seller

Gunakan nomor handphone pribadi untuk seller perorangan dan nomor handphone penanggung jawab untuk seller perusahaan. Pastikan nomor handphone aktif dan benar, agar bisa mendapatkan kode verifikasi pendaftaran.

Selain itu, kamu juga bisa registrasi menggunakan akses email Facebook ataupun Gmail.

Setelah semua informasi itu lengkap, kamu bisa mengikuti tahapan berikut:

  • Kunjungi laman resmi Blibli.com atau https://www.blibli.com/
  • Klik “Jual di Blibli” (terletak di bagian atas laman)
  • Ketika muncul laman baru, klik “Daftar sebagai seller”
  • Lalu, isi semua informasi yang sudah Anda persiapkan tadi ke masing-masing kolom yang sesuai dan ketika semua sudah terisi klik “Daftar”
  1. Melengkapi Informasi dan Menayangkan Produk
dashboard blibli
Lengkapi dashboard penjual

Setelah akun kamu terdaftar, selanjutnya akan diminta untuk menyelesaikan tiga langkah Onboarding Seller Baru, yaitu:

  • Menambahkan seluruh informasi terkait toko dan gudang.
  • Melengkapi Informasi pembayaran dan legal. Kamu akan diminta untuk upload dokumen yang dibutuhkan yakni nomor rekening valid, KTP & NPWP (untuk seller perorangan), atau KTP Direksi, NPWP Perusahaan, Akta Pendirian + SK Menkeh, Akta Perubahan, SIUP, TDP, Surat Domisili (untuk seller perusahaan). Jika bagian ini tidak diselesaikan, maka kamu tidak dapat merespon setiap pesanan dari pembeli yang masuk.
  • Setelah itu,  kamu sekarang sudah bisa melakukan penayangan produk ke platform Blibli yang dapat dilakukan melalui Blibli Seller Center. Ada berbagai cara untuk menayangkan produk yaitu secara satuan dan massal (bulk). Anda juga dapat melakukan tambah produk ini secara mudah di Aplikasi Blibli Seller App yang tersedia di Android (Playstore).
bikin-akun-blibli
Apabila tidak dilengkapi, kita tidak bisa melanjutkan untuk berjualan

Pastikan semua bagian di atas sudah kamu lengkapi karena jika tidak, pesanan dari pembeli tidak akan masuk ke akun kalian.

Setelah langkah-langkah di atas selesai, kamu sudah bisa mengunggah barang dagangan lewat Blibli Seller Center.

Menariknya, kita bisa mengupload gambar dan mengurus toko lewat smartphone. Setiap produk dibatasi maksimal 8 foto produk dalam satu produk.

Selanjutnya, penjual dapat mengunduh aplikasi Blibli Seller di smartphone maka kita bisa tetap terus terpantau.

blibli seller
Instal aplikasi Blibli Seller di smartphone

Sebelum mulai menayangkan produk di Blibli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti ketentuan produk yang dilarang untuk dijual karena Blibli menjamin keaslian produk yang dibeli oleh pembeli.

Untuk memajang produk di etalase, kamu bisa melakukannya satu per satu atau dengan sistem bulk (dalam jumlah banyak sekaligus). Penambahan produk ke etalase dapat dengan mudah dilakukan lewat aplikasi Blibli Seller App yang bisa di-download di Google Playstore.

Layaknya ada pemilik toko dan penyewa, tentunya ada perjanjian kerjasama antara merchant dan Blibli. Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari, merchant harus membaca betul perjanjian kerjasama dengan Blibli.

Perhatikan pada poin-poin penting terutama mengenai komisi, denda, dan juga deposit. Berjualan di Blibli memang tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, Blibli menetapkan sistem komisi yang akan diambil dari total penjualan. Besaran komisi yang ditetapkan dimulai dari 2%. Jenis produk juga mempengaruhi besaran prosentase komisi ini.

Selain mengenai komisi, perhatikan juga mengenai penalti. Penalti yang dimaksud adalah jika merchant tidak merespon pesanan sampai pada batas waktu yang diberikan.

Merchant akan dikenakan poin penalti yang berlaku selama 30 hari. Skema poin penalti seperti berikut ini :

  • Penalti 6 : turun 1 level
  • Penalti 9 : turun 2 level
  • Penalti 12 atau lebih : suspend toko sementara/selamanya.

Maka dari itu, jangan sampai mengabaikan pesanan apalagi sampai melewati batas waktu. Pinalti ini juga dapat menurunkan performa merchant.

Rasakan manfaat menjadi Blibli Seller mulai dari :

  1. Produk yang diiklankan dijamin muncul di berbagai halaman Blibli, makin sering tampil, makin besar kesempatan untuk dibeli.
  2. Modal yang sudah berhasil kamu dapatkan bisa langsung digunakan untuk beriklan tanpa harus mengeluarkan budget iklan.
  3. Dijamin praktis. Disini kamu bisa melihat perkembangan promo, kontribusi Bliklan terhadap penjualan, detail biaya, dan berbagai informasi lainnya.

Kesimpulannya, cara jualan di Blibli cukup mudah, asalkan semua persyaratan telah terpenuhi.

Tidak dapat dipungkiri digitalisasi adalah keharusan bagi pemilik usaha saat ini dan di masa depan. Memasuki tahun 2022, diprediksi geliat perkembangan UMKM di tanah air semakin ketat.

UMKM dan pemilik bisnis yang enggan mentransformasikan bisnisnya ke digital kemungkinan besar akan kesulitan menghadapi persaingan pasar dan menjangkau konsumen. Dilansir Republika, 30 juta UMKM di Indonesia mengalami kebangkrutan saat pandemi, dan sisanya bertahan karena digitalisasi. 

bliklan
Manfaatkan Bliklan untuk optimasi produkmu lebih dikenal

Salah satu sarana digital yang bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh para pelaku usaha dalam memasarkan produk dan menjaga eksistensinya yakni melalui e-commerce.

Kehadiran e-commerce jelas membawa dampak positif bagi perkembangan dan keberlangsungan UMKM. Tercatat hingga Juni 2021, jumlah UMKM yang merambah e-commerce mencapai 14,5 juta UMKM. 

Untuk mendukung kebangkitan dan pertumbuhan sektor UMKM di tanah air, Blibli menghadirkan Bliklan sebagai wadah pemasaran digital untuk para pelaku UMKM.

Bliklan merupakan fitur iklan produk yang dapat digunakan untuk memasarkan produk, meningkatkan awareness toko dan produk hingga berpotensi untuk meningkatkan penjualan di Blibli.com. Produk yang dipasarkan dengan Bliklan akan muncul di beberapa lokasi di Blibli.com sesuai algoritma sistem.

Khusus kamu sebagai seller baru, ada potensi mendapatkan Bonus Bliklan hingga 5.4 Juta jika menyelesaikan misi! Bonus Bliklan akan diberikan berdasarkan misi atau kegiatan yang sudah dilakukan dan saldo akan terisi otomatis di akun toko (sekitar 1-2 hari kerja setelah setiap kegiatan dalam misi terselesaikan).

Saldo Bliklan yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk meningkatkan awareness dan traffic di toko. Manfaat seperti ini tentunya harus dimaksimalkan dan tidak ada di toko online manapun, selain di Blibli.

Setelah kita berjualan, penting untuk melakukan analisa performa toko untuk mengetahui kinerja. Dashboard Blibli menyediakan fitur Analisis mulai dari penjualan, traffic, produk dan demografi.

Dari empat menu ini kita dapat mengetahui siapa saja target market beserta demografi wilayah. Selain itu kita dapat mengetahui kinerja produk apa saja yang efektif untuk dijadikan acuan strategi penjualan kita.

Kamu bisa eksplore menu-menu analisis perfoma toko ini agar jualanmu bisa lebih topcer!

kelas webinar gratis
Banyak kelas webinar gratis untuk Blibli seller

Tahun lalu saya merasakan kecerobohan dalam berjualan, ini dikarenakan saya belum mengetahui seperti apa cara berjualan online. Namun, setelah mengetahui mengenal Blibli kini saya bisa lebih percaya diri.

Blibli memiliki pusat edukasi seller yang didalamnya terdapat banyak sekali tips berjualan. Kita sebagai penjual baru tidak perlu takut mengenai bagaimana cara memulai berjualan.

Dalam Blibli Pusat Edukasi, seller akan mendapatkan informasi berupa artikel atau video yang berisi langkah-langkah mengenai cara berjualan di Blibli. Selain itu kita bisa loh mengikuti kelas webinar gratis yang sering diadakan oleh Blibli.

Seperti dalam waktu dekat ini ada webinar gratis mengenai cara tepat memulai berjualan setelah liburan Ramadhan dan kelola produk, pengiriman. Kalian bisa mendaftar kelas webinar secara mandiri. Silakan daftar di sini.

cara berjualan di blibli
Kelas pemula cara berjualan di Blibli

Saya sudah mendaftar dan siap untuk belajar agar nanti bisa berjualan dengan lebih baik. Kamu juga dong daftar, biar bisa belajar bareng.

Bulan Ramadhan selalu dinantikan oleh banyak orang termasuk penjual. Karena, momen lebaran ini biasanya digunakan oleh banyak orang untuk berbelanja kebutuhan sekaligus persiapan lebaran.

Sebagai penjual, kita dapat mempersiapkan agar menyambung ramadhan lebih cuan. Mulai dari :

  • Ketahui trend produk; cari tahu produk yang selalu trending selama bulan Ramadhan, seperti gadget, fashion dan groceries.
  • Kelola stok ; kalau masih memiliki produk yang sedang trend, upload ke Blibli Seller Center dan pastikan stok dan harga selalu terupdate.
  • Kelola operasional karyawan; cek dan atur jadwal pegawai termasuk jadwal shifting. Bila perlu tambah akses PIC toko di Blibli Seller Center. Apabila ada rencana tutup toko sementara, jangan lupa untuk segera ajukan penutupan.
  • Kelola pengiriman; kamu perlu cek kesesuaian dan segera kirimkan produk sebelum batas auto cancel. Aktifkan fitur instan/sameday untuk pengiriman yang lebih cepat. Pastikan paket dikemas dan dikirim dengan aman.
  • Memaksimalkan promosi; buat konten dengan tema Ramadhan bisa berupa kuis dan giveaway menjelang waktu berbuka puasa. Optimalkan fitur promo Blibli Seller Center, promosikan produk melalui fitur QR Code dan share di media sosial.

Bisnis toko online bagi masyarakat yang sudah melek internet di Indonesia sudah familiar. Namun, masih ada krisis kepercayaan para calon pembeli saat berbelanja online. Ini menjadi peluang bagi kita untuk memberikan edukasi mulai dari keamanan pengemasan produk hingga bertransaksi di toko kita.

Keraguan lainnya adalah kualitas produk yang dikirim, apakah sesuai dengan spesifikasi dan gambar yang ditampilkan atau tidak.

Maka dari itu, sejumlah cara bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung untuk membeli khususnya momen #RamadhanBerkahdiBlibli ini.

Pada akhirnya, tidak perlu fokus untuk jadi nomor 1, tapi fokuslah untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli di toko online milik kita.

Ayo buat kalian, tunggu apalagi segera jadi #BlibliSeller. Untuk rasakan #PastiUntungPastiBlibli kalian dapat mendaftar dengan kunjungi link ini

Informasi lebih lengkap mengenai Blibli Seller, follow akun social media Instagram @blibliseller (https://www.instagram.com/blibliseller/) dan tiktok @blibliseller (https://www.tiktok.com/@blibliseller)

Happy Cuan!

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

89 KOMENTAR

  1. baru coba jualan di blibli nih om
    masih meraba raba
    kebetulan nemu artikel dari om Deddy
    sangat bermanfaat dan membantu
    barangkali ada tambahan tips lain, boleh di share lagi om
    salam sukses buat om Deddy

  2. sangat inspiratif artikel yang om tulis
    bener2 membuka mata dan juga membangkitkan semangat jualan
    semoga bisa memacu saya untuk lebih memperhatikan hal2 yang tersebut di atas
    soalnya selama ini cuma sekedar posting trus nunggu orderan

    salam sukses

  3. Jualan online memang nggak segampang kelihatannya, perlu pengembangan skill dan belajar hal teknis mengenai marketplace tempat jualannya. Nah, enaknya jualan di Blibli tuh mereka care dengan sellernya, jadi suka kasih webinar edukasi gratis agar seller Blibli bisa berkembang dan jualannya juga bisa maksimal.

  4. Kemarin saya sempat ngobrol sama seorang pedagang online. katanya kalau jualan di marketplace ini sekarang biaya adminnya lumayan besar. gimana kalau di blibli, Koh? trus gimana cara menyiasati biaya admin ini biar kita tetap untung?

  5. Blibli emang beda. Konsisten ngasih pengetahuan ke sellernya seperti rajin ngadakan webinar2 terkait bisnis. Aku cukup sering belanja elektronik di Blibli, pengemasannya rapi dan ya semuanya aman. Sukses bisnisnya ya Koh. Aamiin

  6. Terbantu banget seller yang jualan di Blibli karna disediakan pengemasan gratis, sangat memudahkan agar produk tetap aman dan terlindungi sehingga mengurangi komplain dari pelanggan.

  7. Blibli itu tempat tepercaya bagi saya untuk soal pembelian elektronik
    Saya pun sangat suka dengan konsepnya
    Hmm baiklah ada kesempatan menjadi seller
    Wajib coba deh sepertinya

  8. Artikelnya bener-bener detail dan lengkap ya koh. Seneng banget dengarnya semakin banyak platform yang mendukung dan mempermudah para UMKM untuk memulai bisnis, apalagi bisa dapat bonus banyak gitu.

  9. Aku belum jadi penjual di Blibli, tapi aku pembeli di sini. Suka beli produk kecantikan lewat marketplace satu ini, hehehe. Soal masuk ke dunia bisnis, zaman sekarang gak bisa terjun asal ngikutin arus. Kita harus mau belajar banyak. Setuju untuk pilih barang jualan sesuai passion. Kita akan lebih menguasai sehingga mudah untuk promosi

  10. Cerita Koh Deddy sangat inspiratif, saya jadi kepikiran pengen jualan online juga. Tapi sampai sekarang masih fokus meningkatkan skill dulu supaya kalau bikin produk bisa konsisten. Apalagi sekarang ada Blibli yang cara daftar jadi penjual online juga nggak ribet, jadi semakin semangat nih supaya bisa berjualan online juga.

  11. Sekarang sudah enak banget ya, jualan di marketplace itu, termasuk blibli. Mau ngasih referensi ke teman dan saudara akhirnya, buat masuk ke blibli, biar bisa lebih untung ke depannya

  12. Kesempatan besar nih buat meraup cuan dari bisnis online di blibli, prosesnya gampang dan bisa diikuti oleh seller pemula.
    Popularitas blibli juga sudah tak diragukan sehingga sudah pasti banyak yang bakalan mampir buat belanja di marketplace ini.
    Semoga lancar terus bisnisnya Koh!

  13. Informasi ini harus diteruskan ke teman saya yang sedang serius kembali menekuni bisnisnya.
    Sepertinya dia belum ke marketplace Blibli.
    Padahal membuat akunnya nggak perlu waktu lama dan benyak keuntungan yg didapatkan jika jadi seller ya.

  14. Berbisnis dari yang kita sukai. Setuju banget, Koh. Itu sebabnya tahun 2015 dulu aku milih berjualan buku, termasuk buka jasa titip dari gudang penerbit. Sayangnya pandemi bikin penjualan buku makin sepi. Maklum sih, penghasilan merosot dan orang-orang lebih fokus ke pengeluaran untuk makanan dan kesehatan.

    Makanya niiih sekarang lagi nyoba jualan selain buku. Lagi milih-milih marketplace yang paling cocok juga. Eh, pas banget dapat info tentang Blibli ini. Perlu kupelajari lebih lanjut, nih.

  15. Iya ya Koh Deddy. Kalau dipikir-pikir kembali, sebenarnya apa yang akhirnya menjadi produk yang dijual seseorang — dengan kata lain, dijadikan bisnis yang ia kelola sebagai pemasukan sampingan, kebanyakan dimulai dari sesuatu yang memang ia sukai. Jadinya, ada banyak waktu untuk mengulik produk dan menyiapkan strategi promosinya. Sebab menjalankan sebuah bisnis itu serupa sebuah seni, nggak selalu ada teori bakunya, seperti yang Koh Deddy jalani sepanjang mengelola bisnis siomay.

    Kalau jualan di Bliblii, ternyata bisa ngasih banyak keuntungan juga ya.

  16. Aku pernah jualan online juga tapi ternyata males ngepakin dan kirim barangnya wkwkw. Jadi kalo jualan online harus punya karyawan buat packing nih hehe. Aku jadi pembeli setia Blibli aja deh. Pas lebaran kemarin aku belanja di Blibli.

  17. Memanfaatkan e-commerce Blibli untuk jualan online ini memang langkah tepat, karena gak hanya mudah tambah wawasan juga buat seller nya dalam hal bisnis

  18. Keren bangett bisa sampe dapat saldo bliklan sampe jutaan gituuu. Untungnya banyak lho ini sebenernya yaa Koh. Aku kmrn jg cobain buka toko, baru sampe step 2 udah dapat bliklan 70rb lho, wkwkw. Jadi semangatt jualannya

  19. wah hadiahnya lumayan ya bisa buat buka usaha ya kak Ded. Btw pastinya keberadaan program dari Blibli ini bakal ngebantu banget para UMKM makin berkembang. APalagi mengingat kondisi kian membaik, pastinya urusan jual beli akan makin membaik juga ya. Mau coba daftar jadi Blibliseller

  20. Saya sudah berjualan di 4 marketplace lain sejak 2015, tapi belum kesampean nih nyoba di Blibli … Terima kasih ceritanya jadi saya ada gambaran untuk mencoba. Harus menyiapkan amunisi tambahan buat kelola 1 toko lagi hehe.

  21. Aku sepakat dengan pernyataan ini “Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, berarti kita keluar dari zona aman kita. Konsekuensinya pasti tidak nyaman, dan kita sebagai penjual dituntut kreatif dalam menghadapi zona ini.” Jika tipikal pemikir seperti aku tantangannya di situ, jadinya dari dulu pengin bisnis online hanya sekedar rencana, karena belum siap dengan konsekuensi yang harus dihadapi.

  22. Seru yah sekarang makin beragam toko online, jadi lebih mudah memilih mana yang terbaik. Terus buka usaha juga nggak perlu repot-repot lagi

  23. Membayangkan ribetnya urusan bisnis dilakukan secara mandiri, dibandingkan dengan proses dan pembagian kerja yang transparan dan maksimal jika kita bernaung di sebuah matketplace, tentunya mendingan memilih bergabung saja ya. Apalagi itu di Blibli banyak banget keuntungan dan kemudahannya

  24. Berjualan secara online menggunakan marketplace memudahkan belanja dan berselancar produk sesuai kebutuhan. Bibli membantu itu.

  25. Aku dulu sempet belajar bisnis jadi agen sembako kak, tapi ternyata resikonya tinggi karena harga sembako fluktuatif. Barang yang dibeli harus cepet keluar supaya gak kejebak harga turun dll. Akhirnya nyerah. Sekarang aku malah urusan belanja bulanan belinya di bliblimart. Gratis ongkir soalnya. Bisa beli kebutuhan rumah tangga di sana dari indomie sekardus dll

  26. Nyaman banget ya jualan di Blibli. Kita bahkan dapat box gratis untuk mempacking barang. Pembeli pasti seneng banget kalau dapat box pengemasan begitu saat belanja online. Jadi yakin kalau barang yang diterima pasti aman.

  27. Untuk yang mulai merintis sebagai seller dukungan dari Blibli sangat brilian, karena gak hanya urusan menjalankan bisnis aja tapi juga promosi, terlebih kehadiran Bliklan ini yang patut diacungi jempol

  28. Saya berulangkali manggut-manggut baca tulisan ini. Iyah, dulu saya pikir jualan/bisnis online itu gampang aja, apalagi kalau sudah jadi seller di marketplace. Ternyata buat akun saja nggak cukup ya, mesti ada promosi juga. Iya sih, gimana orang tau jualan kita kalau nggak pernah promosi

  29. Berjualan di Blibli nggak hanya bisa memperluas pasar saja ya, koh
    Tapi ternyata banyak banget keuntungan yang diperoleh oleh para seller di Blibli ini

  30. Nyatanya sebaik apapun produk kita, banyak hal disampingnya yang patut kita pertimbangkan dan kita aplikasikan. Dari beberapa pengalaman teman-teman yang berjualan on-line, menfasilitasi kebutuhan pembali dengan ongkir gratis tuh jadi salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli. Salut untuk BLIBLI yang konsisten mengaplikasikan bebas ongkir ini.

    BTW, seneng Ded baca artikel ini. Lengkap dan runut. Banyak insight yang bermanfaat baik bagi pemula maupun orang yang sudah menjalankan bisnis online.

  31. Informatif…lengkap sekali ini penjelasannya. Terima kasih sudah menuliskan, jadi tahu saya, selama ini jadi pembeli dan same day delivery plus freeong kalau di Blibli. Beneran bikin happy…
    Ternyata ada banyak yang ditawarkan oleh Blibli. Misalnya, ada Pusat Edukasi Seller yang tentu saja membuat mereka bisa belajar makin sukses dan cuan. Untung benar pastinya jadi Blibli Seller ya!

  32. bner bgt Koh Deddy, satu bidang sukses utk orang lain blom tentu sukses klo kita yg jalani. masing2 pasti ada jalannya ya. semoga bisnis siomay nya semakin luas pemasarannya dan lais manis selalu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru