BerandaIdeaMenebar Kebaikan Lewat Aksi Sosial Online Bersama IndiHome

Menebar Kebaikan Lewat Aksi Sosial Online Bersama IndiHome

Author

Date

Category

Dalam hidup ini, kebaikan kecil yang kita lakukan bisa berdampak besar bagi orang lain. Tak hanya bermanfaat bagi penerimanya, tetapi juga memberikan dampak kebahagiaan batin bagi para pelakunya. Di era ekosistem digital seperti sekarang, aksi sosial berbagi kebaikan menjadi semakin mudah dan efektif berkat kemajuan teknologi, khususnya internet.

bahagia itu sederhana
Apa bekal yang akan kamu bawa nanti?

“Tujuan saya agar hidup ini berakhir bahagia dengan meninggalkan warisan kebaikan yang bermanfaat untuk orang lain,” balas Teguh dalam obrolan kami melalui Whatsapp. 

“Itu yang mendiang Bapak dan Ibu saya ajarkan.”

Semangat dan motivasi hidup Teguh begitu jelas.

Di tengah derap langkah kehidupan yang cepat, sibuk dan penuh tekanan, terkadang kita lupa. Kebahagiaan sebenarnya dapat ditemukan saat kita berbagi dengan sesama.

Perkenalan kami berawal dari konten instagram Teguh. Kemudian kami saling mengikuti akun masing-masing di Instagram, tiga tahun lalu saat awal pandemi. Koneksi internet dan media sosial betul-betul membangun relasi di antara manusia. Setiap orang bisa bertemu dan memiliki teman online. Kami memulai pembicaraan dengan membahas kegiatan sosial seorang Teguh Suharta.

Dahulu, Teguh Suharta adalah seorang pekerja kantoran umumnya. Namun, suatu hari ia merasa terpanggil untuk melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat sekitarnya. Khususnya bagi mereka yang kurang beruntung.

Pribadinya adalah seorang berhati yang besar dan selalu peduli terhadap sesama. Teguh bermukim di kota Sidoarjo, sebuah kota satelit yang terletak di provinsi Jawa Timur. Ia hidup seorang diri di rumah peninggalan orang tua setelah setahun silam sang ibu berpulang. Pekerjaan Teguh di salah satu konsultan berstatus tak jelas karena situasi ekonomi yang tak kunjung membaik. Upah kerjanya dipotong.

Teguh melakukan aktivitas pekerjaan termasuk aktivitas media sosialnya dari rumah mengandalkan koneksi internet IndiHome saja.

komunikasi efektif
Kami lumayan intens berkomunikasi

Berbagi kebaikan dan menebar benih inspirasi tak selalu harus dilakukan dengan nominal besar. Cara sederhana seperti yang dilakukan oleh Teguh Suharta pun memiliki dampak. Aksi sosial yang sederhana seperti berbagi makanan ternyata dapat berdampak besar buat mereka yang membutuhkan.

“Mas, nanti malam saya ada kegiatan berbagi makanan ke orang-orang kurang mampu di sekitar Sidoarjo. Mau ikutan berbagi?” bunyi pesan singkat yang dikirimkan Teguh untuk mengenalkan rencana aksi sosialnya.

Awalnya Teguh hanya membagikan makanan sendiri kepada gelandangan dan pemulung yang ia temui di jalan sewaktu tamat sekolah di usia 19. Namun, ia menyadari bahwa aksinya ini tidaklah cukup efektif. Teguh ingin melakukan sesuatu yang lebih luas. Maka, pada tahun 2009, ia memutuskan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan makanan. Setiap hari, Teguh berusaha mencari cara untuk berbuat baik kepada lebih banyak orang.

Teguh membawahi dua komunitas yang ia gerakkan bersama relawan lain hingga saat ini. Dua komunitas yang memiliki peranan berbeda yaitu salah satunya Komunitas “Gerakan Jangan Lupa Bahagia” untuk memberikan manfaat bagi anak-anak sekolah pedalaman. 

Sedangkan komunitas yang lain adalah Komunitas Sidoarjo Berbagi. Komunitas ini berusaha membantu kaum marjinal seperti gelandangan, pemulung yang tidak memiliki rumah, tukang sapu jalanan, tukang sampah, yang dapat dijumpai di setiap sudut kota Sidoarjo.

Teguh memulai dengan ide sederhana: membagikan nasi bungkus. Namun, dirinya tidak mungkin melakukannya sendirian. Teguh ingin melibatkan komunitas, lebih banyak orang, agar lebih memperluas dampak positif jangkauan aksi sosialnya.

Setiap Selasa dan Kamis malam, Teguh serta relawan lainnya selalu siap membagikan makanan untuk kaum papa. Komunitasnya mulai berbagi dari pukul 23.00 WIB hingga selesai dengan menggunakan kendaraan motor. Mereka berkeliling dari satu titik ke titik lain di kota Sidoarjo.

“Malaikat tak pernah lalai mencatat amal manusia. Ketika kebaikanmu dilupakan manusia maka malaikat Raqib tak akan melewatkannya. Sesungguhnya kamu adalah pembawa berkah,” ungkap Teguh kepada saya.

Namun, tidak selalu langkah perjalanan aksi sosial Teguh dalam berbagi berjalan dengan mulus. Ada saja tantangan dan kendala yang harus dihadapi. Misalnya, cuaca buruk yang menyulitkan perjalanan komunitasnya dalam membagikan makanan. Namun, Teguh dan komunitasnya selalu berhasil mengatasi masalah semacam ini dengan semangat berbagi mereka.

sidoarjo berbagi
Komunitas Sidoarjo Berbagi lewat akun Instagram @sidoarjo_berbagi

Dari mana datangnya semua relawan yang membantu Teguh?

Jawabannya dari konten media sosial yang dibagikan Teguh di akun Instagram @sidoarjo_berbagi. Semuanya itu tentu bisa terwujud berkat koneksi internet IndiHome.

Ternyata para relawan yang membantu hadir dari berbagai latar belakang pekerjaan. Mayoritas berasal dari anak-anak muda yang melihat postingan konten @sidoarjo_berbagi di Instagram. Lalu, mereka mengirimkan pesan dan menawarkan diri untuk menjadi relawan atau donatur.

Mereka membawa ransel yang kemudian diisi nasi bungkus yang sudah dibeli. Komunitas relawan yang digerakan Teguh selalu berusaha memperhatikan kondisi para gelandangan yang mereka temui.

Teguh dan relawannya selalu bergerak di waktu malam hari menggunakan kendaraan motor agar lebih gesit bergerak. Mencapai titik-titik kota yang banyak dihuni oleh para pemulung dan gelandangan. Mereka bergerak secara rahasia untuk menghindari kerumunan orang. Serta menghindari orang yang ingin memanfaatkan momen tersebut untuk tujuan yang tidak baik.

Sebelum melakukan aksi kebaikan, Teguh selalu memesan nasi bungkus dari warung nasi di sekitar tempat tinggalnya. Warung nasi tersebut memberikan harga yang murah untuk setiap bungkusnya. Hanya dengan harga 10 ribu rupiah sudah mendapatkan nasi lengkap dengan sayur dan lauk. Dengan harga yang terjangkau, Teguh dan timnya dapat membeli lebih banyak nasi bungkus untuk dibagikan kepada lebih banyak orang yang membutuhkan.

Kemudian mereka beriringan dan berpencar menggunakan motor menyusuri jalanan kota. Mencari orang-orang yang membutuhkan bantuan. Mereka memberikan nasi bungkus secara gratis diiringi senyum menghias di wajah.

Setiap aktivitas berbagi umumnya berhasil memperoleh antara 50 hingga 100 nasi bungkus. Setiap dana yang berhasil dikumpulkan dari para donatur, sesuai nominal itulah komunitas Sidoarjo Berbagi membagikan nasi bungkus yang dapat dibeli. Kadang mereka mengeluarkan dana dari kantong mereka sendiri untuk menggenapi jumlah nasi bungkus yang harus dibayarkan.

Selama proses pembagian nasi bungkus, Teguh dan relawan tak hanya memberikan makanan secara cuma-cuma. Mereka juga berusaha meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan orang-orang yang dibantu. Mereka mencoba untuk memahami keadaan dan kebutuhan dari penerima bantuan.

Tak peduli dengan keterbatasan dana, atau cuaca yang kurang mendukung. Teguh dan komunitasnya tetap bersemangat untuk menebar kebaikan. Dengan konten kegiatan sosialnya Teguh menggalang dana dari teman-temannya. Termasuk mengumpulkan makanan dari restoran-restoran yang bersedia membantunya.

Di sinilah pentingnya konsistensi Teguh dalam membuat konten berbuat kebaikan di media sosial dengan koneksi internet yang baik seperti IndiHome. Bukan hanya membantu visibilitas bagi mereka yang kurang beruntung. Tapi juga menginspirasi dan menggerakan netizen lainnya untuk ikut serta dalam kegiatan sosial yang digalang Teguh. Sekaligus menjadi bukti pertanggungjawaban atas setiap dana yang diperoleh dari para donatur.

Lewat konten berbagi Teguh bukan hanya membantu kaum marjinal, tetapi juga UMKM yaitu warung penghasil nasi bungkus yang akan dibagikan.

berbuat baik
Tak akan pernah tahu kemana kebaikan akan membawa kita.

Kebahagiaan bisa ditemukan dalam melakukan kebaikan untuk orang lain. Membantu sesama, memberikan dukungan, atau bahkan sekedar memberikan senyuman, bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi diri sendiri dan orang lain.

Dalam perjalanannya sejak tahun 2009, Teguh menginspirasi banyak orang untuk ikut bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan sosialnya. Ia tidak hanya membantu orang lain, namun juga membuka kesempatan bagi banyak orang untuk mengalami kebahagiaan dalam berbagi dengan sesama.

“Masa pandemi yang lalu merupakan masa yang berat,” ucap Teguh. Pandemi membuat kehidupan mereka yang mengais rejeki harian jadi lebih sulit. Konten yang dibuat Teguh menjadi media penyambung. Yang mengingatkan netizen akan adanya orang-orang yang hanya bisa makan sehari sekali. Tapi karena pandemi mereka bisa jadi tidak makan sama sekali.

Dengan cara ini, setidaknya Teguh berhasil membantu orang-orang yang kurang mampu dan memperlihatkan bahwa kepedulian kepada sesama dapat dilakukan dengan cara yang sederhana namun bermakna.

internet untuk kebaikan
Potret kegiatan kebaikan Teguh bersama relawan
sekolah negeri
Anak-anak bersekolah dengan keterbatasan peralatan. Mereka menggunakan baju tidur dan beralas sandal.

Bersama koneksi internet IndiHome dan melalui akun media sosialnya Teguh menceritakan pengalamannya berbagi perlengkapan sekolah hingga ke pelosok pedesaan menggunakan perahu. Lokasi sekolah berada di daerah pesisir Sidoarjo. Sebuah lokasi yang agak sulit dijangkau. Saat itu Teguh harus membawa 50 paket perlengkapan sekolah menggunakan perahu untuk mencapai sekolah tersebut.

Teguh juga pernah membantu menyalurkan perlengkapan sekolah ke SD Cobbuk lewat Gerakan Jangan Lupa Bahagia. Perlengkapan sekolah tersebut dikemas dalam sebuah ransel. Setiap ransel diisi dua lusin buku tulis, selusin pensil dan bolpoin, 20-30 buah penghapus pensil, penggaris, jangka, buku gambar, pensil warna, dan Alquran. Seperangkat perlengkapan sekolah yang cukup untuk kebutuhan siswa selama setahun.

Bagaimana dirinya bisa mendapatkan info mengenai murid-murid sekolah yang membutuhkan?

Pernah seorang guru honorer menghubungi dirinya lewat Facebook. Akhirnya setelah survei kondisi melalui video call dan datang ke lokasi, Teguh menemukan fakta kalau masih ada anak-anak ke sekolah yang menggunakan sandal jepit. Meski tergolong kurang mampu anak-anak di pelosok masih semangat bersekolah demi kehidupan yang lebih baik. Akhirnya, Teguh berinisiatif untuk menggalang donasi untuk anak-anak itu.

Dalam mencari dukungan dan donasi, Teguh sangat menyadari bahwa koneksi internet dan media sosial dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat. Dia membuat akun media sosial untuk proyeknya serta berbagi  informasi tentang aksi kebaikannya secara online.

Dengan bantuan koneksi internet IndiHome dan media sosial, Teguh berhasil menjangkau banyak orang dan mendapatkan banyak dukungan. Banyak yang tergerak untuk bergabung dan membantu dalam proyeknya. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan dan individu yang tidak dikenal sebelumnya juga memberikan kepercayaan dengan memberikan sumbangan melalui Teguh.

Ada sekitar 300 orang yang terlibat dalam aksi sosial ini. Mereka berteman dengan Teguh di media sosial menjadi donatur dan relawan aksi tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2020 terdapat sekitar 34.127 orang gelandangan di Indonesia. Disusul data dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menunjukkan bahwa pada tahun 2020 terdapat sekitar 16,2 juta orang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19.

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, Teguh dan komunitasnya kesulitan untuk melakukan aksi sosial secara langsung. Namun, Teguh tidak menyerah begitu saja. Dia mulai mencari cara baru untuk membantu orang-orang yang membutuhkan dengan memanfaatkan koneksi internet IndiHome dan media sosial. 

“Media sosial ini jadi satu-satunya wadah untuk saya mempertanggungjawabkan hasil donasi dari para donatur,” ungkap Teguh.

tips membuat konten
Teguh membantu dalam hal membuat konten.

Teguh sadar bahwa cara tradisional mempromosikan aksi sosialnya tidak cukup efektif. Itu sebabnya Teguh memanfaatkan koneksi internet IndiHome dan akun media sosial untuk mempromosikan aksi sosialnya. Sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang serta menggugah untuk ikut bergabung dan membantu.

Tidak hanya menggunakan media sosial, Teguh juga memanfaatkan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp untuk berkomunikasi dengan para sukarelawan serta berkoordinasi aksi berbagi makanan. Dengan adanya internet, Teguh dapat dengan mudah menghubungi para sukarelawan dan memastikan bahwa aksi berbagi makanan berjalan dengan lancar.

Saat pertama kali Teguh mengajak saya untuk ikut berbagi. Keesokan harinya, Teguh mengirimkan lewat Whatsapp laporan foto-foto kegiatan mereka semalam sebelumnya saat membagikan makanan. Lalu, memberikan informasi berapa total donasi yang dihimpun serta jumlah nasi yang dibagikan.

Itulah bukti apakah orang yang kita percayakan donasi bisa melakukannya dengan amanah.

Dalam era digital seperti saat ini, teknologi internet telah membuka banyak peluang untuk setiap orang berpartisipasi dalam ekosistem digital dan berbagi kebaikan. Terlebih lagi, koneksi internet yang tersedia, seperti yang disediakan oleh IndiHome, memungkinkan kita untuk melakukan tindakan baik secara online dengan lebih mudah dan efektif.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk berbagi kebaikan secara online adalah dengan melakukan donasi. Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk berdonasi secara online setiap bulan, seperti dengan menyisihkan sebagian pendapatan untuk beramal.

cara membuka rezeki
Ketika kita merasa bahagia dan berarti, kita akan lebih mudah untuk meraih kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.

Cara paling sederhana yang biasanya saya lakukan setiap bulan yaitu saya berusaha menyisihkan sebagian pendapatan untuk beramal. Dengan harapan bisa menyebarkan kebaikan dengan jangkauan lebih luas. Salah satunya melalui Teguh dan komunitasnya. Karena keterbatasan waktu dan tenaga, saya lebih memilih mencari orang-orang yang membuka donasi untuk kegiatan sosial yang langsung turun ke lapangan. Jadi dapat langsung diketahui siapa yang menjadi sasaran penerima bantuan.

Saya memanfaatkan internet untuk menemukan kelompok atau komunitas sosial tersebut. Dari sana saya akan melakukan pengecekan akun tersebut apakah dapat dipercaya dan programnya jelas.

Namun, mencari orang-orang yang amanah untuk menyalurkan dana bantuan juga tidak mudah. Saya beberapa kali menemukan yang kurang tepat sasaran. Untungnya, Teguh dapat menyakinkan saya bahwa dia amanah menyalurkan bantuan. Lewat konten-konten yang ia selalu rajin bagikan di akun @sidoarjo_berbagi juga akun pribadinya menjadi bukti bahwa kebaikan ini tidak akan berhenti.

Banyak platform dan aplikasi keuangan yang kini memungkinkan kita untuk melakukan donasi secara online, termasuk pembayaran zakat, infaq, dan sedekah. Salah satu platform yang bisa digunakan untuk melakukan donasi ini adalah LinkAja melalui fitur LinkAja Berbagi, yang telah mempermudah dan mempercepat proses pembayaran zakat, infaq, dan sedekah.

Namun, selain melakukan donasi melalui platform seperti LinkAja, kita juga bisa melakukan tindakan baik lainnya dengan cara yang kreatif. Contohnya, Teguh yang mencoba menawarkan merchandise kaos untuk para donatur. Dengan membeli merchandise kaos tersebut, para donatur tidak hanya mendukung upaya Teguh untuk mengumpulkan dana untuk membeli nasi bungkus, tetapi mereka juga mendapatkan kaos sebagai kenang-kenangan.

merchandise kaos sidoarjo berbagi
Teguh mencoba menawarkan merchandise kaos untuk para donatur

Inisiatif seperti ini membuktikan bahwa setiap orang dapat berperan dalam membantu sesama dengan cara yang kreatif dan berbeda-beda.

Di dalam dunia yang semakin terhubung nan terkait ini, koneksi internet telah memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Termasuk dalam berbagi kebaikan dan menebarkan benih inspirasi.

Koneksi internet dan media sosial menjadi sarana yang memungkinkan semua orang dari berbagai kalangan dari seluruh dunia untuk terhubung dengan cepat dan mudah. Mempermudah akses informasi dan ide, serta memperluas jangkauan dan membawa dampak positif lebih luas dari sebuah kegiatan aksi sosial.

Media sosial merupakan sarana utama untuk berinteraksi antara Teguh, relawan dan donatur. Sebuah sinergi yang saling menguatkan dan mendukung. Bayangkan kalau tidak ada koneksi internet dan media sosial tentunya dampak kegiatan sosial yang dilakukan akan minimal.

Teguh telah berhasil membangun jaringan sosial yang lebih luas dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang. Dengan membuat konten yang membagikan segala info kebutuhan donasi di media sosial. Semua itu dilakukan Teguh bukan hanya untuk kegiatan sosialnya. Tetapi juga sebagai langkah pencegahan dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif dan tidak sesuai dengan tujuan semula.

Teguh menceritakan, dirinya beberapa kali mengetahui ada relawan yang sekadar ingin mencari nama untuk mereka sendiri. Melakukan aji mumpung mendompleng apa yang telah dirintis Teguh. Mereka ikut hanya untuk mengetahui cara Teguh mendapatkan donatur.

“Pernah sekali waktu ada donatur yang terjebak. Ada orang yang memakai namaku untuk meminta donasi.” ungkap Teguh. Teguh tetap menjelaskan dengan rinci setiap ada donatur yang mempertanyakan pertanggungjawaban donasinya. Hal ini juga sebagai dobel cek penggunaan donasi dari kedua belah pihak. 

Salah satu awal tantangan yang dihadapi Teguh adalah kurangnya dukungan dari masyarakat. Banyak orang skeptis terhadap tujuan dan motivasi Teguh. Tak sedikit yang bahkan menuduhnya melakukan aksi sosial hanya demi popularitas dan keuntungan pribadi. Meski begitu, Teguh tidak mudah menyerah. Serta terus berusaha membuktikan bahwa tujuannya benar-benar tulus.

Salah satu tantangan yang selalu dihadapi Teguh adalah mengumpulkan dukungan dana dari para calon donatur untuk mendukung aksinya. Meski telah mencoba berbagai cara untuk menarik minat orang untuk berdonasi, namun tak jarang hasilnya kurang maksimal.

Teguh menyadari bahwa hal ini bisa jadi disebabkan oleh kondisi perekonomian yang sulit akibat pandemi COVID-19. Atau karena calon donatur belum sepenuhnya yakin akan tujuan aksi sosialnya.

Untuk mengatasi tantangan ini, Teguh menggunakan pendekatan yang cukup unik. Ia berusaha membuat konten-konten yang menarik untuk diikuti dan dibagikan di akun media sosialnya.

internet indihome
Jaringan IndiHome membantu Teguh untuk bekreasi dalam membuat konten kebaikan

Dengan menggunakan koneksi internet IndiHome dan media sosial sebagai alat utama untuk memperluas jangkauan pesan kebaikan, Teguh berhasil menarik perhatian banyak orang. Akun media sosialnya mulai mampu mengumpulkan sejumlah pengikut di media sosial. Selain itu juga berhasil membangun komunitas yang kuat dari orang-orang yang gemar melakukan aksi sosial.

Dualitas konten aksi sosial Teguh dan komunitasnya ini terletak pada fungsinya sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para donatur, sekaligus sebagai upaya menarik calon donatur baru untuk turut serta berpartisipasi.

Setiap kali memposting, Teguh juga menyertakan informasi tentang jumlah donasi yang telah diterima dan alokasi penggunaan donasi tersebut. Dengan cara ini, Teguh berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya berbagi, serta menginspirasi orang lain untuk melakukan aksi serupa sehingga lebih banyak lagi yang dapat ditolong.

Konten-konten ini berisi foto dan video yang memperlihatkan aksi-aksi berbagi yang dilakukannya. Teguh tidak hanya memposting foto atau video, ia juga menuliskan cerita yang mendalam dan memotivasi orang untuk ikut berpartisipasi.

trend konten 2023
Teguh mencoba beradaptasi dengan trend konten masa kini

Teguh menyadari bahwa untuk membuat video yang baik, ia harus memperhatikan banyak aspek, mulai dari ide, pengambilan gambar, pengeditan, hingga penyebaran. Oleh karena itu, Teguh memutuskan untuk belajar membuat konten dengan cara yang tepat dan efektif. 

Terkadang dia suka bertanya tentang cara membuat konten yang baik. Konten yang memiliki kemampuan bercerita untuk menarik para calon donatur mengeluarkan sebagian dari rezeki mereka untuk dibagikan.

Sementara ini Teguh harus bekerja sendiri dalam mengelola akun media sosialnya. Ia sendiri yang merancang, mengedit, dan memposting semua konten yang dibagikan. Tentu membutuhkan waktu dan usaha yang besar. Namun, Teguh tidak menyerah dan terus belajar demi melanjutkan aksi sosialnya. Karena ia yakin bahwa apa yang dilakukannya dapat membantu banyak orang yang membutuhkan.

Untuk memperluas jangkauannya, Teguh memanfaatkan koneksi dan jaringan internet IndiHome dari Telkom Indonesia yang cepat di rumahnya. Dengan internet yang stabil dan cepat, ia dapat menjangkau orang-orang di seluruh Indonesia, bahkan diaspora Indonesia di luar negeri, sehingga membantu Teguh untuk lebih mudah menyebarluaskan pesannya dan mengajak lebih banyak orang untuk bergabung dalam aksi sosialnya.

sidoarjo berbagi
Aksi kebaikan yang dilakukan mendapatkan sorotan dari media cetak

“Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu.” Surat Asy-Syura Ayat 23. Inilah yang membuat Teguh tetap yakin akan terus melakukan alsi sosialnya.

Teguh juga memanfaatkan koneksi internet IndiHome dan akun media sosialnya untuk melakukan kegiatan seperti menggalang dana untuk membantu anak-anak yatim piatu. Atau mengorganisir kegiatan sosial bersama teman-temannya. Semua itu dilakukan dengan mudah dan cepat berkat akses internet yang dimilikinya melalui IndiHome. Mengecek bantuan dana dari donatur  melalui mobile banking atau dompet digital juga jadi lebih mudah.

Teguh tidak hanya membuat konten menarik, ia juga terus mengembangkan ide-ide baru untuk memperluas jangkauan aksinya. Dia memanfaatkan koneksi internet IndiHome untuk mengadakan video call dengan para relawan dan donatur yang berada di seluruh Indonesia.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Teguh berhasil menciptakan sebuah gerakan kebaikan yang menginspirasi banyak orang. Gerakan tersebut menjadi viral di media sosial dan menarik perhatian banyak pihak, termasuk media massa.

Teguh merasa sangat terbantu dengan koneksi internet IndiHome yang bisa mempertemukannya dengan orang-orang dari berbagai daerah. Dia merasa bahwa media sosial menjadi sarana yang sangat efektif untuk menyebarkan pesan positif dan mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan.

Semakin banyak orang yang terinspirasi oleh aksi sosialnya, semakin banyak pula yang bergabung untuk berbagi kebaikan.

Berdasarkan data dari DataReportal, rata-rata kecepatan internet di Indonesia adalah 24,32 Mbps. Hal ini mengalami peningkatan sebanyak 4,19 Mbps dari tahun sebelumnya, yang menunjukkan kualitas jaringan internet yang cukup cepat meski Indonesia termasuk yang paling lambat di Asia Tenggara.

Dengan paket termurah yang ditawarkan oleh IndiHome, Teguh merasa terbantu dalam mengeksplorasi kreativitas dan membagikan pesan positif melalui platform digital.

Internet adalah alat yang sangat bermanfaat dalam memperluas jangkauan pesan positif yang ingin dia sampaikan. Lewat media sosial, Teguh dapat menjangkau orang-orang dari berbagai belahan dunia dengan mudah dan cepat.

Teguh merasa sangat terbantu dengan layanan internet IndiHome karena dia tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk berlangganan internet dengan kecepatan yang sama.

Teguh merasa sangat terbantu dengan layanan internet IndiHome karena dia tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk berlangganan internet dengan kecepatan yang sama. Harga paket termurah dari IndiHome membantu Teguh untuk tetap kreatif dan produktif tanpa perlu khawatir tentang biaya yang harus dikeluarkan.

harga-paket-indihome
Harga paket internet IndiHome dari Telkom Indonesia (sumber : website Telkom.co.id)

Sebagai provider internet terbaik di Indonesia, kini Telkom Indonesia sudah tersedia berbagai pilihan paket internet unlimited dari IndiHome yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satu contohnya adalah Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix), yang tersedia dalam dua jenis paket: Paket 2P (Internet + TV) dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Biaya berlangganan dimulai dari Rp300.000-an saja per bulannya.

Selain itu, dengan akses internet dari IndiHome, Teguh juga bisa belajar hal-hal baru yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbuat kebaikan. Ia bisa mengakses berbagai tutorial dan sumber daya belajar online tentang kegiatan sosial, sehingga ia bisa melakukan kegiatan sosial yang lebih efektif dan efisien.

baznas sidoarjo
Komunitas Sidoarjo Berbagi bersama Bazna Sidoarjo membagikan takjil saat bulan Ramadan

Teguh bercerita bahwa kampanye donasi yang dilakukan oleh Sidoarjo Berbagi di media sosial mulai menarik perhatian orang-orang di sekitar. Banyak orang yang tergerak hatinya untuk memberikan bantuan.

Baru-baru ini saat bulan puasa, komunitas Sidoarjo Berbagi juga kolaborasi dengan berbagai lembaga sosial dan pemerintah. Salah satunya bersama Baznas Sidoarjo berbagi takjil sebanyak 600 bingkisan.

Tidak hanya itu, Teguh juga mengambil inisiatif untuk mengajak komunitas lokalnya untuk bergabung dalam program pembagian takjil. Ia memanfaatkan internet IndiHome untuk membuat grup WhatsApp hingga ia dapat berkomunikasi dan mengatur jadwal kegiatan dengan mudah.

Dengan koneksi internet IndiHome, Teguh merasa lebih terhubung dengan dunia luar dan memiliki akses ke informasi yang lebih luas. Ia merasa memiliki kemampuan yang lebih besar untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan yang lebih luas pula.

Tentu saja, melakukan aksi kebaikan bukanlah suatu hal yang mudah dan pasti memiliki tantangan-tantangan yang harus dihadapi. Namun, Teguh telah menunjukkan kesabaran dan ketekunan dalam upayanya untuk membantu orang lain.

Melalui konten-konten yang sederhana, ia berhasil mengajak banyak orang untuk berpartisipasi dalam aksi kebaikan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Melalui koneksi internet dan konten media sosial, kita memiliki kesempatan untuk menebar benih inspirasi dan memotivasi orang lain untuk meraih kesuksesan dalam hidupnya. Sebuah tulisan, gambar, atau video yang diunggah ke media sosial mampu menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia, bahkan tanpa kita sadari.

Dalam menebar kebaikan melalui internet, kita harus berhati-hati dan bijaksana dalam memilih konten yang akan dibagikan. Konten yang bermanfaat dan positif akan memberikan dampak yang lebih besar daripada konten yang tidak bermutu atau negatif. 

Oleh karena itu, mari bersama-sama berkontribusi untuk memperbaiki dunia melalui koneksi internet IndiHome lewat akun media sosial yang kita miliki. Dengan demikian kita menebar benih inspirasi dan kebaikan dimanapun kita berada.

“Sekarang pergi ke pelosok sudah jarang. Serta sudah tidak seperti dulu lagi kesulitannya,” ungkap Teguh sewaktu saya bertanya kenangan apa yang paling berkesan.

kegiatan sosial
Teguh selalu mengarsipkan hasil kegiatan ke media sosial agar masyarakat dalam melihat secara transparan.

Dia bercerita kenangannya pernah mengunjungi Situbondo. Di atas sebuah gunung ada sekolah yang masih sederhana bangunannya. Sekolah berdinding kayu dan anyaman bambu. Sementara ekonomi penduduknya masih tertinggal. Saat itu Teguh merasa tenaganya masih muda. Masih kuat untuk menjangkau lokasi yang terpencil dan membagikan donasi.

Teguh hanya ingin melanjutkan ajaran dari almarhum ayahnya yang seorang mualaf untuk jangan lupa terus berbagi kebaikan.

Menurut data dari Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, terdapat lebih dari 500 orang gelandangan di Sidoarjo pada tahun 2021. Komunitas Sidoarjo Berbagi telah berhasil memberikan lebih dari 5000 nasi bungkus kepada orang-orang kurang beruntung di sekitar Sidoarjo.

Saya menangkap pesan tersirat kalau aksi kebaikan ini semoga dapat menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan makanan dan tempat makan di Sidoarjo. Dengan kerja sama ini, Komunitas Sidoarjo Berbagi dapat memperoleh makanan yang cukup untuk dibagikan kepada lebih banyak orang yang membutuhkan.

“Di manapun engkau berada, hadirlah sepenuhnya.” – Jim Elliot

Kita tidak perlu mencari kebahagiaan jauh, karena kebahagiaan sebenarnya sudah ada di sekitar kita.

Kita bisa terhubung dengan dunia, mengakses sumber daya yang diperlukan, dan menjalin hubungan dengan komunitas yang sama-sama peduli dengan kebaikan.

jangan lupa bahagia
Sudahkah kamu bahagia hari ini?

Kisah Teguh dan Komunitas Sidoarjo Berbagi menjadi bukti bahwa melalui koneksi internet provider IndiHome dan akun media sosial kita, segala hal dapat dicapai serta tantangan apapun dapat diatasi. Melalui aksi kebaikan, koneksi internet dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk menjangkau banyak orang dan memperluas jangkauan aksi sosial.

Keberhasilan gerakan kebaikan dalam berbagi nasi bungkus di Sidoarjo membuat banyak orang mengikuti langkah mereka. Dengan kepedulian mereka, mereka mampu membantu orang-orang yang sedang kesulitan. Teguh berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk berbuat kebaikan dan membantu orang lain. Dalam hal kebaikan, setiap orang memiliki peran penting untuk membantu meringankan beban hidup orang lain. Yang lebih kuat ekonominya mengangkat derajat ekonomi mereka yang lebih lemah.

hasil kebaikan berbagi
Bukan kita yang menilai baik diri kita, biarkan kebaikan itu yang akan berbicara.

Melalui pengalaman Teguh, jelaslah bahwa IndiHome bukan hanya sebuah layanan internet provider yang menawarkan koneksi yang cepat dan stabil. Namun juga merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk berkreasi, berbagi informasi, serta berbuat kebaikan dalam masyarakat. 

Dengan harga paket termurah yang ditawarkan oleh Internetnya Indonesia, siapa pun dapat memanfaatkan internet untuk menciptakan konten kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Bahagia itu sederhana, bukan?

***

Sumber referensi :

  • Wawancara pada narasumber
  • Foto diambil dari Instagram @sidoarjo_berbagi dan Facebook “Gerakan Jangan Lupa Bahagia”
  • Olah data dari website katadata.co.id
Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

71 KOMENTAR

  1. Maa Syaa Allah. Sampai speechless saking hebat dan menginspirasinya Mas Teguh. Selalu kagum dengan orang-orang yang konsisten menggerakkan komunitas-komunitas seperti Mas Teguh ini. Seperti biasa, tulisannya Koh Ded juga tidak kalah menginspirasi. Ulasannya lengkap dan detail sekali. Panjang umur untuk semua kebaikan dan orang-orang baik.

  2. Inspiring, mas Ded!
    Mudah-mudahan kita sebagai narablog dan kreator konten selalu dimampukan untuk membuat kegiatan yang tanpa batas seperti berbagi kelebihan, kebaikan, kesetaraan sampai keilmuan dari bidang masing-masing yang ditekuni.

    Apalagi ada koneksi internet yang memadasi seperti Indihome, membagikan kebaikan jadi makin tanpa batas!
    sehat terus mas Deddy Huang!

  3. Kisahnya sungguh menginspirasi, dan memang sungguh besar sekali dampak yang bisa didapatkan ketika secara langsung itu terjun ke lapangan membagikan makanan. Karena saya pun pernah ikut membagikan makanan ke Para Gepeng (Gelandangan & Pengemis) di kota Karawang. Padahal hanya sekadar membagikan nasi bungkus, kadang nasi uduk, kadang nasi padang, bersama komunitas berbagi dan bersama lembaga milik istri saya.

    Respon dari para penerimanya sungguh di luar dugaan, mereka menerima dengan penuh rasa syukur, seolah nasi bungkus yang dibagikan itu begitu bernilai oleh mereka. Seringkali, ketika membagikan makanan, mendapatkan respon ungkapan terima kasih dan banyak sekali doa dan syukur yang dipanjatkan oleh mereka.

    Hal-hal seperti seharusnya perlu dikembangkan dan digaungkan ke seluruh masyarakat, melalui media sosial, sebuah gerakan kecil bisa menjadi besar dan menyeluruh.

  4. Baca post ini jadi inget diriku sendiri koh
    Aku juga bergabung di komunitas Jember Berbagi dan aku berusaha mencari komunitas ini juga dari sosial media, semua berkat internet pastinya.
    Ketemu temen temen baru yang mempunyai visi misi yang sama untuk saling berbagi kebahagiaan dengan yang lain
    Kadang bagi bagi makanan sampe jam 2 dini hari dan kita enjoy. Karena itu yang bisa bikin aku dan temen temenku bahagia

  5. Aksi-aksi sosial dan kebaikan ini memberikan inspirasi, kalau kita bisa berbuat kebaikan di mana saja, kapan saja, untuk siapa saja tanpa pandang golongan atau pun agama. Pastinya semangat seperti ini harus disebar luaskan, salah satunya dengan memanfaatkan jaringan internet agar kabar kebaikan cepat sampai dan diterima banyak orang. Tulisannya menginspirasi Koh

  6. Seneng bgd setiap kali baca cerita tentang aksi orang baik yang ada di negeri ini. Alhamdulillah, berkat Indihome ya, aksi berbagi yg dilakukan mas Teguh bisa menjangkau banyak orang. Oya koh Ded, titip salam ke mas teguh ya, salam terima kasih banyak sudah peduli dan konsisten berbagi. Panjang umur orang baik.

  7. Selalu respect dengan orang-orang yang mau berkorban untuk kebahagiaan orang lain. Berbagi rezeki juga tidak akan membuat seseorang miskin karena matematika Tuhan itu luar biasa.

  8. Wah, keren banget Mas Teguh dengan aksi berbaginya di Sidoarjo. Meski dengan nominal kecil sebenarnya kita memang bisa banget ya buat berbagi kebahagiaan dengan orang lain.. Dan dengan kekuatan media sosial, aksi kebaikan kayak yang Mas Teguh lakukan bisa jadi inspirasi untuk netizen2. 🙂 As always, tulisan yang menginspirasi lagi dari Ko Deddy.. Terima kasih sudah berbagi kisah Mas teguh juga ya Ko… 😀

  9. Dari cerita mas Teguh, bahwasanya memang kehadiran internet dan teknologi itu, tergantung penggunanya. Bak dua sisi mata uang, mau digunakan untuk menebar kebaikan atau menabur kebencian.

  10. Semoga makin banyak aksi baik di masa depan ya Ded, baik itu offline maupun online karena kehidupan kita terus berdinamika dengan hal-hal baik. Hal baik sekecil apapun akan mendapatkan feedback di kemudian hari. Semoga kebaikan menyertai kita ya. Amin.

  11. Terima kasih sudah berbagi kisah menginspirasi ini yaa koh… Bahkan di era digital saat ini melalui internet kita dapat lebihh bijak.. Internet yang cepat dan mampuni dapat kita membantu kita menjadikan media lebih bermanfaat dan positif yaaa..

    Seperti yg dilakukan Kak Teguh, membagikan konten bahkan dampak luar biasa dibanding konten yang tidak jelas atau negatif.. Dan dengan adanya IndiHome beliau gencar menggerakkan aksi sosialnya tersebut.

  12. Aksi sosialnya mantap sekali. Kalau Internet dimanfaatkan dengan optimal untuk kegiatan begini tuh nggak ada yang benar-benar sendiri. Kita bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki kesenangan yang sama terkait hal-hal yang berhubungan dengan sosial. Keren, Kak.

  13. Bener banget lho mas, kadang niat berbuat baik berbagi nasi bungkus malah jadi salah sasaran dan mengundang orang jadi konsumtif akibat tidak didukung pencarian informasi. Di sekitar rumah saya malah jadi ada jejeran orang-orang yang menunggu di tepi jalan menanti sumbangan Jumat, entah sembako atau nasi kotak. Padahal kulihat mereka sehat, kuat, cuma duduk-duduk gitu. Miris.. Semoga adanya dukungan internet kencang seperti IndiHome ini bisa membantu meluaskan kebaikan dalam berbagi dan tepat sasaran

    • Nah, makanya gerakan ini nggak berbagi di hari Jumat, melainkan hari Selasa dan Kamis malam hari saat orang-orang sedang istirahat gitu.

      Kerasa banget ya manfaat internet bisa bikin gerakan positif kayak gini.

  14. Panjang umur kebaikan. Saya pun melihat dengan adanya internet ini, jadi sering banget lihat kebaikan-kebaikan yang dilakukan orang-orang di luar sana. Yang sedikit banyak, jadi membuat diri ini berkaca agar melakukan hal baik pula.

  15. Konsisten berbagi ini mashaAllah sekali.
    Karena orang punya niat berbagi aja gak mudah.. Apalagi dilakukan terus menerus dan alhamdulillah dengan adanya internet, semangat berbagi bisa semakin digalakkan. Harapan terbesarnya adalah semoga kita semua bisa “ringan” berbagi dan melakukan hal kecil yang kita bisa untuk menebarkan semangat kebaikan.

  16. Ini nih asiknya menggunakan internet untuk kebaikan.
    Banyak manfaat yang tersebar dan bisa dirasakan oleh siapa aja.
    Semoga inspirasi ini banyak diikuti ya

  17. Internet bisa menebar banyak kebaikan saat bisa disikapi dan dimanfaatkan dengan tepat ya, mas. Bersyukur bisa mampir ke tulisan ini, banyak kegiatan inspiratif

  18. Aktivitas sosial lewat internet beneran bisa sampai kemanapun jangkauannya nggak terbatasi lokasi. Aktivitas tanpa batas termasuk batas kesabaran dan dedikasi mereka yang nggak habis-habis. Salut!

  19. Kisah kak Teguh ini sangat menginspirasi dan memotivasi kita juga untuk berbagi manfaat sebanyak-banyaknya, untung nya di era digital sekarang kita semakin dipermudah ya sehingga manfaat dapat dirasakan juga semakin luas

  20. Di era globalisasi seperti sekarang ini, ada beragam aktivitas yang bisa kita jalani dengan modal internet cepat dan stabil, termasuk aksi sosial seperti yang sudah dilakukan Pak Teguh dkk. Salut buat beliau….

  21. Jika digunakan dengan bijak, internet punya manfaat besar dalam hal kebaikan. Bisa menggerakan orang-orang untuk berbagi lewat konten yang mengetuk hati. Semoga kisah inspiratif dari seorang Teguh, menjadi jalan rejeki untuk Teguh itu sendiri, agar semakin banyak orang kesusahan yang dia bantu.

    Tfs Deddy.

  22. Thanks to teknologi internet ya Ded. Berkat merekalah, kegiatan komunitas Sidoarjo Berbagi ini jadi serasa mudah untuk diatur. Komunikasi dan koordinasi yang terbangun baik secara on-line, ternyata bisa membuat kegiatan sosial mereka menjadi efisien dan efektif. Bahkan kehadirannya di sosial media, bisa menginspirasi banyak orang.

  23. Sangat menginspirasi sekali cerita mas Teguh ya, Mas Deddy. Bagaimana epsan besar tersurat, bahwa sekecil apapun kebaikan yang tebar, akan bermanfaat dan membawa bahagia. Apalagi sekarang kebaikan juga bisa disebar lewat dunia maya. Misalnya pengumpulan dana secara online. saya suka sekali ucapan mas Teguh ini, “Malaikat tak pernah lalai mencatat amal manusia. Ketika kebaikanmu dilupakan manusia maka malaikat Raqib tak akan melewatkannya. Sesungguhnya kamu adalah pembawa berkah.”

  24. IndiHome memberikan banyak manfaat, seperti menebar kebaikan yang dilakukan oleh Pak Teguh dkk. Kebaikan yang dilakukan saat orang lain terlelap tidur, mereka tidak mau banyak kerumunan saat mereka melakukan aksinya. Semoga Tuhan selalu memberikan kemudahan Pak Teguh dkk.

    Terima kasih kak sudah menuliskan artikel sarat makna ini

  25. Sangat menginspirasi kebaikan yang dilakukan pak Teguh.
    Informasi tersebut bisa menggugah donatur, atau titik-titik sasaran yang perlu bantuan dari berbagai lokasi tentunya karena adanya layanan internet yang lancar. Dengan internet berbagi semakin dimudahkan, aktivitas tanpa batas..

  26. Hebat banget Pak Teguh, dengan caranya yang nampak sederhana, dia berbagi kebahagiaan dan manfaat

    ketika akhirnya berkembang menjadi komunitas, kebahagiaan dan manfaat yang dibagikan juga semakin banyak

  27. Bagi orang rumahan seperti saya, adanya komunitas berbagi atau sedekah online memang sangat membantu, lho. Bisa tetap ikut berbagi meskipun di rumah. Internet memang membuka kesempatan semakin lebar untuk saling berbagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru