BerandaReviewGadgetASUS Zenbook Flip S 13 (UX371): Laptop Terbaik ASUS Versi Gue Sebagai...

ASUS Zenbook Flip S 13 (UX371): Laptop Terbaik ASUS Versi Gue Sebagai Pekerja Kreatif

Author

Date

Category

“Belilah barang termahal yang paling kamu mampu. Lalu, pakai sampai maksimal hingga menghasilkan!”

Kalimat ini pernah diucapkan oleh Alex “amrazing” 7 tahun lalu saat kami berdua bertemu dalam satu kesempatan.

Saat itu saya belum memahami pentingnya punya peralatan kerja yang dapat mendukung pekerjaan sebagai Travel Blogger. Bagi saya saat itu, semua peralatan sama saja. Ternyata tidak, sobat. Peralatan yang nanggung bisa membuat ruang produktif terbatas.

Cita-Cita Menjadi Travel Blogger

Awal meniti karir menjadi Travel Blogger. Bagi sebagian, penulis blog bukanlah pekerjaan yang menjanjikan. Padahal travel blogger merupakan pilihan terbaik bagi kalian yang menyukai menulis dan jalan-jalan. Ide-ide yang ada di kepala bisa langsung dituangkan dalam sebuah tulisan di blog. Orang-orang akan merasakan manfaatnya.

travel blogger deddy
Berawal dari rasa senang traveling kemudian berbagi pengalaman lewat tulisan.

Tantangan lain juga mulai saya rasakan. Bahwa menjadi seorang travel blogger memang tidak mudah. Butuh modal yang sebenarnya perlu dipersiapkan.

Bagi kalian yang masih pemula tentunya punya satu keresahan yang dirasakan yaitu belum memiliki peralatan yang memadai.

Saat itu, peralatan yang saya miliki, yaitu smartphone 8MP dan laptop jadul. Laptop jadul itu saya beli sejak waktu kuliah. Namun, ternyata dari sana membuka banyak peluang untuk saya.

Dari traveling, saya bisa jumpa blogger-blogger keren lainnya.

Seiring tren yang berjalan. Kebutuhan untuk menghasilkan konten lebih baik sulit dielakkan. Jenis konten tidak bisa biasa-biasa saja seperti teks dan gambar. Melainkan sekarang digabungkan ke video dan media sosial. Saya sebagai penulis cerita perjalanan juga perlu upgrade kemampuan.

Peralatan yang dimiliki mulai terasa lambat waktu booting laptop hingga layar yang buram sehingga tidak bisa berlama-lama di depan laptop. Paling menjengkelkan adalah tidak bisa diajak untuk pekerjaan berat mengedit video.

Berani Berinvestasi untuk Hasil Maksimal

Menulis pakai smartphone memang bisa. Beberapa teman blogger yang saya ketahui mereka sampai saat ini masih menulis blog menggunakan smartphone, seperti Mbak Dee, alasannya lebih praktis.

Memang semua kegiatan bisa mengandalkan smartphone. Akan tetapi, semuanya jadi lebih mudah jika memiliki laptop. Layar laptop yang lebih lebar memudahkan kita untuk menulis dan membuat konten pendukung blog seperti membuat infografis, edit video, riset kata kunci, dan membuat content planning.

Portabilitas yang ditawarkan laptop memang banyak. Mulai dari blogger dapat bekerja dari mana saja. Menulis artikel, mengedit gambar, dan mengelola situs web mereka dari kafe, taman, perpustakaan, atau bahkan saat bepergian. Beberapa aplikasi juga kompatibel kalau dibuka menggunakan laptop.

Hal ini memberi mereka fleksibilitas menjalankan blog mereka dengan lebih efisien.

Sebagian besar blog membutuhkan konten teks yang baik. Dengan menggunakan laptop, blogger dapat dengan mudah menulis dan mengedit artikel mereka menggunakan berbagai aplikasi pengolah kata. Ini memungkinkan mereka untuk membuat konten berkualitas tinggi tanpa hambatan teknis.

zenbook flip
Saya dan ASUS Zenbook Flip S 13 UX371

Laptop juga memberikan akses ke berbagai perangkat lunak yang berguna bagi blogger, termasuk platform blogging, aplikasi pengolah kata, alat desain grafis, dan perangkat lunak pengeditan video. Ini memberikan fleksibilitas dalam menciptakan konten yang beragam.

Obrolan saya dengan Alex baru dapat terwujud tiga tahun lalu. Ketika saya sudah mengumpulkan cukup modal dari fee job menulis dan kerjaan freelance lain. Saya pengen bilang bahwa memiliki ASUS Zenbook Flip S 13 merupakan laptop ASUS terbaik versi gue!

Selalu tidak mudah untuk memilih laptop guna mempermudah pekerjaan sehari-hari kita. Tentunya ada banyak sekali alasan kenapa saya memilih laptop ini. Pada tulisan ini, saya akan memberikan sejumlah alasan kenapa laptop ASUS Zenbook Flip S 13 merupakan laptop ASUS terbaik. Baca sampai selesai, ya.

Kriteria Laptop Terbaik Versi Gue!

Pernah nggak kalian merasakan hal-hal seperti yang saya sebutkan berikut :

  • Kamera laptop tidak jernih saat belajar online atau webinar?
  • Keyboard laptop yang tidak empuk saat mengetik?
  • Sering nge-lag sewaktu membuka banyak tab browser?
  • Tidak bisa mengedit foto, audio, atau video dengan lancar?
  • Layar yang tidak jernih sehingga bikin mata sakit?

Kalau kamu merasa sebagian besar jawaban atas pertanyaan di atas adalah IYA. Artinya memang saatnya berpikir kembali agar mendapatkan laptop yang baru.

Kenyamanan serta efisiensi yang lebih besar akan dibawa oleh laptop yang tepat, maka bisa dikatakan masih layak untuk menggunakan laptop guna mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.

Memilih laptop untuk digunakan sehari-hari memiliki kriteria.

Perjalananku menemukan satu laptop yang sesuai dengan kebutuhan tidak mudah. Setiap orang memiliki skenario dalam penggunaan laptop.

Laptop sebagai perangkat kerja yang paling sering digunakan untuk bekerja dan aktivitas hiburan, memiliki beragam penggunaan yang cocok untuk berbagai situasi sehari-hari. Serta memiliki ketahanan yang bandel!

Ketika mencari laptop ASUS terbaik, saya membagi menjadi dua kategori utama: penggunaan ringan sehari-hari dan penggunaan yang menuntut performa tinggi.

Penggunaan Ringan & Sehari-Hari

Dalam penggunaan sehari-hari, saya mencari laptop yang dapat mendukung berbagai kebutuhan. Mulai dari pekerjaan kantor, meriset artikel, hingga berselancar di dunia maya.

Untuk pekerjaan sebagai tenaga pengajar, laptop menjadi komponen penting dalam menyelesaikan tugas-tugas harian seperti membuka dokumen Google Docs untuk pengolahan data, penyusunan laporan, dan berkomunikasi dengan rekan kerja lewat Google Meets.

Apabila sedang di rumah, laptop juga dapat saya gunakan untuk mengakses hiburan seperti menonton film dan mendengarkan musik. Menggunakan ASUS Zenbook Flip S 13 membuat pekerjaan harian saya jadi lebih praktis.

#1 Mengikuti Kelas Online dan Rapat Virtual

Saat ini kesibukan saya lebih rutin mengisi kelas online dikarenakan saya mengajar kelas Digital Marketing.

Kebutuhan laptop yang bandel untuk digunakan sepanjang hari merupakan syarat yang mutlak. Makanya, saya membutuhkan laptop yang memiliki kamera jernih, setidaknya dengan resolusi 720p.

kelas digital marketing
Kegiatanku sekarang mengisi kelas Digital Marketing

Lebih baik jika posisi kamera ditempatkan di atas layar, hal ini akan membantu posisi wajah kita sesuai dengan layar. Kebanyakan laptop di pasaran memiliki fitur kamera yang terletak dibawah layar sehingga lubang hidung mudah terekspos pada aplikasi rapat seperti Zoom atau Google Meet.

ASUS Zenbook Flip S 13 ini memiliki posisi kamera berada di atas tengah sehingga membuat tampilan wajah kita menjadi lebih simetris. Kameranya juga memiliki fitur untuk membaca situasi, apabila kita berada di ruangan redup maka kecerahan kamera akan ditingkatkan.

Kamera jernih dan posisi di tengah sehingga membuat tampilan saat video call lebih pas.

Selain itu, perangkat laptop juga harus memiliki fungsi peredam kebisingan bawaan. Tujuannya agar suara disekitar tidak terlalu menonjol sehingga membuat suara tidak jelas. Bayangkan kalau misalnya kita sedang berada di lingkungan cafe yang bising, bisa jadi suara saya sewaktu mengajar tidak bisa didengar dengan jelas oleh peserta.

Makanya, ASUS Zenbook Flip S 13 ini penyelamatku ketika sedang bekerja di luar ruangan dan terhubung dengan orang-orang di internet membuat saya tidak perlu berteriak sewaktu berbicara / meeting karena memiliki fitur keren peredam bising di mic laptop yaitu AI Noice Cancelling.

Adanya array microphone yang didukung oleh teknologi AI Noise Cancelling. Fitur ini bisa dikatakan sangat penting jika kita sering melakukan call conference atau bahkan video conference. Saya sering sekali mengalami rapat dadakan ketika di luar, sehingga perlu sekali fitur AI Noise Cancelling agar transfer audio lebih jernih.

#2 Sering Menulis untuk Blog

Kalau sering mengetik, laptop dengan keyboard bagus dan empuk pasti bisa memberikan efisiensi yang lebih baik.

Guna mendapatkan pengalaman mengetik yang solid, kita membutuhkan keyboard dengan minimal travel distance 1,5mm dan akan menjadi nilai tambah kalau keyboard dilengkapi dengan backlit. Sehingga menawarkan pengalaman mengetik yang sama sekalipun di lingkungan yang gelap atau minim cahaya.

Keyboard empuk memberi kenyamanan saat bekerja

Keyboard laptop ASUS Zenbook Flip S 13 tidak perlu diragukan empuknya. Saya bisa dengan lancar mengetik tiap kata tanpa ada salah ketik. Sama sekali tidak ada bunyi yang mengganggu sewaktu mengetik. Serasa ide mengalir dengan lancar dalam bentuk tulisan. Nggak percaya bisa kalian buktikan sendiri.

#3 Membuka Banyak Tab Browser untuk Multitasking

Antara memang kita benar-benar multitasking atau malas untuk menutup tab. Tapi perlu diketahui bahwa kadang sewaktu saya sedang melakukan riset untuk tulisan, saya akan banyak membuka halaman (tab).

Aktivitas seperti ini membuat kinerja laptop semakin berat. Makanya, saya membutuhkan laptop yang memiliki ukuran memori lebih besar, seperti 8GB atau bahkan lebih besar seperti ASUS Zenbook Flip S 13. Sekarang, saya tidak perlu khawatir untuk membuka banyak tab sewaktu berselancar.

#4 Presentasi ke Tampilan Eksternal

Selalu menyenangkan bisa menonton atau melihat presentasi dengan layar lebih besar. Biasanya saya gunakan HDMI untuk melakukannya. Tapi sekarang beberapa laptop di pasaran mengklaim sudah bisa menampilkan video melalui port USB Type C.

Menggunakan ASUS Zenbook Flip S untuk tampilan saat memotret makanan.
Klien bisa langsung memilih foto langsung di Zenbook Flip S

Dengan adanya port yang bisa tampilan eksternal tentunya akan banyak manfaat. Salah satunya sewaktu saya sedang bekerja memotret makanan di depan klien, saya bisa langsung menampilkan hasil foto dari kamera ke layar laptop yang jernih. Fungsi yang seperti ini sangat membantu dalam meningkatkan nilai jual di mata klien.

Kita akan terlihat profesional di mata klien. Selain itu tentunya mendukung produktivitas pekerjaan saya.

Pengunaan Menuntut Performa Laptop

Mencari laptop dengan performa tinggi untuk komputasi berat, seri ZenBook adalah pilihan yang tepat. Harganya memang lebih tinggi, tapi kita bakal mendapatkan laptop yang mampu mengedit gambar dan video dengan apik.

Seri Zenbook menawarkan laptop yang all-rounder. Produk dari seri ini bahkan dapat lancar menjalankan aplikasi ringan, menengah sampai berat. 

Edit Foto, Audio dan Video

Saat ini pengeditan konten media menjadi semakin populer. Tidak peduli hanya untuk bersenang-senang atau memenuhi kebutuhan hidup sebagai blogger/konten kreator.

Jarang ada orang yang sadar bahwa untuk melakukan kegiatan edit foto, audio dan video menuntut performa yang cukup tinggi. Kalian bahkan membuang waktu dua kali lipat waktu yang dibutuhkan hanya untuk mengedit, melihat preview, atau merender kalau menggunakan perangkat laptop yang salah.

Layar yang jernih membuat mata lebih betah.
Kejernihan layar membuat mata jadi nyaman untuk mengedit foto.

Misalnya kalau ingin mengedit foto di Photoshop, butuh spesifikasi laptop yang dilengkapi prosesor dengan clock lebih tinggi, seperti Intel Core i5 atau i7. Semakin banyak inti yang dimiliki prosesor maka semakin cepat proses rendering.

Terakhir, tentunya kita perlu melihat dukungan kartu grafis untuk mempercepat preview media sehingga aktivitas kita lebih efisien.

Selama menggunakan ASUS Zenbook Flip S 13, saya sangat terbantu dalam performa handal. Sehingga saya bisa memberikan hasil terbaik bagi klien-klien saya.

ASUS Zenbook Flip 13 UX371, Laptop Jagoan!

Semua kebutuhan yang saya kelompokkan dalam penggunaan ringan dan berat ini tentunya berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan ASUS Zenbook Flip S 13 (UX371).

ASUS telah menyediakan jajaran lengkap laptop, mulai dari model pemula untuk hiburan basic dan office suite hingga laptop berkekuatan luar biasa yang diciptakan untuk gamer dan profesional.

Saya bisa produktif bekerja dengan Google Docs

Dengan mobilitas yang tinggi untuk bergerak berpindah tempat, pastinya saya butuh perangkat kerja yang bobotnya ringan. Selain itu, hal yang paling saya butuhkan dari laptop adalah kualitas layarnya bukan hanya sekedar jernih tapi juga bisa memberikan warna yang akurat.

Saya mengalami Deuteranopia, makanya saya agak kesulitan untuk mengenali warna dengan sempurna. Yang terjadi adalah kekeliruan dalam mengedit warna pada gambar croissant. Pada mata buta warna parsial, warna merah bisa terlihat seperti kuning kecoklatan layaknya roti. Hal ini tentunya membuat saya kurang nyaman.

Memiliki laptop ASUS Zenbook Flip S 13 UX371 layaknya suatu anugerah. Karena adanya ASUS OLED yang tertanam dalam layar laptop bisa bikin mata saya nyaman untuk melihat warna.

Selama ini saya sering mengalami kesulitan melihat warna yang nyaman. Contohnya saat saya sedang bekerja memotret makanan itu sebuah tantangan; belajar bagaimana menerjemahkan pesan ke dalam visual. Apalagi foto makanan itu memang erat kaitannya dengan warna.

Orang-orang buta warna parsial bisa menggunakan alat bantu visual, atau teknologi lain guna membantu dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Untuk kebutuhan pekerjaan saya di bidang desain dan fotografi itu sangat erat dengan alat kerja seperti laptop. Makanya, untuk melihat gambar lebih detail dan jelas, saya memerlukan tampilan layar yang lebih besar. Serta didukung dengan akurasi warna yang tepat.

Kita tentu tidak ingin dimarahi oleh klien karena salah warna bukan?

Panel Layar Jernih Bikin Betah

Panel layar laptop yang ideal untuk laptop kreator, pekerja desain dan profesional harus memperhatikan faktor seperti kerapatan piksel, gamut warna, akurasi warna, dan masih banyak lagi.

Pastinya para pekerja kreatif erat dengan aplikasi Adobe seperti Adobe Lightroom dan Adobe Photoshop. Hal yang saya senangi dari ASUS Zenbook Flip S 13 ini karena memiliki layar ASUS OLED yang dapat menyesuaikan warna sesuai kenyamanan mata orang buta warna parsial.

Caranya kita dapat melakukan pengaturan awal dari aplikasi Adobe.

Aplikasi dari Adobe ini telah dilengkapi dengan dua bukti warna yaitu Protanopia dan Deuteranopia di dalam menu View (View> Proof Setup), yang sangat membantu dengan cepat melihat seperti apa tampilan gambar kita jika dilihat oleh orang buta warna.

Pengubahan pengaturan warna ini sangat membantu para pengguna buta warna.

Cara mengatur tampilan warna bagi orang buta warna parsial.

Selain dari pengaturan aplikasi desain yang digunakan. Kita juga bisa melakukan konfigurasi pada layar laptop yang digunakan untuk penderita buta warna.

Solusi ini setidaknya membantu bagi pengguna buta warna agar tetap bisa berkarya di industri kreatif.

Laptop Dengan Kecanggihan Layar OLED

Panel layar laptop yang ideal untuk pekerja juga perlu memperhatikan faktor seperti kerapatan piksel, gamut warna, akurasi warna, dan masih banyak lagi.

Seperti kanvas untuk pelukis, maka layar laptop pun butuh tingkat akurasi yang tinggi dalam menampilkan warna dasar sesungguhnya.

Apalagi, pengguna profesional seperti bukan saja fotografer, melainkan juga ada seperti editor video, konten kreator, atau arsitek juga mengandalkan layar laptop sebagai sumber utama hasil kreativitas yang bakal disajikan.

Sejak mengetahui laptop-laptop terbaru ASUS sudah menggunakan layar ASUS OLED, saya menantikan perangkat laptop yang memang membantu kenyamanan mata saya dalam melihat warna.

Dan teknologi ASUS OLED ini memang telah saya rasakan sendiri. Memanjakan mata dalam kenyamanan serta menjaga kesehatan mata pengguna. Sangat cocok bagi para content creator atau profesional karena mampu menampilkan warna yang sangat kaya serta akurat.

Inovasi ASUS bukan hanya sebatas pada performa saja, melainkan inovasi teknologi visual pada layar laptop ASUS OLED.

  1. Warna Kaya dan Akurat

Tidak semua laptop memberikan warna sebagaimana aslinya. Sebagian laptop justru menampilkan warna layar yang berbeda dan tidak dalam. Hal ini akan sangat mengganggu bagi pengguna karena hasil dari pekerjaannya nanti akan ditampilkan dengan warna yang berbeda dari keinginan.

Beda layar LCD dan OLED

ASUS OLED memang diperuntukkan bagi orang yang mencari layar dengan tingkat reproduksi warna tinggi serta akurat. Teknologi ini mampu mereproduksi 100 persen warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB.

Tampilan gambar pada layar ASUS OLED lebih kaya warna dan detail. Setiap laptop ASUS berteknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga dapat menghasilkan warna sangat akurat. Hal ini dikarenakan ASUS OLED memiliki standar kalibrasi warna tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Dengan validasi Pantone dan akurasi warna 100%, laptop keluaran ASUS menjawab kebutuhan profesional seperti saya untuk meningkatkan produktivitas dengan efisiensi kerja yang juga meningkat.

  1. Aman untuk Kesehatan Mata

Kebanyakan orang saat ini lebih banyak duduk di depan layar laptop bisa lebih dari 8 jam lamanya. Apalagi seperti saya yang bisa duduk sekitar 12 jam untuk mengajar. Mata terasa perih karena terpapar sinar biru tak terelakkan.

Untungnya teknologi ASUS OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Laptop berteknologi layar ASUS OLED dirasa lebih nyaman digunakan saat lama. Agar mata lebih nyaman dan tidak perih.

Selain memiliki fitur Eye Care yang bermanfaat. Peran dari layar ASUS OLED ini dapat menekan paparan radiasi sinar biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

Selain itu TÜV Rheinland menawarkan tiga mode buta warna yakni Protanopia mode, Tritanopia mode, dan Deuteranopia mode. Tersedia juga simulasi warna yang dapat dikelola oleh pengguna lewat pengaturan pada layar laptop. Adanya tiga mode buta warna ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengguna.

  1. Tampilan Tetap Jernih Meski Pada Tingkat Kecerahan yang Rendah

Pernah tidak kalian merasakan tingkat kecerahan tiba-tiba meredup. Hal ini dikarenakan sebagian besar laptop menggunakan 2D color gamut sebagai referensi.

Berbeda dengan layar laptop pada umumnya, layar ASUS OLED sudah menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. 3D color gamut ini menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan.

Ditambah lagi ASUS OLED ini memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya. Berkat color volume yang lebih besar, laptop dengan ASUS OLED dapat menghadirkan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan lebih luas.

Teknologi ini tetap mampu menampilkan warna dengan jelas, kaya, serta akurat pada tingkat kecerahan rendah. Seperti diketahui, layar laptop pada umumnya hanya mampu mereproduksi warna sebesar 11%. Bagi kita penderita buta warna, tidak perlu khawatir lagi.

  1. Detail Warna dan Visual Terbaik

Berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel backlight, layar ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED berukuran sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan secara sepenuhnya sehingga mampu menghasilkan warna hitam sempurna dan memiliki kontras warna yang sangat tinggi.

Kekontrasan layar ASUS OLED hadir dengan rasio kontras hingga 1 juta : 1, artinya pengguna dapat menikmati setiap detail warna dengan jelas. Contohnya menampilkan warna hitam yang lebih gelap dari layar LCD.

Teknologi ini telah mengantongi sertifikasi Display HDR 500 True Black dari VESA. Artinya, pengguna dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan melalui laptop yang telah menggunakan teknologi layar ASUS OLED.

Makanya, pengguna bakal betah sekali ketika sedang menikmati tontonan streaming film di Netflix dengan laptop yang sudah memiliki layar ASUS OLED.

  1. Visual Lebih Jelas Tanpa Efek Blur

Bagi kreator konten maupun gamer, layar laptop baru ASUS dilengkapi dengan response time yang sangat kencang yaitu hingga 0,2ms atau 50 kali lebih kencang dari layar laptop pada umumnya.

Peran response time yang lebih kencang memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi.

Kita tidak akan lagi melewatkan berbagai detail dari film action serta tidak lagi kesulitan membaca teks berjalan. Namun, untuk lebih detail mengenai ASUS OLED, kamu bisa membacanya di sini.

Kelima keunggulan layar ASUS OLED ini tentunya dihadirkan untuk membantu pengguna kreatif dan profesional bisa bekerja dengan nyaman terutama hal yang berkaitan dengan warna.

Keunggulan ASUS Zenbook Flip S 13 UX371 yang Jarang Diketahui Orang

Laptop ASUS Zenbook Flip S 13 UX371 bukan hanya memiliki keunggulan dari layar dengan panel ASUS OLED saja. Dalam penggunaan sehari-hari, ada beberapa hal yang saya sukai dari laptop yang sudah dibekali dengan teknologi canggih.

ASUS Zenbook Flip S 13 merupakan laptop convertible

Sesuai namanya, laptop ASUS ini merupakan laptop 2-in-1 alias convertible. Kita bisa memakainya untuk beberapa situasi. Salah satu fungsi yang saya suka yaitu laptop ini sudah touchscreen, sehingga makin mempermudah saya untuk mengajar dari atau retouch gambar.

1) Desain Elegan dan Ringkas

Laptop ASUS Zenbook Flip S 13 ini memiliki kesan premium yang dilengkapi dengan teknologi terbaru seperti layar OLED beresolusi Full HD untuk kualitas visual luar biasa.

Desain laptop fleksibel serta ringkas, terlihat ultra ringkas, powerful, dan fleksibel bagi pengguna.

Bobot laptop yang ringan bikin praktis.

Bobot laptopnya ringan tapi tidak ringkih sehingga mudah dibawa bepergian.

Layar laptop sudah ergolift yang menunjang faktor desain lebih elegan. ASUS Zenbook Flip S 13 UX371 ini memiliki ketebalan bodi hanya 11,9mm dan bobotnya hanya 1,3kg. Artinya, laptop ini dapat masuk ke dalam tas dengan mudah dan menjadi perangkat yang bisa diandalkan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Sangat membantu saya yang sering bekerja di luar ruangan. Dari satu cafe ke cafe lain untuk bertemu klien agar tetap produktif.

Ketahanan bodinya pun telah tersertifikasi standar kelas militer MIL-STD-810H dari Amerika Serikat yang ketat. Telah menjalani 12 metode pengujian dan 26 prosedur pengujian melebihi standar indurstri, hasilnya ASUS memiliki rangkaian produk yang andal dan kuat daya tahannya. Hal inilah yang menjadikan laptop ASUS lebih awet.

Bobot lebih ringan dari berat sebuah buku tebal.
Zen Design di bodi depan laptop Zenbook Flip S UX371

Selain itu, desain laptop ini mengadopsi Zen Design yang sudah terkenal di laptop jenis Zenbook. Zen Design membuat tampilan bodi laptop terlihat premium.

Menenteng Zenbook Flip ini membuat saya tidak perlu khawatir pekerjaan saya jadi tidak beres.

2) Performa Powerful Tanpa Resah

Kekuatan pacu laptop ini berasal dari prosesor Intel Core generasi ke-11 (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga.

Sehingga konfigurasi performa mumpuni untuk sebuah ultrabook karena masih kencang dan tidak boros daya.

Performa tangguh dan unggul.

Yang lebih menarik lagi, untuk dapur pacu, ASUS Zenbook Flip S 13 dibekali prosesor Intel Core i7-1165G7 dengan GPU Intel Iris Xe Graphics G7 96EUs. Dipadukan dengan RAM berkapasitas 16GB dan media penyimpanan SSD hingga 1TB.

ASUS Zenbook Flip S 13 sangat powerful

Berkat teknologi penyimpanan modern tersebut, ZenBook Flip S 13 dapat tampil lebih gesit, baik saat melakukan booting, membuka aplikasi, atau bahkan membuka file berukuran besar. Benar-benar membuat pekerjaan jauh lebih mudah dan praktis.

Kartu grafis pada laptop ini yang juga merupakan salah satu alasan memiliki daya tahan baterai yang tergolong panjang. Untuk digunakan bekerja, laptop ini sanggup bertahan 8 – 10 jam. Apabila baterai habis bisa kita isi daya menggunakan kabel charger USB Type C dan waktu pengisian cepat.

Jadi, sudah tidak ada lagi keluhan mengenai lambatnya kinerja prosesor dari laptop.

3) Kualitas Visual Terbaik

Kenapa laptop ini menjadi laptop ASUS terbaik versi gue?

Hal yang saya suka tentu saja karena hadirnya teknologi ASUS OLED yang merupakan teknologi layar eksklusif. Berbeda  dengan layar OLED di laptop lainnya. Fitur khusus ini tidak hanya dapat meningkatkan kualitas visual tetapi juga dapat melindungi kesehatan penggunanya. Dan, tentunya tidak dimiliki oleh brand laptop lain.

Akurasi warnanya tinggi dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Mengedit foto dan video jadi lebih nyaman di Zenbook Flip S 13

Sertifikasi PANTONE Validated Display ini memberikan jaminan akurasi warna yang sama sehingga saat penyuntingan konten foto maupun video kita tidak akan mendapat warna yang berbeda.

Memiliki laptop dengan sertifikasi Validasi Pantone sangat penting untuk mendukung semua proses kreatifmu. Terlebih bagi pengguna yang senang menonton tayangan streaming dijamin akan terpuaskan dengan kualitas maksimal mulai dari detail visual yang jauh lebih baik.

Bezel layar tipis

Sudut pandang kita melihat visual juga lebih nyaman karena bezel layar yang tipis. Memberikan perspektif lebih luas tanpa batas.

4) Betah Lama Bekerja

Kegiatan saya mengajar dari pukul 8 pagi hingga 10 malam tanpa jeda yang panjang. Dulu sebelum menggunakan laptop layar ASUS OLED, mata saya sering merasa perih. 

Emisi cahaya biru merupakan salah satu penyebab kerusakan pada mata. Beruntung, layar ZenBook Flip S 13 telah mengantongi sertifikat low-blue light dari TÜV Rheinland. Artinya, layar ASUS OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi emisi cahaya biru, tetapi juga dapat mempertahankan kualitas visual yang ditampilkan meski gelombang cahaya birunya dikurangi secara signifikan.

Kerja lama di depan laptop lebih betah karena mata tidak perih

Apa efeknya bagi kesehatan mata kita?

Sertifikasi tersebut menandakan bahwa layar ZenBook ini tidak akan membuat mata penggunanya cepat lelah dan terpapar gelombang cahaya biru yang berlebihan sehingga dapat menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.

Menikmati tontonan streaming di layar yang lega dan jernih.

Bahkan bukan hanya untuk menjaga kesehatan mata. Dengan layar yang jernih kita juga nyaman untuk menikmati tontonan hiburan di laptop ini. Makanya, saya sangat menjagokan laptop ASUS ini sebagai laptop favorit saya.

Laptop dengan Segudang Fitur Bermanfaat

Selain dibekali dengan spesifikasi yang sangat mumpuni, ZenBook Flip S 13 dibekali fitur-fitur bermanfaat yang bikin pengguna semakin nyaman.

Pertama, fitur yang memungkinkan kamera dapat menampilkan gambar lebih baik dan lancar dibandingkan sebelumnya. ASUS menghadirkan teknologi bernama IR camera-tuning yang membuat kamera infra merah pada laptop dapat menampilkan gambar yang lebih baik.

Saya merasa terbantu sekali sewaktu sedang mengajar dalam kondisi cahaya ruangan tidak terlalu terang. Kamera dari laptop ASUS ini memiliki kecanggihan untuk membuat tampilan gambar lebih terang.

Didukung fitur Windows Hello, kamera infra merah di ZenBook Flip S 13 memiliki kemampuan untuk memindai wajah penggunanya secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Sistem pemindaian wajah tersebut membuat laptop lebih aman karena pengguna tidak perlu lagi mengetikkan password yang bisa saja dilihat oleh orang lain.

MyASUS memudahkan pentransferan data.
Mudah sekali sinkronisasi data menggunakan MyASUS

Kedua, saya bisa mendapatkan kemudahan dalam transfer data seperti foto, video dan dokumen menjadi lebih gampang lewat aplikasi MyASUS yang di dalamnya ada Link to MyASUS.

Secara singkat, MyASUS berguna untuk perpindahan data yang menghubungkan smartphone dengan laptop untuk bertukar data dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur lain seperti screen mirror, akses jarak jauh, dan sebagainya.

Dilengkapi Windows 11 Home dan Mendukung Windows Hello

Produktivitas kita makin nyaman dengan laptop ASUS telah dilengkapi dengan Windows 11 Home.

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Zenbook Flip S 13 telah dilengkapi operasi sistem Windows terbaru

Sistem operasi Microsoft menunjang produktivitas penggunanya berkat serangkaian fitur yang ada di dalamnya, seperti kompatibilitas dengan berbagai aplikasi kantoran hingga dukungan penuh terhadap berbagai aplikasi kreatif serta hiburan.

Microsoft juga menyediakan solusi perlindungan menyeluruh pada Windows 11 Home. Selain dilengkapi dengan sistem keamanan terintegrasi yang selalu diperbarui melalui Windows Update, Windows 11 Home juga memiliki sebuah fitur bernama Windows Hello.

Dengan Windows Hello, pengguna dapat masuk lebih cepat dan aman menggunakan sistem pengenal wajah yang sudah tersedia di perangkat laptop seperti ZenBook Flip S 13!

Spesifikasi ASUS Zenbook Flip S 13 (UX371)

Main Spec. ASUS ZenBook Flip S (UX371)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 pre-installed
Memory 16GB LPDDR4X
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 13.3″ (16:9) OLED 4K UHD (3840 x 2160), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
Graphics Intel® Iris® X? Graphics
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery
Camera HD camera with IR function to support Windows Hello
Connectivity Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio SonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.50 x 21.10 x 1.19 ~ 1.39 cm
Weight 1.20 kg
Colors Jade Black
Price Rp24.999.000
Warranty 2 tahun garansi global

Berkarya Tanpa Lelah Bersama Perangkat Handal

Aku berterima kasih kepada Zenbook Flip S 13 UX371 karena setia menemani perjalanan karirku.

Ada banyak banget sebenarnya hal-hal yang bisa saya ceritakan tentang laptop ASUS Zenbook Flip S 13 yang merupakan laptop terbaik versi saya.

Laptop Zenbook memiliki fitur portabilitas yang sangat baik, desain minimalis dan ringan, usia baterai yang lama, efisiensi, dan pilihan konektivitas. Sehingga dapat saya gunakan untuk pekerjaan harian, editing foto atau video. Dengan kontras layar tinggi dan bezel tipis memanjakan mata. Keyboard yang nyaman untuk mengetik menghasilkan karya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kalimat : “Belilah barang termahal yang kamu mampu, lalu maksimalkan” membuat saya dapat menemukan laptop terbaik dari ASUS. Dengan memanfaatkan perangkat kerja yang dimiliki ternyata banyak membuka peluang hingga saat ini.

Nah, kalau kamu dari deretan produk-produk laptop ASUS yang tersedia. Mana yang menjadi laptop jagoanmu?

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Writing Competition “Laptop Terbaik ASUS Versi Gue” yang diadakan di blog Adventurose. Klik di sini untuk informasi lengkapnya.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

11 KOMENTAR

  1. Pengen banget punya laptop ini secara brand ASUS udah terkenal dan terbukti mumpuni performance laptopnya , semoga bisa terbeli deh laptop ASUS tahun ini Amin YRA.

  2. Wah spek produk laptopnya memang mantul pisan pak, gak heran dengan segala kelebihannya, bapak berinvestasi jangka panjang untuk produk ini, beneran akan menunjang performa pekerjaan. Semoga nanti bisa ketularan, perlu nabung dulu nih

  3. Wah langsung mupeng dengan produk ASUS Zenbook Flip S 13 (UX371). Mantap banget speknya pak, gak heran bapak investasi ini buat bisa menghasilkan karya terus. Bismillah semoga nanti ketularan ya pak, kali kisahnya bisa sukses kayak bapak

  4. Untuk pekerja aktif seperti Pak Deddy, laptop dengan spek maksimal seperti produk ASUS Zenbook Flip S 13 (UX371) pasti sangat membantu pekerjaan.

    Apalagi jika pengeluaran ini akan menjadi investasi jangka panjang, untuk membuka lebih banyak pekerjaan yang semakin penuh tantangan.

    Semoga nanti ketularan bisa memiliki peralatan yang mumpuni untuk menghasilkan karya lebih baik lagi

  5. Untuk pekerja aktif memang speknya maksimal seperti ASUS Zenbook Flip S 13 (UX371) sangat membantu, apalagi menjadi investasi jangka panjang untuk juga membuka ruang aktivitas yang semakin penuh tantangan. semoga nanti ketularan bisa memiliki pelataran yang mumpuni untuk menghasilkan karya lebih baik lagi

  6. kalau layarnya OLED gitu memang bikin nyaman mata memandang,
    apalagi kan buat yang bekerjanya selalu mengandalkan laptop, maka zenbook ini bisa jadi senjata andalannya

  7. Keren banget Zenbook Flip S13. Pas lagi photo shot produknya bisa langsung dicek ke laptop. Kalau dari camera kan suka engga sama ya hasilnya. Ini sih menghemat waktu banget.
    Mana Zenbook juga terlihat ringan dan tahan banting…eh…ya jangan dibanting beneran sih. Cocok dibawa traveling, langsung update deh.
    Aku setuju dengan laptop spek maksimal, awet dan engga bikin jengkel

  8. Sejujurnya, aku pernah ada di fase laptop seadanya dan laptop high-end specs.
    Kerasa banget bedanya, dari mulai performa sampai ke ketahanan masa pakai.
    Kalau ada rejeki lebih, memang lebih baik memilih yang speknya maksimal seperti ASUS Zenbook Flip S 13 (UX371). Karena selain investasi jangka panjang juga semoga dengan gadget yang dimiliki, bisa semakin menarik rejeki lebih banyak dan menghasilkan karya lebih produktif.

  9. Untuk pekerja kreatif, ASUS Zenbook Flip S13 ini sudah memenuhi semua kebutuhan dan keinginan ya Ded. Teknologi dan rincian fisiknya makin canggih dan sesuai dengan permintaan banyak publik. Selalu salut untuk ASUS yang terus konsisten berinovasi. Terus berubah secara kualitas.

  10. Setuju banget
    Tahun kemarin saya dapat rezeki nomplok dan langsung dihabisin buat beli laptop
    Sayang speknya gak cukup memanjakan seperti layar yang enggak banget
    Karena itu lagi nabung buat beli Zenbook Flip S 13

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru